Nov 222014
 
Kapal pesiar MV Clipper Odyssey  dari kota Miami Amerika Serikat  berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh.

Kapal pesiar MV Clipper Odyssey dari kota Miami Amerika Serikat berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh.

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu Gubernur Aceh Zaini Abdullah di kantornya. Kedua tokoh ini membahas masalah kemaritiman di Aceh termasuk stabilitas dan perikanan.

“Iya (bahas stabilitas), keperluan dan juga perikanan,” kata JK di di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (21/11/2014) malam.

Salah satu topik yang dibahas adalah rencana menjadikan Aceh sebagai kota dengan pelabuhan internasional. Pelabuhan itu diharapkan mampu melengkapi pelabuhan internasional milik Singapura.

“Me-compementary, bukan menggantikan (pelabuhan internasional) Singapura. Bukan pelabuhannya saja, mesti ada sistem keuangannya, embargonya dan sistem industrinya,” ujar JK.

Sabang-2

Sementara Gubernur Zaini menyatakan pertemuannya dengan JK hari ini adalah pertemuan ketiga kali untuk membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP). RPP yang dibahas salah satunya mengenai migas.

“Pertemuan lanjutan. Seperti sudah kita lakukan dalam 3 minggu lalu. Terutama mengenai percepatan RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah). RPP migas. Tentang pertanahan. Dan kewenangan nasional di Aceh,” kata Zaini terpisah. (Detik.com).

Bagikan :

  27 Responses to “JK: Aceh Kota Pelabuhan Internasional”

  1.  

    1

    •  

      Indonesia memiliki 3 jalur alki, sedangkan singoporno hanya tempat persinggahan, tapi kenapa singapore bisa menghasilkan devisa yg begitu besar, dari hasil pelabuhan dan bandaranya,
      Bagaimana dengan indonesia,, jika aceh menjadi pelabihan internasional, tdk menutup kemungkinan pulau nipah akan menjadi transit isi bbm buat kapal niaga hal ini akan menjadi masukan besar buat negara kesatuan indonesia, mengingat di aceh memili pulau2 yg indah,, dan warisan dunia,

      •  

        di sumatra ke utara stiap mau bangun plabuhan yg lbh besar dr singapur pasti disuap supaya gk jd bangun
        bilangnya gk efektif lah dkk
        sama kayak singapur bikin pabrik di pesisir
        coba batam dibikin plabuhan yg lebih besar, pajak yg rendah
        mati lah singapur bro

        harapan ane smoga dumai dibuat plabuhan besar
        masuk 5besar malah bersukur ane
        secara 1th 150rb kapal lalu lalang lewat dumai

    •  

      Sabang baru mulai dibangun, dananya sdh dikorupsi, sekarang pejabatnya dlm proses hukum.prihatin.com

  2.  

    aceh nkri

  3.  

    Semoga ada kapal yg mampir ya pak, kalau fasilitas kurang, gak bakal ada kapal yg mampir

    •  

      lah bukannya JK sendiri yg mau membangun fasilitas pendukungnya bung?

      •  

        fasiltas pendukung itu termasuk penginapan ( alias hotel berbintang ) + restoran, akses internet dll. tau sendiri yg mau digaet ini org luar

        saya pernah bertemu org singapura, dy mengeluh kalau singgah di Indonesia itu kekurangannya akses internet yg lemot mesti nyari lokasi yg kuat sinyalnya, jadi efek negatif kecil seperti ini yg harus diperbaiki

  4.  

    NKRI Harga Mati…

  5.  

    mantab

  6.  

    Yang di timur pak JK jagan lupa diperhatikan juga.

  7.  

    Percepat realisasi terusan kra

  8.  

    keren aceh jadi pelabuhan internasional , pelabuhan aceh vs pelabuhan singapore

  9.  

    Mohon Perhatian Wilayah Timur Indonesianya Juga Pak hehe 😀

  10.  

    Pa’entengi Siri’ta Pak haji , Nakke doa’kang ki’ Nu paLing baji”na buat kita’ , punna paraLLu nakke tong jari punggawata’! SaLama’ki pak haji jusuf KaLLa ??

  11.  

    Bukankah dulu sebelum Batam ,yng pertama pintu masuk brang” dri luar masuk kesabang,sama pelabuhan mlahayati,seiring berjalanya waktu negra sebelah bnyak dirugikan akhirny ditutup,mkin ea dengerny” gtu #peace

  12.  

    semoga pemerintah segera merealisasikan rencana pembangunan pelabuhan internasional di aceh, tentu dg segala fasilitas pendukung yg bertaraf internasional, segeralah laksanakan pak JK yg terhormat dan tolong segenap ank bangsa ini mengawal agar rencana ini tetap berjalan demi kemajuan indonesia, dulu bpk bj habibi pernh merencanakan hal serupa membangun pelabuhan internasional di BATAM, tp apa lacur buru2 pemerintah singapura melobi anggota DPR dan tentu dg gula2 yg di sodorkan singapor ahirnya DPR mampu mengamputasi rencana besar bj habibi tsb, semoga pemerintahan jokowi jk jg berkenan meneruskan rencana besar habibi tsb, demi ALLOH jika itu di lakukan INDONESIA akn mendapat manfaat yg sangt besar dari pembangunan pelabuhan tsb, NKRI akan semakin jaya. tp singapur tdk akan diam dg rencana ini dan sy yakin dia akan berusaha dg cara apapun tuk gagalkan pembangunan ini, waspadalah….

  13.  

    Pertahanan nimzo hindhu. Cerdik dan tidak menyolok, sebelum terusan dibuat, dan pivot asu bergeser meninggalkan singaparno. Sekatan pangkalan sabang dan natuna akan menjadi peran sentral armada barat kemudian waktu. Cmiiw…

  14.  

    Rencana bagus.
    Apa tdk lbh bagusnya lg klu dinatuna jg dibangun pelabuhan yg serupa?

  15.  

    Langkah jitu!
    Apa tdk lbh bagusnya lg klu dinatuna jg dibangun pelabuhan yg serupa?
    Bisa megap2 tuh singaporon.

  16.  

    Matilah Singapura! Sebelum Terusan Kra berhasil direalisasikan, Indonesia harus cepat mempersiapkan Sabang. Awas perang Proxy buat gagalkan proyek ini

  17.  

    Mari kita jadikan aceh sbg kota transit spt dulu kala lg dimana byk para pedagang dari gujarat, timur tengah, portugis, cina dll singgah dulu di aceh utk transit bahan makanan dan perbekalan lain sebelum melanjutkan perjalanannya. Kita pasti masih ingat laksamana malahayati, dgn kepemimpinannya lalu lintas maritim dan perdagangan di nusantara mjd aman dan lancar.

    Sungguh menarik segitiga pertumbuhan di atas, phuket, lengkawi dan sabang banda aceh dan di atasnya jg ada kepulauan mahadewa. Saya kira pengembangan pelabuhan aceh sgt berprospek di masa depan.

  18.  

    Mantab bro,ane setuju.

  19.  

    Ayo buktikan bahwa Aceh bisa bangkit kembali menjadi pelabuhan transit terbesar se Asia Tenggara seperti pada jaman saudagar Gujarat datang ke Nusantara. Tidak usah berpikir tentang si Upil, tapi berpikirlah bangkit, besar dan jaya. kejayaan Aceh berarti kejayaan NKRI.

  20.  

    Ide yang cemerlang, harus bisa menandingi pelabuhan international singaporn, …………….tetapi yang terpenting adalah KERJAKAN, bukan hanya sekedar topik pembahasan doang !!!

  21.  

    semoga ini bkan sekedar omong kosong belaka.warga aceh sudah capek dengan smua isu” yg tidak ada kejelasan nya.saya berharap pak JK benar” membangun pelabuhan sabang menjadi pelabuhan internasional kalau masalah geografis org indonesia gak usah risau.karna letak pulau sabang itu sangat strategis.pelabuhan sabang dulu nya udah pernah maju bahkan terkenal ke sluruh dunia pada masa pemerintahan Sultan Iskandar muda…jadi sangat di sayangkan kalau titik emas ini di sia”kan..semoga dengan ada nya pelabuhan internasional di aceh bisa membuat warga aceh untuk tenang dan tidak lagi berpikir untuk memisahkan diri dari NKRI..

 Leave a Reply