Aug 222019
 

Kapal induk pertama China buatan dalam negeri, Tipe 001A. (@People’s Daily, China)

Jakartagreater.com – Kapal induk pertama China yang dibuat di dalam negeri, Tipe 001A, kemungkinan besar akan beroperasi pada akhir tahun ini. Pesawat 65.000 ton diluncurkan pada April 2017 dan sejak itu telah menjalani setidaknya tujuh putaran uji coba laut di Laut Kuning di Timur laut China, dirilis Sputniknews.com, 22-08-2019.

The Asia Times melaporkan bahwa uji coba berganda dari kapal tersebut “merupakan indikasi” bahwa pendaftaran resminya ke dalam layanan sudah dekat. Lie Jie, seorang ahli Angkatan Laut yang berbicara kepada Global Times minggu lalu, juga mengatakan bahwa uji coba laut “terbaru” bisa dalam persiapan untuk pengiriman akhir kapal ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN).

Menurut stasiun televisi pemerintah China Central, kapal induk baru dapat menampung selusin Jet tempur lebih banyak daripada kapal induk Liaoning yang ditugaskan oleh PLAN pada tahun 2012.

Kapal induk baru itu juga diharapkan memiliki teknologi yang lebih maju daripada saudara kembarnya, seperti turbin uap yang kuat dan tata letak hangar yang lebih baik, Hu Wenming, presiden BUMN China Shipbuilding Industry Corp yang bertugas membangun kapal induk, mengatakan CCTV Kapal baru juga akan dapat menampung 14 Helikopter, serta 2.000 anggota awak di ruangan yang lebih tenang dan lebih luas.

Liaoning dan Type 001A memiliki lompatan ski di haluan mereka yang membantu pesawat bersayap tetap mengudara. Menurut CCTV, Tipe 001A mengalami beberapa, mungkin masalah teknis selama uji coba laut terbaru bulan ini dan kembali ke pelabuhannya di Dalian untuk menjalani perbaikan darurat.

Namun, itu kembali dan berlayar beberapa hari untuk menyelesaikan perjalanan ketujuh. Liaoning yang berbobot 58.000 ton ini mulai hidup sebagai kapal induk kelas-Kuznetsov Uni Soviet Varyag. Tidak lengkap ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, kapal itu diwarisi oleh Ukraina, yang menjual lambung kapal ke China pada tahun 1998.

Tiongkok, pada gilirannya, menghabiskan 10 tahun menyelesaikan kapal, dengan Angkatan Laut China yang menugaskannya sebagai Liaoning pada 2012 untuk digunakan sebagai sebuah kapal pelatihan, Sputnik mlaporkan.