Kapal Induk Inggris Dijual ke Brasil $117 Juta

27
24
Kapal induk helikopter HMS Ocean Angkatan Laut Inggris. © Bernie Henesy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Inggris menjual kapal induk HMS Ocean andalan Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) guna membantu menutupi lubang hitam finansial raksasa, seperti dilansir dari laman The Herald.

Penjualan £84 juta atau $117 juta ke Angkatan Laut Brasil ini akan dilanjutkan bulan depan dan HMS Ocean akan berlayar ke Amerika Selatan pada musim panas ini.

Penekanan pada jumlah uang yang akan diinvestasikan kembali dari penjualan tersebut, juru bicara Kementerian Pertahanan mengkonfirmasi bahwa pihaknya memperkirakan akan menghasilkan laba bersih sebesar £55 juta atau $76,8 juta, yang semuanya akan dipompa kembali ke pangkalan angkatan laut.

Dalam laporannya yang dipublikasikan bulan lalu, Kantor Audit Nasional mengatakan bahwa meskipun memiliki kontingensi sebesar $8,3 miliar, namun ada “kesenjangan” paling sedikit $6,8 miliar dalam program peralatan Kementerian Pertahanan Inggris.

Namun jika semua risiko pertumbuhan biaya yang terkait program tersebut, maka terwujudnya kekurangan tersebut akan meningkat menjadi $29 miliar.

Mengumumkan penjualan HMS Ocean, Clive Walker, sebagai kepala Otoritas Penjualan Peralatan Pertahanan yang mengelola kesepakatan tersebut, berkata “Kami memiliki rekam jejak yang terbukti dalam hal memasok peralatan pertahanan surplus ini lewat kesepakatan pemerintah-ke-pemerintah.

“Penjualan HMS Ocean yang sukses kepada Angkatan Laut Brasil akan memberikan keuntungan finansial kepada Inggris yang sekarang akan diinvestasikan kembali dalam bidang pertahanan”.

Modifikasi untuk HMS Ocean akan dilakukan oleh perusahaan Inggris Babcock dan BAE Systems, yang didanai oleh pemerintah Brazil, sebelum dilakukan proses transfer, kata Kementerian Pertahanan Inggris.

Juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa kemampuan untuk membawa helikopter HMS Ocean tidak akan hilang, dengan kapal seperti HMS Bulwark dan HMS Albion masih dapat mengambil alih tugas tersebut.

27 KOMENTAR