Feb 032018
 

Kapal pendarat kelas Ivan Gren atau Proyek 11711 Angkatan Laut Rusia. (photo : Mil.ru via wikimedia.org).

JakartaGreater.com – Kapal pendarat berukuran besar, Ivan Gren Rusia sedang menguji pendaratan helikopter sebagai bagian dari babak baru uji coba negara. Armada Baltik membantu dalam uji coba tersebut, tutur juru bicara Armada Roman Martov pada hari Jumat, seperti dilansir dari laman TASS.

“Selama pengujian kompleks helikopter diatas kapal serbu amfibi Ivan Gren di pusat pelatihan laut Armada Baltik, helikopter penerbang angkatan laut Armada Baltik melakukan penerbangan di sekitar kapal perang kemudian mendarat disana dalam berbagai kondisi cuaca baik siang dan malam hari”, kata Martov.

Uji coba tersebut melibatkan helikopter Kamov Ka-27 yang diturunkan dari skuadron gabungan Armada Baltik.

Yantar Shipyard yang membangun kapal perang Ivan Gren mengatakan bahwa uji coba kapal amfibi diperkirakan akan selesai pada akhir Februari. Setelah itu, akan menyiapkan kapal perang untuk dikirimkan ke Angkatan Laut Rusia.

Kapal perang amfibi Proyek 11711 pertama, Ivan Gren dikembangkan oleh Biro Desain Nevskoye di St. Petersburg, Rusia. Peletakan lunas oleh Yantar Shipyard, Kaliningrad di bulan Desember 2004 dan diluncurkan bulan Mei 2012. Uji coba lautnya dimulai pada bulan Juni 2016.

Pada 30 November 2017, kapal amfibi Ivan Gren ini mulai menjalani uji coba negara di Laut Baltik.

Kapal perang tersebut dapat membawa 13 unit tank tempur utama, 36 unit kendaraan lapis baja atau kendaraan tempur infanteri serta 300 marinir. Kapal perang amfibi, juga dapat mengangkut pasukan marinir yang diperkuat dengan perangkat keras militer organik dan mendaratkannya menggunakan ponton.

Kapal perang amfibi Ivan Gren ini dipersenjatai dengan sistem artileri enam laras 30mm dan dua helikopter pengangkut/helikopter Kamov Ka-29 di atas deknya.

Bagikan :

  16 Responses to “Kamov Ka-27 Uji Onboard di Atas Kapal Ivan Gren Rusia”

  1.  

    tos dulu biar g manyun..pertamax

  2.  

    gagal

  3.  

    Mungkin buat persiapan memobilisasi militer ke daerah timteng yg sekarang lagi ribut antara hizbul- lebanon vs wahyudi – israel.

  4.  

    Borong Helpur Kamov ka-27 nya!he3. Diembargo AS aja masih mampu memperkuat militernya apalagi tidak diembargo pasti membuat NATOcs tambah Paranoid.

  5.  

    Gila, buat kapal LST aja butuh 8 tahun. KRI Bintuni aja bisa 3 tahun. Padahal daya angkut MBT dan Heli gak beda jauh. Ivan bisa angkut 13 MBT sedangkan Bintuni bisa bawa 10 Leopard. Sama2 bisa bawa 1-2 heli sedang juga.

    Mungkin AL Rusia bisa pesan ke Indonesia aja. 8 tahun buat Ivan gren disana, disini udah jadi 2 kapal Bintuni, apalagi ada beberapa galangan yg bisa buat kapal sejenis.

  6.  

    KRI Teluk Bintuni yg sekelas aja bisa kelar lebih cepat 3 tahun loh. Rusia pesen aja ke Indonesia

  7.  

    peletakan lunas 2004, diluncurkan tahun 2012 dilanjutkan uji coba tahun 2016.. nih kapal lama banget bangunnya.. lebih lama dari bangun piramida Mesir.. :v

  8.  

    Kamov Ka-27 Helix – Anti Submarine Helicopter

    https://www.youtube.com/watch?v=JKmEVjbGAZ0

 Leave a Reply