Kapal Induk AS Kini Harus Lebih Waspada Pada Kapal Selam Nuklir Rusia Ini

17
279

Rusia kini memulai rencananya untuk memodernisasi kapal selam nuklir Project 949A Oscar II (Antyey class). Program upgrade termasuk kemampuan membawa rudal anti kapal canggih lebih banyak dari sebelumnya. Kapal selam nuklir Project 949A Improved ini nantinya akan dikenal sebagai Project 949AM.

Oscar II mendapat julukan ‘Carrier Killer’ karena misi utamanya adalah menghancurkan armada gabungan kapal induk. 11 kapal selam nuklir Oscar II mulai dibangun pada tahun 1980-an dan awal 1990-an, delapan kapal selam diantaranya masih tetap bertugas sampai saat ini. Kapal selam tersebut dilengkapi 24 rudal jalajah anti kapal Chelomey 3M45 Granit (SS-N-19 ‘Shipwreck’).

1630728_-_main
Satu kapal selam nuklir yang dimodifikasi diperkirakan akan menelan biaya sebesar 12 miliar Rubbel.

Modifikasi Oscar II akan dikerjakan oleh Rubin Central Design Bureau. Kapal selam project 949AM nantinya akan memiliki berbagai sistem baru termasuk sistem fire-control, sistem komunikasi, sonar, radar, dan electronic intercept equipmen. Modernisasi juga termasuk sistem manajemen tempur Omnibus-M dan sistem navigasi Simfoniya-3.2.

Kapal selam nuklir Oscar II yang dimodifikasi dikabarkan akan mampu membawa sebanyak 72 rudal jelajah anti kapal, termasuk campuran dari rudal 3M55 Oniks (SS-N-26 ‘Strobile’) dan rudal 3M54 Klub (SS-N-27 ‘Sizzler’) .

Pemasangan sistem persenjataan ini akan memerlukan perubahan pada desain lambung, seperti peluncur rudal yang akan ditempatkan di luar lambung bertekananan. Biro desain rudal Mashinostroyeniya dan Novator akan bekerjasama membangun tabung peluncur standar untuk kedua tipe rudal anti kapal tersebut.

Janes

17 COMMENTS

  1. Weih mantap kaselnya, mungkin inikah alasan rusia enggan memperbanyak kapal induk, untuk menangkal ke agresifan kapal induk barat yg bludak cukup membangun 11 kapsul yg mematikan, strategi yg cerdas end tepat.

  2. jika vls nya diisi 72 rudal jelajah konvensional … satu kota metropolitan babak belur.
    jika vls nya diisi 72 rudal jelajah nuklir … 72 kota besar rata dg tanah.
    kalo kasel nya kena timpuk duluan … yg kasihan mahluk lautan jadi korban.

LEAVE A REPLY