Mar 252016
 

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membenarkan kapal kementeriannya menembaki kapal nelayan Taiwan yang menangkap ikan di perairan Selat Malaka, Indonesia. Penembakan terjadi Senin (21/3/2016).

“Ya, kapal itu sambil jalan, sambil mancing. Mata pancingnya kelihatan sama kita. Kita suruh berhenti, dia tidak mau. Maka kami keluarkan tembakan,” ujar Susi Pudjiastuti di Kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, (24/3/2016).

Karena kapal Taiwan melarikan diri, Menteri Susi tidak mengetahui apakah ada awak kapal yang terluka atau tidak.

Menteri Susi menegaskan, kementeriannya bersama dengan TNI, Polri, dan aparat hukum lain, berkomitmen menjaga teritorial perairan Indonesia dari para penjarah ikan.

“Kami akan tetap menegakkan hukum kita dan menangkap setiap kapal ilegal fishing di wilayah Indonesia. Itu saja,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan beredar pemberitaan bahwa aksi kapal KKP, atas kapal Taiwan telah melanggar prosedur, sebab, kapal KKP langsung menembak ke arah kabin kemudi. Soal tuduhan itu, Luhut pun membantahnya.

“Semua prosedur menghadapi kapal yang masuk di teritorial kita telah sesuai aturan hukum di internasional. Mulai dari peringatan bendera, peringatan suara, tembakan ke atas sampai tembakan ke buritan. Itu harus clear,” ujar Luhut Pandjaitan.

Kompas.com

  50 Responses to “Kapal KKP Tembak Kapal Pencuri Ikan Taiwan”

  1. Wow

  2. biar jera

  3. Dor modar

  4. kok gak sekalian aja d roket….udach salah mancing ilegal pakek koar2 tu kapal taiwan kemaren.

  5. jenderal laki2 tp banci buang ke kaut aj, mending wanita yg jd jenderal macam bu susi

  6. Bocorin aja kapalnya, agar langsung menyerah.

  7. nelayan tai iwan udah sering kesini brarti bukti nya dia tau jalan. klw kgk salah ngapain kabur.

  8. Oh ….Anak buah bu Susi ternyata. Bagus tunjukkan ketegasan INDONESIA terhadap pelaku ilegal fishing. Semoga tidakan tegas NDONESIA dapat diikuti nagara kawasan.

  9. Panteslah dpt tembakan. Disuruh berhentialah ngacir…

  10. Hajar bu…….kedaulatan harga mati

  11. Jd Menhan aja nih ibu…. Mantab gag banyak bacot lgsg beraksi

  12. Andai TNI dipimpin oleh Ibu Susi, kehebatan TNI akan bertambah berpuluh2 kali lipat dan Indonesia pun akan lebih disegani dimata dunia,

  13. top lancrutken

  14. Menunggu aksi bakamla dng jendral yang baru bisa setegas bu susi. xixixi

  15. Harusnya niru beruk malon… Mengawasi saja walau seratus kapal asing merompak… Kah Kah Kah… Jaguh.. Jaguh.. Jaguh.. Dasar malingsial..

  16. Ok..lah kalau begitu…2x….

  17. Jika taiwan meminta kita bukti bahwa kapal mereka mencuri maka kita juga balik minta bukti kalo kita menyalahi prosedur dengam tidak memperingati dahulu biar nguap.

  18. Mantab bu susi semilikiti…. sikat habis para pencuri2 ikan.. Cukong dan ilegal logging beserta backingnya.. Gk peduli drmn mrka mau dr negara besar ataupun negara kremi… Semua sikat habis!!! Krn lewat Mrekalah yg sdh sekian lm menjarah kekayaan laut dan hutan negri ini.. Sdh saatnya para nelayan sejahtera.. Menikmati hasil laut untk anak cucu kita. Merdeka!!!

  19. Santun boleh,tetapi kalau lawannya ugal-ugalan tabrak aja,pernah lihat begal diperingati terus dia berhenti?kalau belum kena tembak ga akan pernah berhenti dia,salut untuk bu susi,terlalu santun harga diri diinjak injak

    • ane setuju bung vladimir,
      santun karena takut beda jauh sama “santun pakai blankon”, sambil nyelipin pula “logam kecil berlekuk-lekuk, bau dan karatan di balik baju belakang pinggang”.

  20. Seharusnya setelah diperingati sampai dng diberi tembakan peringatan masih jg ngeyel, maka sebaiknya dilakukan penembakan pada buritan kapal tersebut sampai meninggalkan lubang besar yg membuat kapal dipastikan akan tenggelam secara perlahan.
    Selanjutnya petugas hanya cukup menyaksikan detik2 proses tenggelamnya kapal. Lalu langkah terakhir selamatkan ABK nya utk ditangkap dan diadili.

  21. cost guard vs KKP proxy war aja biar nggak timbul masalah yang lebih besar yang melibatkan angkatan bersenjata, dilihat sama tulisan china langsung tembak aja karena kelakuan sama” maling ikan sekalian bikin efek sama negara china daratan biar nggak slonong boy lagi

  22. memikirkan senjata apa yg cocok mengeksekusi kapal pencuri ikan dari jarak 5kilo mil laut . supaya kapal itu tak jadi kabur . negara kita menangani pencuri ikan tetap mengedepankan hukum dan putusan pengadilan . seperti pengadilan di bagan siapi api amar putusannya cukup bu susi seble koar koar di media .

  23. Bu susi jadi menhan RI aja..cocok Bu ..tegas..

  24. perlu juga diketahui nelayan pesisir selatan kita itu orang hebat pemberani . hanya beberapa mil laut keperbatasan ZEE australia mereka mengarungi ganasnya gelombang samudra hindia . nelayan cidaun,santolo,pamalayan tasik,pangandaran tempat kampung bu susi bukti nelayan kita punya mental dan nyali selangit .

  25. Ga ada Kompromi !! , mau ngomong apa negara lain preketek semua !! , Libas ajah !!
    semoga selalu sehat Ibu Susi Yang Ku Hormati .!

  26. Waduh

  27. Kapan lagi…sudah saatnya kita kasih pelajaran tuh sama maling ikan kapal asing….pasang doang meriam di semua kapal coast guard kita….sudah saatnya….

  28. hajar buk…..?! gamparin buk ampek gempor pokok nya… biar gabisa kabur lagi. semangat buk…

  29. Gue suka gaya Lo Bu sus, lanjutkan

  30. Cina luarnya aja baik cina licik_!_

  31. biar dunia tau di reckam aja kejadian2 prosedur penangkapan setiap kapal pencuri ikan dan di unggah ke youtube biar dunia tau…apa yang terjadi sebenarnya kalau debat kusir argumen percuma….

  32. Tu kan bukan kapal militer yg seperti dituduhkan kalo kapal kkp dan Bakamla sih bukan termasuk kapal militer harusnya bisa membedakan…kalo gak salah ya gak ditembaki…itu ciri2nya orang yg bersalah pasti menyalak dulu biar keliatannya benar tapi aslinya dia takut ketahuan kalo dia bersalah maju terus bu susi

  33. dengan koar2 “saya ditembak diselat malaka oleh kapal Indonesia” dengan status kapal penangkap ikan maka secara tidak langsung menunjukkan kesalahannya. Nelayan taiwan mancing sampai selat malaka???? itu mah MALING jelas 100% . Masalahnya kok sampai selat malaka? disini terlihat bahwa negara tetangga kita MALON jadi jalur lewat para maling ini. dari pernyataan malon yang ada 100 kapal china mungkin diantaranya ada sebagian punya taiwan. IMHO

  34. Saya mendukungmu…

  35. Itulah yang menjadi keprihatinan kita bersama bung. Negara kita kan hanya berbatasan dengan negara2 Indochina, Philipina, Thailand dan Malaysia serta Singapura di Utara
    Bagaimana bisa kapal2 China dan Thaiwan sampai di sini.
    Mungkin inilah saatnya kita memberikan kepercayaan kepada para saudara kita ini untuk menjaga wilayah lautnya sendiri.
    Salam Satu Indonesia

  36. ramai2 negara lain mencuri kekayaan alam kita. hanya bu susi yang berani melawan.

  37. wonder woman ku

  38. percuma tegas kalo yg lainya memble, mudah disogok, mikirin perut sendiri. Aku merasa kalo ada bu susi lama-lama kita akan menghadapi perang beneran. #firasatku
    #hidup bu susi

  39. Untuk bung@Djoyoboyo: Kemungkinan itu ada bung, dengan atau tanpa Bu Susi. Bukankah kita nonblok!? Dan There is no Countries around us to whom we Trust. So le be Ready and prepare the worst scenarios.
    Kita Tidak Ingin Perang tapi jika harus Mo gimana lagi. Ingatlah Kita Indonesia.

 Leave a Reply