Aug 122014
 
image

Asahi Shimbun wawancarai sikap Presiden Terpilih 2014-2015 soal Laut China Selatan

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Indonesia siap bertindak sebagai perantara untuk meredakan ketegangan yang terus meningkat terkait sengketa teritorial di Laut China Selatan. Jokowi mengemukakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan harian Jepang, Asahi, yang terbit pada Selasa (12/8/2014).

Gubernur DKI Jakarta tersebut, yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pemilu Presiden 2014 pada bulan lalu, mengatakan kepada Asahi bahwa ia akan bekerja untuk menemukan solusi diplomatik, bukan militer, terhadap konflik yang memanas itu.

Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Klaim tersebut telah menempatkan Beijing dalam posisi berlawanan dengan sejumlah negara, termasuk Filipina dan Vietnam. Selama beberapa bulan terakhir, telah terjadi sejumlah ketegangan di daerah itu.

“Kami mengharapkan solusi diplomatik dan jika perlu Indonesia siap memainkan peran sebagai perantara,” kata Jokowi sebagaimana tertulis dalam wawancara Asahi, yang diterbitkan dalam bahasa Jepang. “Saya menolak solusi militer,” tambah Jokowi.

Indonesia tidak terlibat perselisihan dengan China terkait sengketa di Laut China Selatan itu dan secara tradisional telah melakukan peran mediasi untuk serangkaian perselisihan wilayah perairan.

Jokowi juga mengatakan, ia akan membantu mempercepat penyusunan sebuah kode etik tentang hubungan antara China dan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Komentar Jokowi tersebut muncul saat Beijing menuduh Washington telah sengaja memicu ketegangan di Laut China Selatan dan menolak usulan Washington untuk membekukan tindakan provokatif di wilayah tersebut.

Negara-negara anggota ASEAN telah menunjukkan berbagai tingkat kewaspadaan atas sikap agresif China yang terus meningkat di wilayah itu. (Kompas.com).

  131 Responses to “Jokowi Siap Tengahi LCS”

  1. (OOT) mau tanya sama agan2, apakah Indonesia punya pesawat SU-35 dan KS Kilo ??, bagi yg tahu tolong pencerahannya sekilas, apakah betul kita punya?

  2. Jika solusi diplomatik udah mentok mudah2an NKRI siap dengan solusi apapun….!!!Lanjutkan…!!!

  3. saya pribadi berkhayal RI punya su35 dan killo class, fatkanya sih…???

  4. Kalo yang namanya sumber daya alam di lcs kayanya susah buat diplomasi apalagi itu jalur buat kapal lewat.kira-kira apa ya solusinya pa jokowi?mungkin ada yang bisa jawab.

  5. @upz…siap2 jkt di bom amrik nih…..maaf becanda….

  6. enam …. semoga Indonesia jd agent perdamaian….

  7. Absen dlu

  8. nderek nyimak…

  9. mudah-mudahan indonesia menjadi negara besar dan disegani oleh bangsa lain di dunia, amin

  10. ditunggu kelanjutannya.. πŸ™‚

  11. ngaduk kopi. Nunggu mbah bowo atau klonengannya πŸ™‚

  12. Affirmative 😈

    • Saya hargai niat baik’a.tapi ibarat pertandingan sepak bola,seadil-adilnya seorang wasit apabila ke-2 kesebelasan yg bertanding tetap nekat ngajakin gelut ya repot juga.asalkan wasit tetap konsisten melerai jgn ikut2an gelut.awas tuh ada suporter yg d provokasi supaya ikut2an gelut d lapangan,xixixi πŸ˜€

  13. Sebagai bola mata garuda, saya sangat prihatin dgn salah satu pernyataan pak jokowi di atas, lho pernyataan yg mana bung? Biar cm saya yg tahu.

    Mungkin hnya krna pak jokowi belum dikelilingi org2 profesional

  14. Kalau belum disumpah sebaiknya berita seperti ini tidak dimasukkan di warjag,..maap saran orang kecil

    • bukannya skenario berikutnya adalah penggagalan upacara pelantikan oleh MPR? Saya rasa memang harus habis-habisan … terlanjur basah menurut saya. Saya sih senang aja … petanya jadi lebih jelas πŸ™‚ …. ngirit kerjaan.

      • Tidak semudah itu

        • Kalo saya malah liat ini jadi kesempatan untuk stress test stabilitas politik Indonesia. Kalo di dunia perbankan sudah beberapa kali dilakukan stress test, dengan maksud untuk melihat kesiapan dan kekuatan bank dalam menghadapi krisis lagi.

          Menurut saya sih akan aman2x saja, selama TNI konsisten siaga 1 terus. Bravo TNI.

      • skenario berikut banyak, termasuk rencana pembentukan pansus DPR (padahal sudah di MK, masalah hukum ingin dipolitisir / digoreng lagi) kemarin bahkan ada suara yang mempersoalkan kualitas tinta celup, ke PTUN mempersoalkan keabsahan proses pendaftaran pasangan 2, bahkan ada yang kambuh ingin menangkap / menculik.

        sepertinya gak (bakal) ikhlas sampai kapanpun

        pelajaran mahal bagi KPU dan bangsa Indonesia, calon bermasalah akan membawa seabreg masalah…

        • semua manusia tidak pernah lepas dari masalah bung.. saya tidak pernah kaget dengan berita kompas..

          • Saya lebih tidak kaget lagi dgn berita real dibanding Brita quick. Betul bung danu, cal on bermasalahmenghasilkan pproses bermasalah

          • intinya ke depan harus dicari calon2 terbaik = yang palling sedikit masalahnya, melalui fit n proper test.

            saya tidak bilang kompas sebagai sumber rujukan.

          • ok.. makasih bung danu..

        • betul sekali, kemarin saya sangat memfavoritkan yg numero uno, tapi kedepan nya simpati saya memudar & perlahan menghilang karena protes keras tanpa hentinya, mestinya beliau berlapang dada dengan menerima kekalahan, jangan berkeras hati, apalagi sampai kumat ingin menculik segala ( mungkin terbawa oleh hobi & bakat masa lalu ). mungkin lebih baik jika beliau legowo saja, maka akan lebih di hargai & dihormati oleh masyarakat. ( dobel IMHO ).

          • Protes selama di lakukan dengan baik dan sesuai dengan koridor perundang2 yg berlaku, seharusnya tidak ada masalah jika ada ekses negatif dari proses tersebut maka serahkan kepada para penegak hukum yg mempunyai wewenang bukan diserahkan kepada yg tidak mempunyai wewenang atau otoritas hukum. IMHO

  15. SR dululah sambil nunggu ulasan dari bung yayan….

  16. seorang polisi mrmbubarkan tawuran menggunakan pentungan hansip akan berbeda auranya dengan bersenjatakan pistol . walaupun dgan peluru hampa atau peluru karet.

  17. Thz Bung,,Ai laik dis πŸ™‚

  18. @flores: Tidak semudah itu

  19. Minal Aidin Wal Faaidzin, Mohon maaf lahir batin sodara sodara sekalian :D,
    Sebelumnya selamat kepada Pak Jokowi-JK menjadi presiden terpilih Indonesia periode 2014-2019.

    Ada yang masih ingat debat capres beberapa waktu lalu tentang “Politik Internasional dan Ketahanan Nasional”.

    Masalah laut cina selatan
    Capres No 1 menanyakan masalah laut cina selatan kepada Capres No 2, namun disini, jawaban Capres No 2 tidak elegan, cenderung asal. Capres No 2 menjawab bahwa indonesia tidak perlu ikut campur karena itu tidak ada hubungan langsung dengan indonesia, Kalau ada untungnya, kita bisa berperan. “Tapi kalau peran itu tidak ada untungnya, untuk apa kita lakukan?” Ini tentunya jawaban yang aneh.

    Pertama: Capres No 2 bilang mau meningkatkan pertahanan laut (maritim/AL) “POROS MARITIM DUNIA” (bahasa nya si keren) tapi laut cina selatan tidak usah ikut campur. Logika yang aneh. Jika laut cina selatan terjadi konflik, mau tidak mau maritim indonesia harus siap menjaga perbatasan, selain itu jika terjadi konflik di laut cina selatan, jelas imbasnya ke indonesia juga, dari perdagangan, keamanan kawasan dan akan berefek pada investasi juga. Selain itu, pulau natuna yang dekat dengan laut cina selatan juga rawan terjadi konflik dan klaim wilayah dan bisa kapan saja di klaim oleh pihak asing (nine dot line). Apa jadinya kalau ada orang tawuran di depan pagar halaman kita, paling tidak kaca rumah kita pecah kena lemparan batu, Intinya jawaban Capres No 2 sangat mengecewakan untuk masalah ini. banyak yang tidak konsisten jawabannya.
    Kedua: Saya pikir ini bukan pemikiran beliau, ini adalah pemikiran tim debat nya.

    Mengenai berita diatas: “ia akan membantu mempercepat penyusunan sebuah kode etik tentang hubungan antara China dan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).” -> ini tentunya Kita tau hanya meneruskan kebijakan pemerintahan SBY, sama saja dengan CODE OF CONDUCT.

    Saya hanya berdo’a, semoga beliau diberikan keluasan wawasan untuk memimpin bangsa indonesia
    Mohon maaf klo ada yang salah, silahkan didiskusikan…

    • Setuju bung Silent Killer, selain itu saya juga tidak spendapat dgn pak jokowi… china adalah ancaman militer yg nyata di LCS.

    • jokowi kelihatannya tidak begitu memiliki wawasan yg luas, khususnya soal masalah LCS

    • nasi udah menjadi bubur bung!daripada ribut kekurangan dan kelebihan dari masing” capres alangkah baiknya kita beri suport kepada presiden terpilih,kawal jalannya pemerintahan,beri beliau kesempatan membuktikan kapasitas dan kualitasnya.dan bila dalam pelaksanaanya ternyata banyak kebijakan yang kurang berpihak terhadap rakyat,baru kita sebagai rakyat bisa minta pertanggung jawaban.

      • tergantung program dan kebijakan yang beliau ambil,apalagi kita negara demokrasi/rakyat(warganegara)diberi kesempatan dalam mengemukakan pendapat tapi dalam konteks yang telah diatur perundang udangan.jujur saya pendukung capres no 1,tapi selama kita tidak bisa dan tidak mau menerima kemenangan kubu pak jokowi terus sampai kapan tenaga,pikiran dan juga dana yang dikorbankan.kalau boleh saya punya perumpamaan “anda pingin membeli baju terlihat sangat bagus tapi belum tentu cocok anda pakai sebelum anda memakainya”

    • kalau menurut saya jawaban pk Jokowi sdh benar mas Sillent..itu kan bahasa Diplomasi. tidak turut campur ya karena kita mmg tidak ada masalah lgsg dgn klaim Cina. ini jg sikap pk SBY kan? Menlu Marty kan sdh bertanya kpd Cina soal Natuna tp di jawab Cina tdk mengklaim Natuna..jadi dasarnya apa kita masuk k masalah LCS? lain cerita kalau sdh terjadi konflik LCS, skrg kan belum?..saat ini jawaban diplomasinya ya Harus sprti itu. pk Jokowi jg kan menekankan yg tidak bisa ditawar adalah Kedaulatan, kita perang kalau sejengkal saja wilayah kita di ambil negara asing. Artinya kita tidak ikut2 tp jgn ganggu kita. Dalam bhs diplomasi itu sudah tegas menurut saya. .Yg hrs kita sadari adalah posisi Netral Indonesia makanya jawabannya hrs Normatif utk mendukung upaya diplomasi Indonesia. Pk SBY yg Presiden aja bahasanya Normatif apalagi pk Jokowi yg saat debat baru jd Capres?..kan kacau kalo waktu itu pk Jokowi ngomong Indonesia harus turut campur di LCS..walaupun Cina yg harus dihadapi..wah bubar diplomasi kita mas Sillent..IMHO..

      • bung mari kita doakan aja agar beliau nantinya bisa bijak,tepat dan cekatan dalam mengatasi permasalahan di negara ini!sebab kedepanya tidaklah mudah/mulus jalan yang harus dilaluinya.masalah lcs adalah salah satu ujian yang harus bisa dituntaskan pemerintahan berikutnya,disamping masalah kontrak karya pertambangan,masalah papua merdeka,MD3 dan juga masalah perburuhan(outsoursing)

      • setuju dgn mas Syaiful dan mas Poerboyo..salam kenal mas

      • setuju apa yg dikatakan mas tom

    • Bung, dalam konteks debat capres u pemilu ditengah sorotan mata rakyat dan mata dunia (baca : negara2 yg mempunyai interest besar thd geopolitik kawasan) ini adalah jawaban plg cerdas; silahkan membaca “teks” out of the box dan beyond context; just imho πŸ™‚

    • betul juga bung, mudah-mudahan diperbanyak seperti busway yang sampe malam hari….

      dimulai dengan operasional radar 24 jam, patroli pespur frekwensinya juga diperkerap…

  20. Memang sudah seharusnya mengedepankan diplomasi. Tapi diplomasi yang punya potitioning adalah yang punya daya deterrent yang tinggi.

  21. bakal hilang natuna + tanjung datuk πŸ™

  22. Natuna+ tnjung datuk+ papua@aurora heeeeher..mudah mudahan ga da yg lps lagisejngkal tanh nkri

  23. lo boleh ngom kya gtu bung !! asal jangan d boncenginma asu … tunggu az sidang mandataris MPR klo lo pro asu

  24. Diplomasi ok tapi otot2 pertahanan kita juga harus diperkuat..mau nambah 1 skuadron tempur / nambah kapal perang kelas frigate aja susahnya minta ampun pasti diberikan alasan yg ujung2nya nti memicu perlombaan senjata dikawasan gmna mau menjadi penyeimbang kalo ternyata penyeimbang kawasan kekuatanya masih limbung kalo ingin damai harus juga siap perang

  25. @bung aurora..anda punya bukti natuna dan tanjung datu akan hilang?.. Yang jelas BALI akan tenggelam gara2 reklamasi teluk benoa…

    • bung kira kira kapan bali bisa bebas dari premanisme?

      • contoh sederhana:apabila kita ada di terminal ubung jangan berharap dapat beli tiket lewat kru dari bus tersebut.semua dipegang calo yang notabene adalah preman(jujur bukan orang bali malah kebanyakan orang jawa) dan ini pun ada pembiaran dari aparat kepolisian

        • @syaiful
          Anda domisili dibali?
          Kalo anda domisili dibali atau sering bepergian dibali, seharusnya anda juga bisa melakukan trik. Saat masuk terminal ubung, bilang saja sudah pesan sama bus A/B/C saat ditanya para makelar. Dan mereka akan menyingkir dengan sendirinya apabila anda jawab seperti itu, dan saya juga menggunakan cara itu apabila lupa booking tiket.

          Jangan menyinggung A/B/C/D, karena setiap daerah berbeda – beda permasalahannya. Semua daerah pasti ada yang namanya makelar, jadi tergantung kita bisa apa tidak mengakali para makelar itu dengan tidak menyinggung perasaannya. Mikerrrrr….. (kata Cak Lontong) πŸ™‚

        • kang bagus@itu cuman salah satu contoh aja bung,jujur yang saya gak suka cuman kinerja dari kepolisian dsana(oknum)bila dibandingkan dengan banyak tempat terasa jauh perbedaanya.bukannya kita satu bangsa dan satu negara?apakah ada peraturan hukum dan perundang undangan yang berbeda beda menurut daerah masing”.kalau perbedaan adat istiadat adalah kebanggaan dan bukti keragaman khazana budaya di negara ini,tapi kalau perbedaan pelaksanaan dan penerapan hukum dan perundang udangan bukanlah hal yang layak terjadi dilingkup negara kesatuan/NKRI

        • blon pernah lewat ubung he he he.

          kebanyakan lewat Ngurah Rai πŸ™‚
          Sekali pernah naik bus damri yang nyambung kereta itu, naik dari Diponegoro.
          Kalo preman nah … di Rajabasa seru … preman terminal bukan spesifik bali.

        • @syaiful
          Kan tadi saya ndak nyinggung peraturan daerah, kalo itu pastilah sama semua daerah. Kalaupun berbeda, pasti tidak akan melegalisasi suatu yg bersifat merugikan. Karena sekarang jamannya otomoni daerah, jadi daerah bisa mengeluarkan peraturan yg dianggap perlu dibuat.
          Kalo masalah petugas saya ndak mau coment ya, silahkan anda nilai sendiri.

          Untuk masalah perpremanan sih juga saya ndak setuju dalam hati, tetapi saya juga tidak bisa mengubah mereka untuk menjadi lainnya. Biarlah merka berubah secara alami, atau mungkin anda bisa mengubah mereka menjadi lainnya?

        • lah satu contoh anda anggap menggambarkan semua bali bung syaiful? geleng-geleng kepala saya…..
          saya jadi inget:
          mirip dengan 1 tps curang, dianggap 1 papua curang…(liat sinetron komedi Sidang MK dibintangi oleh saksi-saksi paling ndagel sedunia….)

        • @flores, anda pernah ke Lampung to mas, hahaha, saya yang orang sini aja males masuk ke itu terminal.. jin nya komplit plit plit..

        • bung @flores, siapa bilang term. Rajabasa tak aman? ane bolak-balik keluar masuk tuh terminal aman2 aja kog….ane tinggal tak jauh dari term itu.

      • orang benoa mana nih..hehehe..

    • ini contoh stress test politik yang saya maksud, coba hajar terus seberapa jauh kita stabil? menurut saya sih sangat stabil. fase puncaknya sudah lewat πŸ™‚ …

    • repot ngomong ja jeleme pesimis De. apegen psti sing beneh.

    • maaf bung ini bukan bahas bali sama benoa salam hangat

    • gak ada buktinya bung, cuma selentingan dengar dari laporan tukang ojek langganan saya….piss πŸ™‚
      itu yang selalu dikatakan saksi di MK bung dan ini saya bukan ngimpi ato ngigo, silakan ikuti sidang MK dan nilai sendiri dengan hati nurani he..he….ntah treman-treman kita masih bisa denger hati nuraninya menjerit kagak?

    • Baru kali ini saya ketemu “orang pintar” di warjag πŸ™‚

      Selamat bung BCL, anda termasuk “orang paling pintar” (ngakunya secara tersirat)

  26. semoga tidak menjadi “korban” ambisi kanjeng mami….

    • betul bung Bapak Besar, kanjeng mami dan teman2x seangkatannya sudah seharusnya masuk kotak. Sebenarnya kalo mau benchmark bisa liat TNI, yang sudah bintang itu umurnya pada berapa? ikutin itu saja.

    • Ngoceh apa ni orang. Asumsi2 tanpa dasar keluar dari mulut2 sotoy. We wait & see Sir. Daripada ngoceh ndak jelas jundrunganx

      • Biasa, itu ocehan yang gak ada buktinya bung JB, cuma selentingan dengar dari laporan tukang ojek langganan saja….piss πŸ™‚

        samalah dengan keterangan saksi-saksi di sidang MK: oh saya dengar dari si anu, oh saya terima laporan anu, ditanya alamat resto tempat kejadian perkara gak ingat, ditanya siapa yang ngomong gak ingat….

        lak opo rek nek sidang jadi arena stand up comedy πŸ˜†

        • Jika capres yang pake saksi-saksi jago comic kaya gini yang dipilih…hadeuh…hancur minah…

        • Tu lah Bung MJ. Terbutakan kali pikiran dan mata hati mereka hingga susah ngebedain yg baik dan tdk baik, yg benar dan tdk benar. Sosok yg nyata2 memiliki obsesi dan nafsu berkuasa yg mengerikan dipuji dan dibela mati2an. Kalah ya kalah mbok Legowo ojo nyahi wong lio. Harapanku yg msh blm waras menemukan akal sehatx kembali.

  27. belom ada Presiden yg terpilih…makanya ada warjager yg kurang sreg dgn tulisan diatas..namanya jg media asing…

  28. ikut prihatin bung sumitro … sangat aneh proyek ancurin lingkungan tapi tak pernah ada di media … hebat nian konspirasinya.
    kalo tanah sampe diangkut jg … ane curiga ama si upil … die lg nimbun laut pake tanah di barat daya Jurong Island.
    seinget ane ada peraturan yg melarang keras ekspor tanah urugan …

  29. Terus utamakan militer yang kuat dan extrem biar gak di dikte dan di obok2 bangsa yg lebih kuat.. Sampai saat ini hukum di dunia tetap hukum rimba,yg kuat yg berbicara,yg kuat yg memimpin,yg kuat dia berkuasa,yg lemah minggir sendiko dawuh atau kami ratakan secara ekonomi maupun militer,sampai kapan pun indonesia tetep jadi incaran,karena negara besar lain tidak mau tersaingi kebesaranya dan kekuatanya,maka akan menggunakan segala cara untuk memecah indonesia menjadi keping2 negara kecil2 sebanyak2 nya … Maaf kalau salah .. Cm analisa anak kecil.

  30. den bdg : terimakasih atas antusiasnya, kalau masalah diangkut kemana dan tentang aturan perda, saya sendiri kurang copy, karna saya tidak punya kapasitas untuk masuk lebih jauh tentang hal tersebut, maklum saya hanya kuli, mengenai media sebenarnya pernah satu kali masuk bersama lsm dkk, mengenai liputan terkhusus untuk pulau bawal, masih dekat dengan kecamatan kendawangan, pernah saya tengok tabloit tersebut terbit namun isi datanya tidak singkron, yang tepat hanyalah nama pulau dan daerahnya saja, untuk luasan serta dampak dan perusahaan itu sendiri jauh dari tepat dengan fakta lapangan.maaf banyak mengadu

    • @sumitro.
      Pasti ada waktunya terbongkar semua nanti, bingung mau komen apa. Semua tergantung pengambil kebijakan dinegeri ini pada intinya dan para operator lapangan sebagai pelaksana.
      Percuma juga kita koar2 dimedia atau protes ditempat, tapi semuanya sudah terbeli. Hasilnya juga sudah pasti tidak akan membawa dampak apa2. Tetapi tetap semangat bro….

      @den bdg
      Bukan melarang keras lagi, tetapi tidak diperbolehkan meng-export bahan yg masih dalam bentuk mentah. Dan peraturan itu sudah dijalankan, tetapi itu tadi. Semua tergantung pengambil kebijakan dan para operator lapangan, kalo mata yang satu sudah tertutup sama Idr atau $. Mata yang satunya akan ikutan buta juga, jadi remang – remang gambarnya. πŸ™‚
      Semoga harapan untuk kedepannya ada pembenahan dari atas sampai dengan tingkat terbawah, biar semua bisa terselamatkan.
      Contohnya juga banyak yg seperti itu, kalo kita naik pesawat ke upil dan akan mendarat. Coba liat kebawah pas diatas pulau batam, kalo pas dapat pesawat siang hari/ dalam kondisi terang. Anda akan melihat pemandangan yg digambarkan bung sumitro, itu yg kecil. Kalo yg besar tambah banyak… heheheh

  31. Di forum ini sebaiknya jngan ada hujat menghujat, jngan mengatakan bahwa seseorg akan melakukan hal yg buruk. Krna itu adalah fitnah. Pendukung jokowi sebaiknya jngan mengatakan lok prabowo yg memimpin bahwa papua akan lepas krna bnyak org papua yg tdak suka dngan prabowo. Atau mengatakan prabowo akan semena-mena terhadap rakyat, atau mengatakan bhwa tim koalisi prabowo adalah para penjahat lumpur,penjahat dana haji dan alqur’an atau dll. Jangan. Jangan katakan itu. Krna itu blum tntu benar. Dan itu akan membuat pendukung prabowo sakit hati. Sebaliknya. Pendukung prabowo jangan mengatakan lok jokowi hanya bonekanya mami, lok jokowi yg memimpin bkal ada pulau yg lepas dari nkri, atau jokowi bkal njual ini itu. Jangan. Jangan katakan itu. Krna hal itu blum tntu benar. Jadi kalau katakan itu,berarti itu adalah fitnah. Dan hal itu akan membuat pendukung jokowi sakit hati. Sudahlah. Jika kalian percaya pada tuhan,serahkanlah pada tuhan apa yg akan terjadi. Biarlah tuhan akan memberkati atau mengazab. Allah huakbar. Kita tdak bisa menghakimi sesuatu yg belum terjadi. Dan yg percaya tuhan tentu percaya lok tuhan tak pernah tidur. Jadi ya, nyantai aja broo.. Damai damai damai. Salam sejahtra. Rahayu_/\_

    • Nah, setuju cah sebamban

      • Ane sebetulnya setuju 100%, cuman katanya ada yang bilang si anu Titisan Tuhan, berarti bakal dibelain Yang Diatas donk, nha terus doanya bijimane?

        • tu hnya pndkung yg over om…
          sy je pndkung prabowo lho..tp gprnh mu bilg gt..musyrik ntar..
          Tuhan tdk beranak & tdk diperanakkn.
          klo presidenny pk jokowi y sy dkung…(toh sy jg sbel bkn ma dy ny)
          sppn presidenny y doakn sm2..doakn yg baik2…
          msa kmpanye da lwt.
          ayo bersatu..utk INDONESIA yg lbh baik.

          • doany..: YA ALLOH,,jdiknlh negri ini negri yg adil dlm kmakmuran & mkmur dlm keadilan..berilah kekeuatn kpd para pmimpin bgsa kami,,lindungi serta jauhknlah dri ktmakan,,& siapapun yg brniat jhat kpd bgsa kmi & para pmimpin kami…
            amiin..
            ssngguhnya Engkau lah yg Maha Esa…Dzat yg tdk beranak & tdk diperanakkan.
            πŸ˜€
            (igt..jgn lgi2 bilg da mnusia titisan Tuhan…dosa besar)

    • kalo dicermati dari gaya bahasa Anda, terlihat agak aneh. kalo boleh saya kasih analogi “jangan pikirkan gajah” tentu otak kita langsung berfikir tentang gajah.
      indikasi telik sandi terlihat.cmiiw

  32. Jokowi memang mantaaaaabbbb…!!! Tenang, kalem, cerdas!!!

    Sujud syukur bukan satunya yg terpilih.

  33. kang bagus : terima kasih atas wejangannya yang cukup mencerahkan hehe.Sampai saat ini ketidakpuasan terhadap pemerintahan hanya sebatas lontaran suara segelirtir orang yang frustasi atas kegagalan ekonomi,disini hal itu wajar karna tidak dibarenginya kesejahteraan sosial, disamping eksploitasi SDA yang makin hari makin melebar.Berangkat dari ketidakpuasan tersebut dan apabila bila diboncengi pihak luar, hal itu sangat sulit untuk dibayangkan tentang apa yang akan terjadi.Sekian dan maaf atas kelancangan saya yang telah mengotori forum militer ini.

  34. pernyataan normatif yang gak penting

  35. LCS,,kita harus berhati hati,,,jangan gegabah karena sangat sensitif,,semua ASEAN hampir kena masalah dengan LCS,,vietnam,pilipin…kita juga punya kepulauan di natuna..PBB sendiri bingung,,,karena Cina mengklaim semua LCS adalah kekuasaan negaranya sesuai jaman kerajaan Tiongkok,,sebelum d jajah Jepang. Kalau menurut saya,bersikaplah netral dulu,jangan memancing menjadi penengah,,,kecuali ada yang mengusik perbatasan kita kayak Natuna,,kita hanya bisa bersikap defensif,,mempersiapkan kekuatan kita diselat malaka dengan alutsista yang mumpuni,,,memperkuat patroli perbatasan,pemberdayaan ekonomi kerakyatan d perbatasan,,,analisa pribadi bung

  36. Good news bung sumitro (pasti bukan bapaknya capres nih πŸ™‚ )

    Ya kalo investasi PMA seperti itu bung, sama juga kalo kita buka pabrik di Myanmar dan Vietnam, eksekutifnya siapa tergantung yang punya pabrik…

    btw, berarti pembangunan pabrik baja dah didepan mata ya bung?

  37. mbah tidak yakin, sangat tidak yakin masalah LCS bisa selesai dengan diplomasi, tunggu saja tanggal maennya, saat itu tiba dan genderang perang di tabuh maka di laut china selatan ratusan pesawat tempur jatuh dari langit tanpa dia tau siapa yang menembak. kapal fregate dan corvet seluruh negara asean akan tiba tiba tenggelam tanpa dia tau siapa yang menembak dari dalam lautan. kita bukan berhadapan dengan USA atau UK, tapi dengan musuh yang tidak berbelas kasih.

    Mbah sangat prihatin.

  38. ingat pesen ini jok….

    β€œHadir hari ini Bapak Jokowi, kita menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi, tetapi jika bapak ditakdirkan jadi pemimpin Indonesia, harapan veteran dan rakyat Indonesia kita ingin kedaulatan dijaga tidak boleh siapapun mengganggu kedaulatan kita,” kata Presiden SBY.

    menclek titik… njelongop koen.

  39. @flores: dalam tubuh BIN punya banyak divisi bung. Divisi yg saya emban jika tugas telah selesai, kami tidak boleh masuk lg k lembaga pemerintah apalagi birokrasi, BUMN pun tidak, jika tugas kami slesai kami sm aja jd pengangguran tp pengangguran banyak duit, loh kok gitu? Krna jika kami kembali k lembaga pemerintah taruhannya bisa nyawa keluarga besar jika musuh kami bisa menelusuri riwayat hdup kami. Divisi kami tidak kenal UU yg kami kenal cm hukum rimba, mungkin yg anda maksud cm BIN yg sering nongol d berita TV.

  40. ‘assets ‘are persons within
    organizations or countries that are being spied
    upon who provide information for an outside spy.
    They are sometimes referred to as agents, and in
    law enforcement parlance, as confidential
    informants, or ‘CI’ for short.

 Leave a Reply