Agu 092018
 

Perjalanan terakhir dari USS Enterprise sebelum pensiun © U.S. Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Biaya untuk membongkar serta membuang USS Enterprise, bekas kapal induk bertenaga nuklir pertama di dunia, bisa lebih dari US $ 1 miliar, jauh di atas perkiraan sebelumnya, menurut laporan Kantor Pengawas Pemerintah yang baru, seperti dilansir dari laman Daily Press.

Untuk mengikuti biaya tersebut dengan lebih baik, Kantor Akuntabilitas Pemerintah memberi rekomendasi pada Angkatan Laut AS untuk dapat menyediakan lebih banyak data anggaran ke Kongres dan mengembangkan perkiraan biaya independen, rencana manajemen risiko serta jadwal.

Dua opsi pembuangan untuk bekas kapal induk USS Enterprise ada di meja. Namun laporan itu tidak merekomendasikan salah satunya.

Salah satu opsinya adalah dengan melibatkan penggunaan Galangan Kapal Puget Sound Naval dan Fasilitas Pemeliharaan Intermediate di Bremerton, Wash., yang telah menjadi tujuan akhir bagi kapal jelajah dan kapal selam bertenaga nuklir yang lebih tua.

Berdasarkan rencana ini, galangan kapal akan membongkar bagian-bagian USS Enterprise yang berisi bahan nuklir serta mengirimkannya ke situs pembuangan Departemen Energi di negara bagian Washington. Sementara sisa kapal akan didaur ulang secara komersial.

Opsi lain melibatkan industri komersial yang menangani keseluruhan pekerjaan.

GAO mengatakan bahwa opsi komersial akan dapat menguntungkan bagi Angkatan Laut, tetapi perselisihan antara dua badan pengatur pembongkaran membuat sulit untuk mengevaluasi.

USS Enterprise, juga dikenal sebagai CVN-65, yang telah pensiun setelah penyebaran tempurnya yang terakhir pada tahun 2012. Rentang layanannya selama lima dekade, mulai dari Krisis Rudal Kuba tahun 1962 hingga perang di Irak dan Afghanistan.

Sekarang USS Enterprise telah dinonaktifkan dan akan dipreteli, kini terduduk di sisi dermaga di Newport News Shipbuilding, di mana itu menunggu untuk tujuan akhirnya. Apa pun opsi yang dipilih oleh Angkatan Laut, bagian nuklir USS Enterprise akan dibuang, sementara bagian non-nuklir akan didaur ulang.

Dengan bobot 76.000 ton, kapal induk itu “akan membutuhkan level kerja yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membongkar dan membuangnya dibandingkan dengan kapal-kapal sebelumnya”, kata laporan GAO.

Bagaimana pekerjaan ditangani akan menetapkan pedoman untuk pembuangan kapal induk kelas Nimitz, yang akan dipensiunkan karena semakin banyak kapal induk kelas Ford yang akan bergabung dengan armada.

Menanggapi laporan tersebut, Departemen Pertahanan AS alias Pentagon setuju untuk memberi informasi lebih lanjut tentang biaya, jadwal dan kontrak ketika bergerak maju untuk Enterprise. Ini juga akan mendapatkan perkiraan biaya independen dan menyiapkan rencana manajemen risiko.

Bagikan:

  15 Responses to “Kacau, Upah Bongkar USS Enterprise Lebih Dari $ 1 Miliar”

  1.  

    Wekz bwt bongkarnya aja seharga 2 kapal frigate canggih ya ? Yg berat spt nya lucuti bagian nuklirnya dgn aman makanya mahal.

  2.  

    Ngurus kapal sendiri kagak becus.

    •  

      Klu menurut saya sih bkn nya ga becus. Tp memang spt itu resiko pny kapal segede gaban yg berteknologi nuklir. Yg bikin mahal itu bongkar bagian2 yg mengandung nuklirnya.

      •  

        Klo boleh jujur, seharusnya biaya pembongkaran tidak akan semahal itu bung, kita semua sama-sama tahu, para petinggi militer AS ini pada butuh USD, mata mereka langsung berubah jd hijau bila berhubungan dengan “proyek”… 😛 hehehehe

        Mereka adalah orang-orang pintar dan pintar mencari alasan.

        •  

          Klu scrap ploduk biasa sih ga sampe sgt pastinya. Tp klu yg ada nuklirnya trs tu nuklir hrs diamankan spy tdk terjadi pencemaran saya ga tau bung. Yg jls itu lah gambaran mahalnya biaya klu kita mau akuisisi kaprang atau kasel berbahan bakar nuklir. Mau pensiun aja negara musti ngeluarin duit banyak. Ini spt uang pensiun pegawai BUMN aja kkk …

          •  

            Y…bisa jdi.ane kagak kepikiran sampe dstu.membongkar sebuah reaktor nuklir adalah pekerjaan yg memiliki tingkat kerumitan tersendiri.biaya serta faktor safety tingkat tinggi.setuju dgn ente

          •  

            Tapi kok…juragan dri madura kagak ikut berpartisipasi dlm pembongkaran ini..???

  3.  

    76.000 ton = 76.000.000 kg
    76.000.000 x 4000 = 304.000.000.000
    304 miliar

    Mau dong 😎

  4.  

    Daripada dibongkar2 Mahal biayanya Mendingan diHIBAHKAN aja ke Indonesia. Kelar semua Urusan…. Saya warga baru salam kenal buat para Sesepuh….

  5.  

    Panggilkan orang madura aja yg dikordinir bung @Maduranet, pasti lebih murah biayanya. Dan lebih cepat pembongkarannya.

  6.  

    klo masalah beginian panasboy langsung matanya jadi ijo, ditengah matanya ada gambar dollar………..hhhhhhhhhhh

 Leave a Reply