Mar 262019
 

Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P., memimpin upacara Penerimaan dan Peresmian Kapal AD-64 Kodam XVI/Pattimura, pada Senin 25-3-2019 di Pelabuhan Slamet Riyadi Jln Pantai Mardika Kec. Sirimau kota Ambon.

Ambon, Jakartagreater.com   –   Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P. mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq memimpin upacara Penerimaan dan Peresmian Kapal AD-64 Kodam XVI/Pattimura, pada Senin 25-3-2019 bertempat di Pelabuhan Slamet Riyadi Jln Pantai Mardika Kel. Uritetu Kec. Sirimau kota Ambon.

Setelah melewati beberapa hari perjalanan dari Jakarta, akhirnya Kapal AD-64 tiba di Ambon. Kedatangan Kapal AD-64 ini untuk mendukung tugas operasional prajurit Kodam XVI/Pattimura dalam menjalankan tugas, khususnya pulau-pulau terluar di Maluku.

Sambutan Pangdam yang dibacakan Kasdam mengatakan, Kapal AD-64 ini memiliki kemampuan dengan jarak jelajah 2000 NM (Nautical Mile), kecepatan maksimum 23 knot dan panjang 38 meter serta mampu menampung 65 orang pasukan dan 15 orang ABK yang dipersiapkan untuk mendukung dan memperkuat Kodam XVI/Pattimura dalam melaksanakan tugas pokok.

“Wilayah Kodam XVI/ Pattimura yang terdiri dari ribuan pulau dan dipisahkan oleh lautan menjadikan sarana transportasi air sebagai unsur yang utama dalam sebuah operasi, sehingga kehadiran Kapal AD-64 ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas pokoknya untuk melaksanakan Operasi Militer Perang serta memberi perbantuan kepada unsur lainnya dalam Operasi Militer Selain Perang terutama dalam mendukung kegiatan Bakti Sosial ke pulau-pulau terluar”, ujar Pangdam.

“Perkuatan ini tidak akan berarti banyak bila personel yang mengawakinya tidak dapat mengoperasikannya dengan baik dan unsur-unsur pendukung lainnya kurang peduli terhadap perawatan dan operasional Kapal AD-64 ini.

Artinya semua unsur yang terkait dalam pengadaan dan pengoperasian Kapal ini harus tetap bersinergi dalam menjaga agar Kapal AD-64 ini tetap siap operasional (ready to use). Hal ini dapat terlaksana dengan baik, apabila ada rasa memiliki (sense of belonging) yang tinggi dengan didasari rasa tanggungjawab terhadap peralatan yang telah dipercayakan negara kepada kita semua”, sambung Pangdam.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada seluruh Kru Kapal AD-64, pemotongan pita dan pemecahan kendi sebagai tanda peresmian kapal oleh Kasdam XVI/Pattimura serta peninjauan kedalam kapal AD-64 serta diakhiri dengan kegiatan pemotongan tumpeng sekaligus acara syukuran bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Danrindam XVI/Ptm, para Dasat dan Kabalakdam XVI/Pattimura. (pendam pattimura)