Kapal Malaysia Diledakkan karena Curi Ikan

49
93
image
Kapal Malaysia diledakkan karena curi ikan (Detik.com)

Medan – Kepolisian Daerah Sumatera Utara menenggelamkan satu kapal ikan Malaysia yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Kapal itu diledakkan di sekitar Pelabuhan Belawan, Medan.

Penenggelaman kapal dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo. Personel polisi meletakkan bahan peledak di kapal nelayan dan kemudian meledak sekitar pukul 13.35 WIB, Kamis (8/1/2015). Tak lama setelah ledakan, puing kapal itu tenggelam.

image

Kapolda Eko Hadi Sutedjo menyatakan, kapal dengan nomor lambung PKFA 7738 ditangkap personel Direktorat Kepolisian Air (Polair) Sumut pada 9 Desember 2014 karena kedapatan menangkap ikan di sekitar Selat Malaka yang masuk perairan Indonesia.

Posisi penangkapan sekitar 16 mil timur laut dari Pulau Pandan. Dalam proses penggeledahan dari dalam kapal berbendera Malaysia itu ditemukan ikan hasil curian sebanyak 150 kilogram.

image
Nelayan Malaysia ditangkap Polairud

“Saat ditangkap, ditemukan barang bukti ikan. Ikannya sudah dilelang, hasilnya untuk negara. Sementara kapalnya, setelah melalui proses di pengadilan, kemudian kita tenggelamkan,” kata Eko.

Dalam kasus ini, kata Kapolda, diamankan empat tersangka Warga Negara (WN) Myanmar. Yakni kapten kapal Chen (24), serta tiga Anak Buah Kapal (ABK), yakni Kyaw, Banmin dan Htyata. Saat ini mereka sedang dalam proses hukum di Polair Sumut. (Detik.com).

49 KOMENTAR

    • poros maritim yang digadang oleh presiden jokowi memiliki 2 tujuan utama (menurut persepsi saya).
      1. dari segi hukum dan ekonomi. secara garis besar kita semua sudah banyak yang tau tujuannya.
      2. dari segi hukum dan politik. cara BP menyamakan kita dengan tiongkok ada benarnya. hanya saja perbuatan yang dilakukan chgina lebih ngawur bila dibandingkan dengan indonesia. tiongkok tidak punya alasan kuat, kemudian melakukan “percobaan” klaim sepihak ataupun yang telah dilakukannya (bukan lagi klaim sepihak: konflik china-vietnam sebelumnya, china memenangkan sengketa dengan senjata. cari sendiri. saya lupa). tujuan china adalah mendapat wilayah baru dengan cara occupation atau pendudukan. sama seperti crimea oleh rusia. atau timor timur oleh indonesia. meskipun dilakukan melalui jajak pendapat. intinya adalah memasukkan wilayah yang bukan miliknya, menjadi miliknya. SEMENTARA indonesia tidak seperti itu. indonesia melakukannya di teritorialnya sendiri. dan BP mengakui itu. JELAS BEDA. secara politik, saya menganngap presiden jokowi adalah politikus jenius. dengan menegaskan teritorinya melalui cara seperti ini (musuhin nelayan asing, sebenarnya musuhin klaim sepihak negara asing), kita tinggal menunggu waktu saja sampai negara-negara tetangga kita mengetahui dengan dengan jelas mana batas-batas wilayah kita, tanpa perlu kita beritahu secara langsung. sama seperti israel dengan tank nya melawan sipil, dibelakang tank ada perluasan permukiman. tapi kita bukan israel. indonesia juga gak seneng ngafirke kancane dewe.

    • Saya lebih senang kapal asing pencuri ikan tidak diledakkan.Ada beberapa alasan kenapa tidak harus diledakkan .Pertama untuk meledakkan perlu biaya seperti dinamit atau apalah .Kedua mubazir lebih baik diserahkan sama nelayan lokal ,mereka pasti sangat butuh kapal yang layak.Kalaupun kondisi kapalnya tidak layak lebih baik di letakkan /ditenggelamkan di area tertentu untuk di jadikan Rumpon ikan.Jadi nelayan kita bisa menangkap ikan di lokasi kapal kapal yang di tenggelamkan.

  1. Kapal yg di tenggelamkan kecil semua saya sih berharap kapal yg lebih besar yg di tenggelamkan. Baru saya mengakui kebijakan ini benar” serius. Intruksi Prisiden tenggelamkan kapal aja sampai 3 kali baru dilaksanakan. Kalau saya sederhana saja selama msh di jalan yg benar ngapain takut.

  2. babat habis semua kapal maling besar maupun kecil, tapi jangan cuma satu kapal yang diledakin, jejerin dari kapal kecil sampai yang paling besar, lalu ledakin sampai tenggelam, biar heboh jiran2 ……………… itung2 pesta kembang api !!!