Jul 152018
 

Tank M1A2 Abrams buatan Amerika Serikat. © U.S. Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Taiwan telah memperoleh persetujuan untuk membeli 108 unit tank tempur utama M-1A2 Abrams dari Amerika Serikat dengan biaya NT $ 30 miliar atau sekitar US $ 990 juta untuk mengganti armada tank M60A3 dan CM-11 yang sudah tua, seperti dilansir dari laman Defense Aerospace.

Media Taiwan melaporkan awal pekan ini bahwa dana akan dialokasikan dalam anggaran tahun depan dan permintaan resmi untuk penjualan akan dikirimkan ke Amerika Serikat.

Permintaan itu juga akan mencakup pelatihan, suku cadang selama 5 tahun serta jumlah amunisi 120 mm yang masih dirahasiakan, tetapi tidak pasti apakah pemerintah AS akan menyetujui penjualan tersebut atau tidak.

Selain tank tempur utama baru, tentara Taiwan juga memberi daftar keinginan peralatan yang diperlukan yang termasuk rudal anti tank, amunisi artileri self-propelled (mortir 120 mm dan howitzer 155 mm) dan sistem pertahanan udara, kendaraan tempur infantri, kendaraan pemulihan lapis baja serta sejmlah peralatan tambahan.

Jika penjualan disetujui, Angkatan Darat Taiwan berencana untuk menempatkan tank M-1A2 baru tersebut ke dua batalyon Korps Angkatan Darat, yang dikerahkan di Utara Taiwan untuk melindungi pemerintah pusat dan lembaga dibawahnya.