Jun 212018
 

JakartaGreater.com – Kanada sedang membahas perubahan untuk proses pengadaan jet tempur bernilai miliaran dolar yang dapat mempersulit bagi sebuah perusahaan AS untuk memenangkan kontrak karena hubungan perdagangan antara negara-negara tetangga itu sedang kusut, menurut dua sumber yang mengetahui tentang diskusi tersebut.

Dilansir dari laman Reuters, Kanada sedang mempertimbangkan apakah akan menghukum perusahaan dari negara-negara yang telah menyebabkan kerusakan ekonomi di Kanada, menurut sumber pada hari Rabu. Sementara keputusan akhir tidak diharapkan sebelum tahun depan namun ancamannya bisa diposisikan, langkah ini menunjukkan bagaimana sengketa perdagangan pemerintahan Trump meluber ke wilayah lain.

Seorang juru bicara untuk Menteri Pengadaan Federal Carla Qualtrough – yang memiliki tanggung jawab keseluruhan untuk pembelian peralatan militer – menolak berkomentar. Sumber menolak untuk diungkapkan karena diskusi bersifat rahasia.

Jet tempur F-18 Super Hornet buatan Boeing Co dan F-35 buatan Lockheed Martin Corp adalah salah satu favorit yang berpeluang bisa mendapatkan kontrak untuk memasok 88 unit pesawat tempur, yang bernilai antara 15 – 19 milyar dollar Kanada (lebih dari US $ 11,3 miliar).

Sumber-sumber pertahanan telah lama mengatakan bahwa Angkatan Udara Kanada akan lebih menyukai jet tempur buatan Amerika, dengan alasan pentingnya beroperasi dengan mudah dengan pasukan bersenjata AS.

Dengan adanya perubahan dalam hal pengadaan alutsista akan memberikan lebih banyak kesempatan kepada pemasok asal Eropa seperti Airbus SE yang memproduksi Eurofighter dan Saab AB yang memproduksi Gripen serta Dassault Aviation yang memproduksi Rafale.

Namun demikian, sumber-sumber pertahanan mengatakan bahwa jet Eropa kemungkinan akan menjadi usang pada tahun 2040-an, di mana mereka tidak bisa lagi memasukkan teknologi terbaru.

Kanada telah gagal selama hampir satu dekade untuk membeli pengganti pesawat tempur F-18 yang sudah tua, beberapa di antaranya bahkan telah berusia 40 tahun. Pemerintah terdahulu bermaksud membeli 65 unit jet tempur generasi kelima F-35 namun kemudian membatalkan keputusan itu, yang memicu penundaan dan tinjauan bertahun-tahun.

Ottawa telah mengatakan tawaran akan dievaluasi sebagian dengan memeriksa apakah perusahaan yang bersaing untuk tender telah menyebabkan kerusakan ekonomi masa lalu pada Kanada. Pejabat mengatakan pada saat ini ditujukan untuk Boeing, yang tahun lalu meluncurkan tuntutan perdagangan terhadap produsen pesawat asal Kanada, Bombardier Inc.

Pejabat pemerintah kini tengah membahas apakah Kanada juga harus mempertimbangkan kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh pemerintahan, referensi yang jelas terhadap memburuknya hubungan dengan Washington, kata sumber tersebut.

“Secara politis akan sulit menghabiskan dana miliaran dolar untuk kontrak dengan negara yang telah menyakiti Anda”, kata salah satu sumber, yang meminta untuk tetap anonim karena sangat sensitif terhadap situasi tersebut.

Namun, sumber-sumber tersebut menekankan bahwa diskusi tersebut masih dalam tahap awal dan Ottawa pada akhirnya bisa memutuskan untuk membatalkan bahasa yang telah diusulkan.

Presiden AS Donald Trump bulan lalu mengenakan tarif pada baja dan aluminium Kanada, mendorong Kanada untuk mengumumkan langkah-langkah pembalasannya sendiri. Trump juga mengancam pemberlakuakn tarif pada mobil Kanada, yang bisa sangat merugikan secara ekonomi kepada Kanada.

Ottawa membekukan pembicaraan dengan Boeing tentang kontes pengadaan jet tempur setelah tuntutan perdagangan perusahaan tersebut terhadap Bombardier gagal, pejabat Kanada menjelaskan bahwa perusahaan itu tidak akan didiskriminasi jika memilih untuk mengajukan penawaran.

Berbagi

  24 Responses to “Kanada Bisa Persulit Pengadaan Jet Tempur Bagi Perusahaan AS”

  1.  

    “Jet Eropa kemungkinan akan menjadi usang pada tahun 2040-an.”
    ———————————————
    Saya mau ketawa dulu ahhhh…..wekwekweekkk. Kesian banget nasib pasangan sales kaleng rombeng gripik, sang pembual besar TN,Phd dan DR. Sudahlah semakin susah jual produknya, eeehh…ada pernyataan dr pihak Kanada yg spt itu….hik…hik…hik

  2.  

    pesawat eropa jg gak jelek2 amat kok, di satu pihak masi kelihatan kok kelebihanya dibanding amerika punya, buktinya arab jajan rafale,india jg jajan rafale, mesir jg iya kl ga salah, qatar jg ada minat kesana, menyusul mungkin malaysia.

  3.  

    F-18 Super Hornet Air Demo

    https://youtu.be/PMAHCeYFA6Y

  4.  

    He3.Kanada bingung diantara keinginan dan kebutuhan akan pespur, mending dr konsorsium Eropa aja! Bisnis dgn AS sulit mau menang sendiri di era Trumpt.

  5.  

    wajar itu kanada lagi kesal dgn amrik, krn perdagangannya banyak yg diserempet oleh amrik, mulai dr kayu, sampai minyak bumi hitam.

    tpi klo sudah sampai ke suatu kesepahaman akan indah pada waktunya.

    masalah boeing dgn bombardier itu beda urusan, krn ibarat cinta segitiga antara cinta dan benci…..
    huehehe

  6.  

    mungkin yg lainnya lagi mmberikan pertanyaan ke aming lee mengapa pria tersehut msh dirahasiakan aming lee, bukan spria trsebut, karna tdk perlu

    hahhaahaaaa

  7.  

    CS sendiri aja, dikerjain ekonominya. Apalagi Indonesia “MRINGIS” yang notabene bukan siapa-siapa. Mirip kutu rambut ketemu peditox. Susah memang sama junjungan Anggito Sugigi bikin susah beol aja

  8.  

    baiknya aming lee mnjwb pertanyaan kalian saja, mengapa pria trsebut msh dirahasiakan aming lee

    hahhaahaaaa

  9.  

    Kanada perlu dicontoh

    😎 kwokwokwok

  10.  

    baiknya loe jelaskan sajaaming lee, mengapa pria trsebut msh loe rahasiakan, supaya semuanya jd beres, tapi bukan siprianya yg loe jelaskan, krna mrk kbh, jimsul, agato & lainnya sudah jelas tanda

    hahhaahaaaa

    •  

      haa mendingan kamu nasehatin tu si bumerang….jangan makan swikie kodok….apa lagi ditelan idup idup tu kodok…kan ketawanya jadi mirip mirip….!?!?!??!!

  11.  

    baiknya loe jelaskan sajaaming lee, mengapa pria trsebut msh loe rahasiakan, supaya semuanya jd beres, tapi bukan siprianya yg loe jelaskan, krna mrk kbh, jimsul, agato, bomerang & lainnya sudah jelas tanda

    hahhaahaaaa

 Leave a Reply