Kapal Induk Ketiga Cina Akan Berlayar Sekitar Tahun 2023

Gambar menunjukkan slipway baru dan derek ditambahkan ke Shanghai Jiangnan Shipyard untuk pembangunan kapal induk Cina. (© SCREENSHOT/GOOGLE MAPS)

Konstruksi kapal induk ketiga Cina, yang hanya dikenal sebagai Tipe 002, akan beroperasi penuh di Jiangnan Shipyard Shanghai, dan para ahli menyarankan bahwa kapal misterius itu dapat dikirim ke laut pada awal tahun 2023.

Laporan awal menunjukkan bahwa kapal induk diperkirakan akan mulai pada tahun 2025, timeline dilaporkan telah diperketat karena kerja cepat oleh pembuat kapal.

Mengutip citra satelit, Asia Times melaporkan bahwa tempat penampungan hujan telah dibangun di atas setidaknya dua slipway di pantai selatan pulau Changxing, di mana galangan kapal berada, dan bahwa dua crane gantry baru terlihat di lokasi.

Dua kapal perusak Tiongkok terlihat di Galangan Kapal Jiangnan Shanghair. (© SCREENSHOT/GOOGLE MAPS)

Selain itu, foto yang diulas melalui Google Maps menunjukkan dua kapal perusak Tiongkok merapat di galangan kapal.

Laporan konstruksi Tipe 002 pertama kali muncul pada bulan November 2018, dengan pejabat Cina mengisyaratkan pada saat itu bahwa kapal induk akan menampilkan ketapel untuk meluncurkan jet tempurnya dengan lebih baik. Meskipun para pejabat telah menghindari menawarkan rincian lebih lanjut tentang kapal induk, laporan telah menyarankan bahwa kapal akan dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik dan sistem propulsi konvensional.

Sejak laporan tentang Tipe 002 mulai muncul pada tahun 2018, para analis telah mengindikasikan bahwa kapal induk itu adalah salah satu yang harus diperhatikan oleh para pengamat angkatan laut, karena sistem ketapel berbantuan lompatannya akan memungkinkan jet Cina membawa lebih banyak bahan bakar dan amunisi.

“Yang baru, Tipe 002, adalah sesuatu yang mungkin sedikit lebih menarik, sedikit lebih menarik,” kata seorang rekan dengan Cina Power Project di Pusat Studi Strategis dan Internasional, Matthew Funaiole, kepada Business Insider pada saat itu. “Jika kapal ketiga … memang memiliki sistem peluncuran berbantuan katapel, itu akan menjadi langkah besar bagi Cina.”

“Mereka akan sangat cepat bergerak mendekati teknologi saat ini. Itu adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh sangat sedikit negara. Itu akan menempatkan Cina dalam status yang sangat elit,” analis menekankan.

Menurut South China Morning Post, upaya Beijing untuk memperluas kapabilitas angkatan lautnya didorong oleh ambisi Presiden Cina Xi Jinping untuk memodernisasi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada tahun 2035, yang akan membuka jalan bagi Cina untuk menjadi kekuatan “pertempuran peringkat teratas” pada tahun 2050.

Wang Yunfei, seorang ahli angkatan laut dan pensiunan perwira angkatan laut perusak PLA, mengatakan kepada Post awal tahun ini bahwa terlepas dari perang dagang Cina dengan AS, pemerintah Cina akan melakukan apa yang dapat dilakukan untuk menghindari pemotongan anggaran untuk program pengangkutannya.

“Bahkan jika penurunan ekonomi berpengaruh, kita dapat menyesuaikan proporsi total pengeluaran militer untuk memastikan modernisasi angkatan laut terus berlangsung,” kata Wang. “Misalnya, kita bisa memotong jumlah tank baru.”

Saat ini, Cina hanya memiliki satu kapal induk yang beroperasi – Liaoning. Pembawa buatan dalam negeri pertamanya, yang dikenal sebagai Tipe 001A, masih menjalani pengujian.

Sumber: Sputnik News

Tinggalkan komentar