Nov 292018
 

Desain helikopter ringan bersenjata buatan Korea Selatan © KAI/Eurocopter

JakartaGreater.com – Korea Aerospace Industries (KAI), sebuah perusahaan pertahanan asal Korea Selatan, berencana untuk meluncurkan prototipe helikopter ringan bersenjata (LAH) untuk angkatan darat negaranya pada bulan Desember, menurut keterangan para pejabat pada hari Minggu.

Seperti dilansir dari laman Yonhap, LAH adalah untuk menggantikan armada helikopter serang Angkatan Darat Korea Selatan yang telah usang, termasuk armada MD500 dan 70 unit helikopter AH-1S Cobra.

“Menyusul peluncuran prototipe LAH bulan depan, tes mesin dijadwalkan pada bulan Maret 2019 dan penerbangan perdana pada bulan Mei 2019”, menurut pejabat KAI.

Dikembangkan berbasis helikopter Eurocopter EC155, LAH ini dirancang untuk terbang dengan kecepatan 324 km/jam dan memiliki jangkauan hingga 905 km. Beban take-off maksimumnya adalah 4,9 ton dilengkapi dengan senapan 20 mm dan rudal anti-armor yang dibuat secara lokal.

Desain helikopter ringan bersenjata LAH berbasil Eurocopter Dauphin © KAI

LAH pertama diatur untuk dikirim ke unit militer menjelang akhir tahun 2022.

Sementara itu, perusahaan KAI bahkan telah melanjutkan pembicaraan dengan Filipina mengenai kemungkinan penjualan helikopter multi-peran Surion KUH-1, menurut CEO Kim Jo-won.

Tawaran ekspor KAI ini terhenti dengan kecelakaan fatal pada bulan Juli dari Marineon (MUH-1) yang dioperasikan oleh Korps Marinir Korea Selatan. Sebuah tim investigasi mengatakan rusaknya sebuah master rotor yang disediakan oleh subkontraktor mereka tampaknya menjadi penyebab atas kecelakaan itu. Marineon adalah varian dari Surion yang khusus untuk digunakan oleh Korps Marinir.

Prototipe helikopter utilitas KUH-1 Surion © Korea Aerospace Industries via Wikimedia Commons

Kim mengatakan bahwa perusahaannya telah memulai kembali “pembicaraan teknologi” dengan Filipina pekan lalu tentang kemungkinan memasok Surion ke negara kepulauan di Asia Tenggara itu.

Helikopter utilitas KUH-1 dan MUH-1 adalah model yang bersaing termasuk Sikorsky UH-60 Black Hawk.

Jika KAI berhasil mengekspor heli Surion ini ke Filipina, Indonesia bisa menjadi pembeli potensial juga, kata Kim dalam konferensi pers baru-baru ini di kantor pusat perusahaan di Sacheon, Provinsi Gyeongsang Selatan.

Bagikan:

  One Response to “KAI Korea Selatan Akan Perkenalkan LAH Bulan Depan”

  1.  

    Gandiwa gmn nasibmu kini, Indonesia bs menjadi pembeli potensial?

 Leave a Reply