JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 082015
 
image

Kapal Malaysia diledakkan karena curi ikan (Detik.com)

Medan – Kepolisian Daerah Sumatera Utara menenggelamkan satu kapal ikan Malaysia yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Kapal itu diledakkan di sekitar Pelabuhan Belawan, Medan.

Penenggelaman kapal dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo. Personel polisi meletakkan bahan peledak di kapal nelayan dan kemudian meledak sekitar pukul 13.35 WIB, Kamis (8/1/2015). Tak lama setelah ledakan, puing kapal itu tenggelam.

image

Kapolda Eko Hadi Sutedjo menyatakan, kapal dengan nomor lambung PKFA 7738 ditangkap personel Direktorat Kepolisian Air (Polair) Sumut pada 9 Desember 2014 karena kedapatan menangkap ikan di sekitar Selat Malaka yang masuk perairan Indonesia.

Posisi penangkapan sekitar 16 mil timur laut dari Pulau Pandan. Dalam proses penggeledahan dari dalam kapal berbendera Malaysia itu ditemukan ikan hasil curian sebanyak 150 kilogram.

image

Nelayan Malaysia ditangkap Polairud

“Saat ditangkap, ditemukan barang bukti ikan. Ikannya sudah dilelang, hasilnya untuk negara. Sementara kapalnya, setelah melalui proses di pengadilan, kemudian kita tenggelamkan,” kata Eko.

Dalam kasus ini, kata Kapolda, diamankan empat tersangka Warga Negara (WN) Myanmar. Yakni kapten kapal Chen (24), serta tiga Anak Buah Kapal (ABK), yakni Kyaw, Banmin dan Htyata. Saat ini mereka sedang dalam proses hukum di Polair Sumut. (Detik.com).

Berbagi

  49 Responses to “Kapal Malaysia Diledakkan karena Curi Ikan”

  1.  

    Lagiii..

    •  

      poros maritim yang digadang oleh presiden jokowi memiliki 2 tujuan utama (menurut persepsi saya).
      1. dari segi hukum dan ekonomi. secara garis besar kita semua sudah banyak yang tau tujuannya.
      2. dari segi hukum dan politik. cara BP menyamakan kita dengan tiongkok ada benarnya. hanya saja perbuatan yang dilakukan chgina lebih ngawur bila dibandingkan dengan indonesia. tiongkok tidak punya alasan kuat, kemudian melakukan “percobaan” klaim sepihak ataupun yang telah dilakukannya (bukan lagi klaim sepihak: konflik china-vietnam sebelumnya, china memenangkan sengketa dengan senjata. cari sendiri. saya lupa). tujuan china adalah mendapat wilayah baru dengan cara occupation atau pendudukan. sama seperti crimea oleh rusia. atau timor timur oleh indonesia. meskipun dilakukan melalui jajak pendapat. intinya adalah memasukkan wilayah yang bukan miliknya, menjadi miliknya. SEMENTARA indonesia tidak seperti itu. indonesia melakukannya di teritorialnya sendiri. dan BP mengakui itu. JELAS BEDA. secara politik, saya menganngap presiden jokowi adalah politikus jenius. dengan menegaskan teritorinya melalui cara seperti ini (musuhin nelayan asing, sebenarnya musuhin klaim sepihak negara asing), kita tinggal menunggu waktu saja sampai negara-negara tetangga kita mengetahui dengan dengan jelas mana batas-batas wilayah kita, tanpa perlu kita beritahu secara langsung. sama seperti israel dengan tank nya melawan sipil, dibelakang tank ada perluasan permukiman. tapi kita bukan israel. indonesia juga gak seneng ngafirke kancane dewe.

    •  

      Saya lebih senang kapal asing pencuri ikan tidak diledakkan.Ada beberapa alasan kenapa tidak harus diledakkan .Pertama untuk meledakkan perlu biaya seperti dinamit atau apalah .Kedua mubazir lebih baik diserahkan sama nelayan lokal ,mereka pasti sangat butuh kapal yang layak.Kalaupun kondisi kapalnya tidak layak lebih baik di letakkan /ditenggelamkan di area tertentu untuk di jadikan Rumpon ikan.Jadi nelayan kita bisa menangkap ikan di lokasi kapal kapal yang di tenggelamkan.

  2.  

    Masih kurang banyak…..

  3.  

    Yes

  4.  

    Itu sama mesin kapal gk ??? apa mesinnya kabur di bawa ikan2 .. hehehehe

  5.  

    Mantap,! Ditunggu berita penenggelaman kapal yg tons besar, (kpl cina,??.) lanjut!!!!…

    •  

      Sabar boss… sedang diamankan dulu jeroan kapalnya.

      •  

        Maksud; barang simaling kita balik dimaling gitu ya? (aya aaya wae’ sampe’an nih xi.xi.xik…) piss bung

        •  

          maksud bung Loai mungkin menghindari yg tidak di inginkan bung erie. saya juga kurang tau prosesnya gimana tentang cara meladakkan. tapi menurutku sebaiknya mesin harus dibuang dulu karena didalamnya ada minyak bisa tercemar di laut.

          •  

            Iyo, tapi tabiat orang kita kan kebanyakan menganut EMAN EMAN (lumayan kalo di sia siakan) /mudah tergoda&lupa akan prinsip awalnya. Coba aja perhatikan selama ini bung. (ibarat mau jalan lurus tpi pikiran dan mata penasaran tengok kiri/kanan )

  6.  

    Yg gedean lg adaaa gaak ?

  7.  

    Mungkin masih di proses pengsdilan kale’ bung windy.
    .salam

  8.  

    geteeeekk…

  9.  

    lumayan juga walau pun masih kapal ikan kelas teri…… kira nya di rudal sama TNI AL ternyata di ledak kan pakai bahan peledak kelas bom molotov

  10.  

    admind mana admind….tertibkan…..ni promosi….

  11.  

    2015 kok masih ada.. Yang kayak gini..

  12.  

    Mana yg lain….???? Ribuan yg mencuri ikan masa cm satu yg di tenggelamin??? Kpl cina mana yg mau di tenggelamin,,,????????? Mana?????????????

    •  

      diselesaikan secara kekeluargaan, kahkahkah bikin malu.

      •  

        Pakgus, dulu ada kata di selesaikan secara kekeluarga’an (curiga?) emang disisipan (sengaja) mungkin hanya sebagai bumbu pemanis kalimat artikel aja biar sedap.(malah skng seperti jadi senjata ampuh,anti pati kapal nelayan cina.(jadi heran.com) emang faktanya betulkah?.(dari nara sumbernya langsung). mungkin ada yg tahu secara pasti?. salam ya
        pakgus piss.

  13.  

    Ya memang sengaja bikin musuh gentar Bos, kalo perlu buat uji coba rudal kita..

    Sedang Show of Force dan meningkatkan Wibawa ya gpp butuh biaya banyak…

  14.  

    Tolong bung diego komen iklan seperti ini diamankan bikin sakit mata

  15.  

    GUE KOK LOEM PERNAH DENGER BERITA KAPAL PENCURI CHINA DILEDAKIN ???
    VIETNAM SUDAH, MYANMAR SUDAH, MALAYSIA SUDAH
    UHUK UHUK UHUK………

  16.  

    titik beratnya adalah ini kapal malaysia bung, tetangga serumpun,,

  17.  

    jadi menurut sampeyan, yg sdh terdengar ledakannya adalah dari kapal malaysia,thailand, vietnam,myanmar,

  18.  

    Kapal yg di tenggelamkan kecil semua saya sih berharap kapal yg lebih besar yg di tenggelamkan. Baru saya mengakui kebijakan ini benar” serius. Intruksi Prisiden tenggelamkan kapal aja sampai 3 kali baru dilaksanakan. Kalau saya sederhana saja selama msh di jalan yg benar ngapain takut.

  19.  

    sebenarnya ada juga kapal yg dilelang oleh pengadilan ,dan itu sudah ditegur oleh menteri perikanan dan kelautan susi pudjastuti ,harganya pun sangat murah 1 kapal seharga 100 juta untuk berat 300 gros

  20.  

    Nah begitu dong pak, Tegas!!.. nanti rakyatnya bisa makan enak dari hasil laut

  21.  

    Ledakan lg pnya malay

  22.  

    Poros maritim yg heboh… Seheboh silet,..

  23.  

    Kuraaaaang

  24.  

    babat habis semua kapal maling besar maupun kecil, tapi jangan cuma satu kapal yang diledakin, jejerin dari kapal kecil sampai yang paling besar, lalu ledakin sampai tenggelam, biar heboh jiran2 ……………… itung2 pesta kembang api !!!

  25.  

    Yg ditenggelamkan cuma perahu nelayan kecil,yg besar milik perusahaan besar tinggal kasih. kedip sdh tst lah tahu sa ma tahu.oleh sebsb itu tdk sda yg ketangkap!

 Leave a Reply