Nov 252016
 

kapal-selam-amur-class

Bandung – Pemerintah sedang gencar memperbanyak alat utama sistem pertahanan (alutsista). Selain telah memesan 6 unit helikopter ke PTDI, pemerintah juga akan menambah 10 unit kapal selam baru yang beroperasi di perairan Indonesia.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan penambahan kapal selam ini, untuk mendukung keinginan Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sehingga, dibutuhkan alutsista yang memadai.

“Kalau ada kapal selam dengan kemaritiman Pak Jokowi, kita akan buat. Bisa ada 10 kapal selam nanti di alur laut,” ujar Ryamizard usai menerima dua helikopter yang dipesan ke PTDI, Bandung, Jumat (25/11/2016).

Ryamizard menjelaskan pengadaan kapal selam tersebut rencananya akan melalui pemesanan ke luar negeri dan dibuat di dalam negeri. Mengingat, Indonesia belum memiliki teknologi yang mumpuni untuk membuatnya secara mandiri.

“Rencananya tahun depan kita mau bikin dua kapal selam di sini. Sudah ada dua yang kita beli dari luar, kita adopsi dari yang sudah ada,” ujar Menteri Pertahanan.

Menurutnya pembelian alutsista ke luar negeri tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan saja, tetapi juga sebagai upaya transfer of teknology (TOT) milik negara-negara yang sudah maju. Sehingga, ke depannya Indonesia bisa membuatnya sendiri secara mandiri.

“Kalau kita belum mampu jangan dipaksa. Kita beli tapi harus transfer teknologi ke kita, agar kemudian kita bisa bikin. Kemudian jadi local content,” terangnya.

“Nanti kita mau pesan kapal selam dari Rusia. Kita belajar juga, sambil kita padukan. Kita harus cerdas. Curi ilmu untuk memperkuat kita sendiri. Semuanya harus ada TOT,” ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Sumber : Finance.detik.com

jakartagreater.com

  97 Responses to “Jos Gandos, Indonesia Siapkan 10 Kapal Selam, Sebagian dari Rusia”

  1.  

    Itu kapal selam punya kelebihan apa?

  2.  

    Lagu lama pak Menhan’sprti yg sdh sdh,contoh vietnam tnpa koar2 Alutsista canggih silih berganti berdatangan..

  3.  

    Kasel terbaru dari luar negeri, meskipun bekas namun teknologi terbaru

  4.  

    @bhp…maksudnya dijual tapi dgn mekanisme yg berbeda ya bung

  5.  

    ini komen paling buncit, ha..ha..ha gk apa di php daripada gk ada kabarnya sama sekali

  6.  

    Beneran nih mau ngambil dari rusia, rusiakan rada pelit masalah tot

  7.  

    Uang kita banyak gitu kata pak RR