Apr 022016
 

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan ada kerjasama militer antara Filipina dan Indonesia dalam upaya pembebasan 10 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf. JK ingin mencontoh pengalaman saat operasi Woyla pada tahun 1981 yang bekerja sama dengan pemerintah Thailand.

“Itu bisa terjadi. Kita punya pengalaman dulu dengan Woyla,” ujar JK di sela-sela kunjungannya pada KTT Keamanan Nuklir di Washington DC, Amerika Serikat (AS), Jumat (1/4/2016).

Operasi pembebasan bukan hal baru bagi militer Indonesia. JK juga meminta ada lobi yang dilakukan dengan kelompok Abu Sayyaf untuk memastikan pembebasan 10 WNI yang disandera.

“Kirim orang yang mengenal mereka untuk dicari jalan keluarnya,” ujarnya

Ada perbedaan operasi pembebasan yang dilakukan di Somalia dan Filipina. Saat penyanderaan kapal MV Sinar Kudus di Somalia, pendekatan yang dilakukan militer Indonesia berbeda karena lokasi penyanderaan berada di lautan bebas.

“Sekarang menurut informasi, sandera telah sampai ke dataran Filipina. Sehingga Filipina sendiri tidak ingin ada kekuatan militer sendiri (Indonesia),” ucapnya.

“Tapi Filipina sendiri harus berjanji bisa menanganinya. Tapi kalau pun perlu militer ya harus. Namun dengan kerjasama Filipina,” ujar JK.

Operasi Woyla adalah operasi pembebasan penumpang dan kru Pesawat Garuda DC-9 di Thailand, Bangkok pada bulan Maret 1981. Operasi pembebasan ituberhasil dan hanya dalam tempo 10 menit, kelompok teroris berhasil dilumpuhkan.

Operasi kontra terorisme pertama Indonesia tersebut dipimpin Asisten Operasi Kopassandha, Letkol Sintong Pandjaitan. Atas keberhasilan operasi Woyla itu, Indonesia mendapatkan banyak pujian dari dunia internasional.

Menlu RI ke Filipina

Demi mengintensifkan komunikasi, pada Jumat pagi (1/4/2016), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertolak ke Manila, Filipina. Di Manila, Retno bertemu dengan Menlu Filipina, Jose Rene D Almendras.

“Menteri Luar Negeri Indonesia dan Filipina di Manila (1/4) mengintensifkan komunikasi dan koordinasi terkait penyanderaan 10 WNI,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Sabtu (2/4/2016).

Sumber : Detik.com

  45 Responses to “JK : Jika TIdak Mau Kerjasama, Filipina Harus Bisa Bebaskan 10 WNI”

  1. Jayalah NKRI

  2. semoga militer pinoy bs menangani…..kl gagal hrs ad konsekuensinya……

  3. Hah udahlah serahin aja ke kami, jangan mlh nanti bikin malu dn jatuh harga diri anda(filifina), kami kopasus lebih pngmlan numpas manusia2 banci kyk abu gosok ini yg bisanya cm nyandera org,…

  4. PPRC sudah di deploy dekat perbatasan tapi belum ada izin, ngabisin ransum aja. Makanya neken via diplomasi. Hadeh.

  5. Hey Abu Gosok….. bebaskan 10 WNI tanpa syarat, sebagai gantinya iket 4 warga malon dihutan karena itu memang habitat aslinya !!… kah kah kah kah…

  6. Pasukan khusus TNI sdh siap, tinggal menunggu komando, tetapi masalahnya tidak hanya WNI saja yg disandera gerombolan di teritorial pinoy tsb, jd seharusnya pasukan pinoy yg hrs melakukan operasi secara sukses, ………. kalo ragu2, kenapa tidak minta bantuan TNI dll, ………… ???

  7. BILA ADA YANG MATI,KURIR NARKOBA ASAL FILIPINA YANG NANGGUNG JAWAB.INGET BILA WARGA NEGARA KAMI ADA YANG MATI,SIAP2 NAPI ASAL FILIPINA DI TEMBAK DI NUSAKAMBANGAN!!

  8. kalau pinoy tdk bisa menjamin keselamatan 10 WNI maka konsekuensi eksekusi mati bandar narkoba Mary
    Jane 🙂

  9. seharus nya fhilipina memang harus bekerja sama bukan mementikan gengsi,karna keberhasilan lebih penting bukan hanya sepuluh nyawa tapi nama baik bangsa dipertaruhkan juga. sedang empat warga malaysia maaf kita tidak bisa bantu karna kita sedang repot!!!!.pembebasan kapal yang terjadi di kamboja kemarin saja sampai sekarang malaysia lupa ucapkan terimakasih pada kopaska.jadi sekali lagi maaf bukan tak mau bantu kita lagi repot.

  10. sudahlah bayar saja…. bukannya merendahkan pasukan elit kita. Intinya keselamatan warga negara dulu. Bayar dulu 15 milyar, sandera bebas, abis itu sikathabis rame – rame sampe si abu sayap patahnya. soale klo diserang sekarang, posisi mereka sdh mendekat ke pusat komando pemberontak. realistis aja, kayaknya perlu 5000 pasukan yg turun, la wong mereka sekitar 2000 pemberontak

  11. ada apa filiphina tdk mau kerjasama dgn Indonesia,,?? aneh,,,

  12. Mungkin tak semudah itu pak JK kan Filipina juga harus jaga wibawa dan harga diri bangsa…lain kalo suriah yg terang2 minta bantuan Rusia lah kan filipina masih merasa bisa utk membebaskan para sandera tsb..ya inginnya kita sih semua cepat teratasi dan para sandera dapat diselamatkan

    • Memang filipina masih punya harga diri bangsa ??? Hahahaa…
      Dengan bersembunyi di ketiak Asu dari dulu smp sekarang punya harga diri bangsa ??? Hahahaha…
      Takut sama militer cina membiarkan Asu memilih dan bermarkas di beberapa pangkalan militer di filipiana punya harga diri bangsa ??? Hahahaha…
      11-12 sama saja sama negara kita di sana korupsinya lebih parah oknum2 pejabatnya baik sipil ataupun militer…militernya tumpul karna kurang latihan akibat terbatasnya anggaran… Lihatnya AU dan AL mereka…ngenes..jauh masih lebih baik kita.

  13. sebenarnya bukan tidak mampu, tapi jika filipna menyerang abu sayaf akan dianggap menyerang islam… lihat saja media media lokal tanah air yang berafiliasi dengan gerakan2 islam radikal selalu menempatkan abusayaf sebagai mujahidin, pahlawan bukan sebagai pemberontak…. pada akhirnya mereka akan membiarkan tentara kita masuk ..saya yakin itu

    atau pakai cara kgb, culik orangtua, istri dan anak2 para gerombolan abusayaf.. barter

  14. Belati nih sekutu satu in, mentang2 lg dukung abs ma ASU.

  15. Kalau sandera sampe meninggal! Pinoy. Awas Loe Thn 2018 Kami Hantem Filipina Selatan dgn Su 35,Apache Ah 64E, Kri Nagabanda, Kri Re Martadinata dan tak lupa S400(#semoga s400 dibeli) #bebaskan10wni????

  16. filipina ngga bisa belajar dari kesalahan, cuma jeda berapa hari ada penyanderaan lagi.. harusnya daerah rawan perlu ada kapal patroli… putang ina mo

  17. pinoy malu ni jadinya,klu niat dri dlu2 dah ad pembebasan sandrra,emg sipinoy tak niatlah

  18. Jangan lupa sniper terbaik harus di terjunkan

  19. saya percaya pasti akan lama proses pelepasan olh lanun ni..sdh berpa hari ni tengok takde kemajuan…tak mudah tak bisa sekejap sahaja untuk pelepasan kru2 kapal…eksen2 mesti cepat..

  20. Jangan jangan ada orangnya abu gosok di jajaran elit tentara pinoy. Sengaja dihambat dan buang2 waktu. Bila besok sampai ada sandera yg mati,evaluasi ulang, kurangi atau akhiri kerjasama dengan tentara pinoy.

  21. saya kira pasukan TNI sudah masuk ke Philipina, cuma beritanya TNI tidak diberi ijin supaya kelompok abu Sayyaf lengah.

  22. wait n see.

  23. jangankan pasukan filiphina, pasukan amerika saja nggak bisa numpas habis abu sayyaf, biar kata peralatan mereka canggih tapi mental bertempurnya kurang, lha wong yang operasikan alat tempurnya pada lari gimana nggak jalan tuh alat tempur canggihnya??

  24. Sok jago semua, mentang2 bukan keluarga anda yg disandera, main kata nyerang 2 aja,

  25. Kalo sandera mati,, kasih aja uangnya 2x lipat ke abu gosok.. tp dgn syarat bikin pemberotakan di pinoy yg lebih besar,, dgn subsidi pemerintah pinoy buat ngacak2 negara pinoy.. orng suplai senjata teroris opm salahsatunya dari pinoy..

  26. lo punya SSV BRP Tarlac gagal kami kirim noy, cepat lu bebaskan WNI kami!!! apa mau mary jane kami eksekusi disini!!!

  27. Mungkin semua ini karena uchiha itachi yg membantu jorge lorenzo menjuarai MotoGp dengan ijin kerang ajaib SpongeBob yg membuat patrick berburu Ubur-ubur ditemani squidword, juga kembalinya Mr.Krab berjualan mie ramen diKonohagakure oleh sebab itu captain tsubasa berhasil mengalahkan The Six painyg membuat lufy bersedih karna Upin &Ipin bergabung dengan akatsuki, lalu Spiderman berhasil mengumpulkan 7 dragon ball untuk memanggil Hulk dalam dunia Point Blank.Free Rebels berhasil meledakkan C4 di tempat Orochimaru untuk mencuri semua Koko di Kedai Tok Aba. Dengan cepat, Messi, Ronaldo, Neymar, dan Rooney membentuk The Avangers untuk membantu Squidword mengusir Spongebob dari Sunagakure. Hati Patrik terpukul karena Thor memukul para lawannya dengan Palu Dewa milik Doraemon yg biasa ia gunakan untuk si Kancil dalam membuat jebakan. Karena Kancil bijak, Boboiboy Halilintar mengeluarkan jurus Hujan Halilintar agar kebakaran di rumah Ijat bisa di padamkan oleh Si Unyil. Superman yg melihat kejadianitu segera pergi ke warnet bersama Spiderman, Ironman, Batman, dan Xman untuk ikut PBGC Central 1 melawan Madara yg telah mengelurkan jutsu Manggan Shukoyomi sehingga Buzz menyuruh Slyngky, Potato Head, Rex, dan Porchop untuk membantu Ultraman syutingfilm “Comic 8 Casino Kings part 2”. Perilisan film tersebut mengakibatkan BangSopo tidak lulus ujian dan akhirnya kejuaraan PBNC di menangkan oleh Naruto& Sasuke, dan PBLC dijuarai oleh Mario Ozawa & Miyabi

  28. aduh” ada the malay.
    -_- dia ikut omg aja di atas ( TMB )
    The Maloy Burger.
    kalo dah bebas numpang eksis pasti -_-.
    apa laaah.
    tak jelas juga kenapa nolak bantuan pula, kalo dieksekusi lepas tangan, dan tidak dianjurkan membayar, aneh juga ini. mungkin dia lg galau -@-.
    kebanyakan akting bikin runyam masalah aja.

    filipin maloy ama aja suka ingin tenar dlmlindungan ASU, kalo gak bisa jln ya usaha donk jgn gitu ketjasama kok sama PENIPU

  29. halah…… jgn cuma abu gosok yg dipikirin. tp klmpk SANTOSO jg dipikirin

  30. TNi mau nyerang abu sayyaf…. hahaha buru 30 orang santoso aja g becus… malah nanti kalau pulang tinggal nama… ingat bung abu sayyaf senjatanya jauh lebih lengkap… sedang santoso 30 orang dengan senjata hanya 1 sd 5 pucuk aja…. jangan jumawa tni

 Leave a Reply