Jul 292017
 

Makassar – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan akan tetap mendukung kemerdekaan rakyat di Palestina meski tekanan dari luar negeri meminta Indonesia tidak berpihak kepada negara tersebut.

“Indonesia akan selalu berpihak kepada Palestina,” tegas Jusuf Kalla usai menerima Tanda Kehormatan Anugerah Unismuh Makassar Pertama di Kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 28/7/2017.

Meski dukungan kemerdekaan itu mengalir, namun duta perdamaian ini menuturkan, rakyat di Palestina harus bersatu memerangi kezaliman dan serangan agresi militer Israel.

Adanya dua kubu di negara Palestina yang berkonflik politik dan militer yang terus berkepanjangan yakni kubu Fatah dan kubu Hamas akan semakin menyulitkan Palestina meraih kemerdekaan.

“Kita terus mendukung kemerdekaan mereka, tapi syaratnya perseteruan dua kubu ini harus diselesaikan dan mereka harus bersatu,” ujar Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia ini, dilansir Antara.

Diketahaui, konflik antara dua kubu Fatah dan Hamas terus bergulir mengakibatkan perang sipil di Palestina hingga konflik politik serta militer yang berlangsung sejak 2006.

Akibat konflik antarsesama orang Palestina, wilayah Palestina secara de facto terbagi menjadi dua wilayah, jalur gaza dikuasai Hamas dan wilayah Tepi Barat yang dikuasai Fatah.

Ditambah lagi serangan tentara Israel dengan mengarahkan rudal ke pemukiman warga sipil hingga ke Masjidil Aqsa Palestina belum lama ini untuk mengusai daerah Yuresalem. Kejadian ini menambah perjalanan kelam Palestina diterjang konflik yang berkepanjangan.

Selain itu, lebih dari 100 warga Palestina terluka akibat serangan gas air mata dan granat pasukan Israel saat mereka menuju masjid setempat untuk melaksanakan ibadah pada Kamis (27/7) waktu setempat.

Sebelumnya, pasukan militer Israel berhasil menguasai Yuresalem termasuk masjid tersebut, dan melarang adanya aktivitas di tempat itu. Hal ini memicu kemarahan warga hingga terjadi demostrasi besar-besar hingga terjadi bentrokan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Kendati demikian, dengan adanya tekanan dari luar negeri dan aksi demonstrasi di pelbagai negara termasuk Indonesia mengecam penyerangan itu, pihak militer Israel akhirnya membuka kembali akses agar warga kembali beribadah, namun sampai saat ini rakyat Palestina masih saja terusik.

Bagikan:

  26 Responses to “JK : Indonesia Tetap Mendukung Kemerdekaan Palestina”

  1.  

    sippp … lanjutkan perjuangan sang proklamator.

  2.  

    Palestina lawan la israel itu

    •  

      Tiap saat juga dilawan bang, cuma selalu kalah….

      Kalah dukungan logistik, kalah backing, kalah diplomasi……. ujung2nya semangat bisa melempem……

      PALESTINA…. TETAP SEMANGAT !!…

  3.  

    Palestina berhak merdeka !!!

  4.  

    Wah,blak”an

    PBB juga harus tanggap dengan situasi palestina sekarang ini

    Udah 50 tahun lho palestina belum merdeka

  5.  

    Tapi kalo cuman ngecam,ngutuk,sidang antara negara2 islam itu masih belum cukup

    Kalo indonesia ngirim pasukan perdamaian ke palestina itu baru gw bener2 bangga

    TNInya udah siap kok

  6.  

    Yaudah tambah dong rumah sakitnya, atau apa kek gitu yang bersifat ‘real’.

  7.  

    Kita tengok lebih dekat

  8.  

    Indonesia pro kemerdekaan palestina itu nggak aneh,lha ada segelintir rakyat indonesia yg malah bela israel itu yg aneh.Lupa kalo Palestina negara pertama yg mengakui kemerdekaan indonesia

  9.  

    dukung tapi tidak ada tindakannya….

  10.  

    Harus itu..

  11.  

    Dulu awal kemerdekaan di Palestina sumbang duitnya utk Indonesia….masa mo melupakan itu,hanya negara Arab yg paling depan ngakui Indonesia,

  12.  

    Barusan baca artikel di internet isinya presiden israel akan membikin Indonesia seperti Palestina jika ikut campur urusan israel,, itu hoax apa fakta ya bung bung sekalian ? mungkin bung diego bisa angkat artikelnya,,,,

  13.  

    Mgkn ente lupa kalau Israel itu negara yg isinya warga transmigrasi alias budak Nazi.

 Leave a Reply