JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 232018
 

Kapal induk helikopter HMS Ocean Angkatan Laut Inggris. © Bernie Henesy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Inggris menjual kapal induk HMS Ocean andalan Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) guna membantu menutupi lubang hitam finansial raksasa, seperti dilansir dari laman The Herald.

Penjualan £84 juta atau $117 juta ke Angkatan Laut Brasil ini akan dilanjutkan bulan depan dan HMS Ocean akan berlayar ke Amerika Selatan pada musim panas ini.

Penekanan pada jumlah uang yang akan diinvestasikan kembali dari penjualan tersebut, juru bicara Kementerian Pertahanan mengkonfirmasi bahwa pihaknya memperkirakan akan menghasilkan laba bersih sebesar £55 juta atau $76,8 juta, yang semuanya akan dipompa kembali ke pangkalan angkatan laut.

Dalam laporannya yang dipublikasikan bulan lalu, Kantor Audit Nasional mengatakan bahwa meskipun memiliki kontingensi sebesar $8,3 miliar, namun ada “kesenjangan” paling sedikit $6,8 miliar dalam program peralatan Kementerian Pertahanan Inggris.

Namun jika semua risiko pertumbuhan biaya yang terkait program tersebut, maka terwujudnya kekurangan tersebut akan meningkat menjadi $29 miliar.

Mengumumkan penjualan HMS Ocean, Clive Walker, sebagai kepala Otoritas Penjualan Peralatan Pertahanan yang mengelola kesepakatan tersebut, berkata “Kami memiliki rekam jejak yang terbukti dalam hal memasok peralatan pertahanan surplus ini lewat kesepakatan pemerintah-ke-pemerintah.

“Penjualan HMS Ocean yang sukses kepada Angkatan Laut Brasil akan memberikan keuntungan finansial kepada Inggris yang sekarang akan diinvestasikan kembali dalam bidang pertahanan”.

Modifikasi untuk HMS Ocean akan dilakukan oleh perusahaan Inggris Babcock dan BAE Systems, yang didanai oleh pemerintah Brazil, sebelum dilakukan proses transfer, kata Kementerian Pertahanan Inggris.

Juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa kemampuan untuk membawa helikopter HMS Ocean tidak akan hilang, dengan kapal seperti HMS Bulwark dan HMS Albion masih dapat mengambil alih tugas tersebut.

Berbagi

  27 Responses to “Kapal Induk Inggris Dijual ke Brasil $117 Juta”

  1.  

    Bungkus

  2.  

    $117 juta itu trmasuk mahal ato murah ya? tp diliat dr bobot dan besar nya kapal spt nya brasil dpt hrg murah deh,,,smpe segitu nya england kekurangan duit, gpp deh kali aja indonesia bs nyalip jd 10 besar negara tekuat di dunia,,..

  3.  

    Negara sekelas Inggris aja bs cekak angaran militernya untuk mengoperasikan kapal induk, akan sanggupkah RI membuat kapal induk yg mana membutuhkan dana besar untuk pembangunan,pengembangan dan perawatan.

    •  

      Kalo sekelas LHD sih bisa aja, kalo sekelas Liaoning atau Kuznetsov gak bisa.

      •  

        Bener kata bung Agato…
        Tapi jika di imbangi dengan ekonomi yang kuat seperti China jelas akan mudah tentunya mengoprasikan dan merawat apalagi biaya untuk Kapal Induk.
        yah beda cerita sih untuk India yang Minded Militarynya kuat sedangkan Sosialnya tertinggal…

    •  

      sanggup bung … selama dipakai cuman keliling nusantara + buat latihan + sekali kali buat kunjungan muhibah.
      kalo di Inggris kapal induk lebih dari satu plus akan ada dua lg yg terbaru, mungkin sdh kebanyakan.
      mereka biasanya tugas keliling dunia dipake perang beneran & nimpukin negara² kecil jadi biaya operasional nya nyedot kantong.

  4.  

    Jangan Khawatir Bung TN Saat Ini Sedang Mengakuisisi 4 LHD Utk Mengangkut F-16V Utk Komando Armada RI, Utk Danax Nanti Tanyakan Langsung Pd Menhan dan Instansi Terkait

  5.  

    Kalo mau kirim artikel, email-nya apa ya..Bung Rojes, boleh kasih tau email-nya???

  6.  

    Bakalan panas tetangga argentina,secara Inggris musuh bebuyutan argentina dari perang malvinas…Indonesia butuh kapal seperti ini,multi guna terutama untuk kebutuhan tanggap bencana alam

 Leave a Reply