Apr 292017
 

Kapal patroli Angkatan Laut Kamboja. © Global Security

Pemerintah Kamboja secara tiba-tiba mengatakan kepada Angkatan Laut AS untuk segera meninggalkan negara tersebut, disaat yang sama menerima paket baru senilai US $ 157 juta dari China. Langkah Kamboja tersebut menunjukkan bahwa Kamboja adalah negara terbaru dari beberapa negara Asia yang telah beralih kemitraan dari Amerika dan melangkah lebih dekat bersama China, seperti dilansir dari China Military.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kamboja, mengumumkan berita tersebut pada halaman facebook-nya. “Batalyon Konstruksi Mobile Angkatan Laut AS – dikenal sebagai Seabees – meninggalkan Kamboja setelah melaksanakan misi bantuan kemanusiaan 9 tahun”, menurut kedutaan tersebut.

Pengumuman tersebut mengatakan bahwa penutupan tersebut atas permintaan pemerintah Kamboja. Pekan lalu, Pemerintah Kerajaan Kamboja sudah memberi tahu Kedutaan Besar AS mengenai keputusannya untuk menunda program Seabees tanpa batas waktu.

Keputusan ini membatalkan 20 proyek yang telah direncanakan, termasuk bangsal bersalin dan kamar mandi sekolah. Program Seabees melaksanakan proyek pelayanan masyarakat yang memberi manfaat bagi puluhan ribu orang Kamboja senilai lebih dari US $ 5 juta dan 11 provinsi di Kamboja yang mendapat keuntungan dari proyek tersebut.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menerima hibah dari Pemerintah China senilai US $ 157 juta untuk membangun stadion sepak bola baru, di mana Kamboja berencana untuk menjadi tuan rumah SEA Games pada tahun 2023, hanya sehari setelah Batalyon Konstruksi Mobile “Seabees” Angkatan Laut AS diberangkatkan dari Kamboja.

Sejak tahun 2002, Kamboja telah menerima hampir US $ 3 miliar dalam bentuk pinjaman dari China untuk puluhan proyek pembangunan. Bulan Oktober 2016 lalu, China memangkas hutang Kamboja sebesar US $ 89 juta sebagai niat baik Beijing di Phnom Penh.

Perubahan yang sama juga sedang berlangsung dalam urusan militer. Tahun lalu, Kamboja melakukan latihan Angkatan Laut bersama pertamanya dengan China dan menyambut baik latihan militer dan persenjataan dari Angkatan Bersenjata China.

Pada tanggal 16 Januari tahun ini, Kamboja mengumumkan telah membatalkan latihan militer gabungan tahunan bersama dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Menjauhnya Kamboja dari AS dan lebih mendekat kepada China ini sejalan dengan sejumlah negara di kawasan termasuk Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan negara-negara Asia lainnya. Mereka mengubah sikap diplomatik sesuai dengan perubahan ini.

Dalam sebuah laporan strategi pada bulan Desember lalu, Ross Babbage, pengamat senior di lembaga thing tank Pusat Penilaian Strategis dan Anggaran AS, menjelaskan: “Sebagai efek dari tekanan Beijing terhadap negara-negara regional yang tercermin kontrak, memakai ekonomi sebagai pertukaran atas kepatuhan politik, dengan tongkat besar yang mengintai di balik layar atas perilaku menyimpang. Kerusakan signifikan sedang dibuat pada kredibilitas AS dan sekutunya. Dengan tidak adanya perubahan besar dalam kebijakan sekutu, sebagian besar Asia Tenggara kemungkinan akan beralih ke poros Beijing”.

Kamboja dan negara-negara diwilayah Asia lainnya menyadari “tongkat besar” China yang tersembunyi di balik layar dan juga mengerti bahwa Amerika tidak dapat lagi diandalkan untuk melindungi mereka dari tongkat itu. Jadi tentu saja mereka berubah.

Untuk memahami tren profetis yang signifikan dan telah disoroti oleh perubahan, tentu saja di Kamboja dan sekitarnya, membaca “apakah sekutu Amerika di Asia berporos ke China?”.

Bagikan Artikel:

  47 Responses to “Kamboja Tendang Angkatan Laut AS, Terima $ 157 Juta dari China”

  1. Tendang jauh jauh

    • kenapa gak di terima dua2 nya saja.. kalau kelihatan mencolok ngeblok ke salah satu suatu saat akan rugi sendiri..
      saat masih ada maunya maka cina akan baik memberi apa saja.. kalau sudah dlm genggaman dan kendali maka hanya akan jd peliharaan saja.. sungguh kasihan..
      karena tdk pernah ada namanya teman sejati.. yg ada hanya kepentingan sejati..
      mandiri jalan keluarnya..

  2. PERTAMAX

  3. Hihihi… 😛

  4. Tendang Macan..Kamboja undang Hyna..padahal karakternya sama2 gigit mangsanya sampai mati..

  5. indonesia poros mana ya,mungkin poros tengah

  6. Ada udang di balik china

  7. hihihihihi

  8. HUAHAHAHA…Itulah otak negri melarat, gampang disuap cm dgn nominal 1,8 trilyun rupiah, bodoh dan kgak tau terima kasih…Ni negeri Kamboja namanya aja ude merana, biasanya yg namanya kembang kamboja entu tempatnye pan di kuburan, mrupakan negeri yg dr dulu jalan di tempat…Negeri terhormat kek RI kagak bakal mau disuap kek gitu…

  9. Cuma Indonesia yg belum. Istilahnya dalam bahasa diplomasi politik adalah “Efek Domino” Beijing terhadap wilayah sekitar. Sebagian besar negara ASEAN yg punya masalah LCS dg China udah tunduk sama China. Kalo Indonesia hugs jatuh keep China maka selesailah AS do Asia Pasifik, Asia selatan Dan Afrika. China punya terusan Kra, jalur Sutra di Pakistan, pangkalan di Djibouti, dll. Percuma AS masang THAAD di Korsel Dan AEGIS system di Eropa. Kuncinya hanya ada di India Dan Indonesia. Wajar kalo nanti AS mau jual F35 Dan bantuin pengembangan IFX. Apalagi presiden AS dari Republican yg notabene suka jualan senjata ke RI, apalagi Trump. AS mungkin bakal Jual F35 A, Kalo ke Sonotan dan Sonora pasti F35 B. Taruhannya terlalu gede, selain Singapura, Brunei dan Indonesia, seluruh ASEAN udah gabung ke China.

  10. “bahwa Amerika tidak dapat lagi diandalkan untuk melindungi mereka dari tongkat itu….”

    lbh ruwet lg jika perlindungan dg penyebaran senjata pertahanan harus d suruh membayar pd mami rika… sekutu mami rika hanya uangnya… bkn negaranya…

  11. kamoja ancang sebentar menunggu suara pluit cina di bunyikan dengan berbekal modal $ 157 juta ..dan sementara asu bersiap siap di gawang ..dan pluitpun di bunyikan..kembali kamboja ancang ancang .. tendang.. dan…gooooollllllll akhirnya asu pun kebobolan..

  12. maaf suhu suhu warjag salam kenal , ane maba wkk , kalo indonesia sendiri gimana ya, kok asean pada dekat ke china ?? matur suwun

    • indonesia non block..
      semua silahkan masuk demi kebaikan dan kesejahteraan bersama.. tidak ada tendang2 an.. usa.. rusia.. cina.. ingris.. semua sama.. siapa saja yg mau invest .. welcome.. spt kemarin saudi dan amerika..
      hanya untuk israel yg sampai saat blm ada kerjasama antar pemerintah.. tp non pemerintah banyak.. spt pariwisata dll.. meski tdk punya hubungan diplomatik tp tdk memusuhi.. hanya akan buka diplomatik kalau palestina merdeka.

      • Soal investasi sepertinya lbh baik ke China, dgn Barat kita selalu kalah.
        Perjanjian Gas Alam yg dlu sangat merugikan karna harga murah dgn china, tp mereka mau renegosiasi (Pdhl tidak ada keharusan, mereka hnya ingin hubungan baik dgn indo).
        Sdgkan barat kita ambil contoh Freepot silahkan isi sendiri…

  13. wow kalau masalah yg bginian si yonhap
    live streaming di warjag….hahaha…arogant y kelewatan bung…yg anda hina caci negara orang emang apa masalahnya dengan anda…

  14. Lepas dr mulut harimau masuk kemulut buaya, jd lebih parah buayakan bangke apa aja dilahap! Dgn umpan ekonomi maka masuklah dlm jebakan. Tar ujung2nya ekonomi dimonopoli etnis China disemua negara dan orang asli jd pekerjanya, kan pandir namanya!

  15. Mungkin cm brunei & Indonesia yg brtahan

  16. hayo MERAPAT MERAPAT … ANE KASIH MODAL HAYAAAA ….

  17. Mungki taring america sudah mulai retak di asean

  18. si YONHAP paling benci artikel kayak gini

  19. selamaT atas masuknya Kamboja ke jaringan Mafia Korporasi CCCP

  20. China emang lbh cerdik + lihay…

    Indonesia-Kita dekat” amrik juga ng’gak ada hsl’x…
    Yg ada malah bumi Papua jd santapan sedap amrik…
    Timor-Timor juga di’plorotin amrik lwt tangan Aussie…

    Dekat dgn Jepang juga sampai skrg Indonesia-Kita blm bisa” produksi blok mesin” kendaraan….

    • China hanyalah Amerika Wannabe………..
      tanya milisi2 di afrika tengah dan barat yg disponsori pengusaha2 dari partai Cccp china utk melakukan kudeta di negara2 afrika tengah dan barat
      tanya juga nigeria dan beberapa negara afrika lain yg kewalahan dgn imigran gelap china yg mau mendulang emas dan berlian disana

      SEKALI NON BLOK TETAP NON BLOK
      sejarah bagi kaum yg berpikir tidak akan melupakan peran China dalam gerakan subversif fitnah dan hasutan Pki di tahun 60an meski kerasnya usaha2 revisionis alias gubahan lewat buku2 sejarah dan permainan2 viktimisasi

  21. masih lebih hebat indonesia , NAMRU naval medical research unit , udah lebih dulu ditendang sm bu siti fadilah supari . bu menkes dulu ….

  22. Amerika sibuk di Arab dan Bani Saud, gak tahunya asean lepas dari mamarika wkwk

  23. efek kuasa china di lcs?????

  24. Di Indonesia kawasan2 cina sudah banyak lebih dari yg diperkirakan, contoh deltamas cikarang pusat itu kawasan cina 95% pekerja dari atas sampai bawah itu pekerja cina, beberapa hari RI datang entah mau ngapain

  25. Di Indonesia kawasan2 cina sudah banyak lebih dari yg diperkirakan, contoh deltamas cikarang pusat itu kawasan cina 95% pekerja dari atas sampai bawah itu pekerja cina, beberapa hari RI datang entah mau ngapain

  26. jgn sampai seperti filipina, gara2 ign dkt dgn cina, akhirnya jd kebalik cina menginjak2 hrga diri filipina…

  27. Singapur ttp anggota FPDA dan SEATO. Masih anteknya AS. Indonesia yg sepertinya bermain di dua kaki lewat topeng Non Blok. Sebetulnya AS-China/Rusia udah jengah sama Indonesia yg bagaikan gadis cantik yg suka ngasih PHP cowok jomblo. Makanya lagi digoyang isu SARA, Komunis, ISIS dll diatas masalah LCS dan Freeport. Dampaknya terasa dari Pilpres 2014 dan pilgub DKI kemarin. Jujur, kelemahan orang Indo adalah suka gosip, suka sosmed dan sensitif terhadap SARA. Anda tau kan Bung Abu Nawas cara politik Adu Domba/Devide et Invera gaya baru di Indo, sebar HOAX tentang SARA di Sosmed dan biarkan dalam hitungan menit, seluruh Indonesia akan terbakar, apalagi kalo sampai ada tokoh yg terbunuh, Indonesia otomatis waktu itu juga bisa jadi The Next Suriah. Anda bisa bayangkan apa yg bakal terjadi? yah minimal sbg lahan ujicoba MOAB dan FOAB terbaru AS-Rusia. Salam sehat selalu bung Abu Nawas.

    • udah bukan yg sepertinya bermain di dua kaki lewat topeng nonblok
      tapi sudah masuk strategi para think tank politisi dan elit2 negeri termasuk penggunaan isu Sara dan lain utk mengontrol rasa ketakutan masyarakat
      taktik ini sudah botol pulpen di era perang dingin

 Leave a Reply