Nov 232018
 

dok. USS Ronald Reagan (CVN 76) ( U.S. Navy photo via commons.wikimedia.org)

Beijing, Jakartagreater.com   –  Kapal induk USS Ronald Reagen tiba pada Rabu pagi 21-11-2018 di Hong Kong demikian laporan media resmi China. Dirilis Antara pada Rabu 21-11-2018.

Kedatangan kapal induk AS tersebut atas persetujuan Beijing dengan harapan adanya saling percaya antara China dengan AS dan upaya menciptakan suasana persahabatan antardua kekuatan dunia itu menjelang digelarnya KTT G20 di Argentina pada akhir bulan ini.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan mengadakan pembicaraan selama KTT G20 berlangsung. USS Reagen merapat di Hong Kong pada pukul 11.25 waktu setempat (10.25 WIB) sebagaimana informasi yang dirilis Departemen Kelautan Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong di lamannya.

Kapal perusak AS, seperti USS Curtis Wilbur, USS Benfold, dan kapal penjelajah USS Chancellorsville juga diperkirakan merapat di Hong Kong, demikian laporan laman berita hkcd.com. Pengamat militer dan komentator televisi, Song Zhongping, mengatakan bahwa diijinkannya kapal-kapal perang AS mendarat di Hong Kong itu mengindikasikan jalinan kemitraan militer AS-China.

Beijing menolak permintaan armada amfibi AS, Wasp, memasuki wilayah Hong Kong pada September lalu di tengah perang dagang antarkedua negara dan sanksi AS terhadap militer China atas tuduhan pembelian jet tempur Rusia dan sistem peluru kendali darat ke udara.

Profesor dari China Foreign Affairs Universty, Li Haidong, di Beijing mengatakan bahwa diijinkannya kapal induk AS berlabuh di Hong Kong itu menandakan keinginan China memperluas kemitraan dengan AS.

“Kemitraan militer merupakan hal krusial dari keseluruhan hubungan antara China dan AS,” katanya seperti dikutip Global Times. Meskipun ada perbedaan pandangan antarkedua negara, lanjut dia, para pemimpin kedua negara tetap menjalin komunikasi untuk meredakan tensi ketegangan.

Seperti diberitakan South China Morning Post, Panglima Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Garrison Hong Kong, Letnan Jenderal Tan Benhong, diundang ke dek USS Reagen untuk menyaksikan langsung latihan tinggal landas dan pendaratan jet-jet tempur AS.

PLA China dan Angkatan Darat AS akann melakukan latihan bersama tentang bantuan kemanusiaan dan penanganan pascabencana di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China, pekan depan.

Bagikan:

  4 Responses to “Kapal Induk USS Ronald Reagen Merapat ke Hong Kong”

  1.  

    mungkin cewek hongkong cantik2 jadi pelautnya pada kepengen merapat ke hongkong……….
    maklum brow peranakan british – cinak….. 😆

  2.  

    Dah lama imronnya di anggurin di tengah laut

  3.  

    mungkin NAni Seals ada yang kebelet ingin pipis ENUAK disana………. Bhahahaaa

 Leave a Reply