Jun 222016
 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit Lapan-A3/IPB pada hari ini, Rabu (22/6). Satelit karya anak bangsa ini akan diluncurkan di Pusat Antariksa Satihs Dhawan, Sriharikota, India.

Peluncuran Satelit Lapan disaksikan langsung Wapres Jusuf Kalla.

Peluncuran Satelit Lapan disaksikan langsung Wapres Jusuf Kalla.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menyaksikan langsung peluncuran satelit ini, dari Pusat Teknologi Roket Lapan, Mekarsari, Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Jika tidak ada perubahan jadwal, Satelit ini akan diluncurkan sekitar pukul 10.55 WIB atau sekital pukul 03.55.00 UTC (waktu setempat)

Satelit LAPAN-A3 buatan anak bangsa ini, sempat diagendakan akan diluncurkan pada 10 Juni lalu. Namun diundur, karena saat itu ada ada kendala teknis. Menurut JK, LAPAN A3 yang akan diluncurkan itu sejenis satelit kecil untuk cuaca, bukan untuk komunikasi.

Sementara Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, mengatakan satelit ini berguna untuk mendukung pemindaian lahan pertanian, hutan, dan laut di wilayah Indonesia.

Sedikitnya ada 4 misi yang dibawa satelit, yakni pengambilan citra, khususnya untuk pemantauan pertanian, pemantauan kapal laut, pengukuran medan magnet bumi, dan uji kerekayasaan komponen satelit yang dibuat Lapan (Star sensor dan Reaction wheel).

Pihak LAPAN menjelaskan bahwa satelit ini mampu mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan. Muatan penginderaan jauh yang dibawa berupa 4 bands multispectral imager beresolusi 18 meter dengan lebar swath 100 kilometer.

Inilah sateli Lapan A3 karya anak bangsa.

Inilah sateli Lapan A3 karya anak bangsa.

Satelit Lapan-A3/IPB merupakan karya anak bangsa yang dibuat di Pusat Teknologi Satelit Lapan, Rancabungur, Bogor. Pembuatan satelit ini menelan biaya berbiaya Rp 60 miliar dengan dana APBN.

Lapan-A3/IPB akan mengorbit secara polar dengan jangkauan ketinggian sekitar 500 km. Satelit ini akan mengelilingi bumi sebanyak 14 kali dan melintasi Indonesia empat kali setiap harinya.

Peningkatan pangan dilakukan dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian nasional. “Tak hanya itu, satelit tersebut membawa misi pemantauan lalu lintas laut global serta pemantauan medan magnet Bumi untuk keperluan penelitian,” demikian penjelasan LAPAN.

Satelit Lapan A3 rencananya akan diluncurkan dengan menumpang Roket PSLV-C34 India bersama misi utama peluncuran Cartosat (India), serta dua satelit buatan perguruan tinggi di India, yaitu Sathyabamasat dan Swayam. Negara lain yang juga ikut digendong roket tersebut seperti USA (SkySat Gen2-1 dan Dove Satellites (twelve)), Jerman (BIROS), Kanada (GHGSat-D dan M3Msat).

Skema Satelit Lapan yang sudah pernah diluncurkan.

Skema Satelit Lapan yang sudah pernah diluncurkan.

Berdasarkan catatan, LAPAN sudah secara bertahap mandiri membangun satelit sejak 2007 dengan meluncurkan Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT. Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI menyusul ke orbit pada 2015.

Sementara itu, Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB merupakan satelit hasil kerjasama LAPAN dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Beratnya 115 kilogram dan membawa sistem pemantauan kapal dengan menggunakan Automatic Identification System (AIS). (marksman/ sumber : metrotvnews.com, liputan6.com dan okezone.com)

Bagikan:

  14 Responses to “Satelit Lapan Karya Anak Bangsa diluncurkan Ke Angkasa Hari Ini”

  1.  

    semoga sukses

  2.  

    yg mana lg satelitenya.?

  3.  

    kerennnn

  4.  

    Bangga karya anak bangsa…

  5.  

    Waspada ada ufo iseng melintas..

  6.  

    kayak radio yang di buang ke luar angkasa hehehe

  7.  

    Satelit komunikasi lintasan Geo-stationer nya kapan nih?

  8.  

    ayooo maju terus……..buat monitoring nelayan tiongkok

  9.  

    Meluncur lagi ya..yg khusus militer kapan ni…

  10.  

    khusu militer sedang dipersiapkan oom…sudah diwacanakan..alhamdulillah bangsa kita sudah bisa MEMBUAT/MERAKIT…ketimbang beli dan beli terus… maju terus NKRI

  11.  

    Comment:meretas asa kemandirian Bangsa menuju Negara IT Dunia

  12.  

    Step by step..
    I love that…!!!

  13.  

    satelit agar-agar hehe,
    satelit semeter lebih dikit aja 60milyr, gimana kalau 60meter stasiun space?

  14.  

    itu baru “lapan….
    apa lagi sembilan ma sepuluh….
    xixixi
    rx gimana nih kabar nya,…

 Leave a Reply