Oct 222014
 
Presiden Jokowi di Istana Merdeka (detik.com)

Presiden Jokowi di Istana Merdeka (detik.com)

Jakarta – KPK dan PPATK tidak memperbolehkan 8 nama yang diajukan Presiden Joko Widodo lolos sebagai menteri. Jokowi pun meminta agar semua pihak, termasuk media, tidak membuat spekulasi soal nama-nama tersebut.

“Jangan ada media yang sekali menulis nama-nama itu, dan hanya menebak-nebak. Ada yang sudah menulis dan keliru, dan ini menyangkut nama seseorang,” kata Jokowi saat jumpa pers di halaman istana kepresidenan, tepatnya di bawah pohon Ki Hujan, Rabu (22/10/2014).

Jokowi tidak akan membocorkan sedikit pun 8 nama tersebut. Yang jelas, nama-nama itu bakal diganti dan diusulkan dengan yang baru.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI tersebut juga berharap publik bersabar menanti nama-nama menteri yang akan masuk dalam kabinetnya. Dia akan berusaha menseleksi mereka secepat mungkin, tapi tetap berhati-hati.

“Kalau cepat tapi keliru gimana? Kita usahakan cepat tapi benar,” tambahnya. (detik.com).

Bagikan:

  113 Responses to “Jokowi: Jangan Tebak 8 Calon Menteri yang Dicoret”

  1.  

    1

    •  

      artikelnya banyak, warjagker berkicau semua…
      mudah-mudahan dapat pencerahan nya…
      :mrgreen:

      •  

        pak joko dulu katanya transparan πŸ˜€

        •  

          Transparan juga ada batasnya bung edo masa kejelekan calon menteri di Umbar” apa lagi belom masuk rana hukum tar anak istrinya sedih duluan. hahaha

          •  

            Azas praduga tak bersalah…presumption of innocent..lebih dikedepankan…toh yg 8 itu belum dipanggil Mr. President…

      •  

        langkah pak jokowi sudah tepat meminta masukan KPK tentang calon mentri.oknum2 yang terindikasi berat korupsi di batalkan.ini berarti beliau tidak keras kepala mau menerima masukan dan tak mau menang sendiri.SALUT PAK JOKOWI belum ada presiden yang sudi bigini sebelumya.sangat jijik lihat oknum2 yang pernah/terindikasi korup terpilih jadi mentri trus cengeesan/nyeringai di depan media.bermewah2 buat kebijaksanaan menyengsarakan/merugikan bangsa.sementara sebagian besar rakyat hidup susah dan melarat.sekali lagi salut pak.bentuk pemerintahan yang bersih baru bisa berwibawa hukum tegak.pemerintahan tidak bisa di hujat dan di goyang.politik stabil negara maju TNI kuat.Selamat pak semoga sukses.

  2.  

    tess

    hadir

  3.  

    Asalamualikum semua nya apakah sehat2 aja semua

  4.  

    2

  5.  

    Cole cmua

  6.  

    Wah ter nyata ke 3

  7.  

    Semoga makin baik demi kejayaan NKRI.

  8.  

    ping sore dulu

  9.  

    sudah hari ke-tiga belum tancap gas…

  10.  

    Emzz cepet bnget yg konenn

  11.  

    setelah di hari pertama menerima tamu2 negara yang hadir di pelantikan presiden, hari kedua langsung menerima panglima, para ka staf, + kapolri membicarakan kebutuhan alutsista,

    dalam 2 hari terkubur semua pertanyaan prematur gak berdasar ‘bagaimana kelanjutan MEF jika jokowi terpilih?’…

    •  

      saya kira masih abu-abu bung danu, karena kabinet belum terbentuk (menhan blm ada) jadi prioritas yang yang umum saja yang saya kira dibahas. kebijakan apakah mau melanjutkan MEF atau tidak juga belum ketahuan
      btw apa betul masa jabatan BIN sama dengan mentri ? mksh, salam

    •  

      saya menilai pesan/gesture-nya bung Djoko,

      saat ini perhatian semua orang termasuk pasar modal dan investor LN tertuju kepada kabinet, pertanyaan wartawanpun arahnya sama, tapi
      jokowi tetap menempatkan pertemuan dengan petinggi TNI sebagai prioritas.

      maksudnya harus 5 tahun ? sepertinya tidak…

    •  

      Pertemuan khusus dg Panglima TNI, isinya: sdh ditandatangani kontrak pengadaan su 35 2 skadron full armamentnya, dan Pak FA 2 skadron akan ada TOT plus 10 ks kilo advance. Sumber: mimpi.com

    •  

      Mudah mudahan yah bung itu bahas MEF yg terbaik untuk Indonesia. Kalo menurut saya itu lebih bahas siapa yg pantas jd Menhan.

    •  

      Kita masih punya banyak waktu dalam masa penantian yang wajar.. artinya masih banyak wktu untuk melihat pemimpin bangsa ini menentukan pilihannya untuk keberlangsungan pemerintah ini.
      Menurut saya sejauh ini masih positif dengan hati2 dan pola pemilihan kabinet melalui pola minimalisasi resiko serta pemetaan kepentingan pertahanan dan masukan umum tentang situasi dan kondisi keamanan negara saat ini serta keterkaitan alutsista dan program yg mengikutinya secara umum.
      Sekali lagi sebagai bagian dari bangsa besar ini kita harus lebih positif dgn pemerintahan ini belum ada hal berarti yg perlu kita koreksi dan saya berharap jgn underestimate dulu sampai dapat suatu kesimpulan dari keputusan pemimpin baru kita ini.
      “Nanti kita bersama koreksi dan berargumentasi dengan keputusan dan pilihan bijakkannya”
      Salam hangat semua ..

    •  

      ralat:
      hari pertama udah bicara pengadaan alutsista / kasel dengan menteri industri dan perdagangan rusia Denis Manturov…

  12.  

    mmmm… πŸ˜€

  13.  

    sopo yoo kira2 , hahahha

  14.  

    Selamat sore.., izin nyimak

  15.  

    kerja ,kerja ,kerja tapi yang teliti , jangan lamban lebih cepat lebih baik itu motto pak JK. Jangan sampe mundur lagi menyusun kabinet … semakin molor… kapaan bisa kerja Pak. Indonesia butuh segera action untuk perubahan….(very very urgent)

    •  

      salam bung cc
      ane jg bingung knp uda dilantik masih blm kerja
      mn mentrinya?……..
      apa yg dikerjakan setelah pengumuman pemilu?
      ane jd negatif jgn2 msh nawarin dagangan mentri kabinet krn ga pd
      sori bung kok jd curhat…….

    •  

      cc….hmd awl menkumham kuning…tj c n…merah…hee….klo tb..

    •  

      Seprtinya pak jokowi tidak siap memimpin negri ini, negara lg galau cari mentri yg jujur susah. Gimana nasib negri ini bila pemimpinya tdk siap dan sigap? Kasian wong cilik . Seharusnya roda pemerintahan lgsung ngacir utk mengurus rakyat

      •  

        Jebakan batman πŸ™‚
        Salah satu yg mudah dievaluasi DPR adalah pemilihan kabinet oleh Jokowi. Kalo menterinya gampang jadi sitting duck, bargain Jokowi akan kalah dg DPR dan public yang nonpartisan

        Sepertinya rumusnya jokowi:
        Kabinet bersih + dukungan publik vs dpr

        Kalo kabinetnya tidak bersih dan isinya PDIP dkk pasti tidak didukung publik dan habis di DPR. Jadi dia berhitung betul rasanya

        Kalo lawan politik akan membuat dia tergesa gesa, supaya salah melangkah. Seru nih

        •  

          Saya setuju pendapat anda bung @flores

          Salam kenal

        •  

          salam kenal bung flores..

          Saya setuju bung flores..
          Strategi politik…dimana dalam ‘melangkah’ kudu memperhatikan ‘momen’ dan ‘content’ dalam memilih menteri..

          untuk penghuni warjager.. yang bilang presiden jokowi belum bekerja… emangnya memilih menteri bukannya sedang lagi bekerja??:)))

          #justopinion

          •  

            Salam kenal Om.

            Ada benarnya juga sih yang si om bilang, cuma masalahnya apa gunanya kerja tim transisi? Juga apa gunanya ajang mentri idol di koran2 kemaren? Pencitraan?

            Anehnya lagi, itu calon yang di cat merah dan kuning sama KPK koq gak diproses dari kemaren2? Wah…wah,,,ada apa ini?

            Urusan menteri itu adalah hak prerogratif presiden. Tapi kayaknya….kayaknya sih…sekarang ini pak presiden lagi terbelenggu oleh kekuatan tarik menarik kepentingan. Semoga saja enggak. Merdeka

      •  

        …Seprtinya pak jokowi tidak siap memimpin negri ini…

        klo ditanya analisanya pasti 0 besar kan bung, modal dendam kesumat doang ?

        •  

          ane stuju bung @leo pard

        •  

          bung leo pard,

          klo soal analisis 0 gak perlu wawancara, kita tunggu aja 5 hari, bakal keluar gak…

          dari ini aja udah kelihatan 0-nya,

          …UU Kementerian Negara memberikan waktu dua minggu atau 14 hari…

          vs.

          …tidak siap memimpin negri ini, pemimpinya tdk siap dan sigap…

          getol banget mengumbar predikat negatif -padahal baru 2 hari ?…

        •  

          Hm,. terserah anda sih Bung, Itu pendapat Anda dan ini pendapat saya πŸ™‚

          Ya sebagai WNI yg baik, saya hanya bisa berharap pada WNI yg lain agar setiap langkah Pak Presiden yg memiliki tujuan baik tidak dihambat dan dicemooh saja. Kasihan.. krn ada WNI yg niatnya ingin membangun bangsa namun bny pula yg menjelek2an setiap langkah yg diambil. Mungkin Bung Danu bisa mengambil langkah yg baik melalui partisipasi aktif membangun bangsa dengan kritikan dan saran dibanding menjelek2an.

          Saya percaya kalau Pak Presiden memiliki tujuan yg baik walau kedepannya tidak menutup kemungkinan SETIAP kebijakan yg diambil bisa salah. Perlu diingat setiap kebijakan akan selalu ada yg pro maupun kontra. Namun tidak perlu menjelekkan melainkan berilah masukan yg positif untuk bangsa kita.

          #Indonesia jaya#

        •  

          State yg sejuk adem bung @leo pard dikondisi yg panas tak berisi di kemarau ini
          Semoga masi ada yg adem adem lainnya hehe…

  16.  

    Met siang all warjagers.100 hari pertama,apa yg akan dilakukan mr JKW/JK ?

  17.  

    Cak imin ngambek di twitter ogah jadi menteri, karena Jokowi sebelumnya melarang pembantunya rangkap jabatan selain itu dikabarkan cak imin termasuk daftar list merah KPK.

  18.  

    ada dua kemungkinan, kenapa opsi yang diajukan bermasalah?, seharusnya bisa dihindari sebelumnya

    atau opsi yang dimajukan adalah utusan parpol koalisi,

  19.  

    hadir ah
    sore smua

  20.  

    Permisi ikut nyimak saja

  21.  

    ada kesan simbolik dibalik jumpa press jokowi dibelakangnya didampingi para petinggi TNI dan Polri, ini ingin menunjuk kalo Jokowi adalah presiden Panglima tertinggi TNI dan Polri..walau terasa berat diterima bagi Panglima2 yg diangkat SBY, seperti Moeldoko yang pernah ketemu di Mabes, waktu itu jokowi sebagai gubernur sekarang Dia sebagai atasannnya…

  22.  

    wah .. presiden aku yg merakyat,keren dn strong
    investigasi kontrak newmont pak ..ayo burung istana berkicau yg merdu .., apa kbr jero wajik dn nazar berkicaulah seindah – indahnya , berharap kpk segera menindak nyanyian burung nazar.
    masih menunggu#

    presiden jokowi = titisan jenderal besar soedirman
    paku semua musuh2 nkri termasuk usa ,

    nkri harga mati

  23.  

    Kemungkinan salah satu dari calon mentri yg di tolak adalah ndan sarkem

  24.  

    10 desa di kalimantan yg berbatasan dg serawak ancam kibarkan bendera malaysia, gimana nih pemerintah,, masa harga beras 25 kg disana sampai 600ribu, bensin satu botol 25ribu,, waduh gmn mw sejahtera kl bgt caranya,, pemerintah dmn nih, sumber sindonews.

  25.  

    Kapan kerjanya…..??

    •  

      bukanya menyusun menteri itu jg krj,, lha km kerjanya ap dunk?

    •  

      Pusing juga jokowi ada 8 nama yg tidak direkomndasi kpk, disinyalir termasuk salah satu ketua partai pengusungnya. Walau pak ketua ini akhirnya mundur teratur dg alasan lain, pamit lewat twitter πŸ™‚

      Ini salah satu hasil kerja yg bagus, bisa mengeliminasi 8 orang. Kalo ada anggota kabinet yg punya track record di kpk jelek tentunya jadi bulan bulanan di DPR

      Ada baiknya pejabat publik SKB nya yg ngeluarin multi instansi termasuk KPK. Kalo di Bank kan ada mekanisme yg mirip, direksi perbankkan harus lulus scrutinize dari BI

      Minta Cepet2x itu bagus, tapi bisa jadi jebakan batman, bisa jebakan dari calon menteri yg udah masuk daftar tapi takut tereliminasi atau dari lawan politik jokowi di DPR

  26.  

    maaf admin.. bahasan artikel kali ini apa korelasinya dengan hankam .? biasa nya ada kata intermezo..:),
    pilot ausie ketangkap lagi tu..

  27.  

    Ya elah yg kurang tepat itu mlah media lha Presidennya ktmu ma para petinggi TNI ma POLRI yg ditanya malah soal menteri2 melulu…mumpunk kumpul semua knpa kok tanya gmna Nasib MEFnya ato apa saja Alutsista yg akan di buat ato di beli?

  28.  

    Terkesan ada yg ditutupi menimbulkan tanda tanya.

    •  

      Yang ditutupi kan jelas, ada calon2x tidak direkomndasi kpk πŸ™‚
      Saya bayangkan calomnya pdip atau pkb yang ditolak, kan pusing dia. Walau bisa jadi sama jokowi sengaja diumpan lambung ke Kpk. Jadi yang pusing juga partai partai pdip dkk

  29.  

    @bach ,
    mr putin aja ngebet ingin ketemu presiden besar rakyat indonesia bung !
    apa bung pikir pak mol dn pak sutarman menjabat panglima karna cuma dekat sby ..terlalu anda bung ! komen anda sudah meremehkan pilihan sby dn prestasi yg luar biasa dr pak sutarman klu pak mol prestasinya tanya bung satrio@

    presiden kuat, militer mumpuni , rakyat makmur,aman ,adil dn sejatera

    toppp

  30.  

    Intinya jangan mudah untuk mengumbar kejelekan orang lain apa lagi menebak” nama orang yang berbuat buruk, itu dia yang ingin diajarkan Pak Presiden. biar hukum yang mengadilinya ! kan kasian tuh keluarga menteri yg dikasih rapor merah sm KPK. πŸ˜€

  31.  

    @flores i know ,wkwkwk

  32.  

    Sodara” ngurusin nikah aja rumitnya itu njlimetnya ga ketulungan..kaga bisa langsung malem pertama,apa lagi ini masalah bangsaa…mungkin jd presiden adalah pekerjaan yg paling tdk di inginkan di dunia ini..skrg kita memiliki pemimpin baru hormati itu selayaknya anda sbg warga negara..jangan jd warga negara yg neo phobia..jangan mau kita terus”an berfikir pentium pdhl dunia sudah quantum. Ada istilah ” Jangan tanya negara apa yg sudah berikan kepadamu tetapi apa yg sudah kau berikan kepada negara?”

  33.  

    Bpk sbnrnya lg dlm proses menolak calon menteri yg tdk becus, atau yg titipan dr partai tp meminjam corong pkk.

    Gambarannya,

    Bpk bilang ke pkk,
    “pak pkk ini banyak calon menteri saya yg titipan partai kurang bersih dan kurang mampu..”
    “Tapi krn jasa partainya kpd saya.., saya tdk mampu menolaknya..”
    “Tolong bisakah pkk memberi saya jalan keluar..??””

    pkk menjwb,
    “Tenang aja pak..”
    “Berikan sj daftar nama mrk kpd kami..”
    “Kalo memang pendpt bpk sama dgn hasil investigasi kami selama ini..”
    “Biarkan kami dr pkk yg akan menyatakan ke publik dan terutama ke partai mrk bhw org2 tsb tidak bersih dlm pandangan pkk..”
    “Dan org tsb tdk mungkin bs jd menteri..”

    Jadi??
    Yaitu td menolak scr halus calon menteri titipan menggunakan institusi negara yg resmi agar tdk membahayakan koalisi dlm pemerintahan.
    Nolak nyilih (pinjem) tangan.

    #hanya ilustrasi khayalan..tdk ada nama yg disebut..tdk juga menybut lembaga tertentu#

  34.  

    Kalau nanti udah dibeliin mainan yang bagus buat tni baru tau kesungguhan jokowi.kita tunggu aja

  35.  

    Belum kerja aja udah pada ribut…,jangan terlalu ekspetasi berlebihan terhadap pak Jokowi bisa jadi blunder nantinya.
    Hargai pemimpin yg udah terpilih dan diangkat resmi…,mudah2an dgn poros maritimnya bisa mengulang sejarah kekuatan maritim terbesar di bumi selatan era bung Karno…,bahkan melebihinya…: blue water navy..!

    •  

      Setuju bung..Tidak baik berekspektasi berlebihan sama Beliau. Beliau juga manusia, jadi tetap bisa membuat kesalahan. Yang penting niat dan kerja keras beliau dapat dipertanggungjawabkan dan rakyat selalu melihat. Sebagai WNI yg baik, mari dukung Pak Presiden supaya Indonesia makin jaya.

      Tidak baik menjelek2kan tapi qtanya tidak memberikan apa2. Kalau mau mengkritik boleh, tapi jangan lupa PEMECAHAN MASALAHnya dunk#jgnasalnjeplak. Mau maju gimana nih negara kalau tiap org yg ngisi Indonesia Njeplak dw dw tanpa bobot hehe. Setidaknya tunjukkan olah pikir qta sebagai Insan Indonesia dengan ucapan yg mengkritik namun memberikan saran drpd menjelek2an kecuali Anda lebih berkompeten dibanding yg anda jelek2an πŸ™‚

      •  

        bung leo pard,

        ekspektasi gak berlebihan sih, cuman selama ini kita udah nyungsep terlalu dalam, sehingga ekspektasi terlihat meng-awang2…

        contoh sederhana asian games lagi, negara raksasa asia no 3 tapi nyungsep di peringkat 17, kalah ama korut yang kere dan 3 negara asean .

        klo udah gini target 3 bahkan 5 besar asia emang terlihat seperti ekspektasi berlebihan…

  36.  

    Buruan kerjaaaaaaa jangan bnyk bicarA

    •  

      belum pernah denger istilah ‘work smart’ pastinya…

      work smart gak perlu grusa grusu, gak perlu begadang, tapi cerdas melihat isu2 strategis yang mangkrak…

      contoh, dalam 2 hari muncul wacana beli be-200, padahal masalah kebakaran hutan udah kronis 17 tahun, alias sejak jaman presiden ke-2 !

      mending beli be-200 dpd beli b-737 bbj, ke fiji gak dipake, ke portugal + amrik + jepang apalagi…

    •  

      Lihat masa depan dan keadaan sekarang. Perbaiki kesalahan masa lalu sehingga menjadi pahlawan bukan menyalahkan. Menyalahkan masa lalu adalah mental pecundang. Berterima kasihlah kepada pendahulu terlepas dengan segala kelemahan, kalau orangtua anda punya kesalahan masa lalu apakah mau dihujat? Yang tepat adalah jangan diulangi dan. Perbaiki..

      Rakyat salah minum obat yang dibuat media bayaran. Dulu media minta kebebasan pers agar ada transparansi.. skr media menjadi tirani pembentukan opini.. mampus

      •  

        … belajar dari kesalahan2 masa lalu…

      •  

        Bnyk rakyat yang belum cerdas kalau bergaul di grass root. Cobalah main ke pedesaan pinggir kota saja.. miris

        Kalau jokowi hebat ya dibuktikan saja dan saya manut.. prestasi itu akan muncul bila mendapatkan tekanan dan memberikan waktu lebih sedikit hehe.. militer kuat dan hebat karena tekanan diawal dan menjadi kebiasaan..

  37.  

    Ngurus pengumuman kabinet sampai buat panggung kosong di tanjung priok terminal 3 pun molorrrrrrrrr
    Apalagi ngurus yang lewbih strategis..

    ditunda seabadpun rakyat manut wong sudah dibius dengan media dan eforia kepalsuan…
    Kalau gagalpun gaya ngelesnya keluar lagi

  38.  

    Semoga para penyamun ( tb, aw, ms ) ada di LIST YG DITOLAK oleh KPK untuk jadi anggota kabinet yang bersih dan berwibawa seperti yg diinginkan oleh Presiden Jokowi.
    SALUT untuk President RI ke 7 yang melibatkan KPK dalam menyeleksi anggota kabinetnya.

  39.  

    Calon menteri diperiksa oleh kpk dilaporkan ke presiden

    Calon presiden juga melaporkan segala kekayaan kepada kpk dan dilaporkan ke???????

  40.  

    Jadi presiden memang bueraaattt sekali, jd perlu pembantu yg jg mampu mengangkat beban berat.

  41.  

    kita nonton z deh..

  42.  

    Sby tipe orang yg hati2 lamban n Jkw tipe orang cepat baru mikir belakangan……semua ada konsekuensinya

 Leave a Reply