Jul 252017
 

Kapal pengintai elektronika, Dongdiao-Class adalah kapal mata-mata Angkatan Laut China. © Defense World

Kapal pengumpulan data intelijen milik Angkatan Laut China terlihat dekat dengan tempat latihan Angkatan Laut Australia, hal tersebut merupakan bagian dari kebebasan navigasi, menurut klaim Beijing, seperti dilansir dari laman Defense World.

“Kapal perang dan pesawat Angkatan Laut China memiliki kebebasan navigasi dan melintas di wilayah maritim internasional seperti negara lainnya”, menurut juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian pada hari Senin.

Wu Qian membuat pernyataan itu sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang pengerahan dan operasi Angkatan Laut China baru-baru ini di wilayah perairan dekat Amerika Serikat, Inggris dan Australia dalam sebuah konferensi pers pada hari Senin di Beijing.

Operasi yang dilakukan militer China saat ini diseluruh dunia seperti latihan angkatan laut bersama dengan Rusia di Laut Baltik dan pelayaran kapal intelijen Angkatan Laut China di dekat dengan pantai timur Australia, telah menarik perhatian global.

Di masa lalu, kapal-kapal perang AS dan sekutu telah berlayar di sekitar pulau-pulau Laut China Selatan yang menurut China merupakan bagian dari wilayahnya, dengan alasan hak “kebebasan navigasi”.

Dengan mengirimkan sebuah kapal intelijennya yang dekat dengan daerah di mana sekutu dekat AS, yaitu Australia melakukan latihan angkatan laut, China tampaknya mengirimkan sebuah pesan “jangan main-main dengan kami”.

Bagikan:

  10 Responses to “Kapal Intelijen Mendekati Australia, Beijing: “Itukan Kebebasan Navigasi””

  1.  

    bagus terus mata matai ausi..

  2.  

    Makanya jng sombong sm indonesia… Kalau udah gini ntr sok baik deh dasar kanguru

  3.  

    mungkin kalau PLA mempunyai 4-5 kapal induk mereka akan siap tawuran. Setiap tahun mereka menambah destroyer, beberapa tahun lagi jumlahnya akan sama dngan Amerika.

  4.  

    Makin seru …

    Darurat kapal selam …. Kapal super frigat . super drone dan pesawat intai + tempur …..

  5.  

    .

 Leave a Reply