Okt 032015
 

074606_kribungtomo

Guna mengawasi luasnya wilayah laut Indonesia dari kejahatan pencurian ikan atau illegal fishing, Angkatan Laut Indonesia mengeluhkan minimnya anggaran bahan bakar minyak (BBM) yang hanya 32% dari total kebutuhan untuk kapal. Terbatasnya anggaran BBM, membuat satu kapal patroli hanya melakukan patroli 2 kali bolak balik dalam seminggu.

“Detil besaran anggaran saya tidak tahu persisnya. Memang kami jelas kekurangan BBM untuk kapal-kapal kami, dibanding luas wilayah laut yang kita awasi,” ujar Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksda TNI Ari Soedewo, di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (2/10/2015).

Kurangnya anggaran BBM dari pemerintah untuk TNI-AL, kata Arie, karena pemerintah belum menjadikan keamanan laut sebagai prioritas. “Kami tidak bisa protes anggaran. Karena memang belum jadi prioritas pemerintah, anggaran sedikit, tapi tuntutan kinerja tetap,” jelas Arie. Menurut dia, selain ciutnya anggaran untuk pengadaan BBM, pihaknya juga mengeluhkan minimnya armada kapal patroli yang dimiliki TNI-AL.

“Kami lihat luas wilayah kita. Sementara armada kami di Timur yang bantu operasi illegal fishing ada 32 kapal, sementara armada Barat kita punya 25 kapal. Kalau bisa, hitungan kita ada 500 kapal baru bisa, itu minimum idealnya loh,” ungkap Arie.

Kendati demikian, sambung Arie, TNI-AL memahami program prioritas pemerintah saat ini di banyak sektor. Sektor infrastruktur dan ketahanan pangan salah satunya. “Misal kalau diperkuat 500 kapal, pasti nanti banyak yang protes. Satu kapal itu mahal, hampir Rp 3 triliun. Sementara kita paham, ada 240 juta orang butuh makan,” tutupnya.

detik

 Posted by on Oktober 3, 2015

  48 Responses to “Kami Kekurangan BBM”

  1.  

    lagi

    •  

      1 kapal Rp. 3 T, kebutuhan patroli 500 kapal.
      3 T x 500 = Rp. 1500 T = Rp. 1.500.000.000.000.000,0
      Pendapatan negara berkisar antara Rp. 1.500 T – Rp. 2.000 T per tahun. Untuk jangka pendek mungkin tidak bisa langsung 500 kapal, butuh jangka panjang panjang untuk merealisasikannya. Mohon bantuanya bung Phd kira-kira berapa tahun AL kita bisa memperoleh 500 kapal patroli…hihihi

  2.  

    Tabah sampai akhir

  3.  

    Nah apalagi
    bbm lg bbm lg

  4.  

    bbm maning

  5.  

    ganti pake gas aja

    •  

      Perusahaan kapal dijerman (fasmer opv 2020) sdh membuat desain opv/korvet dg bahan bakar ganda: diesel&lng.

      Kapal tsb memiliki 4 tangki lng yang bisa digunakan u/ berlayar selama +/-10 hari dg kecepatan 14 knot…total endurance dg kedua jenis bahan bakar tsb adl 30 hari pelayaran

  6.  

    peran pemerintah daerah yg mempunyai wilayah maritim, perlu ditingkatkan, sumbang BBM untuk kapal tni al, apabila pencuri ikan bisa diminimalisir maka Pendapatan mereka dari sektor kelautan bisa meningkat.
    apalagi bisa menyumbang kapal patroli buat TNI.

  7.  

    masa sih kekurangan BBM… Lha HUT TNI nanti aja bakal heboh dengan matra laut dan udara… Ada ada aja 😀

  8.  

    Kreatifitas dan efektifitas di tengah keterbatasan perlu di galakkan..

  9.  

    Tukang Ngutang, mohon bantuannya untuk berhutang ke tetangga sekitar sebanyak Rp. 1.500.000.000.000.000,0 + Rp. 1.500.000.000.000 untuk kapal patroli + bbm…wkwkwkwkwkwk

  10.  

    Inovasi..! Jgn pake bbm..kapal jadul! Pake nuklir,hidrogen,ato Pake solar cell, motor listrik,tenaga aruslaut,gelombang laut,ato angin laut..ngono kog mau beli 500 kri..ngimpi:)

  11.  

    blog yang kita cintai ini sedang di bully di salah satu group fb bahkan admint di sinipun jadi bahan olok olokan di group tersebut saya rasa sebagian teman2 di sini sudah mengetahuinya,maap kalau inpo ini keluar dari bahasan artikel di atas,salam persatuan…

    •  

      Apanama FB nya?

    •  

      mereka iri dengan JKGR

    •  

      @bung garuda ada berapa forum sering saya baca mungkin 5-6 forum seperti ini dr berapa tahun lalu,jd pembaca pasif tanpa komen,nah dimana kelebihan jkrtgr tidak dimilikin oleh lain2 biarpun ada tanpa anggota forum isinya berita,ada khusus resmi,ada serba ghoib22an.

      prinsip org hidup,dimana pun kamu berbuat baik tetap dr 10 org itu ada 1 atau dua kata kamu jahat atau tidak baik,dimanapun kamu berbuat jjahat dr 10 org tetap ada 1dan 2 bilang kamu baik,itulah hidup tidak ada sempurna kecuali diatas sana hehehe

      bukan kalo disini tukang bully juga banyak dr tukang,bakul dan kuli heheehe salam untuk admin dan warjager

      salam damai selalu met siang:)

  12.  

    bbm itu ghoib jg

  13.  

    Patroli laut tanpa koordinasi dg pesawat mpa/drone sama aja buang2 bbm

  14.  

    inilah pil pahit realita. anggaran kita terbatas, pesawat tempur sama kapal mahalan mna utk operasional, tlong kawan” utk berbagi pengetahuan trimakasih.

  15.  

    Petinggi al kenapa pola pikirnya masih konvensional?

    Keterbatasan bbm dijawab dg penambahan armada sampai 500…kagak nyambung

    Bagusan nanya sama bu Susi ajah, pasti punya jawaban yang tokcer!

  16.  

    biar g ngelyh bbm trs ganti kapalnya pake perahu layar… lbh sehat lgi pake perahu dayung…hihihihi

  17.  

    Lol XD

  18.  

    Tni memang selalu mengerti rakyat, beda sama sama adek nya suka menzholimi rakyat…

  19.  

    Cang cimen,,,,,,,,,cang cimen , cang cimen,,,,,,,,,

  20.  

    Cang cimen,,,,,,,,,,cang cimen ,cang cimen,,,,,,

  21.  

    Kayaknya Berita Lama deh tentang TNI-AL kekurangan BBM bahkan Armada KRInya yg hanya digunakan utk sekedar Patroli saja ato jangan2 sampai hari ini belum ada jalan keluar meyelesaikan Masalah BBM TNI-AL ini

  22.  

    Memang hanya pencitraan. Tuh da yg meninggal di jambi balita umur 13 bulan padahal udah 2 x ke pekan baru. Generasi mendatang anak muda mati sia sia. Tolonglah pak lebih care

  23.  

    Ternyata masih belum ada solusi masalah BBM, pantas saja penambahan Alutsista melempem !!!
    Bagaimana bisa menjadi poros maritim dunia, kalo tidak didukung dgn ketersediaan BBM bagi KRI2 yg akan mengawal poros maritim tsb, ……….. ???

  24.  

    Makanya segera bikin mesin sendiri, lalu pakai tenaga nuklir atau sumber listrik lain yang tahan lama. Katanya Indonesia punya banyak ilmuwan yang mumpuni. Kalau bisa dimanfaatkan kan bisa bikin makmur, sebab banyak kerjaan.
    Gak kaya sekarang, cari kerjaan sulit, akhirnya ramai² jadi pedagang. Kalau semuanya jadi pedagang, maka siapa yang jadi pembelinya.
    Itulah kenapa jualan sekarang lesu pembelinya. Coba kalau pekerjaan banyak semuanya jadi makmur.
    Bangkitlah Indonesiaku!

  25.  

    Gambarnya sekalian numpang iklan mantan jualan ana jaman dulu xixixixi

  26.  

    Kapal seharga 3 T ..mints 500 unit….lantas seklas KCR minta berapa ratus unit….

  27.  

    pake UAV aja biar murah, tembak langsung tenggelam tuh kapal pencuri