Kapal Patroli Cepat 40M Buatan Indonesia Perkuat TNI AL

kapal Patroli Cepat PC 40 meter

Alutsista – “Pembangunan Alutsista Kapal Patroli Cepat (PC) 40 meter yang dilakukan PT. Karimun Anugerah Sejati dalam pengembangan teknologi industri pertahanan, diharapkan dapat menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain di masa mendatang”.

Hal ini disampaikan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, dalam Launching Ceremony Kapal 40M pada Selasa 25-5-2021 di Galangan PT. Karimun Anugrah Sejahtera, Batam, Kepulauan Riau, dirilis Dispenal.

Kapal Patroli Cepat 40M Buatan Indonesia Segera Perkuat TNI AL

Kapal Patroli Cepat 40M Buatan Indonesia Segera Perkuat TNI AL

Menurut Kasal, PT. Karimun Anugrah Sejati telah berhasil dan mampu diandalkan dalam pengembangan teknologi industri pertahanan bagi kepentingan nasional khususnya pengadaan Alutsista TNI AL di masa mendatang. Hal ini terlebih khusus kepada kapal-kapal bantu Hidro Oseanografi yang selama ini masih dilakukan pengadaan dan pembangunan oleh galangan kapal luar negeri.

“Pembangunan kapal PC 40 M telah sampai pada tahap launching.

Keberadaan kapal PC 40 meter yang nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu Hidro Oseanografi, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Pushidrosal dalam mendukung dan memantapkan perannya sebagai lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan Indonesia,” ujar Kasal Laksamana Yudo.

Laut 3 e1621942718583

Selain itu, luasnya wilayah perairan Indonesia yang perlu disurvei membutuhkan jumlah kapal survei yang tidak sedikit. Untuk itu, pengadaan kapal ini menjadi solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut, kata Laksamana TNI Yudo Margono.

Satu unit kapal Patroli Cepat (PC) 40 M yang merupakan hasil karya anak bangsa ini, memiliki spesifikasi panjang seluruh : 45,50 meter, lebar: 7,90 meter, tinggi: 4,25 meter, berat: 220 ton, kecepatan ekonomis (patroli): 15 knots, kecepatan jelajah : 17 knots, kecepatan maksimum : 24 knots, endurance : minimal 6 hari, memiliki persenjataan 30 mm dan 12,7 mm dan mampu mengangkut 35 personel.

Laut4 e1621942743475

Acara ini turut dihadiri Wadanpushidrosal, Kadismatal, Kadislaikmatal, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Danguskamla Koarmada I dan Danlanal Batam ditandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh Kadisadal Laksma  TNI Maman Rohman dan Direktur PT Karimun Anugrah Sejahtera Jacky Sucipto disaksikan Aslog Kasal Lakda TNI Puguh Santoso, dan Franky Sucipto.

Leave a Reply