Aug 142019
 

Kapal induk Type 001A Tiongkok (foto : Sina)

Jakartagreater.com – Kapal induk kedua Tiongkok “Tipe 001A” dapat membawa setidaknya 36 jet tempur J-15 yang dikembangkan di dalam negeri bersama dengan helikopter, lapor media pemerintah China pada Selasa.

Type 001A dengan demikian dapat membawa 12 pesawat lebih banyak dibandingkan dengan kapal induk “Liaoning” yang dapat menampung 24 jet tempur J-15.

DIlain pihak, kapal induk Gerald R. Ford class milik AS dapat mengangkut lebih dari 75 pesawat tempur, dua kali lipat dari kapasitas Type 001A Tiongkok. Kapal induk class milik AS nantinya akan menggantikan kapal kelas Nimitz yang bisa mengangkut 60 pesawat secara keseluruhan.

Kapal induk baru Cina, dibangun dan diluncurkan dalam 26 bulan, hampir setengah dari waktu yang dibutuhkan negara lain untuk membangun kapal dengan jenis yang sama, lapor CCTV.

Berbicara tentang kapal induk kedua Beijing dengan Global Times, Lie Jie, seorang ahli angkatan laut, mengatakan bahwa kapal induk Tiongkok “memiliki dek penerbangan yang dioptimalkan, area senjata berkurang dan superstruktur yang lebih kecil dengan area dek tambahan.”

“Ini juga memiliki hanggar yang diperbesar, tetapi mengurangi ruang untuk penyimpanan rudal kapal induk baru untuk membawa jet tempur J-15 50 persen lebih banyak,” kata Jie.

Pakar itu menambahkan bahwa 24 jet tempur J-15 Liaoning memiliki keterbatasan karena pertempuran regional mungkin membutuhkan sekitar 40 pesawat untuk merebut supremasi udara. Dengan 36 jet tempur pada Tipe 001A akan sangat memperluas kemampuan tempurnya, katanya.

Kapal itu sekarang dilaporkan menjalani uji coba ketujuh di laut, setelah berlayar pada 1 Agustus. “Uji coba laut yang panjang dan terbaru bisa dalam persiapan untuk pengiriman terakhirnya ke Angkatan Laut Cina,” kata Jie.

Defenseworld

 Posted by on August 14, 2019