Mar 142015
 
KRI Rigel 933 - kapal hidro oseanografi (photos : G. Cailler, BLE Alain

KRI Rigel 933 – kapal hidro oseanografi (photos : G. Cailler, BLE Alain

TNI AL segera memiliki kapal berteknologi canggih yang mampu melakukan survei bawah laut. Teknologi pada kapal itu sanggup mencitrakan apa pun yang berada di bawah laut hingga kedalaman seribu meter.

Kapal itu diberi nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Rigel dengan nomor lambung 933. KRI Rigel sedang dalam proses pembangunan oleh galangan kapal OCEA di Les Sables d‘Olonne, Perancis. Indonesia memesan dua unit dan akan dikirim ke Indonesia pada September 2015.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, meresmikan pemberian nama KRI Rigel 933 pada kapal jenis survei hydro-oceanography itu di dermaga Les Sables d‘Olonne pada Kamis waktu setempat, 11 Maret 2015. Menteri juga mengibarkan bendera Merah Putih pada tiang kapal sebagai tanda telah resmi menjadi kekuatan TNI.

image

Menteri Ryamizard didampingi Duta Besar Indonesia untuk Perancis Hotmangaraja Panjaitan dan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi.

Hadir juga Atase Pertahanan RI di Paris Age Wiraksono dan Atase Darat RI di Paris Jaka Tandang dan Atase Pertahanan Perancis untuk Indonesia Sylvain L.

KRI Rigel adalah kapal survei dan pemetaan berteknologi canggih dengan bobot 515 ton, berdimensi panjang 60,1 meter dan lebar 11,3 meter.

Kapal itu berjenis MPRV (multipurpose research vessel). Dilengkapi peralatan termutakhir survei hydro-oceanography. Kapal itu juga dilengkapi peralatan AUV (autonomous underwater vehicle) yang berfungsi melakukan pencitraan bawah laut hingga kedalaman seribu meter dan mengirimkan kembali sinyal data secara periodik ke kapal utama.

image

Di samping itu, kapal itu dilengkapi ROV (remotely operated vehicle), robot bawah air dengan kamera bawah air yang mampu mengambil material bawah laut di kedalaman hingga seribu meter sebagai bahan penelitian.

Pembangunan dua unit kapal itu merupakan kontrak pengadaan kapal antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan galangan kapal OCEA Perancis. Pembangunan kapal dimulai sejak Oktober 2013 dan dijadwalkan rampung pada September 2015.

Kehadiran kapal itu dalam armada TNI Angkatan Laut diharapkan dapat melaksanakan tugas pemetaan lebih baik mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. (Viva.co.id).

  37 Responses to “Kapal Canggih Survei Bawah Laut TNI AL”

  1.  

    selamat pagi… 🙂

    •  

      pagi yg cerah cetar membahana.. dengan sebatang rokok dan kopi panas, siap menghantam pekarjaan yg tertunda hari kemarin.. lontong mana lontoong

      •  

        BAGUS bagus,,,wahh indonesia jaya mahe,.perbanyak kapal selam biar seperti hantu lautan indonesia yang tiba tiba membahana dengan sergapan hiu kencana,.

      •  

        Dari sumber yang dpt dipercaya, telah diberangkatkan bbrp waktu lalu personel pengawak kapal selam TNI AL ke eropa (jumlah crew dan negara tdk bisa disebutkan).Monggo ditelaah sendiri.

  2.  

    Mantap…

  3.  

    Kapal ini membantu indonesia baik dalam perang maupun saat terjadi musibah bencana seperti waktu kasus pesawat hilang..

    Walau saya berharap it tdk terjadi..

    Semoga kapal tsbt bisa membantu kita belajar lbh baik tentang kemaritiman / keadaan bawah air kita..

    Salam NKRI

  4.  

    5

  5.  

    Kapalnya sudah selesai di kerjakan di Galangan Les sables D’olonne, prancis. Bahkan sudah di release dan dlm perjalanan ke NKRI. Dgn estimasi wkt perjalanan ± 2bln sampai ke Armabar. (Agak lama, krn ada “misi khusus” yg diemban slama perjalanan) welcome KRI Rigel. Jalasveva jaya mahe.

  6.  

    Kerennnnn TNI sttlloonggggg

  7.  

    Ayo ayo.. semua pesanan belanja alutsista mef-1sudah saatnya untuk berdatangan..
    jangan lupa hasil kerjasama dengan beberapa negara sudah saatnya untuk direalisasikan..

  8.  

    Pasti akan butuh waktu berbulan-bulan sampai tahunan untuk memperbaharui peta bawah laut wilayah Indonesia dengan kapal ini, paling semakin membawa Indonesia mengenal wilayah lautannya sendiri.

  9.  

    allmadulillah

  10.  

    pengetahuan tentang kondisi geografis / medan laga adalah salah satu faktor penentu kemenangan dalam peperangan, dan dgn ini, diharapkan ke depannya tni AL akan lebih mengenal kondisi medan laga (dilaut) dan bisa memanfaatkannya sebagai salah satu kekuatan penentu kemenangan (klo mau ada yg menginvasi kita), btw ni kapal jg bisa buat mengetahui kandungan dalam laut kita jg kan? klo gitu pasti jg bisa buat ndeteksi keberadaan kapal selam musuh jg kan? NKRI pasti JAYA !

    •  

      Data laut hasil survei KRI Rigel akan dapat menjadi input ECDIS misalnya milik PKR 10514.

      Kebayang ya, walau PKR itu sejenis light frigate, tapi dengan persenjataan yang oke ditambah peta dan sistem informasi daerah yang oke, bisa bikin kapal musuh mikir2 nih.

  11.  

    Ini kapal yg lewat dr perhatian…tiba2 sudah launchiNg

    Luar biasa

  12.  

    sayang, nggak ada deck helikopternya.

  13.  

    heee… 2 set bung ade saputra bukan 2 biji, pendampingnya ambil dr spanyol

  14.  

    Pelunculan KRI Rigel 933 – kapal hidro oseanografi https://www.youtube.com/watch?v=Gl-Zg3E6dho

  15.  

    siiip
    awas loh ntar yg Ghoib2 bisa2 terdeteksi kan punya alat ROV juga masalahnya

  16.  

    betul bung naniz infonya kita belinya 2 set bukan 2 unit kapal……

    •  

      Klo menurut artikel diatas sih pesannya dua unit.
      tapi paket lengkap, ada drone bawah lautnya juga… mksdnya 2 set tuh ini ya? 😀
      alhamdulillah tidak kosongan, ya karena emang urgent sih untuk sebuah negara kepulauan.

  17.  

    Kalau boleh tau Rigel ini diambil sari nama pahlawan TNI AL, daerah, atau nama apa ya?

    Terima kasih.

  18.  

    Selamat datang Rigel,
    Itu antena banyak ajah ya…..hehehe…..buat apa aja sih….

  19.  

    jangan-jangan ini aslinya kapal anti kapal selam ya, cuma disamarkan jadi kapal pemetaan bawah laut hehehe

  20.  

    Semga semakin jaya negriku indonesia
    Salam kenal rekan warjagker

  21.  

    Peninggalan Bapak SBY… Kapan Nih Bapak Jokowi…

  22.  

    Su 35,kri rigel, tiger class…dll semua di dealkan sejak jaman sby….
    Belum jelas deal terbaru di era jokowi ini…

  23.  

    LetJend (Purn) Hotmangaraja Pandjaitan, putra pahlawan revolusi MayJend DI Pandjaitan. Pernah menjabat sebagai Sekjen Dephan. Beliau juga sangat paham soal pembangunan kekuatan pertahanan Indonesia.

  24.  

    Mantap lah, semoga seluruh perairan kita terpetakan secara update dan akurat, amiin

  25.  

    belajar dari kerjasama RI dng Prancis yg blm pernah ada kendala dlm bidang pertahanan, ada situasi celah kesempatan dlm kesempitan, mistraal eks inden Rusia..bs kita deal kan msuk ke etalase kita, dng anggaran multi year, bs tuh & krn spesifikasi item sdh pesanan russy, buat isinya bs kita ambi dr mereka…….

 Leave a Reply