Oct 012018
 

Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia. (photo: Ministry of Defence of the Russian Federation)

New Delhi, Jakartagreater.com – Pemerintah India akan menandatangani kesepakatan pertahanan besar senilai lebih dari $ 10 miliar dengan Rusia selama KTT meskipun mendapatkan ancaman sanksi dari Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan itu termasuk pembelian lima sistem pertahanan rudal udara S-400 senilai lebih dari $ 5,5 miliar, empat 1135,6 frigat kelas Krivak senilai $ 2 miliar, helikopter KA-226 utilitas senilai US $ 1 miliar, dan perjanjian kontrak untuk pembuatan 200 helikopter Kamov di fasilitas India, dirilis Sputniknews.com, 28/9/2018.

Komite Kabinet Keamanan (CCS) yang dipimpin Narendra Modi memberi persetujuan untuk pembelian sistem rudal pertahanan udara S-400 pada hari Rabu, yang membersihkan semua spekulasi mengenai kesepakatan dalam menghadapi sanksi AS terhadap Rusia.

“Sepertinya kontrak akhir akan ditandatangani. Saya berharap itu akan ditandatangani. Ini akan menambah kekuatan besar terhadap kemampuan pertahanan udara Angkatan Udara India dan negara,” ujar pensiunan Marsekal Udara Anil Chopra kepada Sputnik pada hari Kamis.

Sputnik telah melaporkan sebelumnya bahwa kedua negara telah menyimpulkan mekanisme pembayaran baru di bawah pengaturan keuangan yang melindungi lembaga keuangan India dari sanksi AS.

Selain itu, kedua negara juga diharapkan untuk menandatangani kontrak pemerintah untuk produksi berlisensi lebih dari 600.000 senapan serbu AK-103 untuk Angkatan Darat India di pabrik persenjataan India. Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman telah mengkonfirmasi awal bulan ini bahwa itu adalah perjanjian antar-pemerintah dan bahwa produksi akan dilakukan oleh Dewan Pabrik Tata Negara milik negara.

India dan Rusia juga kemungkinan besar akan melakukan pembicaraan ke depan untuk menyewakan (leasing) kapal selam serang bertenaga nuklir ketiga, Akula class yang akan menelan biaya lebih dari $ 2 miliar. Sumber menyatakan bahwa kapal selam Proyek 971 SSN telah dipilih dari banyak pilihan dan bahwa kapal akan menjalani perbaikan dan modernisasi besar-besaran di galangan kapal Rusia sebelum diserahkan ke India.

  12 Responses to “Kabinet India Setujui Pembelian S-400 Rusia”

  1.  

    LANJCROOOTKAN….
    BIAR SI AMER MAKIN PANIC.

  2.  

    S-400 Triumf – Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=q4ncll2gNps&t=32s

  3.  

    Ancaman sanksi keras amerika itu cuma siulan doang, silahkan borong dari russia
    😀 😆

    •  

      huha india itu jg gengnya inggris+usa.

      •  

        Tidak apa klu india gengnya amerika & inggris, asalkan teknologi kasel trsebut dijaga, jgn sampai sperti malay, teknologi jammer su30 dibongkar amerika, sehingga russia enggan mengingatkan malay upgrad su30 & pespur lainnya
        😀 😆

      •  

        Tidak ada itu gengnya Amer, kalo commonwealth iya, tapi sejak jaman perang saudara di Iran (tergusurnya rejim Shah Iran), Pakistan udah jadi budak Amer, dijadikan base untuk bantu ungsikan keluarga shah, juga jadi basecamp untuk membantu pejuang afghanistan memerangi Sovyet, maka India yang musuh bebuyutannya Pakistan, adalah juga musuh dalam selimut bagi Amer, apalagi Indihe tidak mengijinkan Amer memiliki pangkalan di Indihe.

  4.  

    “India dan Rusia juga kemungkinan besar akan melakukan pembicaraan ke depan untuk menyewakan (leasing) kapal selam serang bertenaga nuklir ketiga, Akula class yang akan menelan biaya lebih dari $ 2 miliar. ”

    ada rental kapal selam nih ceritanya.. klo biayanya lebih dari $ 2 miliar .. kenapa gak beli sekalian.. daripada ngerental..

    salam #KJT

  5.  

    rental untuk belajar crew kapal selam yg sedang dipesan oleh india

 Leave a Reply