Apr 062017
 

Menurut Sputnik News, yang melansir dari portal berita China, Sina menyebutkan bahwa saat ini, kapal induk Shandong sedang dipersiapkan untuk diluncurkan bulan ini telah dioptimalkan dalam hal kapasitas mengangkut pesawat tempur, yaitu antara 28 – 36 unit jet tempur J-15, hal ini jelas lebih banyak bila dibandingkan dengan kapal induk Liaoning.

Saat ini, arsenal Angkatan Laut China terdiri dari kapal induk Liaoning, yang dibangun berdasarkan kapal penjelajah era Soviet yaitu Varyag. Kapal induk Liaoning memiliki kapasitas angkut maksimal 24 unit jet tempur J-15. Beberapa waktu lalu, media China ramai melaporkan bahwa kapal induk baru akan diluncurkan pada akhir April 2017.

Menurut beberapa ahli militer, kemungkinan adalah tanggal 23 April yang bertepatan dengan tanggal ulang tahun berdirinya Angkatan Laut China (PLA Navy).

Perwakilan resmi dari Kementerian Pertahanan Republik Rakyat Cina, Wu Qian, mengatakan bahwa kapal induk yang diberi nama Shandong ini dibangun oleh China secara mandiri, dan kini telah mencapai tahap akhir pembangunannya. Namun, dia tidak mengkonfirmasi pernyataan yang dibuat oleh media China mengenai tanggal peluncuran yang pasti dari kapal induk tersebut.

Kapal induk Liaoning merupakan kapal kelas Type 001. Kapal induk pertama yang dibangun kembali berdasarkan desain kapal jelajah Varyag yang dibuat era Soviet pada awal tahun 2000-an, dengan uji coba laut pertama dilaksanakan pada tahun 2011.

Pada bulan September 2012, kapal induk Liaoning ditugaskan bersama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat. Pada akhir Desember 2015, Kementerian Pertahanan China mengumumkan rencana untuk membangun sebuah kapal induk baru sekelas Liaonin yang dibangun secara mandiri digalangan kapal China.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  64 Responses to “Kapal Induk “Shandong” Mampu Membawa 36 Jet Tempur”

  1. Oooo…cuma sedikit. banyakan pespur RI

    • Shandong opo salak??

      • Iku dondong…. wkwkwkwkwk

        • Shandong kok dondong to yo…

          Shandong itu rodanya 4 ditarik kuda, keliling malioboro….

          Tapi jangan coba2 nebeng gratisan lho ya…itu cambuknya pak kusir bisa menjangkau sampai ke bagian belakang

    • BORONGGGG!!!!!(UTANGGGGGGG!!!! )
      Nahlohhh ekekekeke

    • Kandang pesawat berjalan…….kalo nyerang sonotan tdk perlu pesawat cino tdk perlu ijin terbang melintas wilayah indo tinggal muat di kapal induk sampai di samudra hindia baru di terbangkan ,heemmmmm strategi yg bagus efektif dan efesien……

    • Shandong dibaca santung salah satu kawasan di Cina utara terkenal dengan pusat kungfu utara. Kita bangsa Indonesia harusnya malu, malu karena negeri ini sudah merdeka duluan, tapi ga mampu bikin kapal induk. Teknologi militer selalu kalah start. Indonesia ga bakalan maju jika terus2an demo. Dan kebanyakan tetek jadi bengex.

  2. Test..

  3. andong????

  4. Hanya bs bawa 36 jet tempur?.. dikit amat yak?….LPD class indonesia aja bs bawa 500-1000…(prajurit)…..xixiixix

  5. Jangan lupa main ke Natuna.. .untuk plesiran…dan main volly.

  6. Makin songong dong is China!

  7. CHABUDUO

    yg penting mirip

  8. Kira2 butuh berapa rudal untuk menenggelamkan kapal induk china?

  9. 36 berarti 3 ska. Kalo belum bisa bawa pesawat AEW&C atau AWACS macam E-2 Hawkeyes maka kapal induk China belum ada apa2nya. Kapal Induk AS bisa bawa 4 ska F-18 Hornet/Super hornet dan 1 EA F-18 Hornet. Itu belum yg ska heli sama yg lainnya. Jaman dimana satelit bisa ditembak jatuh maka radar dari pesawat AWACS sangatlah menentukan karena jangkauannya bisa sampai 800 km. Apalagi kalo bisa share kondisi spt punya F22.

  10. Indonesia bisa bikin asal ada kemauan..

  11. Mau tanya

    Dg kemampuan militer yg dimiliki indonesia saat ini apakah mampu menenggelamkan jika satu armara kapal induk china yg terdiri dari 1 kpl induk 3 destro 7 kasel 6 frigat 15 corvet melakukan provikasi di laut jawa ?

    Kira kira strategi perang spti apa spy armada kapal induk china tsb mampu di tenggelamkan ?

    • banyak2 berdoa berharap kuasa tuhan..

    • Hanya kapal selam mungkin. Dan berharap semoga bisa melewati para pengawal.

    • bisa di lawan dengan menggunakan 3 destroyer, 6fregat, 12 ks, 15corvet, 100tank boat bersenjata CIWS.

      • Destro kita blm py
        Tank boat br proto
        Ks baru 4

        • nah di situlah pemerintah harus punya itu barang caranya ya beli dari produsen dlm maupun luar negri, itu tank boat dlm jumlah segitu banyak fungsinya untuk merepotkan pespur musuh,ini untuk pertempuran di tengah laut loh krn kita lom punya kapal induk,klo untuk di pesisir beda lagi kita bisa pake pespur bukan tank boat, klo kapal induk di targetkan dengan serangan ks,klo masalah strategi indonesia itu gudangnya dari sejak jaman nenek moyang, bisa juga menggunakan strategi capit udang.

    • tambahan lagi, di kepulauan spratly ada 3 x 24 pespur yg mangkal disana

      • neng cindy@ klo itu udh beda lagi ceritanya..klo mereka punya tambahan kekuatan di spratly indonesia juga ada kekuatan di natuna, sengan syarat akusisi Sam jarak dekat sedang dan jauh dan SU35 yg bisa membawa rudal yakhont atau brahmos, su27/30 dan f16 di perbantukan untuk pertempuran di tengah laut tadi sedang su35 yg jangkauannya jauh beserta rudalnya tadi di tugaskan merangsek ke spratly

  12. Kasih aplus dong buat china yg secara mandiri ud bisa buat kapal induk mskipun masih lom sempurna

    • soal duplikat mereka memang rajanya, dari yang kecil sampai kapal induk dan stasiun ruang angkasa mereka bisa buat bahkan tanpa tot. konsep mereka sebetulnya belajar dari pejabat kita “learning by seeing”

      • siapa bilang tanpa tot…lah wong di markas AU mereka di ChengDu banyak orang israel rusia bahkan prancis pada ngumpul…kebetulan ketemu mereka di guest house komplek design AU mereka dulu….saat masih ngoprek design untuk J10 awal….. tahun 1999-2000…

  13. Tenang masih ada Gatotkaca dan werkudoro

  14. @ Bung Zuzu: Dari berbagai analisis, kapal induk seperti Nimitz yg dijaga AEGIS sistem dari Destroyer dan Cruiser mereka bisa ditenggelamkan dg rudal supersonik yg punya kemampuan sea skimming. Pake 16 Yakhont dan Brahmos yg punya kemampuan itu. Punya kecepatan Mach 2,8-3 dan Sea skimming 3-4 meter, sekelas Aster masih kurang cukup. Butuh Barak 8 atau laser buat menghentikan semua rudal Yakhont/Brahmos. Kita punya 50 Yakhont, hanya saja cuma bisa dibawa 4 pake KRI OWA. Beda kalo rudalnya dibawa pake pespur. Cuma Su 34, Su 30 MKI/MKM/SM dan Su 35 yang bisa. Kalo Su 35 yg rencananya mau kita beli bisa dipasang Yakhont maka TNI kita menjadi salah satu yg terkuat di kawasan. Mau lawan Nimitz, Shandong, Liaoning, atau Canberra sekalipun kita tetep berani.

    • Menggunakan pespur untuk melawan kapal induk, saya rasa kurang efektif bung (kecuali pespur stealth)
      Karna kapal induk AS juga bawa bnyk Pespur. Sebelum su35 kita mampu mendekati nimitz class, pasti sdh lbh dulu dicegat super hornet/F35.

    • Paling masuk akal kl yakhont based darat. Taruh sj di pulau2 terluar kita. Begitu ada gugus armada induk destroyer dll masuk teritori kita tinggal di salvo mrka seperti masuk jebakan sarang laba2.

      • bgmn kl posisi armada kpl induk tsb di luar jangkauan yakhont kita sdgkan jankauan kaprang kita yg ada saat ini masih jauh di bawah destro mereka

      • Perang merebut Natuna

        1. Kapal2 induk AS akan menjaga jarak dgn yakhont, hingga sampai diluar jangkauan yakhont. Bahkan tentu diluar ZEE kita

        2. AS dgn 3 buah kapal induk, meluncurkan hingga 150 unit F18E super hornet. Masing2 gotong 4 × aim120 dan 1-2 x JASSM

        80 unit akan berhadapan dgn F16 dan sukhoi kita, sisanya akan melakukan tugas “penyapuan”. Targetnya adalah “yakhont based darat”, SAM, Lanud, Dan base2 militer lainnya yg masuk radius gempur F18.

        Ingat, saya adalah tukang ngawur, jd jgn dihiraukan

        • Kl anda sbg jendral tni bgmn cara menghalau kapal induk tsb dg alusista yg tni pyai saat ini.

          • Ya tinggal diusir toh…huss, huss…pigi sono lu olang !!!

          • banyakin baca shalawat, mudah mudahan kapal induknya balik kanan.

          • klo ane yg jd jendral tinggal di stroom aja tuh laut, segala kapal induk dll pasti klojotan, tinggal kita serokin tuh, slanjutnya trserah mau digoreng, apa mau dipepes,,,,,, xixixix

        • sebelum itu semua, tomahawk yang beterbangan dulu lumpuhkan lanud di natuna 😀 ingat ya

        • @nanda

          Ngawur yo ngawur, tapi aku isih mumet mikirne montor mabur cacah 150 ki yen arep mencok kabeh rak gelak ra sabar pilote le ngantri….

      • pergerakan dan penempatan rudal tersebut pasti sudah terpantau satelit mereka om 😛

  15. jadi ingat judul film” bodyguard from shandong”

  16. Mungkin kita bisa manfaatkan alki kita bung buat bikin jebakan, kita tengelamkan 2 kapal dulu diantara selat yg kita miliki diantara pulau natuna hehehehe jawaban yg super ngawur ini wkwkwkwaka

  17. soal duplikat mereka memang rajanya, dari yang kecil sampai kapal induk dan stasiun ruang angkasa mereka bisa buat bahkan tanpa tot. konsep mereka sebetulnya belajar dari pejabat kita “learning by seeing”

  18. tak bth kapal induk, bentar lg juga usang trgantikan ide-ide baru yg lbh mumpuni liat aja

  19. Pasang banyak2 ranjau laut tercanggih atau drone laut kamikaze, bila kaprang lewat dia akan terlepas mendekati dan meledakakan musuh. Edisi ngayal!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)