Jokowi Siap Tengahi LCS

131
75
image
Asahi Shimbun wawancarai sikap Presiden Terpilih 2014-2015 soal Laut China Selatan

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Indonesia siap bertindak sebagai perantara untuk meredakan ketegangan yang terus meningkat terkait sengketa teritorial di Laut China Selatan. Jokowi mengemukakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan harian Jepang, Asahi, yang terbit pada Selasa (12/8/2014).

Gubernur DKI Jakarta tersebut, yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pemilu Presiden 2014 pada bulan lalu, mengatakan kepada Asahi bahwa ia akan bekerja untuk menemukan solusi diplomatik, bukan militer, terhadap konflik yang memanas itu.

Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Klaim tersebut telah menempatkan Beijing dalam posisi berlawanan dengan sejumlah negara, termasuk Filipina dan Vietnam. Selama beberapa bulan terakhir, telah terjadi sejumlah ketegangan di daerah itu.

“Kami mengharapkan solusi diplomatik dan jika perlu Indonesia siap memainkan peran sebagai perantara,” kata Jokowi sebagaimana tertulis dalam wawancara Asahi, yang diterbitkan dalam bahasa Jepang. “Saya menolak solusi militer,” tambah Jokowi.

Indonesia tidak terlibat perselisihan dengan China terkait sengketa di Laut China Selatan itu dan secara tradisional telah melakukan peran mediasi untuk serangkaian perselisihan wilayah perairan.

Jokowi juga mengatakan, ia akan membantu mempercepat penyusunan sebuah kode etik tentang hubungan antara China dan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Komentar Jokowi tersebut muncul saat Beijing menuduh Washington telah sengaja memicu ketegangan di Laut China Selatan dan menolak usulan Washington untuk membekukan tindakan provokatif di wilayah tersebut.

Negara-negara anggota ASEAN telah menunjukkan berbagai tingkat kewaspadaan atas sikap agresif China yang terus meningkat di wilayah itu. (Kompas.com).

131 KOMENTAR

        • Kalo saya malah liat ini jadi kesempatan untuk stress test stabilitas politik Indonesia. Kalo di dunia perbankan sudah beberapa kali dilakukan stress test, dengan maksud untuk melihat kesiapan dan kekuatan bank dalam menghadapi krisis lagi.

          Menurut saya sih akan aman2x saja, selama TNI konsisten siaga 1 terus. Bravo TNI.

      • skenario berikut banyak, termasuk rencana pembentukan pansus DPR (padahal sudah di MK, masalah hukum ingin dipolitisir / digoreng lagi) kemarin bahkan ada suara yang mempersoalkan kualitas tinta celup, ke PTUN mempersoalkan keabsahan proses pendaftaran pasangan 2, bahkan ada yang kambuh ingin menangkap / menculik.

        sepertinya gak (bakal) ikhlas sampai kapanpun

        pelajaran mahal bagi KPU dan bangsa Indonesia, calon bermasalah akan membawa seabreg masalah…

        • betul sekali, kemarin saya sangat memfavoritkan yg numero uno, tapi kedepan nya simpati saya memudar & perlahan menghilang karena protes keras tanpa hentinya, mestinya beliau berlapang dada dengan menerima kekalahan, jangan berkeras hati, apalagi sampai kumat ingin menculik segala ( mungkin terbawa oleh hobi & bakat masa lalu ). mungkin lebih baik jika beliau legowo saja, maka akan lebih di hargai & dihormati oleh masyarakat. ( dobel IMHO ).

          • Protes selama di lakukan dengan baik dan sesuai dengan koridor perundang2 yg berlaku, seharusnya tidak ada masalah jika ada ekses negatif dari proses tersebut maka serahkan kepada para penegak hukum yg mempunyai wewenang bukan diserahkan kepada yg tidak mempunyai wewenang atau otoritas hukum. IMHO

  1. Minal Aidin Wal Faaidzin, Mohon maaf lahir batin sodara sodara sekalian :D,
    Sebelumnya selamat kepada Pak Jokowi-JK menjadi presiden terpilih Indonesia periode 2014-2019.

    Ada yang masih ingat debat capres beberapa waktu lalu tentang “Politik Internasional dan Ketahanan Nasional”.

    Masalah laut cina selatan
    Capres No 1 menanyakan masalah laut cina selatan kepada Capres No 2, namun disini, jawaban Capres No 2 tidak elegan, cenderung asal. Capres No 2 menjawab bahwa indonesia tidak perlu ikut campur karena itu tidak ada hubungan langsung dengan indonesia, Kalau ada untungnya, kita bisa berperan. “Tapi kalau peran itu tidak ada untungnya, untuk apa kita lakukan?” Ini tentunya jawaban yang aneh.

    Pertama: Capres No 2 bilang mau meningkatkan pertahanan laut (maritim/AL) “POROS MARITIM DUNIA” (bahasa nya si keren) tapi laut cina selatan tidak usah ikut campur. Logika yang aneh. Jika laut cina selatan terjadi konflik, mau tidak mau maritim indonesia harus siap menjaga perbatasan, selain itu jika terjadi konflik di laut cina selatan, jelas imbasnya ke indonesia juga, dari perdagangan, keamanan kawasan dan akan berefek pada investasi juga. Selain itu, pulau natuna yang dekat dengan laut cina selatan juga rawan terjadi konflik dan klaim wilayah dan bisa kapan saja di klaim oleh pihak asing (nine dot line). Apa jadinya kalau ada orang tawuran di depan pagar halaman kita, paling tidak kaca rumah kita pecah kena lemparan batu, Intinya jawaban Capres No 2 sangat mengecewakan untuk masalah ini. banyak yang tidak konsisten jawabannya.
    Kedua: Saya pikir ini bukan pemikiran beliau, ini adalah pemikiran tim debat nya.

    Mengenai berita diatas: “ia akan membantu mempercepat penyusunan sebuah kode etik tentang hubungan antara China dan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).” -> ini tentunya Kita tau hanya meneruskan kebijakan pemerintahan SBY, sama saja dengan CODE OF CONDUCT.

    Saya hanya berdo’a, semoga beliau diberikan keluasan wawasan untuk memimpin bangsa indonesia
    Mohon maaf klo ada yang salah, silahkan didiskusikan…

  2. Diplomasi ok tapi otot2 pertahanan kita juga harus diperkuat..mau nambah 1 skuadron tempur / nambah kapal perang kelas frigate aja susahnya minta ampun pasti diberikan alasan yg ujung2nya nti memicu perlombaan senjata dikawasan gmna mau menjadi penyeimbang kalo ternyata penyeimbang kawasan kekuatanya masih limbung kalo ingin damai harus juga siap perang

  3. ikut prihatin bung sumitro … sangat aneh proyek ancurin lingkungan tapi tak pernah ada di media … hebat nian konspirasinya.
    kalo tanah sampe diangkut jg … ane curiga ama si upil … die lg nimbun laut pake tanah di barat daya Jurong Island.
    seinget ane ada peraturan yg melarang keras ekspor tanah urugan …

  4. Terus utamakan militer yang kuat dan extrem biar gak di dikte dan di obok2 bangsa yg lebih kuat.. Sampai saat ini hukum di dunia tetap hukum rimba,yg kuat yg berbicara,yg kuat yg memimpin,yg kuat dia berkuasa,yg lemah minggir sendiko dawuh atau kami ratakan secara ekonomi maupun militer,sampai kapan pun indonesia tetep jadi incaran,karena negara besar lain tidak mau tersaingi kebesaranya dan kekuatanya,maka akan menggunakan segala cara untuk memecah indonesia menjadi keping2 negara kecil2 sebanyak2 nya … Maaf kalau salah .. Cm analisa anak kecil.

  5. den bdg : terimakasih atas antusiasnya, kalau masalah diangkut kemana dan tentang aturan perda, saya sendiri kurang copy, karna saya tidak punya kapasitas untuk masuk lebih jauh tentang hal tersebut, maklum saya hanya kuli, mengenai media sebenarnya pernah satu kali masuk bersama lsm dkk, mengenai liputan terkhusus untuk pulau bawal, masih dekat dengan kecamatan kendawangan, pernah saya tengok tabloit tersebut terbit namun isi datanya tidak singkron, yang tepat hanyalah nama pulau dan daerahnya saja, untuk luasan serta dampak dan perusahaan itu sendiri jauh dari tepat dengan fakta lapangan.maaf banyak mengadu

    • @sumitro.
      Pasti ada waktunya terbongkar semua nanti, bingung mau komen apa. Semua tergantung pengambil kebijakan dinegeri ini pada intinya dan para operator lapangan sebagai pelaksana.
      Percuma juga kita koar2 dimedia atau protes ditempat, tapi semuanya sudah terbeli. Hasilnya juga sudah pasti tidak akan membawa dampak apa2. Tetapi tetap semangat bro….

      @den bdg
      Bukan melarang keras lagi, tetapi tidak diperbolehkan meng-export bahan yg masih dalam bentuk mentah. Dan peraturan itu sudah dijalankan, tetapi itu tadi. Semua tergantung pengambil kebijakan dan para operator lapangan, kalo mata yang satu sudah tertutup sama Idr atau $. Mata yang satunya akan ikutan buta juga, jadi remang – remang gambarnya. 🙂
      Semoga harapan untuk kedepannya ada pembenahan dari atas sampai dengan tingkat terbawah, biar semua bisa terselamatkan.
      Contohnya juga banyak yg seperti itu, kalo kita naik pesawat ke upil dan akan mendarat. Coba liat kebawah pas diatas pulau batam, kalo pas dapat pesawat siang hari/ dalam kondisi terang. Anda akan melihat pemandangan yg digambarkan bung sumitro, itu yg kecil. Kalo yg besar tambah banyak… heheheh

  6. Di forum ini sebaiknya jngan ada hujat menghujat, jngan mengatakan bahwa seseorg akan melakukan hal yg buruk. Krna itu adalah fitnah. Pendukung jokowi sebaiknya jngan mengatakan lok prabowo yg memimpin bahwa papua akan lepas krna bnyak org papua yg tdak suka dngan prabowo. Atau mengatakan prabowo akan semena-mena terhadap rakyat, atau mengatakan bhwa tim koalisi prabowo adalah para penjahat lumpur,penjahat dana haji dan alqur’an atau dll. Jangan. Jangan katakan itu. Krna itu blum tntu benar. Dan itu akan membuat pendukung prabowo sakit hati. Sebaliknya. Pendukung prabowo jangan mengatakan lok jokowi hanya bonekanya mami, lok jokowi yg memimpin bkal ada pulau yg lepas dari nkri, atau jokowi bkal njual ini itu. Jangan. Jangan katakan itu. Krna hal itu blum tntu benar. Jadi kalau katakan itu,berarti itu adalah fitnah. Dan hal itu akan membuat pendukung jokowi sakit hati. Sudahlah. Jika kalian percaya pada tuhan,serahkanlah pada tuhan apa yg akan terjadi. Biarlah tuhan akan memberkati atau mengazab. Allah huakbar. Kita tdak bisa menghakimi sesuatu yg belum terjadi. Dan yg percaya tuhan tentu percaya lok tuhan tak pernah tidur. Jadi ya, nyantai aja broo.. Damai damai damai. Salam sejahtra. Rahayu_/\_

  7. kang bagus : terima kasih atas wejangannya yang cukup mencerahkan hehe.Sampai saat ini ketidakpuasan terhadap pemerintahan hanya sebatas lontaran suara segelirtir orang yang frustasi atas kegagalan ekonomi,disini hal itu wajar karna tidak dibarenginya kesejahteraan sosial, disamping eksploitasi SDA yang makin hari makin melebar.Berangkat dari ketidakpuasan tersebut dan apabila bila diboncengi pihak luar, hal itu sangat sulit untuk dibayangkan tentang apa yang akan terjadi.Sekian dan maaf atas kelancangan saya yang telah mengotori forum militer ini.

  8. LCS,,kita harus berhati hati,,,jangan gegabah karena sangat sensitif,,semua ASEAN hampir kena masalah dengan LCS,,vietnam,pilipin…kita juga punya kepulauan di natuna..PBB sendiri bingung,,,karena Cina mengklaim semua LCS adalah kekuasaan negaranya sesuai jaman kerajaan Tiongkok,,sebelum d jajah Jepang. Kalau menurut saya,bersikaplah netral dulu,jangan memancing menjadi penengah,,,kecuali ada yang mengusik perbatasan kita kayak Natuna,,kita hanya bisa bersikap defensif,,mempersiapkan kekuatan kita diselat malaka dengan alutsista yang mumpuni,,,memperkuat patroli perbatasan,pemberdayaan ekonomi kerakyatan d perbatasan,,,analisa pribadi bung

  9. Good news bung sumitro (pasti bukan bapaknya capres nih 🙂 )

    Ya kalo investasi PMA seperti itu bung, sama juga kalo kita buka pabrik di Myanmar dan Vietnam, eksekutifnya siapa tergantung yang punya pabrik…

    btw, berarti pembangunan pabrik baja dah didepan mata ya bung?

  10. mbah tidak yakin, sangat tidak yakin masalah LCS bisa selesai dengan diplomasi, tunggu saja tanggal maennya, saat itu tiba dan genderang perang di tabuh maka di laut china selatan ratusan pesawat tempur jatuh dari langit tanpa dia tau siapa yang menembak. kapal fregate dan corvet seluruh negara asean akan tiba tiba tenggelam tanpa dia tau siapa yang menembak dari dalam lautan. kita bukan berhadapan dengan USA atau UK, tapi dengan musuh yang tidak berbelas kasih.

    Mbah sangat prihatin.

  11. ingat pesen ini jok….

    “Hadir hari ini Bapak Jokowi, kita menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi, tetapi jika bapak ditakdirkan jadi pemimpin Indonesia, harapan veteran dan rakyat Indonesia kita ingin kedaulatan dijaga tidak boleh siapapun mengganggu kedaulatan kita,” kata Presiden SBY.

    menclek titik… njelongop koen.

  12. @flores: dalam tubuh BIN punya banyak divisi bung. Divisi yg saya emban jika tugas telah selesai, kami tidak boleh masuk lg k lembaga pemerintah apalagi birokrasi, BUMN pun tidak, jika tugas kami slesai kami sm aja jd pengangguran tp pengangguran banyak duit, loh kok gitu? Krna jika kami kembali k lembaga pemerintah taruhannya bisa nyawa keluarga besar jika musuh kami bisa menelusuri riwayat hdup kami. Divisi kami tidak kenal UU yg kami kenal cm hukum rimba, mungkin yg anda maksud cm BIN yg sering nongol d berita TV.

  13. ‘assets ‘are persons within
    organizations or countries that are being spied
    upon who provide information for an outside spy.
    They are sometimes referred to as agents, and in
    law enforcement parlance, as confidential
    informants, or ‘CI’ for short.