Des 262016
 

Kapal induk China, Liaoning

Taipei – Sekelompok kapal perang China dipimpin kapal induk satu-satunya negara itu memasuki bagian utara Laut China Selatan pada Senin, 26/12/2016, setelah melewati bagian selatan Taiwan, kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

China menyatakan kegiatan itu adalah bagian dari latihan berkala.

Langkah itu dilaksanakan di tengah ketegangan dengan Taiwan, yang dinyatakan Beijing sebagai bagian dari negaranya, menyusul sambungan telepon dari presiden terpilih AS Donald Trump dengan presiden Taiwan, yang membuat marah Beijing.

Kapal induk Liaoning buatan masa Soviet itu mengikuti sejumlah latihan sebelumnya, termasuk beberapa di Laut China Selatan, namun China belum dapat menyamai tingkat operasi kapal induk seperti yang dimiliki AS selama beberapa dasawarsa.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal induk itu, yang diiringi lima kapal lain, melewati bagian tenggara dekat Kepulauan Pratas, yang berada di bawah kendali Taiwan, dan mengarah ke arah baratdaya.

Armada kapal induk itu sebelumnya melewati titik paling selatan Taiwan sejauh 90 mil laut melalui Selat Bashi, yang menghubungkan Taiwan dengan Filipina.

“Tetap waspada dan fleksibel selalu menjadi langkah normal untuk mempertahankan keamanan wilayah udara,” kata juru bicara kementerian itu, Chen Chung Chi, yang menolak mengatakan apakah pesawat tempur atau kapal selam Taiwan dikerahkan.

Chen mengatakan kementerian itu terus “memantau dan memahami keadaannya”.

Anggota parlemen dari kubu oposisi Taiwan, Johnny Chiang, mengatakan latihan kapal Liaoning itu merupakan sinyal China untuk Amerika Serikat bahwa mereka telah melewati “rangkaian pulau pertama”, wilayah mencakup Kepulauan Ryukyu milik Jepang dan Taiwan.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan bahwa orang-orang sebaiknya tidak mengetahui terlalu banyak terkait apa yang dilakukan oleh kapal itu, karena pergerakannya masih dalam cakupan hukum.

“Kapal Liaoning kami akan bergerak sesuai dengan hukum kebebasan bernavigasi dan penerbangan seperti yang ditentukan dalam hukum internasional, dan kami berharap semua pihak dapat menghormati hak China ini,” katanya dalam pengarahan berita harian.

Tabloid berpengaruh milik negara, “Global Times”, mengatakan pelatihan itu menunjukkan bagaimana kapal induk tersebut meningkatkan kemampuan tempur dan bahwa mereka harus berlayar lebih jauh.

“Armada China akan berlayar menuju Pasifik Timur cepat atau lambat. Saat armada kapal induk China tiba di pantai AS suatu saat, itu akan memicu pemikiran besar terkait kekuasaan maritim,” kata surat kabar itu dalam tulisannya.

China belakangan dibuat marah oleh ronda angkatan laut AS di dekat sejumlah pulau, yang didaku sebagai bagian dari China di Laut China Selatan. Pada bulan ini, kapal angkatan laut China menyita sebuah pesawat nirawak selam AS di Laut China Selatan, yang kemudian dikembalikan.

Jepang mengatakan pada Minggu malam bahwa mereka mendapati enam kapal angkatan laut China termasuk kapal induk Liaoning yang bergerak melalui jalur antara Miyako dengan Okinawa dan memasuki Samudera Pasifik.

Juru bicara pemerintahan Jepang mengatakan pada Senin bahwa perjalanan itu menunjukkan perkembangan kemampuan militer China dan Jepang memantaunya dengan seksama.

Angkatan udara China menjalankan latihan jarak jauh pada bulan ini di atas Laut China Timur dan Selatan, yang memicu kekhawatiran dari Jepang dan Taiwan. China mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari latihan rutin.

Pada Desember lalu, kementerian pertahanan memastikan bahwa China membangun kapal induk kedua namun waktu peluncurannya belum jelas. Program kapal induk itu adalah rahasia negara.

Beijing mampu membangun sejumlah kapal induk dalam waktu 15 tahun ke depan, kata Pentagon dalam laporannya pada tahun lalu.

China mendaku sebagian besar Laut China Selatan, yang dilalui kapal perdagangan senilai lima triliun dolar AS tiap tahun. Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki pengakuan, yang tumpang-tindih.

Reuters

  22 Responses to “Kapal Induk China Masuki Laut China Selatan”

  1.  

    Met mlm menjelang pagi warjager (para pengamat dan pemerhati berita – berita tentang alat pertahanan negara)

  2.  

    penyakit lewat

  3.  

    lcs panas,,,
    TNI siap…

    musti permisi kalo lewat Indonesia.

  4.  

    Mantafff, dua raksasa dunia akan saling intip mengintip perairan mrk, kmren lalu as ketangkep basah melakukan pengintaian, di masa depan gantian china yg akan pantau san fransisco dan LA di pasifik timur, tp dgn syarat, mampukah liaoning crossing the biggest and the largest ocean in the world…badai di samudra pasifik mengerikan broooo…..badai mematikan, ganas dan haus akan korban… sereeeemmm bgt!!,,

  5.  

    sudah siapkah tni seandainya cina merebut laut natuna?

    •  

      @Menyont : Negara China mengakui kepulauan Natuna adalah wilayah Republik Indonesia.
      Dalam persengketaan di wilayah LCS, Indonesia tidak terlibat didalamnya.
      Jikapun pernah ada gesekan antara Indonesia dengan China, hanya karena China menganggap sebagian perairan (laut) di daerah kepulauan Natuna dapat / di perbolehkan bagi nelayan China untuk menangkap ikan di daerah tersebut.
      Berdasarkan claim China, di daerah perairan Natuna telah di sepakati persetujuan oleh pihak Indonesia (zaman dahulu / zaman kerajaan) sebagai zona fishing tradisional.
      Menurut pihak Indonesia, karena China tidak cukup bukti untuk membuktikannya, oleh sebab itu claim China tersebut prematur atau tidak sah dan bertentangan dengan hukum Indonesia dan hukum kelautan dunia.
      Semua itu di perparah dengan di “backupnya” nelayan China oleh Coust Guard China dan sempat terjadi insiden dengan kapal BAKAMLA yang di backup oleh kapang TNI AL.

    •  

      JIKA TIDAK MENGERTI DI MOHON UNTUK TIDAK BERKOMENTAR SESUKA HATI.

  6.  

    TNI siap bung,,,
    cina yg tak akan pernah siap berurusan dengan Indonesia…
    perlu waktu 1 generasi mengalahkan Indonesia

  7.  

    radar,rudal diarea rawan lintasan black flight; blokade ranjau laut, sonar pasif dgn torpedo otomat, hit&run klewang class, penempatan rocket&rudal dipulau strategis. Perlukah armada kapal induk? Nusantara ini penuh dengan ribuan pulau strategis setara, terpencil rahasia dan sama sekali tidak diprediksi, tinggal tambahkan saja jmlnya, good job.

  8.  

    @cemple : Negara China mengakui kepulauan Natuna adalah wilayah Republik Indonesia.
    Dalam persengketaan di wilayah LCS, Indonesia tidak terlibat didalamnya.
    Jikapun pernah ada gesekan antara Indonesia dengan China, hanya karena China menganggap sebagian perairan (laut) di daerah kepulauan Natuna dapat / di perbolehkan bagi nelayan China untuk menangkap ikan di daerah tersebut.
    Berdasarkan claim China, di daerah perairan Natuna telah di sepakati persetujuan oleh pihak Indonesia (zaman dahulu / zaman kerajaan) sebagai zona fishing tradisional.
    Menurut pihak Indonesia, karena China tidak cukup bukti untuk membuktikannya, oleh sebab itu claim China tersebut prematur atau tidak sah dan bertentangan dengan hukum Indonesia dan hukum kelautan dunia.
    Semua itu di perparah dengan di “backupnya” nelayan China oleh Coust Guard China dan sempat terjadi insiden dengan kapal BAKAMLA yang di backup oleh kapang TNI AL.

  9.  

    YANG TERHORMAT WARJAG, JIKA INGIN BERKOMENTAR DIMOHON JANGAN MEMUTAR BALIKAN FAKTA DAN BERSIFAT PROVOKATIF.
    ANDA DAPAT BEBAS MENGEMUKAKAN PENDAPAT DENGAN FAKTA.

  10.  

    Seandainya china benar2 merebut perairan & pulau yg d sengketakan… kira2 apa yg akan terjadi….??? jika terjadi konfrontasi…. d hitung dr kekuatan tempurnya… kira2 mampukah china dg kekuatannya yg skrng menghadapi Vietnam Taiwan terutama jika Jepang & Korea selatan yg kekuatannya jg tdk bisa d anggap enteng ikut dlm konfrontasi….??? apalagi jika mami rika & anak2 emasnya jg ikut ambil bagian dlm konfrontasi itu…. mampukah china…??? & apa yg akan d lakukan Rusia jika hal ini betul2 terjadi…???

  11.  

    Russia bantu China sebatas member informasi + data…
    itu’pun jika amrik turun lsg mem’bantu sekutu”x ( kata’x )…
    Sm hal’x spt dulu ketika amrik bantu Inggris dlm konflik Malvina’s dgn Argentina…

    Indonesia Kita tdk perlu utk ikut”lah…
    Yg paling penting slalu waspada & siap-siaga setiap 1/100 detik….

  12.  

    Dokrin grilya didarat sudah diakui dunia bahwa leluhur kita memang jagonya. Satu lagi yg akan dunia tahu tentang grilya dilaut yg mana sudah disempurnakan ilmu dari jaman kerajaan sriwijaya sampai operasi pembebasan di somalia

  13.  

    Kita lihat saja perkembangan berikutnya, saya yakin China ndak bakal iseng dengan kita, mereka sudah tahu kekuatan militer kita.

  14.  

    Menyont&cemple. Orang yg sama ya.

  15.  

    knp tank, kapal induk, dan alutsista militer lainnya selain rudal kurang laku klo made in china, padahal mereka made2annya bnyk, pabrik juga ruarr biasa guede

  16.  

    Ini donal bebek belum berkuasa, kalo donal bebek berkuasa semua carrier amerika ngeronda di LCS&LCT

  17.  

    Bila garuda nak tunjuk kuku ni… dua gergasi sedang tunjuk power… takan berani dgn tetangga je…. ops lupa garuda baru belajar terbang…hehheheh