Mei 282019
 

Kapal induk buatan China, Tipe 001A berlayar keluar pada hari Sabtu untuk uji coba laut terakhir sebelum secara resmi bergabung ke dalam armada Angkatan Laut PLA akhir tahun ini, lapor media lokal.

“Kemungkinan uji coba keenam di laut dapat menampilkan uji komprehensif dan final sebelum penerimaan kapal perang ke Angkatan Laut PLA,” Li Jie, seorang pakar militer, mengatakan kepada Global Times.

Media China pada hari Sabtu memposting beberapa foto dan video yang tidak terverifikasi dari kapal induk yang berangkat dari Galangan Kapal Dalian di Provinsi Liaoning China Timur Laut di bawah bantuan beberapa kapal tunda.

Sebuah pemberitahuan yang diterbitkan Jumat menyatakan bahwa misi militer dijadwalkan akan dimulai pada hari Jumat di Selat Bohai dan di bagian utara laut Kuning, tepat di luar Dalian di mana kapal induk Tipe 001A ditambatkan. Sektor ini sekarang terlarang untuk kapal lain, tambah laporan itu.

Kapal perang tersebut dikatakan telah berhasil menguji sistem avionik, radar, dan sistem komunikasinya dalam uji coba sebelumnya, sehingga memungkinkan jet tempur untuk melakukan lepas landas dan mendarat kali ini.

Pesawat tempur varian peperangan elektronik J-15 dan sebuah helikopter Z-18 terlihat di atas kapal Tipe 001A ketika memulai uji coba laut pada bulan Maret, menurut laporan yang diterbitkan pada bulan itu.

Setelah selesai uji coba yang kelima di bulan Maret, Tipe 001A tetap berada di Galangan Kapal Dalian dan menjalani pekerjaan perlengkapan termasuk pengecatan geladak pesawat dan melakukan latihan pengisian ulang di dalam galangan kapal dengan kapal pasokan Hulunhu pada akhir April, media melaporkan.

Li mengatakan uji coba keenam di laut lagi bisa menguji masalah-masalah yang dihadapi selama uji coba sebelumnya dan kemudian diselesaikan selama beberapa bulan terakhir.

“Jika kapal dapat dengan lancar menyelesaikan misi uji coba ini, ini mengindikasikan bahwa pada dasarnya (kapal induk) layak untuk dikirim,” tambah Li.

Defenseworld

 Posted by on Mei 28, 2019

  56 Responses to “Kapal Induk Type 001A Tiongkok Jalani Uji Laut Terakhir”

  1.  

    China gak akan cukup buat menantang USA kalo cuman punya 4 kapal induk. Apalagi kalau daya angkut pespurnya masih dibawah 70an. 1 kapal induk USN bisa bawa 70-90 pespur.

    •  

      Itu hanya soal waktu utk.menambah kapal induk selanjutnya. Dng pertumbuhan ekonomi yg semakin kuat, perlahan tp pasti China selalu membayangi AS dalam hal anggaran pertahanannya.
      Dalam kurun waktu 1 dekade saja 3 kapal induk yg bakal dimiliki. Dng SDM yg melimpah dan berbiaya murah, sangat mungkin sekali utk produksi 2 – 3 kapal induk secara bersamaan. Tidak ada upah buruh di dunia yg bisa menyaingi murahnya upah buruh China lho mbah…..xicizicixicix

      •  

        Upah buruh murah tidak akan selamanya. Kalo China berani menekan upah buruh tetap murah maka akan menciptakan bubble economics dan Middle income trap yg sangat masif seperti Jepang tahun 80-90an dan USA tahun 30an.

        Jadi China gak akan dg cepat mengejar pembuatan kapal induk dan Destroyer melewati yg dimiliki oleh USA. China mungkin aja bisa, tapi teknologi yg dimiliki akan jauh ketinggalan. China harus mengejar kemajuan teknologi USA dulu baru bisa bicara tentang pembangunan kapal induk dan Destroyer dg masif.

        •  

          China gak perlu mengejar mbah, yg dibutuhkan china cuma membayangi dan menempel posisi AS.
          Ente tau efek dibayang bayangin mbah.? Menciptakan kekhawatiran yg berlebihan. Itu yg terjadi mbah. Salah satu kasusnya huawei.

          Mark Marquest aja dibayangi Valentino Rosi sampe bisa keluar lintasan mbah akibat salah ambil strategi….xicizicixici

          •  

            Mau bayangin gimana orang anggaran China itu cuman sepertiga USA dan teknologinya masih tertinggal jauh. China harus punya anggaran besar melebihi USA dalam kurun waktu puluhan tahun baru bisa ngejar. Uni Soviet aja saingan anggaran militernya ama USA akhirnya kolaps juga kan.

            Rusia bisa membayangi kekuatan USA itu karena dia dapet warisan dari Uni Soviet, dan yg paling mengancam dari Rusia cuman jumlah hulu ledak nuklirnya yg 2/3 itu dapet gratisan dari Ukraina dan Kazakhstan. Coba kalo Rusia cuma punya ratusan hulu ledak nuklir, USA bakal berani nyerang Rusia sejak runtuhnya Uni Soviet kemarin.

          •  

            Kan sdh dibilang, membayangi bukan mau ngejar mbah. Itu saja sdh buat AS pusing kepala. Sampai melakukan perang dagang.

            China tdk bisa disamakan dng Uni soviet/Rusia. Beda potensi mbah. Dijaman Soviet maupun Rusia sekalipun tdk mampu menyaingi murahnya tenaga kerja China. Itu modal utama mereka utk membangun ekonomi. Produk China merajai pasar domestik mereka maupun pasar luar negeri, krn berbiaya murah. Karena biaya produksi murah. Tdk spt negara lain yg bisa seenaknya menetapkan harga. Di China harga barang yg menyangkut kebutuhan hidup rakyatnya dikontrol ketat pemerintahnya sampe ke urusan bumbu dapur sekalipun. Disitu point plus mereka.

            Kalo soal Rusia, bukan dari kuantitasnya skrng yg ditakutin mbah tp kualitasnya. Coba anda baca kemampuan rudal Bulava dan Satan. Adakah AS mampu menandingi? Tp sekali lagi baik Rusia maupun China dng cara membayangi ketat AS, inilah yg membuat gusar AS. Dng upaya keras membatasi kemajuan ekonomi China dan Rusia melaui perang dagang dan embargo dng mengaitkan issue2 kedaulatan.
            Sekali lagi ini analisa bukan berdasarkan suka atau tdk suka, fans boy atau bukan mbah,

          •  

            China itu sejak 2012 aja mengalami perlambatan ekonomi loh hingga quarter pertama tahun ini pertumbuhannya aja udah turun jadi 6,4% dari sebelumnya 10-11%. So, apa iya China bakal tetap mempertahankan biaya upah buruh yg rendah untuk masa yg akan datang??

            Perang dagang hingga perang teknologi jelas akan jadi pukulan telak bagi China. Produk China bisa bersaing karena mereka menggunakan paten teknologi Barat. Incarannya adalah pasar China di Eropa dan Asia. Kalo mereka tidak percaya lagi dengan produk China karena teknologinya dianggap ketinggalan jaman walopun harganya rendah jelas akan memukul China secara langsung dalam jangka waktu yg lama.

            China hanya bisa membalas dg embargo ekspor rare earth yg 90% produk rare earth dunia berasal dari China. Walopun demikian, China bukan satu-satunya negara yg punya cadangan rare earth besar di dunia.

          •  

            Jgn dulu berandai agatong, krna faktanya tahun 1968 80 marinir amerika ditawan korut & satu mati ditembak korut, utk mmbebaskan tawanan asal amerika trsebut maka amerika hrs mengakui
            kesalahannya & minta maaf, kemudian ditahun 1969, 30 marinir amerika tewas satu pelaut krna pesawat yg mrk tumpangi ditembak jatuh mig 21 korut
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            Linknya mana?? No link =HOAX.

          •  

            Tinggal loe carik disitu, dgn menuliskan alamatnya sprti yg gue sebutkan, dijamin pasti ada yg akn nncerahknmu
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    •  

      China punya daratan paling luas di banding luas lautan, punya kapal induk banyak pun masih bisa di kalahkan….

  2.  

    Naga tidur yg berbahaya..

  3.  

    Dik Ruskye, China itu takkan bisa membuat USA gusar walopun China berusaha membayang-bayangi bahkan melampaui USA sekalipun. Liat aja EU itu mencoba untuk melampaui USA tapi USA biasa aja walopun ada friksi diantara keduanya.

    Yang membuat USA khawatir sekaligus memusuhi China itu karena China secara langsung maupun tak langsung mencoba untuk menghancurkan dan atau menantang hegemoni Barat pimpinan USA. China juga membantu musuh Barat seperti Rusia, Iran dan Korut serta ikut bermain perang proxy di seluruh dunia dimana kepentingan Barat berada.

    Rusia, Iran dan Korut masih bisa bernafas walopun udah dicekik secara ekonomi dan politik oleh Barat. Itu karena mereka disokong oleh China. Makanya, sumber daya dan dananya yaitu China harus dipotong langsung.

    Saat ini gak mungkin langsung mengembargo China karena bisa menimbulkan gejolak ekonomi dunia. Makanya China hanya diajak perang dagang secara langsung oleh empunya kekuatan ekonomi dunia yaitu USA.

    Yg diincar USA dan barat saat ini dari China yang pertama adalah kepatuhan China terhadap hukum internasional baik hukum dagang maupun yg berkaitan dg politik internasional.
    Kedua China harus lebih terbuka bagi semua implementasi produk dan proses dagang. Gak ada lagi blokiran untuk Facebook, Twitter, dan Google. Juga gak harus kerjasama dg pemain lokal.

    Kalo China masih gak mau ya otomatis perang dagang skala penuh yg mungkin aja bisa berpotensi menjadi perang dunia ketiga. China itu kayak Jepang sebelum perang dunia kedua. Negaranya berkembang pesat, produknya murah. Bedanya Jepang dulu tergantung pada sumber daya alam khususnya biji besi dan minyak bumi sedangkan China bergantung pada paten teknologi Barat.

    •  

      Ente baca berita kadaluarsa sih mbah. Makanya disinformasi.
      China itu memiliki Cadangan Devisa Terbesar didunia mbah. Nilainya USD 3,009 Triliun dan China jg memegang nilai ekspor tertinggi di dunia yg nilainya diatas USD 2 Triliun. Dan China jg pemberi hutang terbesar AS.

      https://www.cnbcindonesia.com/market/20190408111238-17-65143/cetak-rekor-cadangan-devisa-china-naik-us-9-miliar-sebulan

      Jd kalo utk sekedar menyalip anggaran militer AS, itu hal yg mudah bagi China mbah. Tp ambisi utama China adalah pemegang kekuatan ekonomi terbesar dunia. Sefikit demi sedikit negara didunia dia pegang melalui hutang. Semua keperluan negara berkembang bisa dia support. Kalo semua sdh bergantung pada China, selesai itu AS dan Eropa barat. Mau jualan kemana mereka.?

    •  

      Mau embargo dr mana jalannya mbah.?Eksportir terbesar dunia kok mau diembargo
      Emang rugi kah China kalo Facebook, Twitter, dan Google memblokir, justru kebalikan mbah. Mereka justru yg kehilangan market potensialnya di china.
      Begitu pemerintah AS memblokir Huawei, pihak Huawer langsung mengganti dng OS Hongmeng garapan mereka. Kalo sdh begini yg rugi sebenarnya siapa mbah….xicixicixi

      Ada baiknya link ini bisa jd bahan referensi buat mbah

      https://money.kompas.com/read/2019/05/20/155400326/trump–ekonomi-china-tidak-akan-jadi-nomor-satu-di-dunia

      2030 mbah prediksinya. Semoga mbah bisa menghirup udara thn itu…..xicixicixi

      •  

        Yakin Hongmeng akan menggantikan atau menggeser Android?? Samsung pernah nyoba pake Tizen dan Bada, Microsoft pernah nyoba pake Windows Phone. Namun tak ada yg bisa ngalahin Android.

        Butuh dana yg gak sedikit loh buat Huawei untuk ngasih insentif ke semua pengembang aplikasi agar mau buat aplikasi khusus Hongmeng. Apalagi setelah semuanya udah biasa dg aplikasi buatan Barat. Akan sangat susah banget buat Huawei menarik minat costumers pindah dari Android ke Hongmeng.

  4.  

    “China itu takkan bisa membuat USA gusar”
    ————————————————————-
    Perang dagang yg dilakukan AS sebagai bentuk kebijakan Trump ini apa namanya mbah klo bukan gusar…..xicixicixi
    Bahkan sampai memasukkan raksasa telekomunikasi Huawei ke dlm daftar hitam.?

    Ini lho yg buat gusar AS mbah. Dibaca sampe habis linknya ya mbah.

    https://www.liputan6.com/tekno/read/3811335/gurita-bisnis-huawei-jadi-ancaman-bagi-amerika-serikat

    Jng banyak termenung plonga plongo mbah, nanti gusi ompongnya tambah jelek diliat…xicixicixi

    •  

      Berarti komen ane gak dibaca dg benar ya Dik.

      China gak akan membuat USA gusar kalo China gak menantang kepentingan USA dan barat baik secara langsung maupun tidak langsung. Paham gak???

      •  

        China mau PDBnya melewati USA sekalipun gak akan masalah selama China tidak menantang kepentingan USA dan barat.

        Yang jadi masalah adalah ketika China ikutan menantang kepentingan USA itulah yg bikin USA gusar.

        •  

          Lhoo….selama ini memang sdh menentang kok. Buktinya klaim LCS, toh Amerika dkk nya cuma bisa koar2 sambil muter2 di LCS yg nda jelas dng alasan menentang klaim China. Tp apa China perduli.? Malah bangun infrastruktur militer jalan terus.
          Hanya saja China gak gegabah utk langsung secara terang2an meladeni gaya preman AS dkk. China lebih menyiapkan mengguritakan perekonimiannya dulu dikancah dunia sekaligus membangun kekuatan militer secara bersamaan.

        •  

          Lhoo….selama ini memang sdh menentang kok. Buktinya klaim LCS, toh Amerika dkk nya cuma bisa koar2 sambil muter2 di LCS yg nda jelas dng alasan menentang klaim China. Tp apa China perduli.? Malah bangun infrastruktur militer jalan terus.

        •  

          Hanya saja China tdak gegabah utk langsung secara terbuka meladeni gaya koboi AS dkk. China lebih Fokus pd membesarkan perekonimiannya dulu dikancah dunia sekaligus membangun kekuatan militer secara bersamaan.

        •  

          Hanya saja China tdak gegabah utk langsung secara terbuka meladeni gaya preman AMerika dkk
          China lebih Fokus pd membesarkan perekonimiannya dulu dikancah dunia sekaligus membangun kekuatan militer secara bersamaan.

        •  

          China tidak terpancing untuk langsung secara terbuka meladeni gaya preman AMerika bersama konco2nya.
          China lebih Fokus pd membesarkan perekonimiannya dulu dikancah dunia sekaligus membangun kekuatan militer secara bersamaan.

      •  

        Kan sdh saya jawab mbah. Gak ditentang aja sdh gusar sendir kok, sampe pake juris ngajak perang dagang segala…….xicixicixicixi

        China nda ngoyo mbah…perlahan tp pasti menggusur hegemoni AS dalam hal ekonomi. Krn populasi penduduk China yg besar adalah aset mereka, ditambah biaya produksi yg murah dan mampu bersaing dipasar global. Makanya diminati rata2 negara berkembang. Apalagi dibarengi modal yg kuat utk berinvestasi jangka panjang di negara2 berkembang, maka China menjadi pilihan utk menginvestasikan dananya ke negara mereka tanpa aturan2 rumit spt yg diterapkan barat.

        Kowe mau bukti apalagi mbah. Diatas sdh saya share linknya. Paling jg gak mbah baca makanya gak paham. Teknologi komunikasi yg berbasis 5G punya China itu lebih unggul dan murah mbah.

        •  

          Negara berkembang mana dulu, kalo di Afrika sih mungkin. Kalo di Asia ya nanti dulu.

          Kayaknya dik Ruskye ini gak paham soal makro ekonomi ya. Makanya jawabannya muter mulu. Yang namanya Prediksi itu hanya perkiraan aja. Bisa melebihi ekspektasi, sesuai dengan ekspektasi atau jatuh dibawah ekspektasi.

          China diprediksi jadi negara dg ekonomi nomor 1 didunia tahun 2030 itu hanya bisa terjadi kalo pertumbuhan ekonominya stabil diatas angka 10%. Sekarang pertumbuhan ekonominya udah jatuh hingga 6,4% dan dari trend grafiknya terus menurun. https://tradingeconomics.com/china/gdp-growth-annual

          Apa yakin China masih mau mempertahankan upah buruh yg rendah untuk mengejar pertumbuhan ekonomi kalo kenyataannya pertumbuhan ekonominya jatuh bebas?? Coba dibaca baca lagi itu link nya. Itu juga kalo Dik Ruskye bisa baca grafik loh ya.

          •  

            Koq mirip kita ya ? Medsos blokir, ekonomi menurun ???

          •  

            Si mbah yg nda baca link yg saya kirim. Si mbah baca grafik tahun 2015. Sekarang aja Cadangan devisa paling tinggi di dunia, nilai ekspor tertinggi di dunia.
            Bandingkan dng AS pada tahun ini jg. Pite toh kok masih ngeyel opo ara paham2….xicixicixicix

        •  

          Gini ya Dik Ruskye, untuk bisa dikatakan punya ekonomi nomor 1 didunia itu tidak hanya bergantung pada ekspor dan cadangan devisa aja, tapi juga salah satunya konsumsi dalam negeri juga. Selain itu mata uang dan rating investasi juga sangat memengaruhi.

          Hampir 40% total nilai ekspor China itu dihasilkan oleh perusahaan luar negeri yang membuat pabrik di China dan mengekspornya dari sana. Makanya percuma juga punya nilai ekspor yg besar kalo 40%nya dibuat oleh perusahaan asing.

          FYI, Cadangan devisa Indonesia itu USD 118 Bn, sedangkan cadangan devisa USA itu cuman 41,5 Billions. Emangnya kita bisa berani bilang kalo ekonomi Indonesia jauh lebih kuat dari USA???

          •  

            Ngawur amat, china punya jutaan pabrik yg pemiliknya org china sendiri.
            Produksi yg dijual keluar yg punya org china bukan punya Barat.
            Pasar AS cuma 18 % dari total ekspor china

          •  

            Mulai lagi si mbah ngelesnya.
            Rupanya baru dpt jawaban setelah berpikir keras berhari2 dan gugling sana sini…..xicixicixi.
            Dr membayangi skrng bicara nomor 1.
            Biar gak debat kusir mbah ini linknya

            https://koinworks.com/blog/pdb-tertinggi-di-dunia/

            Dibaca tempat kedua siapa mbah….xicixicixi
            Bukannya membayangi itu mbah.?
            Kalo indikatornya konsumsi dalam negeri, sdh lama AS kalah mbah, wong penduduk China aja 1 milyar lebih kok. Itu makanya nilai GDP nya dibawah AS.
            Lalu emangnya total expor AS murni 100% perusahaan dalam negeri mbah?….xicixicixi.

            Kesimpulannyanya, prediksi bank dunia itu akan menjadi kenyataan jika posisi ekpor, impor dan tingkat konsumsi dalam negeri china semakin meningkat. Kalo bicara investasi, jelas China gak perlu diragukan lg, disamping faktor keamanan, upah buruh yg murah menjadi pemikat asing utk berinvestasi mbah.

            Tidak mungkin sebuah organisasi Dunia spt Bank Dunia membuat prediksi asal2an mbah. Ada indikator2 pendukung yg membuat mereka memprediksi itu. Emangnya prediksi ala si mbah yg sering ngawur dan ngeyel takut dibilang gak pinter….xicixicixicixi

        •  

          Total nilai Ekspor China USD 2,3 trillions, sedangkan USA USD 2,2 trillions. Cuman beda 0,1 itu gak akan mengubah apapun. Itu pula saat ini pertumbuhan ekonomi Cina turun sedangkan kekuatan konsumsi domestiknya belum benar-benar kuat.

    •  

      @ Ruskye

      Baru kali ini ada orang sok tau tentang ekonomi ngasih data pake data Quarter(4 bulanan). Itu aja Acuannya bukannya pake data tahun terakhir 2018 atau Quarter 1 2019 tapi malah pake data 2016 dan 2017. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      Gini ya Dik Ruskye, acuan data pertumbuhan ekonomi itu biasanya dibandingkan secara time series tahunan atau pake data tahun terakhir. Time series tahunan biasanya diambil dari 10 tahun yg lalu atau 1 tahun setelah pemulihan ekonomi pasca krisis. Time series dijadikan data acuan untuk melihat trend dan digunakan untuk memprediksi perkembangan masa depan.

      Lah, kenapa data ekonomi/perusahaan juga mencantumkan Quarter? Karena data Quarter akan membantu melihat dan memprediksi apa yg terjadi dalam satu tahun tersebut.

      Biasanya Quarter 1/Q1 grafiknya akan tinggi karena Q1 adalah awal tahun, orang masih punya banyak uang untuk dibelanjakan.
      Q2 akan menurun drastis karena pada bulanยฒ tersebut (April-Juni) orang akan saving money untuk musim panas atau untuk musim dingin.
      Q3 sudah masuk musim panas (Juli-September), kebanyakan belanja yg dilakukan adalah belanja jasa khususnya untuk liburan. Jadi walaupun Q3 grafiknya naik tapi kebanyakan tak lebih tinggi dari Q1.
      Nah, di Q4 pertumbuhannya bakal menjadi yg tertinggi. Kenapa? Karena pada saat itu adalah akhir tahun. Ada event Natal dan Tahun baru yg akan mengerek pertumbuhan ekonomi/penjualan dalam titik tertinggi. Itu terjadi mengingat hampir 1 milyar penduduk dunia dengan penghasilan diatas USD 45.000 adalah Kristiani. Itu jelas menjadi pangsa pasar yg jauh lebih besar daripada gabungan pasar di China dan India sekalipun. Apalagi banyak sekali orang orang diseluruh dunia yg merayakan natal dan tahun baru walaupun bukan Kristiani.

      Dari situlah ekonom bisa memperkirakan jika pertumbuhan Q1-Q4 sesuai target maka pertumbuhan ekonomi tahunan akan sesuai target atau bisa melewati target jika Q2-Q3 bertumbuh lebih tinggi dari target. Tapi jika Q1 dan atau Q4 turun dari target yg diharapkan maka kita bisa tau bahwa pertumbuhan ekonomi tahun ini lebih rendah dari yg di targetkan.

      Jadi kalo Q1 tinggi seperti link yg Ente tautkan itu ya wajar soalnya trendnya seperti itu Dik Ruskye. Nah, kalo liat pertumbuhan ekonomi tahunan China Ente bakal paham kalo pertumbuhan ekonomi Cina sedang menurun tajam. Coba cek pertumbuhan ekonomi Q1 China tahun 2019 ini, pasti hanya sampai 6,4.

      Prediksi Bank Dunia bisa benar bisa juga salah. Tahun 80an Bank Dunia nemprediksi Indonesia tahun 95-99 akan menjadi negara maju seperti Taiwan, Korsel dan Singapura menjadi kekuatan keajaiban Asia dan artinya Income percapitanya bisa lebih dari USD 10.000. Kenyataannya Indonesia malah jatuh krismon dan belum bisa masuk kategori menjadi negara maju sampai sekarang. So, apakah China bisa mengejar USA tahun 2030? Bisa ya bisa juga tidak. Dan kalo melihat pertumbuhan ekonomi Cina sekarang jelas cukup sulit untuk mengejarnya. Apalagi kalo pertumbuhan ekonomi Cina turun hingga 3- 4%. Itu karena pertumbuhan ekonomi USA pun sekitar 2,5-3%.

      @Jack Minions,
      Ane percaya China punya jutaan pabrik. Nah pertanyaannya, berapa total nilai penjualan yg bisa dihasilkan dari pabrikยฒ milik orang China tadi dibandingkan dg yg dimiliki USA?? Percuma dibandingkan kalo pabrik China cuman menghasilkan peniti dan yg USA menghasilkan pesawat B-737.

      Liat aja top 3 perusahaan dg nilai capital value terbesar di dunia, 3 besar itu milik USA. Sebagian besar dari 10 besar perusahaan dunia dg capital value terbesar itu dari USA juga. Jadi ngaca dulu sebelum membandingkan ya. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      •  

        Ralat. Quarter itu 3 bulanan. 1 tahun terbagi menjadi 4 quarter.

      •  

        Sok tau lo, pabrik model apa saja ada dichina, pabrik elektronik, pabrik AC, pabrik alat rumah tangga, china juga merupakan salah satu pembuat kapal raksasa, galangan kapal china merupakan salah satu yg terbesar di dunia. Pabrik mobil. Produk china umumnya elektronik, makanan, mainan anak2, alat2 dapur dan rumah tangga, pakaian, gak ada sama sekali bagian dari produksi Barat, ngaco lo…
        Liat aja di youtube bejibun model pabrik2 di china

        •  

          Iya iya, itu China bisa bikin semuanya termasuk KWnya. USA cuman ada Coca-Cola, Starbucks, Microsoft, ARM, Google, Facebook, Boeing, KFC, McD, ama Ford.

          •  

            Ternyata mbah gatol gak bisa baca data grafik. Ilmu msh tingkat SMK rupanya….xicixicixi.

            Gak usah pake ngeles ya mbah. Argumenmu itu kampungan banget, krn ketidak mampuan kamu baca grafik.
            Nih saya ajarkan ilmunya ya mbah biar pintermu bisa nambah sedikit levelnya….xicixicixi
            Itukan tinggal duambil rata2nya jadilah pertumbuhan tahunan. Itu data 2014 sampe 2017
            Kalo mau ditambah 2018, China pertumbuhannya 6,6 % sementara AS hanya di posisi 2,9 %.

            Dng demikian penurunan terendah selama rentang waktu itu utk china 0,4% terjadi di tahun 2014-2015. Sementara AS lebih parah sampai mencapai 0,7% yaitu tahun 2014-2015.
            Lalu ente bilang pertumbuhan ekonomi China semakin menurun dalilnya apa?

            Tahun 2015 angkanya 2,9%, tahun 2016 angkanya 2,7% dan ditahun 2017 naik lg ke posisi 2,9% dan data 2018 turun ke 6,7% lg. Artinya grafiknya fluktuatif, naik-turun. Itu wajar toh utk grafik pertumbuhan ekonomi suatu negara dlm rentang waktu. Krn banyak dipengaruhi jg perkembangan ekonomi dunia. Kalo semakin menurun itu harusnya dr 2015 angkanya akan merosot dibawah 2,9%.

            Makanya saya bilang ente gak bisa baca grafik, krn ilmu ente masih di level SMK kelas 1….xicixicixi.
            Kapan sih mbah pintermu bisa nambah? Biar argumenmu bisa berkelas gitu lhoo…..Argumen kok nda profesional. Jd penghamba buta. Semoga jng sampe membutakan mata dan hatimu ya mbah……xicixicixicixi

    •  

      Dik Ruskye mau ngajarin Ane Matkul Statistik Makro Ekonomi ??? Lucu banget. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      Kalo mau baca time series statistik makro ekonomi suatu negara, itu bacanya bukan dari 3 atau 4 tahun kebelakang, tapi bacanya bisa dari 5 atau 10 tahun yg lalu. Jadi data yg diambil ya kalo ga dari tahun 2008/2009 ya dari 2013/2014.

      GDP China tahun 2013 itu 7,8% dibandingkan dengan GDP China tahun 2018 lalu yg sebesar 6,6%, penurunannya mencapai (- 1,2%). Sedangkan kalo dibandingkan dengan GDP China tahun 2008 saja yg mencapai 9,7%, penurunannya mencapai ( – 3,1%). Untuk ukuran negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, penurunan (-3,1%) jelas sangatlah besar. Makanya untuk mengejar mimpi menjadi kekuatan ekonomi nomor 1 didunia tahun 2030 bagi China saat ini sangatlah sulit untuk dicapai.

      Nah ini ada link berita dari sumber terpercaya buat Dik Ruskye yg udah capekยฒ searching data segala.
      https://asia.nikkei.com/Economy/China-s-GDP-growth-slows-to-28-year-low-in-2018

      Asal tau aja, tahun 2009 GDP USA itu (-2,8%), bisa balik menjadi 2,9% tahun 2018 itu berarti ada perbaikan prosentase pertumbuhan hingga 5,7% di USA dan itu butuh 10 tahun untuk bisa kembali seperti semula. Makanya bagi China, butuh adanya terobosan yg signifikan agar bisa menaikkan pertumbuhan ekonominya secara signifikan.

      •  

        Mbah gatol ini rupanya “Badut ngajak argumentasi”…..xicixicixici
        Jd gelar mbah gatol saya tambah lg jd “Mbah Gatol Sang Badut”…. Spt nya gelar ini cocok buat kamu mbah yg berargumentasi ngepot sana ngepot sini kaya badut ancol. Untungnya jejak digital masih bisa terbaca dan tdk terhapus.

        Pertama :
        Mbah gatol sendir yg komen spt ini

        China itu sejak 2012 aja mengalami perlambatan ekonomi loh hingga quarter pertama tahun ini pertumbuhannya aja udah turun jadi 6,4% dari …
        ——————————————————————-

        Saya kasih grafik utk mematahkan argumennya malah ngelesnya spt ini

        Itu aja Acuannya bukannya pake data tahun terakhir 2018 atau Quarter 1 2019 tapi malah pake data 2016 dan 2017.
        ———————————————————————–
        Dikasi data tahun 2018
        Masih ngepot lg harus dr tahun 2013 dnh argumen spt in

        Jadi data yg diambil ya kalo ga dari tahun 2008/2009 ya dari 2013/2014.

        GDP China tahun 2013 itu 7,8% dibandingkan dengan GDP China tahun 2018 lalu yg sebesar 6,6%,

        Mungkin mbah gatol ini waktu kuliah dpt predikat mahasiswa abadi…..xicixicixicixi
        Krn ilmunya msh SMK kelas 1.
        Pantesan cara baca grafiknya yg diliat cuma ujung awal dan ujung akhir.

        Inti argumentasi mbah gatol yg ngotot sampe berhari2 sibuk browsing pertumbuhan ekonomi adalah. Sudah terlanjur malu mengeluarkan komen kalo pertumbuhan ekonomi China sdh turun sejak dr dr 2012 sampe 2019, begitu di beri data bahwa grafiknya berfluktuatif langsung ngepot sana ngepot sini spt biasa. Mungkin kecerdasan mbah gatol itu adalah kecerdasan buatan, terbuat dr telor asin…..xicixicixicix

        Gimana Mbah Gatol Badut? Mau ngepot apa lagi.? Monggo….tetap saya beri pencerahan biar ndak terlalu jauh tersesat menjadi kaum yg sesat….xicixicixicixi

  5.  

    Kalau di lihat dalam sejarah, china tidak pernah berhasil dalam suatu peperangan, so….tudak perlu kawatir soal PLA, cuman masalahnya mereka punya byk rudal…dan kita blm sama sekali memulai teknologi rudal, rudal jarak menengah maupun jauh…..piye iki son….

    •  

      Baca lagi sejarah perang china, di perang Korea, china bantu korea utara melawan dan memukul mundur pasukan amerika korea selatan.
      Perang dgn india, tentara India ditaklukan china.
      Perang vietnam lawan amerika, china mengirimkan ratusan ribu tentara bantu vietnam. Amerika kalah perang

      •  

        Bantuan china utk perang vietnam tdk berarti pd saat itu, malah hampir mmbuat vietnam utara kalah digempur amerika & vietnam selatan, sehingga vietnam utara tdk prnah menganggap bantuan china yg kemudian trjd perang prbatasan akibat sebelumnya dr invasi vietnam utara yg didukung soviet ke kamboja menggulingkn pimpinan kemer merah pol pot krna sudh tdk lg netral & banyak mmbantai warganya sendiri yg didukung china & amerika secara diamยฒ, begitu juga dikorea, jd semua perang dikawasan indochina itu menggunakn petunjuk petunjuk soviet,
        cuma perang india vs china menggunakan taktik mrk sendiri
        ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

      •  

        Ya, dipukul mundur terus pasukan China dan Korut dipukul balik oleh USA dan sekutu. Kenapa USA gak ngoyo ampe Beijing?? Karena Dunia baru saja kelar perang dunia. Jadi butuh waktu untuk kembali normal. Coba aja sekarang China menantang balik USA.

        China cuman punya 300 hulu ledak nuklir sedangkan USA punya lebih dari 6300 buah. USA bisa ngancurin China 21ร— dari jumlah hulu ledak yg dimiliki oleh China.

        Dan China membantu Vietnam??? Lol, Orang kedua negara aja saling perang gitu kok. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

        •  

          Baca sejarah perang vietnam, di situ china membantu vietnam dgn ratusan ribu tentara.
          Klo skr perang karena masalah di laut china selatan
          AS lebih byk nuklir percuma, gak berani sama china. Ngirim kapal induk ke laut china selatan cuma muter2 doang…..hahahahahahhaha

          •  

            Sejarahnya itu semua krna soviet amerika kalah divietnam, begitu juga sebelumnya di korea, kesimpulannya amerika & sekutunya tdk prnah menang perang proxy mlwn soviet, yaitu dikorea, dikuba, vietnam, laos & kamboja,

            diafrika juga soviet memenangkn perang diethiopia, tpi diafrika yaitu kongo diera khrushchev tdk begitu berambisi utk mmbantu kaum revolusi kongo & hanya mmbantu lewat senjata api sj utk mrk brtahan & lewat pidato khrushchev
            dipbb utk mmbantu kongo, tdk sprti setlhnya dietiopia era leonid brezhnev tank, pesawat, rudal pun dikirim soviet ke etiophia,
            karna pd saat itu pimpinan revolusi kongo dibawah pengaruh china yg china dgn soviet hubungan mrk lg kritis & kongo meminta bantuan soviet krn mao zedong yg khrushchev menyebutnya pelari busuk

            Tpi waktu diafrika trsebut sebetulnya bukan etiophia yg akan dibantu soviet tapi somalia, krna somalia melangkahi perintah soviet? Maka soviet balik membantu etiopia, krna pd saat itu amerika & soviet lg menyetujui detente meredam ketegangan yg dimohonkn amerika, jd mau tdk mau amerika mndukung balik somalia & somalia kalah
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            Kok gak disebut Soviet kalah perang Proxy di Afganistan Ha??

          •  

            @Jack Minion. Lah itu Vietnam dan Cina perang tahun 1979 ngapain aja tuh??

          •  

            Diera khrushchev hubungan china dgn soviet lg masa kritis, putusnya diera brezhnev ktk perang perbatasan china vs soviet 1969

            Diafghanistan itu faktor utamanya krna prgantian pimpinan soviet ke gorbachev yg ingin menciptakn prdamaian dunia & mengubah
            sistem komunis soviet trdahulu ke modrn, oleh krna ini pasukn soviet ditarik seluruhnya dr afghanistan
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  6.  

    Sudah jadi dan siap intimidasi LCS

  7.  

    Lanjut disini mbah

    Utk saat ini meladenin AS dng gaya koboinya bersama kawan2nya adalah kebijakan yg tidak menguntungkan. Krn AS tdk pernah bergerak sendiri, selalu ada kawan2 dibelakangnya utk diajak.
    Secara head to head tanpa melibatkan kekuatan nuklir jika AS berhadapan dng China secara individu, maka yg terjadi AS akan menjadi negara yg gulung tikar alias bangkrut utk biayain perang. Wong skrng aja hutang menumpuk. Klo diajak perang malah kesempatan AS utk gak akan bayar hutang
    Di Vietnam sdh terbukti kok sampe angkat koper pulang kampung.

    •  

      Perang Vietnam itu jelas beda dengan Perang USA – UK, USA – Spanyol, USA – Jerman atau USA – Jepang waktu Perang dunia.

      Perang Vietnam sama kayak perang Proxy yg hanya mengandalkan Vietnam Selatan sebagai penggebuk utama tentara Vietnam utara dan Vietcong. Kalo diperang yg lainnya, USA akan perang dengan segenap kekuatan utamanya akhirnya mereka bisa menang.

  8.  

    Turut berduka cita atas wafatnya Ibu Kristiani Herawati Yudhoyono atau Bu Ani Yudhoyono. Semoga semoga diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga diberikan kekuatan serta ketabahan. RIP.