JK : Jika Napi Teroris dijadikan dalam Satu Sel Bisa bahaya Jadi “Universitas”

11
140

Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak setuju pada wacana pembangunan penjara khusus teroris. Menurutnya, jika para terpidana kasus terorisme itu berada dalam satu sel tahanan, akan sangat berbahaya. JK khawatir, jika seluruh pelaku terorisme dijadikan satu penjara, akan ada calon-calon teroris baru yang muncul dari dalam penjara.

“Wah lebih bahaya lagi! Nanti bakal jadi ‘universitas’ teroris kalau seperti itu,” ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jumat (10/6).
Tak cuma penguatan ideologi radikal, pertemuan mereka di penjara bisa juga menumbuhkan paham baru yang mungkin lebih berbahaya.

“Jika disatukan itu bisa membuat universitas, senior mengajarkan junior untuk lebih aktif,” kata JK di Istana Wapres, Jumat (10/6).

JK menilai, saat berada dalam satu sel, mereka bisa bertukar ide atau saling mempengaruhi. Ia mencontohkan para pendiri Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS yang sebelumnya ternyata pernah dipenjara di satu lapas. “Mereka semua menjadi lebih radikal setelah keluar (penjara),” ujar JK.

Saifudin Zuhri Divonis 8 Tahun Penjara (VIVAnews/Tri Saputro)
Saifudin Zuhri Divonis 8 Tahun Penjara (foto: VIVAnews/Tri Saputro)

JK lebih setuju jika napi teroris dibaurkan dengan napi pidana umum. Memang para napi teroris itu bisa saja mempengaruhi napi lain, namun lebih berbahaya efeknya saat para napi terorisme dikumpulkan dalam satu penjara.

Selama ini napi terorisme masih dicampur dengan napi pidana umum. Seperti Oman Abdurrahman misalnya yang dipenjara di LP Nusakambangan, Jawa Tengah dan Umar Patek yang dipenjara di LP Porong Sidoarjo, Jawa Timur.

Sedangkan ketiga orang terduga teroris yang diamankan Densus 88 Mabes Polri di Surabaya kemarin diketahui memiliki hubungan dengan terpidana kasus terorisme Muhammad Shibghotullah alias Shibghoh.

Berdasarkan catatan CNNindonesia.com, Shibghoh sebelumnya ditangkap di Malaysia ketika mencoba bergabung dengan ISIS di Timur Tengah, akhir 2014 lalu. Shibghoh sempat dijatuhi hukuman dua tahun delapan bulan penjara karena terbukti terlibat pelatihan militer di Aceh.

Kedekatan kelompok ini dengan Shibghoh membuat polisi menduga mereka juga berhubungan dengan Bahrun Naim, pria yang diyakini mengotaki serangan di Jakarta pada awal 2016 lalu.

Penjara khusus napi teroris dengan super maksimum security, diharapkan bisa memutus hubungan dengan pihak luar.
Penjara khusus napi teroris dengan super maksimum security, diharapkan bisa memutus hubungan dengan pihak luar.

Pendapat berbeda diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengaku setuju dengan wacana pembuatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas/LP) khusus terpidana kasus terorisme. Dengan catatan, mampu mengendalikan dan meluruskan paham yang radikal.

“Saya kira tidak masalah kalau penjara itu (khusus terorisme). Tapi arahnya bagaimana melakukan, mengendalikan mereka (terpidana kasus terorisme), meluruskan pahamnya, ya itu dengan deradikalisasi,” kata Ketua MUI, Ma’ruf Amin di kantor Wapres, Jakarta.

Namun demikian, Ma’ruf mengingatkan bahwa jangan sampai lapas khusus justru membuat terpidana menjadi tambah radikal.

Munculnya Wacana penjara khusus Terpidana Terorisme pertama kali dicetuskan oleh Anggota Komisi III DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. Dasco mengatakan penjara khusus terorisme diperlukan agar tidak ada doktrin terhadap terpidana lain di dalam penjara.  “Mereka harus diisolasi, jangan sampai ada komunikasi dengan pihak lain,” ungkap Dasco.

Sementara, di tenpat terpisah, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan pemerintah berencana memisahkan penjara untuk narapidana kasus terorisme. Hal ini karena penjara disinyalir telah menjadi tempat bagi para teroris untuk melakukan pengkaderan anggota baru.

“Ya, kira-kira begitu (akan dipisahkan),” kata Luhut. Namun begitu, kata dia, pemerintah saat ini masih melakukan evaluasi terkait hal tersebut. (marksman/ sumber : cnnindonesia.com, republika.co.id, dan beritasatu.com)

 

11 COMMENTS

  1. klw napi” cina gmna tuh pak ?? d buatin penjara khusus aj kli ya … atw lngsung d KO-kn aj kli biar ngk mkn ongkos buat bri mkn mreka … btw tuh nelayan” cina yg d tngkp kmrin gmn kbrx tuh ?? n tuh cina yg nunggak n bnuh ptugas pajak gmna tuh … udh berlpis plnggranx .. msti d hukum mti tuh beserta klwrgax n klw perlu dgn org” sjenisx …

LEAVE A REPLY