Des 012014
 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menunjukkan taringnya di hadapan negara tetangga. Taring itu ditunjukkan TNI Angkatan Darat dengan menjadi juara umum di kompetisi tahunan di ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-24 yang digelar di Vietnam. Total ada 60 anggota TNI AD mengikuti AARM di Vietnam dengan berbagai kategori.

Dari 60 anggota TNI AD, ada sebanyak 37 anggota satuan dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bergabung dalam kontingen TNI yang dipimpin oleh Mayor Infanteri Faisal Izudin. Mayor Faisal menyatakan anggotanya mampu membabat habis semua kategori yang ada di AARM 24. Mulai perorangan maupun kelompok.

“Seluruhnya (kategori) kita dominan. Dari tahun 2008 berturut-turut. Dari 45 emas kita mampu menyabet 29 emas. Dan dari 15 trofi, kita bisa dapat 9 trofi,” kata Mayor Infanteri Faizal Izudin setibanya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Minggu (30/11/2014) malam.

Menurut Mayor Faizal, saingan terberat datang dari Thailand yang memperoleh 2 trofi. Kemudian Faizal mengungkapkan bahwa perolehan medali dan juara umum tidak diperoleh dengan mudah. Adapun yang menjadi tantangan terberat ketika anggotanya harus bertanding di suhu 18 sampai 20 derajat Celsius. Konsentrasi bisa saja menurun.

“Tantangan terbesar, kondisi di negara Vietnam berbeda. Terkait tempat, cuaca dan logistik. Kita sudah mengantisipasi hal tersebut. Kita latihan di Garut dan Pengalengan sama seperti di Vietnam,” terang Mayor Faisal.

Sementara, sambutan meriah datang dari Wakil Komandan Jendral Kopassus Brigadir Jendral TNI M Herindra yang menyatakan anggota kontingen yang berangkat jelas didominasi oleh kopasus. Dari situ negara tetangga akan berpikir dua kali untuk bermain-main dengan Indonesia.

Selanjutnya Herindra menyatakan bahwa AARM adalah kejuaraan di mana para Angkatan Darat se-Asia mengincar kemenangan. Untuk anggota yang berprestasi, pihaknya telah menyiapkan berbagai apresiasi.

“Ada apresiasi biasanya digunakan untuk kenaikan pangkat dan sekolah. Ya pasti dengan juara seperti ini kita pasti akan disegani. Tingkat kawasan Asia ya ini. Ini jadi incaran AD negara di ASEAN,” tegas Brigadir Jenderal TNI M Herindra.

Dan AARM ini diikuti oleh 10 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, Myanmar, Malaysia, Kamboja dan Laos. Adapun kategori yang diikuti oleh para peserta yaitu senapan, karaben, pistol putra, pistol putri dan senapan otomatis. Kompetisi yang diikuti tim TNI AD itu berlangsung sejak 11 November hingga 28 November silam. (Liputan6)


Juara Kompetisi Menembak, Kopassus Disegani Militer se-ASEAN

Kopassus berhasil meraih 29 emas dan 9 tropi di AARM ke-24 di Vietnam

Kontingen penembak dari TNI AD pemenang kompetisi AARM ke-24 di Vietnam. Indonesia menjadi juara umum dan menyabet 29 emas dan 9 trophy. (30/11/2014)

Kontingen penembak dari TNI AD pemenang kompetisi AARM ke-24 di Vietnam. Indonesia menjadi juara umum dan menyabet 29 emas dan 9 trophy. (30/11/2014)

Prajurit Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat kembali menorehkan prestasi dan membuktikan diri menjadi yang terhebat di antara militer negara di Asia Tenggara. Dalam kompetisi lomba tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) yang digelar di Vietnam, Kopassus Indonesia berhasil meraih juara umum.

Tidak tanggung-tanggung, dari 45 medali emas yang disiapkan, sebanyak 29 di antaranya diboyong Kopassus Indonesia. Ditemui di Landasan Udara TNI AU, Halim Perdanakusuma semalam, ketua kontingen Mayor Infantri Faisol Izudin, menyebut ada 9 trophy juga yang berhasil dibawa pulang.

Tiba dari Vietnam menggunakan pesawat hercules, ke-31 kontingen itu disambut secara langsung oleh Wakil Komandan Jendral Kopassus, Brigjen TNI, Muhammad Herindra.

Menurut pria yang diangkat menjadi Wadanjen sejak tahun 2013 lalu itu, Indonesia merasa bangga karena ini sudah kali keenam berturut-turut Kopassus berhasil menjadi juara umum. “Selain itu, senjata dan amunisi yang dipakai para kontingen merupakan buatan dalam negeri yakni dari PT Pindad,” kata dia.

Dalam kompetisi itu, kata Herindra, terdapat empat kategori yakni senapan, pistol, karaben, dan machine gun. “Untuk kategori pistol, juga dilibatkan kontingen putri. Sementara, sisa kategori lainnya hanya diikuti oleh putra,” papar dia.

Sementara ketua kontingen, Faisol menyebut kemenangan yang diraih Kopassus bukan tanpa perjuangan. Mereka telah berlatih selama beberapa bulan di medan yang mirip dengan kondisi Vietnam. Antara lain, mereka berlatih di daerah Garut dan Pengalengan.

“Cuaca di sana dingin, sama seperti cuaca di Vietnam, sehingga secara tidak langsung, hal itu memberikan gambaran kepada para penembak mengenai kondisi yang ada dan kami dapat beradaptasi,” kata Faisol. Dalam kesempatan itu, Faisol turut menambahkan, kendati menggunakan senjata dan amunisi buatan PT Pindad, nyatanya tidak kalah dengan negara lain yang memilih senjata M16.

Disegani
Dalam kesempatan yang sama, Herindra mengatakan kompetisi ini merupakan ajang paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara. Biasanya, lanjut dia, negara yang menjadi pemenang, akan disegani oleh militer dari negara lain.

“Kompetisi ini menjadi incaran bagi Angkatan Darat di kawasan ASEAN. Sehingga, tentu Kopassus akan disegani khususnya oleh militer di kawasan ini,” ujar dia bangga. Dia menyebut, saingan terberat dalam kompetisi itu adalah Thailand, karena militer dari Negara Gajah Putih berhasil memperoleh dua trophy.

Herindra mengingatkan, kendati tahun ini Kopassus menjadi juara umum, bukan berarti negara lain akan diam saja. “Mereka akan berupaya untuk mengalahkan Indonesia dengan berbagai cara, termasuk mengintip senapa dan alutsista yang digunakan RI. Bahkan, negara tetangga sudah ada yang tertarik untuk membeli senapan dari Indonesia,” ujarnya. (viva.co.id).

Bagikan:

  51 Responses to “Juara Umum AARM, Kopassus Bikin ‘Ngeri’ Negara Tetangga”

  1.  

    Strooong

  2.  

    BRAVO…

  3.  

    Mantap bin Suratap

  4.  

    Selamat KOPASSUS

  5.  

    We loveeee TNI kuuuuuu………

  6.  

    Selamat!!!
    Sebetulnya tidak hanya Kopassus, ada Kostrad juga didalamnya.
    Semoga tradisi ini dpt trus dipertahankan dan dpt juga sebagai masukan pengembangan SS2 Pindad.. Bravo!!!

  7.  

    Yang heran knp negara2 asean ko ga dari dulu beli senjata buatan pindad.gengsi aka di gedein.klo pengen betle proven taruh apel di atas kepala mereka aja . harusnya mereka itu bangga ada negara sekawasan yang bikin senjata bagus.

  8.  

    Sekali-kali ndase Mijoe nggo titis-titisan nembak wae ben klenger…

  9.  

    wajah malon pucat pasi, meriang, karena ngeri melihat ” messej ” dari para prajurit kopasus………. eeeh kenapa itu lon celana mu basah kuyup………….bhua ha ha ha !!!

  10.  

    ada yang punya video nya nggak ya? terimakasih

  11.  

    Selama buat seluruh kontigen TNI-AD.

  12.  

    Belajar dari melihat, jgn all out. Cuma saran

  13.  

    yg dulu dulu gk dipulis mah gk papa pak, tp untuk sekarang tolong di buka didepan pulbik pak, agar negara qt tdk lilecehkan trus….

  14.  

    Hahaaha..penembaknye udah pasti jagonye…blm tau tuh negara laen..saat nembak tinggal suruh bangsa jin ngarahin pelornye biar tepat sasaran…soal beginian mah bangsa indonesia jagonye dah..coba aje liat atraksi kopassus mana ada skill nembak balon diatas kepala dg mata tertutup dg jitu..blm lagi batang pompa bisa patah dg 2 jari.,kebal senjata tajam…tentara kita adalah tentara terbaik & terkuat didunia, perpaduan skill & ilmu ghoib…

    ….NKRI HARGA MATI…

    •  

      lhoh… kalau yang anda sebutkan itu bukan…bantuan jin. tapi memang asli kemampuan jasmani para personelnya. itu karena mereka memegang ilmu tenaga dalam merpati putih. ada kok videonya… bagaiman kopassus yang masih pakai seragam merpati putih…demonstrasi memetahkan 9 balok es batu. ada yang demo mematahkan kikir….bahkan orang bule USA yang ikut MP ada yang mampu mematahkan per mobil lapis 10 sekali hantam. ada di youtube.

      kalau kemampuan segitu itu belum termasuk yang paling tinggi ilmunya… ada yang pernah bilang ada yang bisa berjalan si air (tingkatan tertentu), ada berbaring di atas daun2. bahkan tuh ilmu yang sejenis di jawa barat bahkan guru besar nya bisa terbang…paling tidak melayang.

      aki tirem (akytiremia) leluhur kita dari lemuria ilmunya yang paling hebat….bisa menghantam meteor besar hingga melesat menghindar dari tabrakan dg bumi. intinya..ilmu itu adalah penguasaan energi di masing2 tubuh yang empunya. orang normal hanya 2.5 % saja.Dg bantuan sang guru penguasan energi bisa meningkat pesat berdasar latiahn juga.
      jadi hal2 yang tak mungkin bisa menjadi mungkin….sehingga seolah2 mampu menjadi manusia adi kodrati.

      maaf bukan saya menggurui…tapi hanya sekedar bertukar pikiran.

  15.  

    Lain wkt agar dimasukkan pula lomba lempar pisau,,jangan cm rifle & pistol..so krn lempar pisau jg kemampuan dasar tiap prajurit yg harus dikuasaii..apalagi dr indonesia ada pembuat pisau yg sudah legendaris…selamat buat ITNI AD, Bravo Koppasus, Bravo Kostrad

  16.  

    Jngn terlena dngn euforia kemenangan. Tantangan kedepan msh terjal, belajarlah dari semua kesuksesan agar menjadi lbh handal ,, satu indonesia satu

  17.  

    Mohon kopasus jangan dikirim kirim lagi ke ajang menembak level asean, sudah terlalu mudah, kirimnya cukup yg kostrad, atau mungkin pasukan biasa saja. Kalo kirim yg ke australi baru deh boleh, lebih elite.

  18.  

    Titah Presiden sbg Pangti mustinya kudu dilaksanakan … toh eksekusi bakar kapal dilaksanakan di wilayah NKRI, lain hal bila di wilayah perairan internasional maka bakar kapal bisa jadi perang terbuka dg negara lain …
    baik nya bila mo serius buat dulu Instruksi Presiden ato Perppu spy landasan hukumnya jelas utk dilaksanakan aparat di lapangan, jadi kesannya gak asal omong doank

  19.  

    Mbah bangga pada negeri ini…..

  20.  

    klo ama china gmna TNI mbah….????

  21.  

    kenapa dan mengapa berita tentang tni menang di kejuaraan menembak diasean dan di ausie kok hampir gak ada ya media asing mempublikasikannya ya?
    mengapa kemarin china dapat emas 2 biji di ausie kok beritanya sampai banyak masuk koran dan media internet ausie dan asia ya?
    aneh danf ajaib

    •  

      Gak laku dan tidak menarik bagi media asing Bung.
      Coba klo soal HAMburger dan berbau bau menyudutkan TNI apalagi yg dpt menimbulkan sentimen negatif bagi TNI, pasti dah rame beritanya di media asing, sudah biasa itu Bung.
      Ntah kenapa…

  22.  

    Hebat!
    Tni sll juara, senjata pindad dilirik tetangga.
    Kini SS2 boleh dong, klu dibilang senjata serbu terbaik dunia?
    Semoga pindad banjir pesanan. Amin!

  23.  

    Kalau perang melawan malassia kemungkinan 1000 tentara malassia tertembak dan cuma 10 dari TNI yg terkena tembak,
    bravo TNI,

  24.  

    Malaysia dapat mendali timah dan tembaga..wkwk

  25.  

    Tapi sayang pada ajang asian games indonesia gk dapat satupun medali emas

  26.  

    Ea bung ceuk,.
    Aku maafin hehehe
    TNI HEBATTT

  27.  

    alhamdulillah tni terus membuat malon kencing di celana. mbah sudah sadar , mungkin takut di doain cepet mati se indonesia wkwkkwkwkwk

  28.  

    TNI MEMANG BIKIN BANGGA

  29.  

    lah katanya senjata kita kalah modern tapi kok bisa juara ya 😀

  30.  

    Hurra..akhirnya TNI juara lagi..buat Brunei selamat ya bisa ngalahin malingsia..SS2 mmg mantap..vita berair kok ngga diturunin sm malingsia ya?kan risetnya udah sejak zaman baheula..belajar bikin senjata aja ke cipacing,kediri ato blitar lon..

  31.  

    klo berita kyk gini, penghuni provinsi sabah serawak ga ada komen

  32.  

    TNI MENDUNIA…………………!

 Leave a Reply