Kapal Cruiser dan Destroyer Rusia Merapat ke Surabaya

JakartaGreater – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, menyambut kedatangan tiga kapal Angkatan Laut Rusia di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Senin, 14-12-2020.

Tiga Kapal Rusia tersebut adalah Destroyer Admiral Panteleev, Kapal Penjelajah/ Cruiser Varyag dan kapal tanker Pechenga, dirilis Penerangan Lantamal V.

Cruiser RNS Varyag.

Kapal AL Rusia tiba di Tanjung Perak dalam rangka Development of Military Cooperation Refill of Stock di Surabaya. Saat menyambut kedatangan kapal tersebut, hadir Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Bimo Sutopo, bersama beberapa pejabat terkait lainnya.

Direncanakan, tiga Kapal Angkatan Laut Rusia ini akan berada di Tanjung Perak hingga 17 Desember 2020 mendatang, untuk melaksanakan pengisian bekal logistik, sebelum melanjutkan kembali pelayarannya.

Pada acara penyambutan Kapal Angkatan Laut negara luar, Lantamal V mengerahkan satu peleton Perwira Lantamal V, satu peleton Bintara dan pasukan dari Satuan Musik Lantamal V, serta melaksanakan merpluq saat kapal tersebut bersandar di dermaga Tanjung Perak.

blank
Cruiser RNS Varyag. (@ Pasmar 2 Surabaya)

Spesifikasi Ketiga Kapal

Tiga kapal Rusia yang merapat di Surabaya, dua merupakan Kapal Perang  dan satu Kapal Tanker /Oiler MT Pechenge.

RNS Varyag type Cruiser-011 merupakan kapal perang penjelajah rudal (Guided Missile Cruiser) yang mempunyai peran sebagai penghancur kapal induk. RNS Varyag mempunyai tampilan yang mengesankan sebagai warship sejati.

RNS Varyag memasang banyak persenjataan ringan, medium dan berat yang mengitari seluruh bagian kapal. Yang paling mencolok adalah 16 tabung peluncur (8×2) Rudal anti kapal P-500 Bazalt, atau dalam kode NATO disebut SS-N-12 Sandbox, dirilis situs TNI AL.

blank
Kapal Cruiser dan Destroyer Rusia Merapat ke Surabaya

Sementara RNS Admiral Pantleyeev type-R Destroyer 548 merupakan kapal perang jenis perusak kapal torpedo” (TBDs ), dengan spesifikasi “kapal torpedo besar, cepat, dan bersenjata kuat ,yang dirancang untuk menghancurkan kapal torpedo lainnya.

Adapun Kapal MT Pechenge jenis Tanker untuk mengangkut kebutuhan minyak yang diperlukan Kapal Perang Angkatan Laut Rusia.

Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Anton Prastowo, M.Tr. Opsla menyampaikan bahwa prajuritnya akan memperkuat pengamanan selama kapal perang Angkatan Laut Rusia sandar di dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

blank

Hadir dalam kegiatan ini Dir C Bais TNI Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T. M.Si., Athan Rusia untuk Indonesia (Unoffical) dan Perwira Sops Lantamal V lainnya. Selama kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Satu pemikiran pada “Kapal Cruiser dan Destroyer Rusia Merapat ke Surabaya”

Tinggalkan komentar