Kapal Malaysia Diledakkan karena Curi Ikan

image
Kapal Malaysia diledakkan karena curi ikan (Detik.com)

Medan – Kepolisian Daerah Sumatera Utara menenggelamkan satu kapal ikan Malaysia yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Kapal itu diledakkan di sekitar Pelabuhan Belawan, Medan.

Penenggelaman kapal dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo. Personel polisi meletakkan bahan peledak di kapal nelayan dan kemudian meledak sekitar pukul 13.35 WIB, Kamis (8/1/2015). Tak lama setelah ledakan, puing kapal itu tenggelam.

image

Kapolda Eko Hadi Sutedjo menyatakan, kapal dengan nomor lambung PKFA 7738 ditangkap personel Direktorat Kepolisian Air (Polair) Sumut pada 9 Desember 2014 karena kedapatan menangkap ikan di sekitar Selat Malaka yang masuk perairan Indonesia.

Posisi penangkapan sekitar 16 mil timur laut dari Pulau Pandan. Dalam proses penggeledahan dari dalam kapal berbendera Malaysia itu ditemukan ikan hasil curian sebanyak 150 kilogram.

image
Nelayan Malaysia ditangkap Polairud

“Saat ditangkap, ditemukan barang bukti ikan. Ikannya sudah dilelang, hasilnya untuk negara. Sementara kapalnya, setelah melalui proses di pengadilan, kemudian kita tenggelamkan,” kata Eko.

Dalam kasus ini, kata Kapolda, diamankan empat tersangka Warga Negara (WN) Myanmar. Yakni kapten kapal Chen (24), serta tiga Anak Buah Kapal (ABK), yakni Kyaw, Banmin dan Htyata. Saat ini mereka sedang dalam proses hukum di Polair Sumut. (Detik.com).

Tinggalkan komentar