Oct 192014
 
Presiden terpilih Joko Widodo hadir dalam geladi bersih terakhir pelantikan di Gedung MPR. *(Suara.com/Bagus Santosa )

Presiden terpilih Joko Widodo hadir dalam geladi bersih terakhir pelantikan di Gedung MPR. *(Suara.com/Bagus Santosa )

Jakarta – Angkatan Laut (AL) Australia pernah menerobos perbatasan Indonesia tanpa izin untuk menghalau para pencari suaka pada awal tahun 2014 ini. Hal yang sama pernah dilakukan Australia tanpa terdeteksi, saat masa perjuangan kemerdekaan Timor Timur pada 1999 lalu. Apa reaksi presiden terpilih Jokowi?

“Kami akan memberikan peringatan bahwa ini tidak bisa diterima,” tegas Jokowi dalam wawancara eksklusif dengan kelompok Fairfax Media menjawab pertanyaan terkait AL Australia yang pernah menerobos perbatasan dengan RI. Wawancara dilansir Sydney Morning Herald (SMH) edisi 18 Oktober 2014 yang ditulis detikcom, Minggu (19/10/2014).

“Kami memiliki hukum internasional, Anda harus menghormati hukum internasional,” imbuh Jokowi.

Jokowi, dalam wawancaranya memaparkan rencana untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Australia, termasuk di bidang militer dan intelijen. Namun saat ditanya soal kedaulatan negara, Jokowi mengatakan dia bisa ‘lebih kuat’ bahkan dibanding dengan bekas rivalnya saat Pilpres lalu, Prabowo Subianto, yang seorang jenderal.

Hubungan Indonesia-Australia yang sempat rusak karena penyadapan pada telepon Ibu Negara dan soal pelanggaran batas wilayah kedaulatan, Jokowi mengatakan akan membangunnya kembali. Untuk pertama kalinya Jokowi mengatakan ia akan mendorong jalan baru kerjasama keamanan yang menguntungkan kedua negara, termasuk memerangi terorisme.

“Tidak hanya ke Australia, tetapi juga Indonesia,” tuturnya.

Jokowi juga mengajak Australia untuk menengahi masalah multilateral yang terjadi di Laut China Selatan. “Dua pertiga wilayah Indonesia itu lautan, perairan. Di Laut China Selatan, saya pikir Indonesia bisa berperan sebagai perantara yang jujur,” jelasnya.

Di bidang pendidikan, Jokowi mendorong generasi muda di Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi di Australia, di mana salah satu putranya telah menyelesaikan pendidikannya di sana. Dan dia berharap Australia juga bisa mengirimkan generasi mudanya untuk belajar di Indonesia, dalam Colombo Plan di bawah Menlu Julie Bishop.

“Hubungan business-to-business dan people-to-people adalah penting. Kami akan mengirimkan pelajar kami dari sini ke Australia,” tuturnya.

Jokowi juga mendorong warga Australia mengeksplorasi daerah wisata selain Bali, di negara paling besar dengan keragaman terbanyak di muka bumi ini. (detik.com).

  113 Responses to “Jokowi Ingatkan Australia Tak Langgar Perbatasan”

  1. Pertamax

    Salam

  2. jossss…belum dilantik sudah mewanti wanti πŸ˜†

    • belum dilantik, yaa …otomatislah Lampu merah bagi asutralia, tapi kalo
      sudah dilantik , yaa..pastinya Lampu IJOw bagi asutralia. karena lampu merah padam pasti lampu ijow nyala…

  3. Matap.Era kejayaan NKRI akan terwujud.

    • Indonesia jadi macan Asia justru saat presidennya seorang sipil,bukan seorang jendral atau bahkan jendral bintang lima sekalipun.xixixi.

      • Setujuuu

      • belum terbukti bung….!!
        ingaaa presiden dari sipil sebelum2nya!!

        • Belum terbukti? Lha macan asia kan era Presiden Soekarno. Beliau dari sipil tu. Apanya yang belum terbukti?

          • Kondisi nya lain bung saat itu kita mau merebut irian barat, melihat kekuatan belanda, pak karno berinisiatif memborong semua alutsista rusia agar bs mengusir belanda dari tanah papua,
            Padahal saat itu krisis tengah melanda,,,

            Pak karno juga tau melimpah ruah nya kekayaan tanah papua, maka nya mengorbankan sedikit uang utk merebut kekayaan yg berlimpah,

            Utk menjadi macan asia di era pak jokowi masih sukar dilakukan, karna bukan cuma pak jokowi donk yg harus kerja keras, birokrasi di bawah nya sampai ke aparat desa harus melakukan yg sama,, dan itu yg susah di benahi,, blm lagi saingan macan asia sekarang, dan calon2 nya,
            Ada china, jepang, india, korea selatan. Iran, pakistan, dll….

            Jumlah pespur kita dibandingkan china aja, ga ada setengah nya,, apalagi PDB, nya,

            Mau jadi macan asia dari segi militer tp ekonomi runtuh percuma saja,

          • Bung Andri…kita tidak membicarakan “keadaan” ya. Bung Pitik kan jelas bilang kita jd macan asia disaat presiden kita sipil (sejarah). Kalau saat ini keadaan perangpun, mungkin Pak SBY akan melakukan hal yg sama seperti apa yang telah dilakukan oleh Pak Karno. Sipil atau militer sama sajalah bagi saya. Yang penting kuatkan dulu ekonomi maka ini akan berbanding lurus dengan peningkatan kekuatan militer

      • Presiden pencitraan media dan antek mama rika cs.

      • Kl sama si Joko sih kita bs jadi macan ompong πŸ˜‰ Dgn baca artikel di atas aja kita bisa ukur kapasitas otaknya seperti apa.

        • Kayak anda pinter aja bung…

        • Salah satu pendukung prabowo yg sakit hati.

          Mendingan Joko dengan “otak segitu” bisa jd presiden. Daripada lo..masih minta duit jajan sama ortu aja gayanya selangit

        • Bicara mengukur kapasitas maka akan tidak adil apabila beliau sudah kita nilai saat ini bung roger, padahal beliau belum mulai bekerja untuk mewujudkan janji politiknya saat kampaye kemarin.

          Mungkin akan lebih baik evaluasi pertama untuk beliau, kita lihat pada tanggal 16 Agustus tahun depan dimana Presiden akan menyampaikan pidato kenegaraan dan pidato pengantar RAPBN berserta nota keuangannya, nanti kita semua bisa menilai kapasitas Presiden terpilih.

          • Maksud saya tanggal 15 agustus tahun depan..

          • Nggak perlu selama itu utk mengukur kapasitas otak seseorang bung, cukup liat track record dan amati omongannya selama ini. Berbobot tidak? Kok kl menurut sy omongan Presiden terpilih ini ringan sekali ya, spt orang yg cuma menghapal materi pidato tp tdk memahami substansi permasalahan yg sedang dibahas.

            Coba deh telaah dan amati lagi dgn seksama (tanpa bias sebagai pendukung, tentunya).

            Tp sy berbicara ttg kapasitas otak lho ya, bukan pencapaian atau kinerja. Karena jelas si Joko ini termasuk over achiever dlm hidupnya (dan tentunya dgn bantuan gerbong politik yang berkepentingan ikut mendompleng ketika dia berkuasa).

        • lebihbaik sekarang anda ambil cermin bung, liat muka anda trus tanya kediri anda sendiri “sudah berbuat apakah saya untuk NKRI?”

        • Ngetrol Babat, ini IP dah didetekksi, SUBVERSI

        • bung Roger ini mencerminkan pandangan pemilih segmen C1, segmen eksekutif, pendidikan tinggi, mapan, intelektual. Walau tidak semua seperti itu, segmen ini memang belum bisa melihat prestasi seperti Jokowi ini … Jokowi ini kan seperti kebanyakan orang awam di Indonesia yang punya kesempatan berusaha dalam hal ini mebel, lalu ada peluang politik dstnya … anak pinggir kali Solo ini dibandingkan dengan anak Menteng, anak Senopati dsknya, anak Dharmawangsa, anak Patra Kuningan, anak Mega Kuningan dsbnya gak ada apa-apanya. Jokowi ini tidak mencerminkan kepentingan segmennya πŸ™‚

          • singkatnya: segmen oligarki
            saran saya: pakai jaringan kamu buat mempengaruhi Jokowi supaya gerbong kamu juga masuk. Masak oligarki kehilangan akal dan sumber daya? he he he

          • hanya orang bnr2 cerdas (ato mlh sebaliknya) yg bs menebak kapasitas otak org lain. kl gt saya numpang nanya yah bung. ada ga dlm sejarah republik ini presiden indonesia anti intervensi yg tidak bs dimanfaatkan oleh sekelompok elit politik/militer dan pebisnis dr dlm negri maupun asing utk memperoleh kekuasaan di indonesia? ada ga bung?
            kl menurut saya sih ga bakalan ada presiden seperti itu. presiden jg manusiakan. masing2 pasti punya kelebihan maupun kekurangan. dari sisi kekurangan itulah biasanya mereka mencoba mempengaruhi kebijakannya. misal, kl memang ga ada presiden yg sprti itu, lalu apa bedanya kl sampe jokowi nanti hanya mengikuti jejak para pendahulunya? ga ada bedanya jgkan? kl saya sih berpendapat, sblm ada bukti yg nyata, saya akan mencoba berpikir positif dan optimis pak jokowi akan menwujudkan semua janji2nya. berikanlah beliau kesempatan 5 thn utk membuktikan mewujudkan janji2nya. kl misalkan ternyata nanti beliau ingkar janji, tdk sesuai antara janji dan kenyataan. ya jgn pilih lg di pilpres 2019. gitu aja ko repot sih.. hehe..

          • Iya cuman S1 UGM ya bung? He he he emang bisa apa?

        • Cerdas sekali, menurut anda kl anti Joko pasti pro Bowo ya?

      • Jangan gitu lah bung. Komentar bung ini jadi memancing yang lain utk memberi komentar yg bs memecah belah persatuan warjager. Menurut saya yg dari militer juga turut andil utk menjadikan indonesia macan asia, paling tidak sudah memberi pondasi menuju ke arah itu. Jd stop membanding bandingkan bung. Maaf kalau komentar saya salah

      • @ sudah semuanya ,

        tak usah koment mengenai siapa yang layak jadi presiden saat ini atau black campain

        yang mesti kita dukung adalah siapapun presidennya ( meski gusdur, Mega ataupun Habibie ) , bila bergerak lantang terhadap asing dan tegak , kita patut mendukung sepenuhnya dan 1 suara

        1 nation … NKRI .

        tidak perlu isu ra po po , amblesiyah atau apalah dibahas lagi disini ,
        justru kehadiran JKGR adalah agar bisa menjadi media penyeimbang serta agar menjadi formil “rujukan” bagi petinggi TNI sebelum memutuskan memakai peralatan militer dari dalam negeri maupun luar

        Saya termasuk bukan pemilih pilpres saat ini , akan tetapi keutuhan dan integritas bangsa itu penting siapapun presidennya

        KOrea utara pernah membuktikan bahwa kekuatan rakyat adalah diatas segala galanya ketika US mau menyerang , dengan apel akbar dan mempersatukan rakyatnya di mimbar bebas , semua rakyat setuju melawan habis musuh bersama ,

        Hal inilah yang membuat ciut nyali US menyerang ketika dibawah presiden Bush selain kekuatan militernya disegani oleh US dan konconya

        Indonesiapun begitu , kekuatan rakyat diatas segala galanya bukan diukur dari peralatan alutista , alutista hanyalah penyokong.

        Bukan kah kekuatan rakyat dengan segala militansinya itulah kekuatan sesungguhnya yang disegani Asing

    • mudah2an bung….

  4. Ente baek … ane dua kali lebih bark
    Ente jahat … ane sepuluh kali lebih jahat
    Ente masuk 1000 km … ane masuk 100km

  5. Lima besar sajalah

  6. Belum di lantik udah memberi warning kepihak jahil…

  7. Cepete

  8. Ketegasan anda kami tunggu pak

  9. Semoga kedepannya ada penambahan PKR untuk di perbatasan RI-Aus

  10. moga bener2 tegas

  11. Ngomong2 soal perbatasan, ada yg tau tentang kabar terbaru atau tanggapan dr pihak yg berwenang mengenai 10 desa diperbatasan kalimantan timur yg mengancam pindah kewarganegaraan krn merasa tidak diperhatikan pemerintah baik itu dlm hal infrastruktur dll. Jd ingat tentang pelajaran jaman sekolah dan kuliah dulu tentang kedaulatan keluar dan kedaulatan kedalam…..

    • gak papa bung…tanpa bermaksud membela, yang mereka lakukan adalah warning ke pemerintah pusat bahwwa kinerja kementerian daerah tertinggal dianggap nol besar. tidak perlu menanggapi dengan berlebihan selain merangkul kembali anak bangsa dengan tindakan nyata di lapangan.

      namun tni teteup harus tegas pada pihak luar yang ingin memanfaatkan kondisi ini.

  12. Pak Jokowi berani tegas mungkin setelah melihat dan tau kalau makhluk hitam, panjang dan keras milik TNI AL yang suka maen di dalam air banyaknya lebih dari 2 unit.

    Ayo Pak..setelah dilantik jd presiden segera melakukan kunjungan kerja ke Moscow dan rayu om Putin..minta su 35 jatah rusia dipake dulu sama Indobesia biar ga kelamaan nunggunya . Ga udah banyak-banyak Pak..cukup 2 skuadron aja.

    Jangan lupa juga setelah dari Moscow mampir dulu ke Beijing Pak. Disana juga banyak destroyer cantik lho Pak

  13. Wait and see …

  14. Ahahahaha…ya gini lho harusnya itu.
    Nyari “musuh” tuh yg sepadan. Malaysia cukup anggap nyamuk got aja, wkwkwkwk…

  15. Kita sudah punya SU- 35 1 skadron……tinggal nambah min 1 skadron maaf oot….

  16. Mantap smg tdk hny tegas d ucapan

  17. :mrgreen:

  18. Kata Pak Jusuf KaLLa perbuatan bisa dilihat dengan perbuatan begitu juga sebaLiknya , jadi di kita Lihat aja yah πŸ˜‰
    NB: itu berLaku juga untuk KMP

  19. πŸ˜€

  20. Gw tulis gede2 : AHHH BISYAAA AJAAA…
    Yg ini ga dituduh sandiwara kann kann
    Yaaa kannn

  21. daripada di anggap kurang wibawa kan lebih baik garang duluan…… he he he semoga benar2 garang

  22. Tegas tp juga harus dgn perhitungan matang pak, biar tidak merugikan kita sendiri,

  23. Hati2 pak jolowi sonotan negara musang berbulu domba, kalau nt lengah bisa di caplok. Hati2 mengeluarkan statement bisa jd bumerang. Kalem

  24. “opini” yg bagus bung pitik,semoga demikian. semua rakyat NKRI pasti berharap bukti atas semua janji dan ucapan2 beliau benar2 terealisasi ..smoga.

  25. demen ane dengernye, :D, semoga garang presiden kita ini

  26. wes baca aku
    yg comen baca seluruhnya dlu

  27. Bahasa Diplomatik harus di ikuti bahasa Militer..kirim Alutsista goib kelas berat lbh banyak..krn negara ini suka usil & parno berlebihan dng kita..

    • sekarang tni harus peres otak lebih dalem nih, karena pemimpinnya sipil pengusaha, tentu bahasanya beda ma bahasa militer. jaman soeharto dulu, bapak ngelirik aja udah jadi kode :mrgreen:

  28. mudah2’n sich ga cuma ngemeng doang mas joko ini, tp kudu d’barengin ame tindakan yg bisa membuat down sonotan ,,

  29. korut n korsel dah tembak2an uy..hope ga lanjut ke eskalasi besar..ntar ifx ma kapal nyelem bisa terkatung2

  30. Tidak semata mata kami memilih anda sebagai President RI, karena kami berharap dalam masalah kedaulatan negara anda akan bersikap dan bertindak lebih tegas dan lebih kuat dari seorang jenderal sekalipun, itulah salah satu janji2 anda.
    Sekarang kami menunggu janji2 anda, buktikan, Selamat bekerja, dan ingat NKRI Harga Mati !

  31. Semoga penasehat militernya sdh memberikan data, masukan,serta pandangan yg jelas ttg arah MEF yg msh terus berjln ini, juga ttg wawasan nusantara dan pentingnya mnjaga kedaulatan NKRI dr ancaman militer negara lain

    Kasihan Bpk Jokowi (juga rakyat) klo sampai salah langkah menangani hubungan interrnasional yg penuh intrik kelas dewa

  32. ya..kita bikin rame..

  33. Joss pak jokowi mantabbbe

  34. Kenapa yach saya masih ragu,,soal Leopard yg katanya merusak jalan apakah pak Jokowi sudah memberi pernyataan klarifikasi bahwa pernyataanya saat debat tersebut terbukti salah. Aapakah saat HUT TNI kmrn tidak ada media yg menanyakan hal tersebut yach?

  35. Jokowi memberi pesan yang jelas ke australi :
    Anda harus menghormati kami dan memperlakukan kami sebagai negara yang sederajat kedudukannya. Kalau kedudukan kita sudah sederajat mari kita kerja sama baik itu militer, intel, dan ekonomi. IMHO

  36. ahay… peryataan awal sang panglima… kuharap sikapmu akan setegas pernyataanmu…

  37. No comment ttg pak jkw.. becouse blm 100 hr kerja. kita lihat saja kabinet yg baru nanti bekerja. yah, klw melenceng tentu sama2 kita ingatkan. Salam..

  38. sudahlah saudaraku Pak JKW dan Pak JK sudah dipilih rakyat secara langsung, kita doakan sama – sama yang terbaik, jgn ada lagi no.1 no.2, silahkan berfikiran yang dewasa dan bijaksana salam indonesia raya yang hebat.!!!

  39. masih banyak BSH hahaha

  40. Sampai detik ini Su-35s kita belum punya !! Tapi sudah PESAN !, Tapi dalam berita resminya kita “BELUM MEMUTUSKAN UTK PILIH YANG MANA “……………………………………..padahal SUDAH!

  41. Ya ya ya….

  42. menunggu kedatangan Su-35s Super Flanker di bumi Indonesia tercinta.

  43. Positif think-think aja dulu.

    sekedar mengingatkan. “apakah kita sudah lebih baik dari org yg kita hina?”

    Regards

  44. Kita lihat lima tahun ke depan ……

  45. Terkait perbatasan ada desa di perbatasan kalimantan malaysia minta tolong

    http://www.suaranews.com/2014/10/wow-warga-long-apari-ancam-pemerintahan.html?m=1

    Pemdanya kemana nih?? Lelet

  46. Ikut numpang ya bung, ini kata orang bijak…..P Jokowi (Presiden) ibarat Sopir di kendaraan, dan kita (rakyat) ibarat penumpang di dalam kapal bernama NKRI, lah NKRI ini kan ibarat Kapal besar. Kalau kita tidak setuju dengan Pemimpin (siapapun dia) mestinya sbg penumpang tidak boleh bertindak masing2, sampaiakan koreksi dan peringatan kepada Sopirnya. Nggak mau juga ya sudah kita doakan agar hatinya mau berubah karena yg punya hati kan Tuhan Yang Maha Kuasa, biar Dia saja yg berbuat kalau para pemimpin tidak mau diperingatkan sama rakyatnya.

    • bah

    • bung kasirendoro,

      guru besar univ pertahanan salim said baru aja bilang di tv, jangan serahkan nasib seluruh bangsa ini hanya kepada jokowi dan jk, tapi seluruh rakyat wajib memantau apa2 yang dilakukan pemerintah.

      sekarang jaman medsos setiap warga mudah menyampaikan uneg2, klo belum diperhatikan, berdoa boleh tapi dilanjutkan dengan menghimpun orang2 yang sependapat, datangi DPR dst…

      ngomong2 soal analogi RI sebagai kapal, kadang2 terpikir penumpang biang kerok yang gak jelas juntrungannya dilempar aja ke laut dengan perahu karet dan perbekalan, biar cari jalan sendiri πŸ˜€
      just kidding, though

  47. habis kalo mau nyalahkeun kambing hitam di senayan syusyahhhh, pinter ngeles, ngelaba n narsis. makanya dipilih khewan yang laen πŸ˜†

  48. lihat suasana di bundaran HI, arak2an delman is a very bad idea, security nightmare untuk paspampres…

    klo ingin pesta rakyat kenapa gak di lingkungan terkontrol seperti stadion GBK aja ?

  49. Mantap tenan Ajudan RI 1, salah satunya pernah menjadi pilot sukhoi, siapa tau sering2 ngobrol bisa minta nambahin Sukhoi lagi ke RI 1. ngarep.com

  50. sudah mulai menujukkan ketegasannya kpd tetangga yg sering nakal

 Leave a Reply