Kapal Catamaran Swift-2 Hancur Akibat Rudal C-802

51
25

cubh6oawiaao6ez

Pada 1 Oktober 2016, militer Uni Emirat Arab mengakui kehilangan satu kapal angkut catamaran Swift-2 di pelabuhan Mocha. Kapal catamaran high-speed terbakar dan hancur akibat diserang oleh milisi Houthi yang menggunakan rudal anti kapal C-802.

Masih belum jelas apakah rudal C-802 ditembakkan dari daratan ataukah dari sebuah kapal rudal.

cubh6ocwcauytp6

Kapal angkut Swift catamaran adalah kapal angkut berkecepatan tinggi yang dikembangkan oleh perusahaan Incat, Australia. Kapal aluminium sepanjang 98 meter dibangun oleh Incat pada tahun 2002-2003 dan pada tahun 2003 disewa oleh Angkatan Laut AS untuk melakukan tes dan pengujian konsep kapal transport militer berkecepatan tinggi.

cubh6oywyaaot6x

Setelah dikembalikan oleh US NAVY, kapal catamaran direnovasi dan pada 2015 dibeli oleh perusahaan BUMN Abu Dhabi. Pada Juli 2015 kapal dioperasikan di bawah nama Swift dan digunakan sebagai kapal transportasi koalisi Arab di Yaman.

51 COMMENTS

  1. Beneran rudal C-805 dan keluarganya emang abal-abal…..mosok kenak kapal alumunium yang kopong dalemannya gitu gak tenggelam, cuma hangus terbakar?!!!!!

    Carin….carin….emang bener pilihan ente, rudalnya mbah bowo jauh lebih mematikan

    • memang sulit menenggelamkan sebuah kapal dengan hanya sebuah rudal. efek kerusakan juga tergantung pada sudut mana yang terkena efek ledakan

      jika dilihat dari photo diatas, sebenarnya efek impact rudal ini terbilang luarbiasa karena tembus sampai sisi kiri kapal, hanya saja angle impact yang cenderung diatas masih “menyelamatkan” kapal dari tenggelam

      memang sulit menguasai teknologi mengunci target & melesat menuju target dengan ketinggian 2 meter dari permukaan seperti halnya rudal exocet yang harganya juga beberapa kali lipat dari C802 (ref: perang malvinas) tapi saya pikir esensi rudal untuk melumpuhkan tercapai sudah ­čÖé

      kembali; ada rupa ada harga!

  2. Walau tidak tenggelam tetapi efek ledakannya menimbulkan kerusakan hebat sehingga melumpuhkan kapal dan kapal tidak bisa dipakai lagi. Pasti banyak perwira yang tewas oleh serangan ini mengingat hancurnya menara anjungan, ruang kemudi dan ruang komando.

  3. kabarnya dr kakek saya no.3 yg menjadi staff ahli bapenas( hihihi…) rudal c 802 tni kebanyakan ditaruh sepanjang garis pantai sebagai pertahanan pesisir pantai dicombo dgn rudal produk lokal(rhan?)

    dikarenakan c802 kurang tepat diinstal untuk kcr/kct sebab terbatasnya radar kct/kcr mengingat jangkauan rudal ini over the horison(120-180km) membutuhkan pesawat pembantu (sejenis mpa, heli) sebagai radar OTHT..
    agar lebih maksimal peran strategis rudal c802(A) di taruhlah sebagai pertahanan garis pantai( mobile )

    begitulah info kakek saya yg no.3 mohon dimaklumi adanya…
    hihihihihi….

  4. dengan kejadian ini… sebagai bahan pertimbangan pihak lundin untuk mengantisipasi jika kapal pesanan yg saat ini belum finish… bisa diperhitungkan jika menghadapi ancaman rudal seperti kapal diatas…… yang jelas selain tahan api juga seharusnya mampu menangkal serangan rudal…(bisa ngga ya???)

  5. @PM(pocong merem melek)…

    hihihi….. karena eh karena tipe kapal yg dirudal mempunyai lambung ganda keseimbangan kapal catamaran tsb. lebih baik..
    lg pula warhead c802 bertipe “armour piercing blast” yg bersifat memberikan kerusakan penyebaran maximum..
    semacam destroyer kapasitas 3000 ton juga bakal rontok ama nih rudal..

    nih rudal bukan barang kw-kw an china.. asu aja mencoba buat tandingan dgn meng-upgrade harpoon hingga sekelas c802…

    cintailah ploduk-ploduk china dan indonesia…
    hihihihihi…….. salam..

  6. Apa kapalnya gak bisa detect datangnya rudal ya…berarti rudal2 sekelas itu bisa hancurin sekelas korvet ya…kena salvo berapa kali ya rudalnya..mungkin kalo ada yg tahu silahkan dibeber disini..bisa untuk acuan kita..mengawal MEF beserta TOT rudal kita…jadi kita tahu kira2 seberapa dahsyat kalo kita bisa buat C705 secara mandiri..

  7. rudal c 802 catamaran yg berbahan almunium saja tidak hancur total kalau berhadapan kelas destroyer cuma rusak sedikit, kelas destroyer bukan dari almunium
    kapal israel pun pernah rudal ini oleh hisbulah cuma rusak kecil, rudal ini cuma menang di harga doang kualitas “cina” punya

  8. kok cuma segitu doang ya kemapuan penghancurnya C802 yang katanya digembar gemborin lebih hebat dari Exocet blok II bahkan blok III katanya. Itu kapal almunium loh bukan besi. TNI AL harus berpikir keras mengganti semua rudal anti kapal buatan cina yang ternyata kwalitasnya hanya seperti itu. C 705 dan C 802. Coba kerjasama dengan swedia atau prancis bikin RBS atau Exocet.

    • @ersat

      Kesimpulan anda terlalu prematur bung ersat…..mungkin bener hululedaknya terlalu kecil dan kapalnya tetep tegak perkasa, tapi siapa tahu dihulu ledaknya udah disispin “agen/bibit karat”, jadi biarpun kapalnya terlihat utuh tapi bakalan karatan dimana-mana

      • Bung pedro yang terhormat. Presentasinya saja benar-benar menakjubkan, memiliki kemampuan ini dan itu. Tapi ternyata kemampuan menghancurkannya lumayan loyo. INS Hanit kapal perang Israel yang berbobot 1.200 ton jenis korvet dihajar 2 unit C 802 ternyata tidak tenggelam. Mengenai dongfeng Gw akhirnya kaga yakin juga tuh setelah melihat juga bagaimana C-705 diluncurkan oleh pak presiden kita.

  9. Lumayan’lah…

    kalo kpl ini ber’senjata mgkin akan hancur…
    soale ledakan rudal bisa meledak’kan amunisi senjata yg ada di’kpl itu sendiri….

    Yg pasti akibat C-802 ,fungsi kpl sdh lumpuh total…

  10. Tetap masih bagus rudal buatan rusia. Selain kecepatan yg melebihi subsonic (Mach) sehingga memberikan efek Impack dahsyat benturan plus hulu ledak yg sekali gebuk hancur total. Kecepatan yg tinggi jg mempersulit sistem hanud lawan utk bereaksi. Nih cara Rusia bikin doktrin tempur militernya.

LEAVE A REPLY