Nov 252016
 

kapal-selam-amur-class

Bandung – Pemerintah sedang gencar memperbanyak alat utama sistem pertahanan (alutsista). Selain telah memesan 6 unit helikopter ke PTDI, pemerintah juga akan menambah 10 unit kapal selam baru yang beroperasi di perairan Indonesia.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan penambahan kapal selam ini, untuk mendukung keinginan Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sehingga, dibutuhkan alutsista yang memadai.

“Kalau ada kapal selam dengan kemaritiman Pak Jokowi, kita akan buat. Bisa ada 10 kapal selam nanti di alur laut,” ujar Ryamizard usai menerima dua helikopter yang dipesan ke PTDI, Bandung, Jumat (25/11/2016).

Ryamizard menjelaskan pengadaan kapal selam tersebut rencananya akan melalui pemesanan ke luar negeri dan dibuat di dalam negeri. Mengingat, Indonesia belum memiliki teknologi yang mumpuni untuk membuatnya secara mandiri.

“Rencananya tahun depan kita mau bikin dua kapal selam di sini. Sudah ada dua yang kita beli dari luar, kita adopsi dari yang sudah ada,” ujar Menteri Pertahanan.

Menurutnya pembelian alutsista ke luar negeri tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan saja, tetapi juga sebagai upaya transfer of teknology (TOT) milik negara-negara yang sudah maju. Sehingga, ke depannya Indonesia bisa membuatnya sendiri secara mandiri.

“Kalau kita belum mampu jangan dipaksa. Kita beli tapi harus transfer teknologi ke kita, agar kemudian kita bisa bikin. Kemudian jadi local content,” terangnya.

“Nanti kita mau pesan kapal selam dari Rusia. Kita belajar juga, sambil kita padukan. Kita harus cerdas. Curi ilmu untuk memperkuat kita sendiri. Semuanya harus ada TOT,” ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Sumber : Finance.detik.com

Bagikan:

  97 Responses to “Jos Gandos, Indonesia Siapkan 10 Kapal Selam, Sebagian dari Rusia”

  1.  

    ya itu suatu keharusan…

  2.  

    Pertamax saya amankan!!
    Silahkan anda cari pertamax di tempat lain 😀

  3.  

    Bikin yang bisa nembak ke darat

  4.  

    berarti beli ke rusiah 6 biji….2 cbg dibikin diluar,2dibikin di NKRi ..

  5.  

    TOT Satu-satunya jalan menuju kemandirian. Terima kasih pak SBY 😀

  6.  

    Mungkin 10 pesanan baru di luar CBG. Mari kita doa kan saja smoga terealisasi. Amin

  7.  

    lontong d goreng lagi…sampai gosong…..

  8.  

    Xixixixi

    Di atas tuh ada yg keseleg sandal hingga hoek-hoek muntah…

    Yang bilang Pak RR menhan kita sendiri lho…
    Masih aja ada yg muntaber mendengar ini.

    Lha memang mau dikejar supaya minimum tercapai 12 unit kapal selam itu bisa diadakan (di atas kertas) di periode ini (walaupun baru datang sesudah 2019).

    Xixixixixi

    Katanya Pak RR mau alutsista SAR ? Kok kapal selam sih ?

    Lha iya toh kalau ada pesawat nyemplung di laut sekitar kedalaman 200-300 meter atau lebih dalam lagi, khan butuh kapal selam.

    Hayo siapa yang mau ikutan keseleg sandal lagi …. nih saya masih ada sandal habis digigitin si wooooff woooofff kecil.

    Xixixixixixi

  9.  

    RUSSIIIAAA STROONNGG..NKRI STROONG…

  10.  

    NkRI DARURAT KAPAL DASTROYER

  11.  

    Dari jaman SBY sampek jaman BY gak muncul muncul KS yg dari rusia..sembunyi dimana ??

    Anggap saja hoaxx sebelum kelihatan barangnya di layar youtube hahaha…

    Ilmul yakin itu dusta masih suka bohong, haqul yakien itu benar..

    Xixixi..
    Kampreto wal kampreti..ae terus sampe kiamat..

  12.  

    pernyataan pak menhan yang bikin vertigo
    kalau beli kapal transfer teknologi bisa bikin local content
    kalau pesan kapal kita belajar padukan harus cerdas curi ilmu untuk memperkuat kita sendiri harus ada t.o.t.
    jadi jalan pintas yang mau diambil cepat pak menhan yang mana
    apa beli atau pesan saja

  13.  

    Jangan asal bilang hoax.. Buktikan kalo hoax.. Anda harus punya data versus yang akurat untuk membuktikan ucapan anda..

  14.  

    Udah cepet deal langsung gak usah banyak omong pak, ntar ujung2 kaji, kaji, kaji lalu mikir harga dan tidak jadi beli

    •  

      lha ini sekarang kan lagi tren rumpi gosip…ya jangan ditanyakan dealnya dong
      yg penting bombastis fantastis…..meski gak pernah terlaksana
      lagian kalau beli pun percuma nanti disuruh ”dijual ama ibu ratu”
      wakakakakaka

  15.  

    bungkus

  16.  

    Hehe jgn jgn masih dikaji…Dr jmn pakpur smpe skrg ni kapal selam dari Rusia gk jadi jadi..di php in saja..dulu pernah ada berita NKRi ditawarin10 kilo class Dr Rusia…smpe skrg gk jls.

  17.  

    Semoga bukan PHP kaya Su 35, nanti banyak warjager yang mabok lem kayak dulu.. wkwkwk… 😀

  18.  

    pak rr lucu mosok mau curi ilmu bilang2 ha…
    diam2 aja pak curinya,kalau bilang gak curi namanya tapi mintak hi……
    ada rudalnya gak itu kasel
    yg penting rudal yg lain rongsok,tapi jangan rudal lemot pak,
    rudal lincah.uda tau kan buatan mana…………..
    yup betul rusia…..
    hanya rusia yg punya rudal permukaan lincah dan jauh jangkauannya yg lain rudal bosok dek pendek.
    soal rudal rusiA solusinya
    jadi kalau beli rudal bukan dari rusia berarti rudal bosok dan rongsok,kan sayang kasel canggih rudal somplak.
    seperti pkr cantik mulus tapi diinstal rudal rongsok,cint…….
    aja lihat rudal pkr geram,kapal keren kok dikasi rudal ngesot.cukup pkr aja rudalnya yg lemot kaselnya jangan.
    mulai sekarang niatkan beli rudal lincah,
    kita bilang rame2……
    rudal lincah
    rudal lincah
    oh ya gimana kalau rudal pkr dihibahkan aja sama negara pisang,tni belikan rudAl baru,hitung2 sedekah sama negara miskin.
    setuju gak bang……..

  19.  

    ini menhan lho yg ngomong, semogga segera terealisasikan

  20.  

    Bung narayana mmg joss

  21.  

    Apa ini untuk mengalih kan jumlah KS indonesia sebenar nya ? Di luar dari KS cakra dan 3 CBG korsel yg sudah di pesan ? Kalau di total untuk konsumsi publik baru ada 5 KS yg di ke tahui. 2 clas cakra dan 3 clas CBG. Apa 10 unit itu termasuk 2 clas cakra dan 3 clas CBG,jadi tinggal di tambah 5 unit lagi KS untuk MEF 2. Jadi untuk MEF 1 hanya membeli 3 KS dari korsel dan di tambah pembelian 5 KS lagi di MEF 2 untuk melengkapi 10 unit KS yg di bilang pak menha di atas. Apa 10 KS itu murni pembelian di MEF 2 ? Jadi klw di total 15 KS. 2 cakra clas,3CBG clas MEF 1, dan 10 unit KS untuk MEF 2 ?? Jadi untuk total KS indonesia yg akan di miliki indonesia berjumlah 15 KS. Mohon pencerahan nya agan” sekalian. Dan komen ini di luar yg goib” loh yah yg goib tidak masuk itungan dulu hihihi ..

  22.  

    Lengkap dg kalibr…dan tot metalurgi nya

  23.  

    ***U218***

  24.  

    pt,pal lagi cri ilmu bikin kapal selem yg bs nembak VLS dri dalam laut
    jika di ambil dr rusia kemungkinan ya kilo improved atau amur 1650 dengan VLS atau lada class dengan VLS..
    jd yg ingin di curi ilmu nya adalah ilmu cara bikin kapal selem yg bisa nembak rudal dri dalam laut dan teknologi AIP nya

    •  

      Betul bung,, sbenernya poinnya jenis rudal yg bisa ditembakan, bahan material dan teknologi AIPnya.. bukan pake VLS atau bukan,, karena Amur 1650 designnya ga pake VLS ya walaupun bisa disesuaikan customer..

  25.  

    Test

  26.  

    masih wacana cukup hanya akan

  27.  

    harapan, utk pembelian ke luar negeri ditunjuk kpd 1 produsen sja.. mungkin dgn itu nilai tot yg diberikan akan jauh lebih besar..

  28.  

    Pemerintah sedang gencar memperbanyak alat utama sistem pertahanan (alutsista).

    1. Pertanyaanya Gencar yang mana ya?
    2. Era Jokowi/Menhan RR ini Alutsista apa yang sudah Signed Kontrak Jelas??
    3. Fakta sudah 2 thn lbh tidak ada Signed kontrak pada Alutusista yang signifiacnt, misal pada pemgadaan Pes Pur,Rudal, Heli atac, Heli Serbu,ANgkut berat, dll, Fregat, Destroyer, Corvet, KCR,
    4. Fakta Alutsista yang dibahas kedatangannya dan bnyk jd buah bibir adalah pesenan 2012, 2013, 2014 Era Pemerintahan sebelumnya
    5. Fakta “melanjutkan” program yang sudah diawali di Kabinet sebelumnya saja belum ada hasil, contoh SU 35, Penambahan Kapal Selam dengan Club S missile (diluar ChangBogo), Pnambahan PKR Sigma, Penambahan KCR, Heli angkut berat, Pesawat Angkut berat, dst,,,yang sudah diawali perencanaan & negosisasi yg belum selesai jaman SBY saat ini belum terlihat hasil
    6. Menurut saya pemerintah sekarang belum memiliki Prestasi apa – apa dibindang Pertahanan, apa yg ada masih berupa PANEN, PANEN, hasil SBY
    7. Yaaa…kami berharap pemerntah sekarang segera merealisasi penambahan Alutsista BAru , taoi BUKAAN cuma PANEN ALUTSISTA SBY,,,buat apa sekrang pak RR sering bangga tp bukan hasil kerja sendiri,,ayook Pak Jokowi, pak RR buktiii,,ayuuk peseen,,
    8. Jadwal & kalimat pada artikel diatas tidak adil/beribang buat pemerintah SBY & skrng, yg jelas pemerintah sekara belum ada prestasi dalam hal oengadaan ALutusisa, gak Alutista berdatangan,,cukup COntractb Resmi dan Rencana kedatangannya saja dah cukup

  29.  

    semua jg tau klu NKRI dlm ancaman asing,. jadi ada benarnya, dan tempo2 kmarin para warjag bilang klu kasel buatan dlm negri (changbogo) rasa gado2 (rusia)..
    tu kan di turutin pak menhan to,.

  30.  

    lha kapalnya katanya mau pesan 50 biji??????……tapi tahun 3000
    kata kuncinya ”akan”
    itu su 35 emang udah tanda tangan kontrak???
    Jangan sampai kalau kapal selam datang disuruh dijual ama si ”ibu ratu”

  31.  

    Ini penulis yg ngomong bukan pak rr.jadi tetep nol besar untuk beli kapal selam dri rusia

  32.  

    Nya atuh

  33.  

    torpedonya kasel rusia yg muantebbbb sampai saat ini blm ada tandingannya dalam hal kecepatan sama torpedo buatan barat

  34.  

    # PERIODE PERTAMA SBY (2005 – 2009) :

    2005 = Rp. 21,97 T
    2006 = Rp. 23,60 T
    2007 = Rp. 32,60 T
    2008 = Rp. 36,39 T
    2009 = Rp. 33,60 T

    # PERIODE KEDUA SBY :

    2010 = Rp. 42,30 T
    2011 = Rp. 47,50 T
    2012 = Rp. 64,40 T
    2013 = Rp. 81,80 T
    2014 = Rp. 83,40 T

    2015 = Rp. 96,90 T
    2016 = Rp. 99,50 T

    (berdasarkan APBN, bukan APBN-P)

    contoh :
    tahun 2015 : APBN-P = Rp. 101,6 T

  35.  

    10 kapal itu jumlah yg patroli lho ya, nah yg lg stand by ma perawatan berapa tuh

  36.  

    Percaya ga percaya…
    Bravo Hiu Kencana

  37.  

    Bangkai kapal sekutu itu jenisnya apa ya yg hilang,, ks kah yg main selonong boy campur yg bekas yg pd2? hehehe.. dunia bawah laut Indonesia masih menjadi misteri hingga saat ini.. Masih yakin cuma dua?? bagimu pendapatmu,, bagiku ya pendapatku… Xixixii

  38.  

    Gmn sih, kemarin katanya 12, skrg 10.

    Paling2 ujungnya nanti cuma punya dua, satu yg lawas, dua yg baru.

    Satu sdh lama operasi, satu lagi di bikin.

  39.  

    Ga perlu gembar gembor kl blm sign dan muncul di media dan real barangnya. Coba munculin dong bahwa kita punya kilo dan jenis lainnya biar tetanggaga songong. Jumlah tetep rahasia. Biar kita yg bayar pajak semangat dan bangkit nasionalismenya.

  40.  

    Masih sebatas AKAN. Silahkan ribut2 bikin komen toh hasilnya sama..cm di berikan harapan palsu. Spt ketika kampanye : tidak akan mengambil menteri dari partai…nyatanya??, tidak akan ngutang luar negeri..nyatanya? Akan swasembada pangan…nyatanya?? ngga pada bosen di PHPin trs????

  41.  

    hehehe.. anak jkgr pada mabok lem aibon semua!!
    rahasia tetaplah rahasia, jika belum dapat dibuktikan dan memuat kegaduhan maka misi tsb telah berhasil, boleh berspekulasi yg macem2 asal jgn jotos-jotosan ya sesame negri.

  42.  

    kapal selam hoax mah gak penting ini lebih penting
    Postmetro..” Presiden jokowi meminta bumn di jual ke swasta dengan cara lewat sekuritas”…maknyus dong

  43.  

    Tes

  44.  

    Apakah Rusia mau kasih TOT, apa ada makan siang yg gratis …….. ???
    Disitulah masalah nya, shg memakan waktu yg sangat lama, akhirnya ……. Wallohu Alam !!!

  45.  

    KATANYA BELI ALUTSISTA BUAT SAR,…KOK ANEH

  46.  

    Itu kapal selam punya kelebihan apa?

  47.  

    Lagu lama pak Menhan’sprti yg sdh sdh,contoh vietnam tnpa koar2 Alutsista canggih silih berganti berdatangan..

  48.  

    Kasel terbaru dari luar negeri, meskipun bekas namun teknologi terbaru

  49.  

    @bhp…maksudnya dijual tapi dgn mekanisme yg berbeda ya bung

  50.  

    ini komen paling buncit, ha..ha..ha gk apa di php daripada gk ada kabarnya sama sekali

  51.  

    Beneran nih mau ngambil dari rusia, rusiakan rada pelit masalah tot

  52.  

    Uang kita banyak gitu kata pak RR

 Leave a Reply