Apr 282017
 

Russia Navy Reconnaissance ship, Liman (photo : Reuters / Murad Sezer)

Istanbul – Satu kapal intelijen angkatan laut Rusia tenggelam di Laut Hitam wilayah Turki pada Kamis, 27/4/2017 setelah bertabrakan dengan kapal pengangkut ternak, kata sejumlah pejabat Turki.

Seluruh 78 personel kapal angkatan laut Rusia, Liman, sudah dievakuasi.

Para awak yang diselamatkan dari Liman berada dalam keadaan sehat setelah kapal itu bertabrakan dengan kapal berbendera Togo, Youzarsif H, kata Menteri Transportasi Turki Ahmed Arslan.

Insiden terjadi di tengah kabut tebal serta jarak pandang yang hanya 29 kilometer dari desa Kilyos di pantai Laut Hitam di utara Istanbul.

Pihak berwenang Turki mengerahkan sebuah kapal penarik dan tiga kapal penyelamat cepat, ungkap lembaga penanggung jawab keamanan pantai.

Para penasihat Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyatakan kesedihan atas insiden yang dialami oleh mitra Rusianya, menurut beberapa sumber di kantor perdana menteri.

Hubungan antara Turki dan Rusia telah mengalami ketegangan akibat sengketa politik menyangkut perang saudara di Suriah. Di negara itu, Moskow dan Ankara mendukung kelompok-kelompok berbeda.

Kapal-kapal perang Rusia secara berkala melewati Selat Bosporus, yang membagi Istanbul, dalam perjalanan dari Laut Hitam menuju pantai Laut Tengah Suriah.

Juru bicara Hammami Livestock, yaitu perusahaan pemilik Youzarsif H, mengatakan tidak ada korban jiwa di kapal tersebut. “Bagi kami, tabrakan itu tidak keras,” katanya kepada Reuters di Lebanon. Ia menambahkan dirinya tidak memiliki informasi soal penyebab tabrakan.

“Kami belum tahu seberapa besar kerugian yang kami alami, tapi puji Tuhan tidak ada korban jiwa, baik di pihak kami maupun pihak kapal mereka (angkatan laut Rusia, red),” ujarnya.

Menurut juru bicara, kapal pengangkut ternak itu sedang meluncur menuju pelabuhan Laut Merah, Aqaba, dari Rumania.

Youzarsif H dibuat pada 1977 dan memiliki kapasitas untuk mengangkut beban seberat 2.418 ton, menurut data pelayaran Thomson Reuters.

Selat Bosporus, yang memotong Istanbul, merupakan salah satu jalur pelayaran paling penting di dunia untuk mengangkut minyak dan butir gandum.

Jalur air sepanjang 17 mil (sekitar 27,3 kilometer) itu menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Tengah.

Antara/Reuters

  84 Responses to “Kapal Angkatan Laut Rusia Tenggelam di Turki”

  1.  

    waduhhh…

    •  

      Kalo perlu dites dg alat pendeteksi kebohongan pak patih…!!!

      Saya kok gemez dg kapal berbendera Togog ini, kesannya kok ngremehin banget…jangan2 ini ulahnya agen spionase turki…

      Belum puas mereka menembak jatuh jet tempur rusia…sekarang mereka nenggelamin kapalnya.

      Btw, negara Togog letaknya disebelah mana pak patih?

  2.  

    memang gak kelihatan di radar

  3.  

    Jimmy mana kontrak su 35 dan su 32 indonesia apa sudah di tanda tangani.

  4.  

    HAHAHAHAHAHA…. KATANYA RUSIAL STRONG CANGGIH MUTAKHIR TERNYATA CUMA OMONG KOSONG ALIAS GEDE BAC0T DOANG… BARU DI SENGGOLAN KAPAL SIPIL LANGSUNG KELELP PRAJURITNYA LANGSUNG MINTA DI EVAKUASI PRAJURIT APAAN TUH, PRAJURIT PENGECUT SAMA SAJA DENGAN JAMAAHNYA DIMARI HUAHAHAHAHAHHAHAAHAHAH….. 😆

  5.  

    Kasih tot mereka jangan pelit pelit jangan 35 persen 90 persen saja kalau kamu kasih tot 35 persen jimmy saya turunin gaji kamu

  6.  

    Jimmy kenapa kapal intelijen kita bisa tenggelam kamu kasih besi apa ke lambung kapalnya saya sangat kesal dengan kamu jimmy.

  7.  

    Jarak pandang cm 29 km,padahal jalur cm sepanjang 27 km. Jd bingung deh

    •  

      memang selat Bosporus demikian adanya bung @ Bb, selat tersebut membagi Istanbul menjadi 2 bagian, anda pernah denger Blue Mosque alias masjid kubah Biru ? lha masjid tersebut terletak di dekat selat Bosporus, lewat selat tersebut sebenarnya sudah di atur sesuai arah arus klo arus ke utara maka Traffic dari mediteranian yang mau ke Laut hitam boleh jalan..sebaliknya klo arus ke selatan dari laut hitam yang mau ke Mediteranian yang jalan..tp berita di atas tidak disebutkan secara pasti tabrakannya di selat bosporus tp di utaranya jd di laut hitam-lah TKP sebenarnya..

  8.  

    hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahah… minum tuh air comberan sampe kenyang hahahaahahahahahahahahahahahahaha… 😛 😛 😛

  9.  

    JIMMYYYYYYYYYYYYY ?

  10.  

    yang punya laut gak ikhlas main selonong kayak tuyul.

  11.  

    kapal ternaknya ternyata lebih gahar dari pada kapal angkatan laut rusia, senggol dikit langsung bacok hehehe

  12.  

    Wkwkwkwkwk….dagangannya bung jimi oleng disruduk oleh 8000 ekor sapi dan langsung klelep….blep, blep, blep

  13.  

    CYKA BLYAT…..TOVARISCH!!!

    tabrakan ama kapal ternak domba jadinya tabrakan ama Battlesheep dong

  14.  

    Waduuhh.. kapal intelejen d “sruduk’ kapal Ternak??? Intel opoo ??? Bung jimmy manaaa nichh??

  15.  

    Ini adalah BUKTI yang tidak terbantahkan kalau alutsista Rusia itu TIDAK GAHAR, seperti kaleng kerupuk (kata Carin).

    Diseruduk kapal sapi saja KO.

    Hai penggemar alutsista Rusia, mau-maunya kalian dikibulin oleh komunis Rusia.

    Xixixi

    Sekali-sekali ngerjain jamaah Rusia Strong

    😆 😆 😆 😆

    Jimmy mana Jimmy…

    ngomong2 si Carin kok lama ngumpet ya.

    Kayaknya disembunyikan si Jimmy nih si Carin.

    😆 😆 😆

  16.  

    Sekarang ketemulah kita antidot sesungguhnya dari kasel KILO, TYPHOON, AMUR, kapal induk VARYAG (sekarang namanya Liaoning).

    Antidotnya adalah kapal sapi.

    Ayo kita bikin kapal sapi banyak-banyak.

    Xixixixi

  17.  

    Klo sukhoi milik TNI sampe knapa2 bakalan d introgasi sama warga jkgr sampean bung jimmy?

  18.  

    Kita mau beli Sukhoi ?

    Australi dan Singapur nggak bakalan ketakutan.

    Antidotnya udah ketemu.

    Di Australi banyak sapi, namun sapi terlalu besar dan berat untuk dilontarkan ke atas.

    Jadi mereka bikin baso sapi berlapis metal untuk dilemparkan ke Sukhoi.

    Diketapel pakai baso sapi berlapis metal juga bakalan nyungsep.

    😆 😆

  19.  

    Kemungkinan kapal sapinya yg nabrak, kan gak mungkin kapal perang gak punya radar! Tapi apapun penyebab sebenarnya tetap merupakan kecelakaan.

  20.  

    Iya biar kapal lain tahu, mau belok kiri atau kanan atau lurus.

  21.  

    stlong

  22.  

    Segitu amat bung….emang mo ngebezoek sapi ya?

  23.  

    salesnya kebanyakan ngeles gak pernah mau mengakui kekuranganya.

  24.  

    Salesnya kebanyakan ngeles nggak pernah mengakui kekurangannya… Sudah jangan di bully, kelihatan salesnya sudah strezzz akut tingkat tinggi hahahaha… 😆 😆 😆

  25.  

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAAHHAHAHAHAH… BUNYI KELELEPNYA, BLEP.. BLEP.. BLEP… BLEKUTUK… BLEKUTUK… BLEKUTUK… 😛 😛 😛 ….. 😆

  26.  

    Sapinya nggak apa2 kelihatannya.

  27.  

    ini kapal pengintai kok kayak nggak punya radar..?? kena kabut tabrakan haduuuh malu

  28.  

    Ini suatu petunjuk cara aman serang kapal induk, tdk perlu terjadi perang tp bisa nenggelamin kapal lawan wkwk

  29.  

    blup…blup….blup…..blup….nyessss.