Mar 092017
 

Peluncuran kapal patroli cepat KRI Kurau di Perairan Banten. (defence.pk/pr1v4t33r)

Galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten melaksanakan peluncuran (launching) kapal perang terbaru milik TNI Angkatan Laut jenis PC-40 di perairan Salira, Banten, pada Selasa (7/3).

Peluncuran tersebut ditandai dengan pemotongan tali oleh Ibu Ina A. Taufiq didampingi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksda TNI A. Taufiq R., Aslog Kasal, Kadisadal, Kadismatal, Kadislaikmatal, dan Dirut PT. CMS Kris Pramono.

Dalam sambutannya, Laksda Taufiq mengatakan bahwa acara Shipnaming dan Launching PC-40 meter ini merupakan momentum strategis bagi PT. Caputra Mitra Sejati sebagai salah satu badan usaha industri strategis di bidang pertahanan negara di laut.

Peluncuran kapal perang KRI Kurau ini merupakan bukti nyata bahwa galangan kapal di dalam negeri telah mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan serta pengembangan teknologi industri pertahanan untuk mendukung pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional.

Pembangunan PC-40 meter ini merupakan tindak lanjut pengadaan Alutsista TNI Angkatan Laut dalam upaya meningkatkan kekuatan dan kemampuan yang mengacu kepada kebijakan dasar pembangunan TNI Angkatan Laut menuju Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essential Force/MEF).

Kapal perang dengan nomor lambung 856 ini akan dipersenjatai dengan Meriam kaliber 30mm dan 12,7mm.

Sumber: Pen Lanal Banten

Bagikan:
 Posted by on Maret 9, 2017