Mar 282019
 

Sistem penentu posisi global (GPS) mobile © Jason Blackeye via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rusia meningkatkan keunggulan komparatif di dalam kemampuan spoofing untuk mengganggu Global Navigation and Satellite Systems (GNSS), berdasarkan laporan lembaga pemikir Center for Advanced Defense (C4ADS) yang berbasis di Amerika Serikat yang dirilis tanggal 26 Maret 2019.

“Kami mendeteksi dan menganalisis pola spoofing GNSS di Federasi Rusia, Krimea dan Suriah yang menunjukkan bahwa Rusia telah menumbuhkan keunggulan komparatif atas kemampuan mengecoh (spoofing) GNSS untuk mencapai tujuan taktis serta strategis di dalam dan di luar negeri”, tulis laporan itu.

Laporan mengidentifikasi 9.883 dugaan spoofing yang memengaruhi 1.311 sistem navigasi kapal sipil sejak tahun 2016. Aktivitas ini, menurut laporan “memiliki cakupan yang jauh lebih besar, lebih beragam dalam bidang geografi dan durasinya lebih lama daripada yang dilaporkan hingga saat ini”.

Keunggulan komparatif dalam kemampuan ini, tambah laporan itu, akan memungkinkan Rusia melawan teknologi pengawasan, intelijen dan pengintaian NATO.

“Rusia melanjutkan pengembangan dan penyebaran sistem yang dirancang untuk menipu atau mengecoh GNSS dan menangkal keunggulan menentukan NATO dalam kemampuan C4ISR di lokasi operasi canggih seperti Suriah dan Kaliningrad menghadirkan tantangan unik untuk keamanan infrastruktur nasional yang kritis”, tulis laporan itu.

Laporan itu juga mengklaim mengekspos dugaan penggunaan spoofing GPS di zona perang di Suriah untuk tujuan penolakan wilayah udara atau “airspace denial“.

C4ADS adalah sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, laporan itu sangat bergantung pada layanan perangkat lunak dan analisis geospasial yang disediakan oleh Palantir, sebuah kontraktor pertahanan berbasis di AS. Kremlin sebelumnya membantah menggunakan peralatan pengacau GPS selama latihan NATO.

Laporan lengkap dapat di download disini.

  One Response to “Kapabilitas Pengecoh GPS Rusia Kini Makin Unggul – Laporan”

  1.  

    Ok borong
    😆 😆