Sep 132019
 

Dua jet pembom tempur Su-34 Rusia

Angkatan Udara Rusia masih menunggu hasil investigasi atas insiden tabrakan antara dua jet pembom tempur Su-34.

Sebuah sumber di Lipetsk lokal mengkonfirmasi kepada kantor berita TASS bahwa tabrakan kemungkinan berasal dari kesalahan salah satu pilot Su-34.

Dua Su-34 Rusia mengalami tabrakan serius selama pelatihan udara di wilayah Lipetsk di Rusia barat. Salah satu Su-34 menyerempet kokpit Su-34 lainnya dengan ujung sayapnya. Karena kehilangan kontak visual Su-34 terus bersenggolan yang berujung pada kerusakan pada kokpit, badan pesawat, dan mesin salah satu pesawat. Su-34 yang menabrak kehilangan ujung sayapnya dan kerusakan pada perangkat penanggulangan elektronik (ECM).

Pilot pesawat Su-34 berhasil mendaratkan dengan selamat setelah tabrakan. Meski luput dari bencana fatal, Su-34 telah mengalami kerusakan struktur yang berat dan akan membutuhkan perbaikan yang luas dan mahal untuk bisa kembali memperkuat Angkatan Udara Rusia.

Sebuah foto yang baru-baru ini beredar memperlihatkan sayap kanan pesawat yang hancur, dan Su-34 yang pertama kali ditabrak oleh ujung sayap pesawat lainnya dilaporkan dalam kondisi yang lebih buruk.

Sumber Lipetsk mengkonfirmasi kepada TASS bahwa tabrakan tersebut berasal dari kesalahan setidaknya salah satu dari pilot Su-34, “kesalahan pilot mengakibatkan tabrakan, sebuah komisi khusus sedang mempelajari rincian kecelakaan itu, yang secara khusus akan menentukan tingkat tanggung jawab masing-masing kru. ”

Bila hasil investigasi menemukan kesalahan pada pilot, maka kemungkinan penggantian kerusakan akan dibebankan kepada pilot yang terlibat.

Beberapa tahun lalu kejadian naas juga menimpa pada satu pesawat tempur Su-27P Rusia yang mengalami insiden kecelakaan karena kesalahan pilot Letnan Sergei Nefedov.

Su-27P yang meluncur dan mendarat di landasan tiba-tiba menarik kembali roda pendaratan, dimana pilot Sergei Nefedov yang seharusnya memencet tombol rem parasut keliru memencet tombol menarik roda, akibatnya jet Su-27P mengalami kerusakan parah pada bagian depan pesawat. Pilot akhirnya ditahan dan diharuskan mengganti kerusakan pesawat tempur Su-27P senilai 2.7 juta Rubel.

Bagikan:
 Posted by on September 13, 2019