Mei 282019
 

Kapal induk buatan China, Tipe 001A berlayar keluar pada hari Sabtu untuk uji coba laut terakhir sebelum secara resmi bergabung ke dalam armada Angkatan Laut PLA akhir tahun ini, lapor media lokal.

“Kemungkinan uji coba keenam di laut dapat menampilkan uji komprehensif dan final sebelum penerimaan kapal perang ke Angkatan Laut PLA,” Li Jie, seorang pakar militer, mengatakan kepada Global Times.

Media China pada hari Sabtu memposting beberapa foto dan video yang tidak terverifikasi dari kapal induk yang berangkat dari Galangan Kapal Dalian di Provinsi Liaoning China Timur Laut di bawah bantuan beberapa kapal tunda.

Sebuah pemberitahuan yang diterbitkan Jumat menyatakan bahwa misi militer dijadwalkan akan dimulai pada hari Jumat di Selat Bohai dan di bagian utara laut Kuning, tepat di luar Dalian di mana kapal induk Tipe 001A ditambatkan. Sektor ini sekarang terlarang untuk kapal lain, tambah laporan itu.

Kapal perang tersebut dikatakan telah berhasil menguji sistem avionik, radar, dan sistem komunikasinya dalam uji coba sebelumnya, sehingga memungkinkan jet tempur untuk melakukan lepas landas dan mendarat kali ini.

Pesawat tempur varian peperangan elektronik J-15 dan sebuah helikopter Z-18 terlihat di atas kapal Tipe 001A ketika memulai uji coba laut pada bulan Maret, menurut laporan yang diterbitkan pada bulan itu.

Setelah selesai uji coba yang kelima di bulan Maret, Tipe 001A tetap berada di Galangan Kapal Dalian dan menjalani pekerjaan perlengkapan termasuk pengecatan geladak pesawat dan melakukan latihan pengisian ulang di dalam galangan kapal dengan kapal pasokan Hulunhu pada akhir April, media melaporkan.

Li mengatakan uji coba keenam di laut lagi bisa menguji masalah-masalah yang dihadapi selama uji coba sebelumnya dan kemudian diselesaikan selama beberapa bulan terakhir.

“Jika kapal dapat dengan lancar menyelesaikan misi uji coba ini, ini mengindikasikan bahwa pada dasarnya (kapal induk) layak untuk dikirim,” tambah Li.

Defenseworld

 Posted by on Mei 28, 2019