Sep 012014
 
Pesawat Kepresidenan RI (photo: Liputan6.com)

Pesawat Kepresidenan RI (photo: Liputan6.com)

Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo kaget saat dikonfirmasi terkait usulan salah satu politisi PDIP Maruarar Sirait soal penjualan pesawat kepresidenan. Usulan tersebut diungkapkan Maruarar sebagai salah catu cara menghemat anggaran negara sekaligus memberi teladan kesederhanaan pemimpin di mata rakyat.

“Kata siapa (mau dijual)? Dijual ke siapa?” ucap sosok yang akrab disapa Jokowi tersebut saat dikonfirmasi terkait usulan penjualan pesawat tersebut di Balaikota, Jakarta, Senin (1/9).

Jokowi heran dengan usul itu mengingat umur dari pesawat kepresidenan baru beberapa bulan terhitung sejak didatangkan pada April lalu. “(pesawat kepresidenan) masih baru kok mau dijual,” singkat Jokowi.

Sebelumnya, Politikus PDIP Maruarar Sirait akan meminta presiden terpilih Joko Widodo menjual pesawat kepresidenan. Usulan ini sebagai bentuk efisiensi yang bisa dilakukan dalam kerangka penghematan anggaran. Padahal asal muasal dibelinya pesawat kepresidenan justru untuk menghemat anggaran perjalanan dinas presiden yang terlalu besar gara-gara selalu menyewa pesawat.

Maruarar mengatakan, efisiensi adalah hal pertama yang harus dilakukan pemimpin. Jika pemimpin masih berfoya-foya dengan kemewahan maka rakyat juga tidak akan mau melakukan penghematan.

“Efisiensi rakyat juga harus lihat seperti pengurangan anggaran perjalanan dinas. Ke depan saya usulkan pesawat presiden dijual saja, ini untuk efisien. Protokoler dikurangi dan ini memberi contoh. Pemimpin tidak sederhana bagaimana orang bisa sederhana,” ucap Ara dalam diskusi di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (1/9).

Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) dibeli Indonesia seharga USD 89,6 juta atau sekitar Rp 847 miliar semasa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat sebagai presiden. Pesawat tersebut tiba di Tanah Air pada 10 April 2014 yang selanjutnya digunakan untuk lawatan ke dalam dan luar negeri.

Pesawat Boeing 737-800 ini diproduksi Boeing Company sejak 2014, memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,5 meter dan panjang 38 meter. Pesawat ini juga dipasangi 2 mesin CFM 56-7.

Pesawat BBJ2 ini mampu terbang di ketinggian maksimal 41.000 feet, lama terbang mencapai 10 jam, memiliki kecepatan jelajah maksimum 0,785 mach dan kecepatan maksimum 0,85 mach. Pesawat ini juga dilengkapi dengan perangkat keamanan dan tangki bahan bakar telah ditambah untuk daya jangkau hingga 10.000 kilometer.

Pesawat BBJ2 ini dirancang untuk memual 4 VVIP class meeting room, 2 VVIP class state room, 12 executive area dan 44 staff area. Interior pesawat dirancang untuk dapat mengakomodasi 67 penumpang. (Merdeka.com).

  178 Responses to “Jokowi Kaget Usul Jual Pesawat Kepresidenan”

  1. Selamat malam….!!!

    • Jokowi harus lapor sama Bu Mega dulu… karena beliau yg sudah berpengalaman menjual aset-aset negara. Tanyalah kepada yg sudah berpengalaman…

      • hihi.. tul

        • Anak buah wowo selalu kasar mungkin didikannya X, lihat aja wowo minim prestasi tapi biacaranya besar, bukan berpikirnya yang besar, maklum aja Agama kagak pernah belajar X

          • disini gk ada masalah ama pilpres kmrn
            disini gk ada masalah ama jokowi
            tp disini ada masalah ama elit partainya

            jd yaaaa tolong sedikit cerdas ya bahasanya bung

          • Wlw msh berupa usulan, bila alasan utk penghematan, rasanya kurang tepat air force one RI dijual, apalagi barang yg baru dibeli.
            jd wajar bla ada yg mengkritisi.

            ini org kayak nya msh terbawa suasana pilpres ya #wajasampaikaputing
            prabowo kah jojo kah ampih2 pank kd jd baras jua!
            kd seberataan urang banua sepemikiran nangkaya imak wal ae!
            coba jangan mamau!

          • wah kabinet penjualan jilid-2 nich….

          • Nang jelas di banua semalam nang no satu pang menang

          • @Dalashangit,,salam,,,hahaha kd tahan jua unda nh kd komen imbah mmbaca kalimat mamau,,,mun di kampung unda bahari mamau tu iya urg nang imbah tamakan biji kacubung wkwkwkwk,,,@Abah safa salam jua sebanua,,,@wajasampai kaputing,,ampih gn dangsanakai saling cela mencela,,,biar kena waktu yg membuktikan,,salam damai

        • Anak buah wowo selalu kasar mungkin didikannya X, lihat aja wowo minim prestasi tapi biacaranya besar, bukan berpikirnya yang besar, maklum aja Agama kagak pernah belajar X, bikin rusuh aja pengagum wowo ini, untung wowo kalah , kalo menang bisa abis kalimantan hutannya di babat sompret anak buah wowooooooo

          • Heeee…. Dimaklumin aja bung. Aku cuman bs mendoakan mereka semoga mereka menemukan akal sehatnya.

          • …….

            dalam nya cinta ini…
            tenggelamkan aku di duka yg terdalam..

            aku malah kasihan sama2 org wowo ini,, inilah org2 yg musti di perhatikan ..nasib nasib

          • Sikap demikian jgn dibesarkan pilpres sdh selesai, presiden definitif sdh jelas presiden kita semua…saudarakh bernickname banjar kalsel…sikap teman mengkritisi penguasa didirong oleh statement org banteng sendiri dan belum tentu dieksekusi pak jokowi….kalau mau memimpin harus siap dikritik (bahkan SBY berpesan sering dihujat) dan ini kemajuan demokrasi yg tdk mungkin muncul dijama Mangato….skedar memberi warning….impachment …..jauh….kale….

          • wajar.. bru bisa nulis di internet……lagi senenengnya……..

          • Dijaga panderan di forum mang ae, jangan manyupani urang banua

          • sebenarnya orang2 wowo itu siapa sih mana siapa, aneh.. kenapa masalah pilpres selalu saja dibawa bawa, udah gitu perkataanya kasar..
            yg skarang kita perbincangkan itu elit politik yg mengajukan penjualan pesawat kepresidenan, ko malah kemana mana.. ngawur aah.. udah gak sehat ni.. mana para sesepunyaa warjager

          • ampihan sudah pilpres mang ai…

      • Hi hi hi….

      • R-R-R…kayaknya akan ngikutin banget mekanisme cara efektif dapat duwit….memang betul jokowi harus sowan ke kanjeng mamih….kira2 hal apa yang bisa dijual…dan berapa untungnya (bagi klompoknya)….mereka bener2 marketing yang mantap dan bener2 lihai…sampai negaranya sendiri mungkin akan dijual nanti….

    • Pengagum wowo tampar tu muka kalian..!!!!!!!!!

      • siap-siap kreasikan BAJAJ terbang atw bersayap sbg pengganti

        • Pengagum wowo perlu direvolusi mental karena sebagian dari mereka kebanyakan orang-orang yang munafik, naif, pesimis, ga pernah bisa move on, membenarkan yang salah dan menyalahkan yang benar. Udah tau pak jokowi tidak akan menjual pesawat ri 1 tapi masih tetap saja pak jokowi disalahkan. SUNGGUH TERLALU..!!!!

      • Maksudnya apa? Yg perlu ditampar tu muka lu sendiri!! Pemilu dah lewat msh wowo wiwi aja.. kalian itu jilat ludah kalian sendiri yg bilang sekarang dah gak ada nomor satu nomor dua tp kl jokowi di kritik ngamuknya kyk org lg sakit gigi. Gue bkn pengagum satupun dari dua capres kmrn. Tp gw gak suka kl ada satu pun org yg neko neko thp negeri ini..

        • klu ngak milih ..kena ngamukk boss,,santai aja

          klu ngak setuju kebijakan jokowi silah demo ini negara demokrasi,,silahkan saja
          gak usah marah2 ,,ngak ngaruh apa2
          presiden punya hak menjual pesawatnya walah di beli ama duit rakyat tapi kan itu untuk presiden jadi udah hak presiden mau di pake apa di jual..
          kalau ngak setuju ya..itu masalah kamu bukan masalah presiden..

          • @Bung waduh
            sampean kok muncul dan berkoment hanya di artikel yang menyangkut pak jokowi saja ??

            Kalau gak ada urusan sama beliau anda gak ambil pusing yaa ,,,

            Bung waduh kalau boleh usul anda harus agak menurunkan tensi dalam menjawab yang tidak setuju,,bukankah pak jokowi sudah mengharapkan persatuan semua rakyat,, jangan sampean yang membela nanti malah membuka curang keretakan bangsa,,

            Sampean pasti bisa menjawab dengan cerdas dan kepala dingin,, kan dipihak pemenang.
            Kalau dipihak yang kalah memang harus dimaklumi ,dan kalau bisa malah DIRANGKUL dengan jawaban cerdas IMHO.

            Statemen usulan penjualan itu,, bukan usulan cerdas,,, tidak peka terhadap keadaan,,dan itu merugikan intgritas pemerintahan pak jokowi yang mau melangkah yang membutuhkan persatuan bangsa.,
            Imho

          • bapak satrio@

            terus aku mau gimana ,, klu aku nanggapi serius malah makin pusing..
            komen2 aku di ataskan komennya kayak anak sd ..

            mf bapak satrio@
            bapak juga harus meluruskan pemikiran yg salah..jgn dibiarkan
            aku cuma punya misi satu tujuan yaitu beradab dan beretika ,tidak untuk yg lain
            jokowi bukan sesembahan aku , sesembahan aku ALLAH SWT
            nanti bisa bapak buktikan klu kebijakn jokowi ngak benar pasti aku juga bersatu mengkritiknya dengan keras,,tapi teman2 musti sadar yg di kritik itu calon presiden ..yg beradab dong diskusinya ..malu kalau di liat sama negara tetangga

            salam bapak satrio@ ,tlg di tambahkan klu ada yg kurang
            salam damai satu bendera


            bawahlah…aku kealam damaimuu..u

          • Bung waduh
            Keadaan seperti ini hanya bertahan sebelum beliau dilantik.,, setelah dilantik siapapun yang menghina presiden bisa dikenai pasal2

            Jasmev dan musuhnya (maaaf gak tau namamy relawan Pak PS) yang memulai keretakan bangsa ini .. dan ini harusnya sudah berakhir,,
            Pak JKW dan JK sudah mengajak persatuan,
            Dan saya juga sudah capek capek membina persatuan disini ,,,

            Sak apik apik e uwong akeh titik onok sing gak seneng,
            Sak elek elek e uwong,, akeh titik onok sing seneng

            Barisan sakit hati tidak bisa dilawan dengan cara keras juga,, kalau ingin persatuan ,, LULUHKAN

          • ngaakakakakak….

        • Jangan-jangan bung Vans satu partai ma ane yah? partai golfut :mrgreen:

      • Bung lorem…jgn telalu bela pati banget lah….jokowi itu cm sendirian sementara begundale mboke itu akeh dan nyeleneh kabeh…buktinya ini…

        Pertama,apa pangkat si bleguk itu nyuruh jokowi jual TNI-AU Satu? Emang nenek moyangnya yg beli…dia anggep apa jokowi Sampe bs dia suruh2? Tukang sapu rmh mboke? Sungguh gambaran politisi kelas pasar….

        Kedua apa si sirait ini tamatan apa sih?pernah gak ya belajar ekonomi? Kok ya gampang bener bilang penjualan TNI-AU Satu akan nambah kas negara dan efisiensi…jual brg terdepresiasi gak akan pernah untung karena nilainya semakin menurun…

        Omongan wong gendeng ini justru merusak citra jokowi dan membuat rakyat jd antipati karena kenangan pil pahit yg pernah diminumkan induknya 10 tahun silam Dgn alasan yg sama…efisiensi….

        • Mungkin mau jadi calo kali biar dapet komisi dari penjualan tersebut 😀

        • Bung Wehrmach, biasa aja kali. Toch ndak ada larangan jg org berpendapat dan membuat usulan. Apalagi dia seorang politisi. Tinggal dikritisi aja kl seandanya pendapatmu berbeda. tp yg proposional ojo ngalor ngidul ngak jelas jundrungannya.

        • bgmanapun juga jkw dikelilingi para anteknya si mbok yg pada cacat otak dan cacat mental alias “kenthirr”yg ada diotaknya hanya jual..jual..dan jual .smoga jkw tdk terkontaminasi mereka.Dan para antek simboklah yg hrs di Revolusi mentalnya sesuai gembar-gembornya saat kmpnye..”REVOLUSI MENTAL”

        • ngak ada citra disitu ma kebijakan ini hak presiden ..

          piala citra itu untuk artis ma..

          emg yg beli bukan nenek moyang kami ,,tapi pesawat itu dibeli untuk presiden ..ya terserah presiden mau make apa mau di jual..mau jalan kaki atw naik sepeda ..ya terserah presiden ,,dan itu lebih baik..

          • Bung waduh rakyat milih presiden bukan untuk jual milik rakyat bung.tapi untuk menambah yang dimilliki rakyat.

            Presiden adalah kepala rumah tangga bagi keluarga yang namanya indonesia

            Kalo seorang bapak bisanya jual jual ngalamat akan jadi gelandangan keluarganya

            Kalo gak punya uwang kerja bung jangan main jual aja

            Punya otak buat mikir dong

          • keliatan bung waduh pendukung membabi buta he..slam damai

          • jangan samakan memimpin suatu negara itu sama dengan memimpin Daerah bung, Presiden itu adalah pemimpin dri 250 juta lebih Rakyat indonesia, Anda bilang Terserah presiden la emang uang yg buat beli itu drimana bung sedikit banyak juga dri rakyat. Jangan dianggap saran/pendapat kami untuk beliau adalah cacian atau hasutan, tp y belajar menerimalah bahwa ini salah satu saran/opini dari Rakyat bliau yg peduli dengan negara nya.

          • Busyet jual pesawat kepresidenan itu hak presiden???
            Itu aset NKRI bung..!!!! Digunakan untuk kepentingan presiden RI. Kalo metodenya begitu jadi AL punya hak jual kapal selam dan AU punya hak jual Sukhoi dong??
            Lha kapal perang tua untuk dijadikan sasaran tembak aja harus disetujui kementrian keuangan dulu karena itu aset negara… hadehhh……

      • yah gak usah sungkan dan malu lahh, tinggal diganti cat sama tambahan logo aje, dan mungkin kalo nyang kuning menang tinggal ganti lagi catnya dan seterusnya, gitu aja kok repot…

      • Bukannya kita semuaudah pada tahu,jgn lu terlalu memuji presiden luh yg lebay, tpikita lihat sja tuh pak jokowi memimpin mau enaknya sendiri belum belum udah mau naikin bbm, lebay lu

    • Baru aja berkuasa sudah mau jual sesuatu……………..dulu Indosat, saham-saham BUMN, Kapal tanker PERTAMINA, mental broker, gak kreatif blass….sopo sing ra iso. Tawarin aja di beniaga atau OLX. atau gadaiin di pegadaian…./

      • Fyi…baru dengar info juga dari bekas orang sekneg…indosat dijual uangnya salah satunya untuk membeli peralatan perang dari timur..salah satunya pesawat sukhoi dll?…rasanya ga setuju sekali indosatnya dijual…tapi kok senang juga punya pesawat sukhoi…antara kesal dan bagaimana yaa ?

  2. ……

  3. we ora ono komunikasi to

    • Pak Jokowi belum d lantik saja sudah mulai mendikte,gmn nanti. Lagian kok usulan bukannya d rundingkan dulu dgn intern PDIP malah bicara d Publik ? Maksudnya apa ?!? Klw aq yg jadi Pak Jokowi pasti Kopiah q ta’ copot trus q pakaikan d kepalanya Pak Maruarar sambil bilang ” yang mau jadi Presiden sampean atau aq ?? Klw mau jual ya mbok rumahmu aja,jgn yg merugikan Negara ,, “

  4. Nyimak

  5. wkwkwkwkwwk…..

  6. Sip!

  7. ayo pak Wi jangan mau di kadalin. biar aja nanti 2019 pilpresnya bareng pileg. kagak usah partai2an buat partai sendiri

  8. siiap.. aku mantut saja wong sampean yg mengusungku toh

  9. ga dijual…tapi diganti logo sama cat aja

  10. aku manut wae sama si mbok

  11. perasaan nih partai wong cilik selalu aja ingin menjual sesuatu…apa emang udah watak makelar

    • Jadi calo enak loh bung, kerjaan mudah dapet komisi lagi 😀

      Jadi calo bukap korupsi loh, jadi halal duwitnya 😀

    • Mungkin gak bisa mikir..dah sumpek cari2 dana tambahan ..ya..paling jualan yg dana cepat!..indonesia sangat kaya + penduduk 4 besar dunia..ini sangat menunjang dari segi ekonomi..banyak artenative2 yang didapat..la gak usah di jual tankutnya merembet ke hal2 lain bisa gawat ni bangsa..gini saran saya..ayo nyumbang 10rb aja x 200 jt org aja..ini dah melampaui harga jual pesawat…edan!

  12. wingi sing modali koe nyapres sapa wi…
    kudu manut lohhhhhh,hihihi…
    # tidak ada makan siang gratis.

  13. lumayan dapat komisi

  14. Jkw kaget, kok cuman pesawat kepresidenan yg dijual, usulin jual garuda indonesia airways,pertamina,sekalian istana negara,biar lebih sederhana lagi presidennya tinggal di kost-kosan

  15. Artikel ini kesannya jadi seperti counter dari posting sebelumnya pada pukul 7:49 pm tentang http://jakartagreater.com/elit-pdip-usul-jual-pesawat-kepresidenan/, ya walaupun keduanya diambil dari situs berita, mungkin perlu ada tim redaksinya di JKGR supaya posting yang naik sudah layak tayang, serta fokus pada isi dari JKGR ini yg membahas tentang alutsista, dikhawatirkan content nya lama kelamaan kaya jl. Haji Mencong yang jalannya mencang mencong gak lurus hahaha, Saya sendiri banyak menimba ilmu dari sini loh 😀

    Maaf bung Diego / Gue 😀

  16. yah..bru brapa bulan, masih kinyis2..ntr, nunggu thn dpn aja jualnya xixixi..

  17. tank leopard yang baru dateng jual sekalian!!!!!

  18. jual ajah semua,iya semuanya hahahahaha

  19. sekalian shukoi jual juga

  20. Padahal ada bantahan langsung kok ya masih nyocot terus, apa sakit hatinya belum hilang jagoannya kalah atau belum makan nyocot terus biar dapet nasi bungkus .

  21. Belum merasakan sudah disuruh jual…piye to iki…

  22. Hati-hati blom apa-apa udah ada rencana mau naikkin BBM, blom apa-apa udah ada usulan jual Pesawat, nih liat aja besok begitu udah jadi Presiden, tuh Leopard yang udah pada parkir di priok di suruh naikkin ke kapal lagi suruh jual sama singapore, Jangan-jangan KRI Bung Tomo juga dijual juga buat tambah Subsidi BBM. Buat keluar negrinya Import langsung import Bajaj Kepresidenan.
    Emang otaknya kampungan gimana mau maju, apa-apa maen jual-jual aja.

  23. Kalau kabar rencana penjualan pesawat kepresidenan ini serius H Sukri pasti kegirangan dan akan langsung membawa timbangan ke bandara halim 😀

    Temen2 ada yg punya no hp H Sukri ga?…. Infoin kabar penting ini, sapa tau dpt komisi 😀

  24. Sabar sabar…..kita tunggu pelantikan dulu, dan biarkan P. Jokowi bekerja dulu…baru kita lihat hasilnya…..kita jaga persatuan dan kesatuan….

    • biar saja bung krisna@ mereka mau ngomong apa ..ngak ngaruh !..

      nggap aja hiburan …

    • ga ada bawa2 Jokowi bung Krishna….yang ngomong mau jual airforce 1 RI itu lho..dan mau nyuruh Jokowi pula..saya cuma bisa geleng2 kepala dan garuk2 kaki mengenai usulan demikian..

      @waduh : bung, hal ini bukan hiburan…statment usulan penjualan pesawat tidak berada pada saat yang tepat dan kurang cerdas..fokus kepada yang memberikan statement saja..rangkul orang2 yang tidak menyukai sosok Jokowi…statement dari maruar sirait justru hanya akan membuat tidak bagus pamor Jokowi, apalagi belum dilantik…

  25. pasukan gurkha pada ngamukkk…mantafff

  26. Ya maklum lah…pileg dan pilpres..kan byk ngeluarin duit..rakyat disuruh hemat..elite politik foya-foya..atau bagi2 aset…heee..sambil ndlok…opo sing iso di doollll….atas nama rakyat..ya rakyat lagi yang kena…padahal rakyat gak tahu apa2…maap ya om diego…

  27. Pasukan nasi bungkus mulai bergerilya Mantaff

  28. Ahhhh camp_red lahhh nihh orang…
    Berani ga om joko ga pake nihh orang.. yg ngasih usul2 ga jelas, ga masuk akal dan soj tau berani ga disingkirkan..
    Kesian amat SBY capek2 ngusahain pesawat kepresidenan malah diusulkan mau dijual. Apa coba perasaan om BY iniihh.. huhuhuuhuu

  29. mayan dpt komisi….hahahahah

  30. kepalang tanggung pak jokowi.., ini usulan udah di lempar ke publik dan udah matang.
    sekalian saja jalan2 keliling dunia pake pesawat itu terus di jual ..gpp pak


    aku udah menduga setiap pembelian barang yg terkesan dipaksakan dan selalu mendapat pro dan kontra akan menjadi masalah di kemudian hari ..
    dan ini pesawat ri termasuk yg banyak org menolak untuk di beli ..
    gaya-an pake pesawat aja kayak presiden asu ..
    coba klu meniru itu kayak china ,,yg di tiru itu barangnya ,pesawatnya,kapalnya ,dronenya itu baru bagus
    ini yg di tiru tuk gaya2-an ,,buat apa ..rakyat aja susah ,garam impor ,sapi impor maluuuuuuuu
    miris aku liat rakyat bertarung dengan alam,petani bertarung dengan alam kadang hujan datang kadang ngak,,liat nelayan kita bertarung di lautan ,kadang2 di kejar2 sama sonatan ama malon walau mereka nangkap ikan di tanah airnya sendiri..mirisssss

    lanjutkan pak jokowi..

  31. AYOO WARJAGER dijaga LISAN nya ,,,
    Ada banyak cara untuk mengeluarkan pendapat dengan CERDAS dan SANTUN…

    KAlau terlalu kotor warungnya yaa DISAPU lhoo,,,

    • Ndan Sat, risih nich sy baca2 komen yg tdk mengindahkan tata krama dan tdk py unggah ungguh sbg tamu di warung ini. Rindu suasana tenang menyejukkan yg dl pernah sy rasakan di warung ini.
      Bung diego, bung gue sesepuh yg laen… tlg dong sering2 disapu warungnya, biar ttp bersih shg enak buat ngopi sambil nimba ilmu.
      Maaf pendapat tukang permaks celana… 🙂

    • Bahasanya itu lo bung Sat, tambah nyleneh2.. Saya setuju aja perbendaan pendapat cuman cara ngomongnya ja kq makin Ga mendidik..

    • siap om.. mohon maaf lisan saya agak ngelos kemarin teman teman…

    • betul ndan sat…masih terasa banget aura pilpres, begitu ada umpan dan kesempatan langsung disambar dengan bahasa yg “kurang adem”.
      Apapun dan siapapun pilihan kita waktu pilpres, sekarangnya saatnya kita bersatu kembali untuk membangun negeri ini ke atah yang lebih baik.
      Kritikan boleh namun seyogyanya disampaikan dengan bahasa yg santun dan adem, dan tak perlu kiranya kritikan tersebut ditanggapi secara frontal pula.
      Mari warjagers sekalian kita jaga warung ini agar tetap adem..perbedaan/kritikan boleh namun sampaikan secara adem sehingga kita semua adem juga membacanya. Kita kembalikan warjag seperti kondisi semula sebagai warung kita menimba/belajar ilmu tentang militer, alutsista, strategi, kewiraan dll..karena kondisi yang adem di warjag lah yang menjadi pembeda dengan forum lain.
      Bila ada salah kata mohon maaf…
      JAYA NKRI !!!

    • kalo sy boleh mnambahkan sdikit…smoga ini dsampaikan kpd bpk jokowi.
      “pak,,skrg bpk adlh milik sluruh rakyat,,bkn milik partai”

    • Se7 bung Satrio ,coba d baca lagi All,, yg membuat Statement kan bukan Joko apalagi Prabowo,mengidolakan seseorang tuh munafik,yg harus d sanjung ialah sifat baik n kebijakan seorang pemimpin nantinya.sekarang d sanjung2 smpe ngotot,kan gak tau nanti akan sperti apa gaya kepemimpinannya 🙂 ,,IMHO

  32. Kayanya negara kita ini dah mo bangkrut ya…

    • Jangan pesimis bung…makanya mari kawal dan kritisi secara sehat dan cerdas

      • Hehee…terima kasih pencerahannya bung…cuma ngambil dari pengalaman pribadi,kalo pas lagi kepepet terpaksa jual hp ato motor yg di gadaikan. Maksud saya,saya cuma merasa miris aja dengan politisi ini,bukannya cari solusi buat kemakmuran Rakyat. Hmm…mudah2an pak Jokowi bisa bijak,dan memberikan solusi yg terbaik buat Bangsa kita. Salam persatuan Indonesia!

  33. bikin pesawat lalu dijual itu baru ide bagus, kalau pesawat yg dipakai mau dijual itu namanya bukan ngirit tapi kepepet. haduh..

  34. Bung Diego bisa MULAI menyeleseksi dan Memperingatkan Nick Nick yang menghujat dengan kata kata kotor,,, kalau masih bandel silahkan dibaned..

    Warjag bukan arena mencaci maki,, disini yang dibutuhkan Persatuan dan Kesatuan.
    Jangan sampai warjag belum jaya dan berarti bagi Indonesia jaya sudah tennggelam karena tumpukan SAMPAH

  35. nyok temen2 yg kundusip..
    ntar kalo mangsih caci maki, bang diego ane minta jual jkgr ne biar diganti drone sekalean..

    mo komeng dimana ayooh kikikiki :mrgreen:

    bobo ah, pagi pagi mo sowan ke haji sukri..

  36. politisi banteng memang selalu kluarkan peryataan yg bikin jengkel para Indonesia sejati….

  37. Semoga Presiden dan Wakilnya nanti berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Jangan sampai menjadi bulan-bulanan politikus, bhkn dari partai pendukungnya sendiri. Jika harga BBM harus naik untuk mengurangi subsidi ya naikkanlah, tapi mintalah maaf sama rakyat, karena yang menolak kenaikan harga BBM selama ini adalah partai Anda. Jangan mengkambinghitamkan pemerintah sekarang. Dan, perbaikilah tingkah laku pejabat elit Anda.

  38. ini ada apa sih kok pada ribut?

  39. udah panik si ara !!!!

  40. Kangen diskusi yg jauh dr kesan sotoy model bung nyd, bung sat, bung yayan, bung wher, bung jalo dll klo mau opini pake diselipin imho2an jd gk berkesan menggurui.. salam damai buat semua

  41. hmmm…communist movement’s detected???

  42. Maruarar Sirait : “nggak bisa pemimpin menyuruh sederhana tapi tidak bisa memberikan contoh”,
    “Efisiensi rakyat juga harus lihat seperti pengurangan anggaran perjalanan dinas,kedepan saya usulkan pesawat presiden dijual saja ini untuk Efisien.Protokoler dikurangi dan ini memberi contoh.Pemimpin tidak sederhana bagaimana orang bisa sederhana”
    Sepuluh kali di baca kok sepuluh kali perutnya mual mau muntah!!!
    Kenapa kok tidak bikin statement seperti ini aja Om ARA: “setiap anggota DPR/MPR setiap Menteri dan setiap pejabat tinggi baik daerah ataupun pusat bila pergi berdinas diwajibkan naik angkot/bis/sepeda pancal untuk efiensi dan juga untuk teladan kesederhanaan”
    Ingat Om,menjual aset tiadak akan menyelesaikan masalah/krisis.bahkan nama anda akan terpatri hitam abadi ditulis dalam buku sejarah.Dan terimakasih banyak buat Nyi loro kidul karena sukses regenerasi mencetak kader yang mengikuti jejak anda! Seandainya bung Karno masih hidup barangkali bung Karno akan memakai topeng karena malu punya bibit yang unggulan,unggul dalam bidang “Sales”.

    • Salam para warjager disini,mohon ijin komen,
      @Lek U-mar, setuju dengan pendapat Lek U-mar, ada baiknya maruarar sirait yang berpendapat seperti itu mulai memberi contoh pada dirinya sendiri,dengan menjual rumahnya sendiri,mobilnya sendiri ,lalu hidup kos kost an saja, baru dia bisa ngomong :nggak bisa pemimpin menyuruh sederhana tapi tidak bisa memberikan contoh”,

  43. Eforia . Sepuluh tahun memendam asa, cemburu dan sakit hati..serta suara yang tak ” didengar ”
    Setelah “naik panggung lagi ” semua ingin didengar dan terlihat dengan mencari muka.

  44. kalau pak jokowi menuruti usul MS dan tidak memakai pesawat kepresidenan mungkin lebih baik disewakan saja selama 5 tahun.nanti 2019 jdi g usah beli lagi.

  45. Gk ada otaknya dan nilai strategis.. belum mulai mikirin duit dsn pemborosan

    Sudah jelas mereka tdk memiliki otak hanya larutan tinja 🙂

  46. SR wae ah….sambil nunggu list aset negara lainnya yang akan diusulkan untuk di jual…..
    Bravo…jadilah penjual yang baik…biar untung besar

    Ngelus-dodo.com

  47. Pak Jokowi yth, harap sgr pecat & singkirkan orang2 disekeliling bpk yg hanya memiliki wawasan kebangsaan palsu, jauhkan mereka dr p jokowi, jangan smp aset & karya Bang SBY g strategis & jd kebanggaan nadional dibatalkan/dijual. Lanjutkan atau perkuatlah program strategis SBY apalagi ygterkait dg perthanan, ,,semoga NKRI sgr kembali menjadi macan asia,,singkirkan para cecunguk yg pura2 jd penasihat ttp dia hanys merusak negara & hrg diri bangsa

  48. elite partai satu ini emang hobi sepertinya lego aset, belum juga di lantik.

  49. ingat ya jktgreater itu tempat sy dan anda manambah ilmu serta saling mengisi kekurangtahuan mengenai kemiliteran, boleh berdebat asal beradab, jd jgn suka ngetrol disini soalnya saya mudah “RINGAM”

  50. 😀 😀 😀 😀 lanjut!!!! berdebat saja sampai ancur ni negara…

  51. Hahaha Terlihat sekali betapa mudahnya bangsa ini terpecah belah ! untunglah masih banyak yang cerdas. yang mengusulkan menjual pesawat itu salah satu politikus partai PDI P bukan JOKOWI loh. kenapa dibawa” pilpres ya, masih ada aja jiwa NO 1 atau NO 2.

  52. kloa ane ma jokowi oke deh ANE DUKUNG tapi ma politisi PDIP No deh…dulu aja jaman mega amburadul malah pulaunya Hilang

  53. makin aneh aja,,,banyak statement ngga jelas…absen ah…

  54. Boleh efisiensi dan lain-lain alasannya, ..tapi jangan dikit-dikit jual, ada hal dan cara lain yang lebih penting dan cepat,. yaitu penyederhanaan birokrasi, hilangkan pungli dan praktek2 manipulasi, ini kalo mau bisa cepat dilaksanakan asal ada kemauan, jangan latah dikit2 jual,
    Pesawat ini di pakai untuk efisiensi supaya klo Presiden berkunjung ke tempat lain baik di dalam maupun luar negeri tidak sewa dari Garuda yang malah akan boros dan tidak efisien. Ayo pak Jokowi maju terus jangan mau disetir walau dari partai sendiri, sekarang di belakang bapak seluruh rakyat Indonesia, kalo baik dan bagus bagi rakyat walau tidak populer kita dukung, ..tetapi juga kalo patut di kritisi pasti kita kritisi, karena kita semua manusia yang selalu berusaha mencari yang terbaik bagi permasalahan bangsa dan negara…

  55. sapu- sapu… mana sapuuuu…. sapu lantai, sapu ijuk, sapu lidi, sapu ja yg kotor n gk bisa berpendpt dengan bijak.. yg jual ikan sapu2 monggo juaalannn…

    siapa presiden nya dah jd takdir,, tp entah brpa lma. lebih baik brdoa dn ttp ikhtiar. smg bangsa kita sellu di beri kslmtan oleh Allah..

    jd pro dn kontra gk prlu slig adu jotos. ttp jaga perstuan. mendig kita karungin ja para anggota dewan yg korup,cm tidur siang,cm jln2 k luar negri, dn politikus busuk.

  56. Jika yg diusulkan untuk dijual barang pribadi jelas enggak ada yg komen tapi kalau milik negara dan masih bagus apalagi memiliki nilai strategis ,wajar kalau pada protes!.

  57. Itulah RI, penerusnya gak bisa nerusin kebijakan sebelumnya, mangknya SBY berusaha jalin komunikasi dgn jokowi agar bs handover kebijakan yg masih jadi PR atau yg sedang berjalan.Jangan asal beda pemerintah beda lagi UUnya terus rencana lama terbengkalai, gym mau maju klo masih ego sendiri-sendiri

  58. @bung Ronggolawe,
    ekstrim amat mau dibawain binatang segala.
    Tidak perlu menyikapi penghinaan para demonstran yg lalu bawa-bawa kerbau segala sambil di cat insial2. Karena siapapun yang menanam pasti akan menuai apa yang ditanam. Siapa menghina orang lain, mungkin suatu saat akan kena batunya juga.

    saya yakin dan percaya secara pribadi pak Jokowi sangat baik dan santun, mari kita ciptakan persatuan dan kesatuan. sudah lewat waktunya saling bersilat lidah pendukung si A /si B. wong presiden baru sudah jelas kok.

    Mari kita kritisi kebijakan presiden baru yang tidak sesuai. dan tidak perlu sewot kita menanggapi, wong kritik itu membangun. SBY saja ndak alergi.

  59. Pendapat yang kurang cerdas. Saya yakin pak sby mempunyai pendapat kenapa pesawat kepresidenan harus ada. Beliau pasti sudah mempunyai studi kelayakannya antara invest di pesawat atau harus menyewa pesawat, antara kepraktisan pekerjaan presiden yg padat dengan menunggu antrian pesawat yg tersedia dlm sewa pesawat.

    Penjualan asset negara seharusnya tidak gampang terlontar dari politisi kita kecuali kalau politisi spt dia saya maklumin…. Tidak efisiennan mana antara perjalanan dinas ke luar negeri dengan membuang-buang uang tanpa ada manfaatnya dengan kita melakukan invest suatu pesawat yg mrpkan pesawat RI one kita sbg perlambang negara yg bisa dipakai selama 10 tahun.

  60. Slmat….untk smntra taktik anda cukup brhasil….(western).kau hncurkn kami dr dlm…..skenario pilpres 2 calon tk lepas dr strategimu….!!!smga msh ada jiwa2 pemersatu dlm bgsa ini.Amin

  61. Orang yg suka jual asset, kekayaan, harta milik, tanda nya orang yg tdk memiliki kemampuan mengembangkan diri ataupun mencari cara yg lebih kreatif dalam mencari pemasukkan/pendapatan, sdh jd trade mark politisi PDIP jualan asset negara, bakan Rahmawati Sukarno mencurigai akan ada penjualan asset hingga pulau Papua,,hadeuuuhhhh..dulu rakyat sudah tahu gmn kwalitas PDIP,,nah rakyat gak jera, skrng kasih mereka kesempatan lg buat lego2 asset & meskipun itu kebanggan bangsa..

  62. sore JKGR… waduh ini lama2 kok jd melebar ngk jelas 🙁 komentnya mulai ngk relevan, yg dibahas ini eh yg jwb itu… Ini kan permasalahannya salah satu elit politik PDIP dengan Jokowi soal pesawat RI-1, kok malah lari ke PS. udahlah ngk usah bawa2 nama org lain yg ngk ada di pembahasan artikel.

    Anda boleh fanatik, tapi jgn kebablasan, kl ada yg mengkritisi ya harus nrima. sy hya ingin lihat nanti, jika (kriteria) para calon menteri nanti bener2 tdk boleh aktif jg di partai, maka akan lbh bagus sang RI-1 dan RI-2 jg sama, ini jg agar menghindari presepsi lain akan seorang RI-1 sekarang yang katanya hy boneka dari pemimpin partainya.

    Inilah tantangan buat presiden kita, Presiden itu kan hy pelaksanan mandat rakyat. jd tidak bs seenaknya dlu memutuskan dijual atau tidak (hak) sprt kata bung @WADUH, maaf bung saya kurang sepaham dgn Anda… harus ingat bahwa ada parlemen lho yg menentukan kebijakannya juga 🙂

    maap, sy golputsiyyah yg hy mengharap para pemimpin/wakil rakyat py pemikiran dewasa. salam hangat

  63. Sekedar urun pendapat bung Ronggolawe, perlu di ingat masih ada pasal 310 KUHP tentang tindak pidana pencemaran nama baik dengan ancaman hukuman paling lama 9 bulan atau denda 4,5 juta rupiah, dan pasal 311 KUHP tentang tindak pidana fitnah dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun keduanya apabila di lakukan dimuka umum.

    Karena saat ini domain kita di dunia maya, maka yg di sangsikan adalah pasal 27 ayat 3 UU ITE tentang penghinaan dan pencemaran nama baik, dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun dan denda paling besar 1 milyar rupiah.

    Mohon maaf buat teman2 termaksud saya keritik membangun sangat diperlukan tapi yg bersifat konstruktif, supaya kita semua tidak mendapat masalah di kemudian hari.

    • @Bung Rafly. Terima kasih atas pencerahanya Bung. Berkaitan dengan pasal 310 & 311 KUHP tentang pencemaran nama baik n fitnah bisa berlaku jika yang diserang adl martabat pribadi dan untuk fitnah jika bisa dibuktikan sebaliknya oleh terlapor maka delik fitnahnya gugur & jika tetap diproses maka pelakunya tdk perlu ditahan krn ancaman hukumanya dibawah 5 Tahun Bung begitu juga dgn pasal UU 27 ITE lebih menitik beratkan pada pribadi. Contohnya ketika Presiden SBY pernah difitnah menikah lebih satu kali, maka beliau melaporkan pelakunya dgn pasal fitnah sbg pribadi dan kalau tdk salah terlapor tetap diproses sampai persidangan tapi tdk ditahan.

      Nah jika berkaitan dengan kebijakan yg dilakukan Presiden dan dianggap salah oleh rakyatnya dan dikritik dgn metode kritik yg bermacam2 maka tdk ada cantolan hukum utk mempidanakan pelakunya. Krn yg dikritik adl kebijakan & Presiden sbg Kepala pemerintahan sbg penanggung jawab. Sebagai contoh krika Presiden SBY pernah dikritik dgn demonstrasi yg kurang ajarnya lagi para demonstran membawa kerbau ktika Presiden SBY akan menaikkan harga BBM maka utk mempidanakan pelakunya yaa bingung juga alias tdk ada cantolan pasalnya krn Pasal 154 n 155 KUHP yg berisi penghinaan terhadap pemerintah telah dicabut oleh MK.

      Yang saya tdk setuju adl ketika rakyat mengkritik pemerintah berkaitan dgn kebijakanya yg dinilai merugikan rakyat lantas pemerintah melakukan kriminalisasi pdahal kritik tsb paling2 hanya demonstrasi tapi jika sampai merusak maka lain lagi urusanya.

      Makanya biarkanlah rakyat melakukan kritiknya krn itu proses belajar rakyat toh yg kena dampak langsung dr kebijakan pemerintah yaa rakyat juga artinya rakyat jgn selalu dipaksa utk menerima dan mengamini setiap kebijakan pemerintah. Dalam hukum ada yg namanya “perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh penguasa” mekanisme penyelesaianya melalui gugatan ke pengadilan dan dibeberapa tempat oleh majelis hakim dimenangkan rakyat.

      Perbedaan itu Sunatulloh untuk sampai pada berdampinganya perbedaan tsb butuh waktu yg cukup lama dan Indonesia baru 16 tahun belajarnya sejak dimulai Th 98 pdahal proklamasi sdh 69 TH. 10 Th dari waktu 16 TH tsb, Presiden SBY telah memberi contoh yg sangat baik dalam hal pengelolaan perbedaan di Indonesia baik ditingkat pemangku kebijakan maupun dilevel rakyat.

      Saran saya bacalah buku “Selalu Ada Pilihan (SAP)” karya Pak SBY disitu akan kita temukan bahwa semuanya indah termasuk perbedaan antara pemerintah dengan rakyat. 🙂

      Thank Bung Rafly atas tanggapanya yaa. Sukses buat anda Bung. 🙂

      • Bung ronggolawe
        Terimakasih atas pencerahannya
        Biar warjager lebih tau batas batas dalam mengkritik sehingga tidak menyerang personal..

        Pak JKW bila sudah dilantik sudah bukan milik 70 juta pemilihnya tetapi sudah menjadi milik seluruh rakyat Indonesia yang berjumlah 250 juta lebih,,
        Partai yang merasa berjasa wajar ingin menyetir berliau tetapi semoga pak JKW dan JK bisa arif menyikapi bahwa yang harus dilayani adalah seluruh rakyat Indonesia Sehingga bisa tahan terhadap usulan usulan yang menciderai seluruh rakyat Indonesia
        amien

        • @Bung Satrio, Sama-sama Bung saya juga mengucapkan terima kasih krn sdh diberi ruang untuk ikut dalam diskusi di Warjag ini.

          harapan kita semua, termasuk saya pun demikian Bung bahwa pak jokowi akan berdiri diatas kepentingan bangsa ini yg isinya 200 juta lebih Rakyat Indonesia walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang Pemerintah memiliki logika sendiri begitupun Rakyat juga memiliki logikanya sendiri tapi justru disitulah keindahannya.

          Sukses buat Forum Warjag ini & sukses juga buat anda Bung Satrio. 🙂

  64. laah trus presiden terpilih dianggap apa doong..

  65. Kaget ya pak?

    kaget karena tanggapan negatif masyarakat…. coba kalau tanggapannya positif, pasti bruakakakak

  66. Mohon maaf nih kepada sepuh” disini, sy hanya memberi pendapat aja knp belakangan ini kok posting”nya kurang berkualitas yah?. Dan saya miris melihat komen” yang ada kok saling menjatuhkan dan tutur bahasa menjurus ke kasar dan dapat menimbulkan perselihan, sebenarnya kan dsini kita seharusnya saling bertukar pendapat bukannya malah menimbulkan persilihan. Terimakasih.

  67. Siap siap Bung Diego…
    JKTR mau dijual juga..

    Ampun ampun dah..
    Repot musuh Nasionalisme Partai, karena Nasionalisme Negara sudah gak di anggap.

  68. Tak jadi masalah siapa yang jadi presiden, yang penting setelah jadi presiden jangan menjual aset negara dan menggadaikan SDA Indonesia kepada asing. Bukan hanya presiden nya partai, bukan hanya presiden nya suku tertentu atau agama tertentu tetapi presiden Bangsa Indonesia yang plural. Selamat pak Jokowi,kembalikan aset negara ke BUMN dan Nasionalisasikan perusahaan asing, yang habis kontrak jangan diperpanjang lagi, batalkan perjanjian SBY dengan freefort

  69. macetttt….geleng2 kepala dan garuk2 kaki…dimana hak prerogatif presiden kalau begitu??

  70. under pressure kah?? 🙂

  71. Alih alih dijual, knp gak diserahkan ke garuda aja untuk dikelola, supaya bisa cari duit disaat pesawat tersebut tidak digunakan untuk kegiatan kegiatan kepresidenan. hal ini udh dilakukan selama ini pada kereta kepresidenan yang kl gak dipake disewakan sebagai kereta wisata oleh PT. KAI. kl pas lg dipake siapa pun yg mau pake ya gak diperkenankan.. salam.

 Leave a Reply