Oct 022018
 

Desain pesawat latih canggih, untuk program TX USAF dari Lockheed – KAI © Lockheed Martin

JakartaGreater.com – Perusahaan Korea Aerospace Industries, produsen pesawat terbang Korea Selatan, pada hari Jumat, mengatakan pihaknya kalah dalam tender pesawat latih militer AS karena perbedaan besar dalam harga yang ditawarkan dibandingkan dengan Boeing Co., seperti dilansir dari laman Yonhap News.

Angkatan Udara AS telah menjatuhkan pilihan kepada konsorsium Boeing-Saab daripada KAI-Lockheed Martin Corp. untuk program TX-nya, karena mereka menawarkan harga terendah US $ 9,2 miliar, menurut juru bicara KAI.

“Penawaran harga Boeing sangat rendah”, katanya.

Sementara juru bicara KAI tidak mengungkap berapa harga yang mereka tawarkan untuk program TX tersebut.

Terbang perdana pesawat latih canggih, Boeing T-X © Boeing.com

Akibat kekalahan tersebut, saham KAI anjlok 29,8 persen menjadi 35.100 won atau US $ 32, sementara KOSPI yang lebih luas mundur 0,52 persen dalam sesi perdagangan. KAI turut serta dalam program TX tidak hanya untuk memenangkan proyek AS, tetapi juga berkaitan dengan potensi besar untuk ekspor pesawat itu ke negara lain, sebut analis.

Angkatan Udara AS awalnya direncanakan untuk membelanjakan US $ 19,7 miliar, lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar US $ 16,3 miliar untuk menggantikan 351 jet pelatih dengan yang baru, kata juru bicara perusahaan kedirgantaraan itu.

KAI bermitra dengan Lockheed Martin Corp menawarkan T-50A untuk kompetisi ketika Washington bergerak demi meningkatkan kemampuannya untuk melatih pilot jet tempur, pembom dan pesawat militer lainnya.

Saat ini, AS masih bergantung pada T-38 Talon yang hampir enam dekade telah melatih pilotnya.

Untuk memperkuat kehadirannya di pasar jet tempur luar negeri, KAI mengatakan akan terus melakukan upaya untuk mengekspor jet tempur multiperan T-50, tersedia sebagai jet pelatih tempur dan serang ringan, dipasar negara berkembang seperti Amerika Latin, Asia Tenggara dan Afrika.

  2 Responses to “KAI: Tawaran Harga TX Boeing Paling Murah”

  1.  

    Mending beli produk boeing ketimbang LM

    😀

 Leave a Reply