Kapal Patroli Sea Hunter Diuji Ketangguhannya oleh Lantamal XI

kapal patroli sea hunter

JakartaGreater – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI kini diperkuat oleh alutsista kapal patroli cepat 12 meter yang bisa melaju hingga 35 knots untuk mengejar sasaran.

Dengan kedatangan kapal ini, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso menguji Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI ini, yaitu Kapal patroli keamanan laut (Patkamla) Sea Hunter di Perairan Merauke, JPapua, Jumat, 19/11/2021.

Dalam uji coba ini, Danlantamal XI turun langsung menjajal keandalan Kapal patroli Sea Hunter Satrol Lantamal XI yang memiliki kecepatan hingga 25 knots.

Uji coba dilaksanakan mengelilingi Perairan Merauke selama sekitar satu jam dengan tingkat kecepatan dari rendah hingga kecepatan maksimal.

kapal patroli sea hunter 2

Kapal Patroli Sea Hunter Diuji Ketangguhannya oleh Lantamal XI

Danlantamal XI mengaku keunggulan Kapal Patkamla Sea Hunter adalah mampu bermanuver taktis di perairan dan memiliki kecepatan tinggi untuk mendekati sasaran, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung kegiatan patroli penindakan aksi kejahatan di laut.

“Semua Alutsista itu ada kelebihannya, dan untuk Patkamla Sea Hunter ini kelebihan pastinya adalah pada kecepatannya dan kelincahannya. Sangat cocok untuk patroli dan menindak kejahatan di laut,” ungkap Danlantamal XI, dikutip Dispen Lantamal XI.

kapal patroli sea hunter 1

Kapal Patroli Sea Hunter Diuji Ketangguhannya oleh Lantamal XI

Kapal patroli Sea Hunter milik Lantamal XI ini memiliki panjang 12 meter dan lebar 2 meter dan mampu mengangkut delapan orang personel untuk melaksanakan patroli.

Kapal Patkamla sea hunter mampu mencapai kecepatan maksimum 35 knots yang dihasilkan dari sistim pendorong water jet.

Sistim navigasi kapal dilengkapai GPS canggih yang mampu melakukan pendeteksian dan pengejaran terhadap kapal-kapal yang melakukan pelanggaran.

Leave a Reply