Nov 082017
 

Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, meninjau KRI Nagapasa, Surabaya, Jawa Timur, 8/11/2017.

Surabaya. Jakartagreater.com. Komandan Satsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menyambut kedatangan Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, bertempat di Gedung Bramasta Satsel Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 08/11/2017, dirilis Dispen Koarmatim.

Dalam kunjungan ini, Kabaranahan Kementerian Pertahanan (Kemhan) meyampaikan apabila ada temuan kerusakan pada KRI Nagapasa-403 segera dilaporkan kepada Kemhan untuk ditindaklanjuti, karena rencananya Presiden RI Joko Widodo akan melaksanakan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan dalam rangka membahas kerjasama militer di Jakarta.

KRI Nagapasa – 403 merupakan kapal pertama jenis Kapal selam kelas Cakra dari tiga yang dipesan TNI Angkatan Laut. Kapal selam buatan galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan ini, menjadi kapal selam Type 209/1400 pertama untuk Angkatan Laut Indonesia. KRI Nagapasa juga merupakan kapal selam yang di ekspor pertama oleh Korea Selatan.

Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, meninjau KRI Nagapasa, Surabaya, Jawa Timur, 8/11/2017.

Kapal selam KRI Nagapasa dibangun di bawah kontrak senilai US$ 1,1 miliar yang ditandatangani antara DSME dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada tahun 2011.

Dua kapal selam pertama dibangun di Korea Selatan sementara kapal terakhir akan dibangun oleh perusahaan pembuat kapal PT PAL di Indonesia, di bawah program alih teknologi.

Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, meninjau KRI Nagapasa, Surabaya, Jawa Timur, 8/11/2017.

Harapan Dansatsel Koarmatim agar ke depan dalam menambah kekuatan kapal selam, pemerintah mempertimbangkan negara-negara yang akan menjalin kerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

Sebelum melaksanakan peninjauan Kolonel Iwa Kartiwa memberikan cinderamata kepada Mayjen TNI Agus Setiadji.

Selanjutnya dalam peninjauan di KRI Nagapasa-403 dari haluan sampai ke ruang mesin kapal selam tersebut, Komandan KRI Nagapasa-403 Letkol Laut (P) Harry Setyawan menjelaskan fungsi peralatan yang ada di kapal dan menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi selama membawa kapal dari Korsel ke Indonesia.

  58 Responses to “Kabaranahan Kemhan Tinjau KRI Nagapasa-403”

  1. Semoga cepat diselesaikan permasalahan nya …

    • Permasalahannya itu kasel blm elektrik, prmasalah korsel? Blm memiliki ijin lisensi utk mencetak elektrik utk kasel itu versi expor

      Hahhaahaaaaa

    • numpang komen…., judul artikel sepertinya sangat menyesatkan, inti artikel ada diparagraf ini..

      “Dalam kunjungan ini, Kabaranahan Kementerian Pertahanan (Kemhan) meyampaikan apabila ada temuan kerusakan pada KRI Nagapasa-403 segera dilaporkan kepada Kemhan untuk ditindaklanjuti, karena rencananya Presiden RI Joko Widodo akan melaksanakan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan dalam rangka membahas kerjasama militer di Jakarta.”

      artinya kasel belum/tidak ada kerusakan, apabila ada yg rusak supaya lapor kemhan

      • Ternyata hny anda yg bc artikel dulu sblm komen.. Hihi..

        • Itu petruk kb, kasel blm elektrik & masih menggunakan disel dlm segala hal

          Jadi kemanapun itu kasel? Sangat mudah ditandai sonar, radar permukaan, termasuk kapal ikan juga

          Hahhaahaaaa

          • LoL, maksudnya mungkin Korsel belum bisa buat baterai kaselnya. Tapi kalo cuma beli terus dipasang pasti bakal dilakukan sama Korsel. Masak iya nyelem pake disel juga, bisa keracunan Co2 atau malah gas sisa pembakaran diselnya. Itu hal yg paling fatal dalam kasel, gak ada baterai untuk elektriknya ya pasti akan diprotes keras dan bahkan dikembalikan tuh kasel. Aya Aya wae eta kuda

            Hhhhhhhhhh

          • Berarti loe mmng gak tau, tapi merasa tau.
            itu disel yaa ada baterainya, utk kprluan pasukan & teknologinya, tapi bukan utk penggerak silumannya, kalau loe mau upgrade? loe, hrs belah dua itu kasel

            Hahhaahaaaa

          • Kalau utk kasel disel elektrik versi ekpor? Korsel blm memiliki ijin lisensinya

            Hahhaahaaaa

          • Itu sisa pembakaran dr mesin diselnya, sprti asapnya didorong keluar atau dibuang dilaut.
            Kalau yg lbh moderen, itu sisa pembakaran di ubah mnjd udara segar, melalui proses & proses.

            Mudah2an ini komem kagak nyangkut digigimu, sekiranya nyangkut? Jgn lupa minum broo

            Hahhaahaaaa

      • Terima kasih masukannya. Judul artikel sudah dikoreksi.

        Salam

  2. Semoga segera di lengkapi armament nya……..

  3. Semoga kedua harapan tsb diatas jd kenyataan..

  4. Lebih baik diperbaiki di PAL minta supervisi mbah Jerman, biarpun keluar duit lagi tapi terjamin kerjaannya … daripada operasional skrg dipaksakan bisa bahaya buat awak kasel.

  5. Semoga kapal selamnya bisa nyilem….bukan tenggelam maupun ngapung….

  6. wih komandan kaselnya namanya kok sama dengan warjager yg sering nongkrong disini.

  7. Semoga battery nya bisa lebih mantap lagi…..huehehe

    • Itu kasel blm memiliki baterai elektrik penggerak utk power silumanya, jika ingin menggunakan baterai elektrik penggerak? Maka itu kasel dibelah lg, kemudian diperpanjang & di upgrade total.
      Jika sudah begitu? baiknya tempah baru saja yg sudah memiliki energi elektrik yg lbh moderen

      Hahhaahaaaaa

      • ngaco.. siapa bilang tuh kasel g ada baterai elektrik untuk power siluman..

        sudah ada namun tidak memadai krn memakai baterai lithium- ion.. yg hanya kuat untuk nyilem sekitar 4 hari kurang itu jg di bagi untuk beban yg lain
        makanya mau diganti ama baterai sodium- ion krn bahannya melimpah ruah dan masa pake lebih lama..
        kerjasama ama perancis..

        gitu aja koq repot…
        bhuuaahahaha…. preet..

        • Berarti loe beda tipis dgn agato broo, itu kasel masih disel blm elektrik, jika ada baterainya? Hanya utk kprluan didalam bukan utk power siluman, kalau masalah nyelem yaa bisa nyelem, tapi dgn suara diselnya itu

          Hahhaahaaaa

          • wadooowwww…
            lu mah kebangetan makan micinnya riiinn..

            lu tau kan lontong “DIESEL ELEKTRIK” ntu apaan??

            simplenya kalo lgi snorkeling tuh lontong pake mesin diesel sekalian ngecharge si elektrik buat disimpen dibatere…
            trooss kalo udah penuh tuh batere baru deh nyilem sekaligus dimatiin ntu mesin diesel…
            jd yg dipake untuk nyilem n power adalah tenaga batere elektrik tsb..

            g ada istilah dibelah2, keracunan…dsb.
            paraaahhh lu riiinnn…

            bhuuaahahahaha…
            preeeeetttt…..

          • Diantara ketiga kasel yg ditempah dikorsel utk indonesia itu? Cuma satu yg kasel disel elektrik, itupun akan dicetak di indonesia, krna korsel blm punya ijin lisensi utk kasel disel elektrik versi ekspor, tapi blm ada kelanjutannya,dgn demikian? Kasel nagapasa yg dua biji itu blm elektrik & mudh2an ini komen gak nyangkut digigimu, sekiranya nyangkut? Jgn lupa minum broo.
            Jika katanya blm elektrik tapi trnyata elektrik? Ini berarti sudah menipu jerman habis habissan, karna kasel korsel itu dr jerman cetakannya.

            Hahhaahaaaa

          • emang type 209 bukan diesel elektrik ya rin…?

            batere yg sampe 25-60% dr bobot lontong.
            4×132 cells cuma buat ngawar ngiwir vibrator ya rin?

            coba dipelajari info lu riin ttg berbagai type lontong jerman berikut negara yg kata lu pny licensi.. ( korsel, turki dll) dan batasan licensi type tsb..

            mudah2an bulu lontong g nyakut di kerongkongan lu rin..

            bhuuaahahahaha….
            hooooekkk…..
            preeeettttt….

          • Kalau utk lisensi expor? Korsel blm punya ijin, tapi klau utk punyanya sendiri yaa silahkaan, tapi klu utk expors loe hrs punya lisensi ijinnya, kalau tidak? Tombol terpedo akan dipencet jerman, hayooo, skrg loe mau kamana

            Hahhaahaaa

        • Kan kemenhan sudah memesan baterai untuk kasel kpd perusahan dlm negri yg dimiliki orang Jepang berarti memakai teknologi Jepang! Kan ada artikelnya di JKGR jg.

          • Knp jadi ribet gini yah? dr dl sdh di blg jgn beli produk abal2 yg blm trbukti kemampuanya….belilah ke produsen yg sdh pengalaman di bidang pertahanan, cuma ada satu pilihan…belillah di Rusia…One Stop Shopping

          • wkwkkkk……..one side opinion, opini sepihak saja. masak sich……coba liat gimana pembelian sukhoi…..sampai2 pihak rusia merasa eneg dengan kontrak sukhoi yg 11 unit itu lho……….yg kagak deal2…..xixi

          • Yah kalau mereka mungkin kga mau TOT kalau beli 3 apa lagi 1 nya buat di indonesia.
            Pembelian ini mungkin ribet tapi ada keuntungan nya yg kita dapat untuk membuat/merakit KS di surabaya.

          • Bukan cuma baterainya ajja itu kasel gak ada, alat propulsi independenya juga kagak ada ituu

            Hahhaahaaaa

  8. SAYANG SEKALI BARANG MASIH BARU TAPI SUDAH ADA MASALAH

  9. Gmn ini, knp jika indonesia beli alutsista itu selalu ad aja masalah nya,.ga pernah ready to use…sdh di blg dr dl, jika ingin lancar, murah dan canggih, hanya moscow tempatnya…selain itu katakan no way….apa sih peralatan tempur rusia yg jelek? yg kuno? yg ga bs nyilem? nyaris tak ada masalah…Minat-Jajaki-Kunjungi-Deal-Ttd-Kirim….beres, tinggal pakai…hati tenang …itu !!,

  10. owh..permasalahan nagapasa adalah kemampuan stleath mode dari kemampuan batre ya…nah istilah diesel elektrik itu bukan nya istilah untuk jenis penggerak?bisa diesel bisa elektrik?
    kalo 209 mode nyilem tetap pake diesel kan?tp power mesin tidak dipakai untuk support kasel,support kasel oleh batre..yang terbaru, penggerak kasel bukan mesin diesel, tp dpt power dr aki..jadi semakin senyap..hehehe..bener ga ya?

 Leave a Reply