Kapal Induk Kedua China Jalani Sea Trials Ke-5

1
79
China’s first domestically built aircraft carrier, the Type 001A, leaves the shipyard of Dalian for the fifth sea trial in Dalian city, northeast China’s Liaoning province, 27 February 2019. © IC via Global Times

JakartaGreater.com – Kapal induk kedua China dilaporkan berlayar dari Galangan Kapal Dalian pada Rabu sore untuk uji coba laut atau sea trials ke-5, tiga hari setelah kapal induk pertama negara itu, Liaoning, meninggalkan galangan kapal yang sama. Para ahli meyakini itu menunjukkan langkah lebih lanjut menuju pengiriman akhir dari kapal induk kedua.

Dilansir dari laman Global Times, kapal induk Tipe 001A buatan China itu meninggalkan galangan kapal di Provinsi Liaoning, Timur Laut China di bawah bantuan beberapa kapal tunda pada Rabu sore, menurut foto dan keterangan yang dikeluarkan oleh IC, penyedia gambar dan foto China, pada Rabu malam.

Pengujian pesawat berbasis kapal induk bisa menjadi fokus sea trials kali ini, demikian keterangan foto IC.

Foto-foto yang diambil oleh penduduk setempat dan diunggah ke internet pekan lalu juga menunjukkan garis panduan dan mungkin lapisan cat anti selip pada dek penerbangan kapal induk Tipe 001A, yang diperlukan untuk lepas landas dan pendaratan pesawat.

Kapal perang itu dikatakan telah berhasil menguji avionik, radar dan sistem komunikasi dalam uji coba sebelumnya, sehingga kemungkinan untuk tes selanjutnya jet tempur akan melakukan lepas landas dan mendarat disini, kata pakar militer anonim.

Liaoning, kapal induk pertama Angkatan Laut PLA © Baycrest via Wikimedia Commons

Li Jie, pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing, mengatakan bahwa ia yakin uji coba semacam itu mungkin dilakukan, atau setidaknya akan ada persiapan untuk melakukan tes tersebut di masa depan. “Uji coba laut ini akan melangkah lebih jauh menuju pengiriman akhir kapal induk baru”, kata Li.

Model ukuran penuh dari versi peperangan elektronika dari jet tempur J-15 dan helikopter Z-18 juga terlihat di atas kapal Tipe 001A saat memulai uji coba laut, surat kabar Hong Wei Po yang berbasis di Hong Kong mengatakan pada hari Rabu.

Liaoning, kapal induk pertama China, sudah melaut setelah meninggalkan Galangan Kapal Dalian pada hari Minggu.

Kedua kapal induk itu dapat bertemu di Laut Kuning utara dekat Dalian, sebut pengamat militer China, ketika sebuah daerah telah dikarantina untuk latihan militer dari Minggu hingga 5 Maret, menurut pemberitahuan Administrasi Keselamatan Maritim China yang dirilis pada hari Jumat.

China akan melakukan kegiatan maritim multinasional di Qingdao, Provinsi Shandong China Timur dalam rangka perayaan ulang tahun ke 70 Angkatan Laut PLA tanggal 23 April, kata juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Ren Guoqiang pada konferensi pers rutin pada hari Kamis.

Dengan Tipe 001A dan Liaoning di laut pada saat yang sama mereka bisa mempersiapkan parade perayaan, kata Li.

Penggemar militer China senang dengan gagasan spekulasi seperti itu, dengan beberapa menulis posting online bahwa mereka tak sabar untuk melihat pasangan pertama Grup Serang Kapal Induk (CSG) China.

Namun, bahkan jika kedua kapal induk berlatih bersama, itu mungkin hanya untuk tujuan parade karena kapal induk kedua masih belum siap tempur, kata pakar anonim tersebut. Tipe 001A belum dikirimkan ke militer dan karena itu bahkan mungkin tidak akan ikut dalam parade, katanya.