Dec 132014
 
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (photo:tribunnews.com)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (photo:tribunnews.com)

Malang – Sebanyak 22 Kapal ikan asal China ketahuan mencuri ikan di laut Arafuru, namun 14 di antaranya melarikan diri saat akan diamakankan karena TNI AL dan AU terlambat datang. Apa kata Menhan?

“Itu pelajaran. Ke depan kalau dia lari lagi, lewat selat ditutup aja mestinya,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Hotel Tugu, Malang, Jumat (11/12/2014).

Mantan KSAD itu menerangkan soal penutupan selat dimaksud, yaitu menutup jalur perairan yang digunakan kapal-kapal pencuri untuk melarikan diri. Ryamizard juga mengatakan, lepasnya 22 kapal pencuri ikan itu karena kurang koordinasi.

?”Ke depan itu makanya masalah. Kementerian koordinator maritim harus koordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk dengan pertahanan. Pertahanan sudah siap untuk mempertahankan negara. Ini semuanya laut, darat, udara siap. Jadi kalau lari dikejar pakai pesawat, pasti duluan kita. Kurang koordinsi,” papar Jenderal (Purn) bintang empat itu.

“?Jadi itu pelajaran dan nggak boleh terjadi lagi. Ini kan bahan, nanti koordinasikan kepada kementerian kelautan. Kalau kerja-kerja model gini (lari dikejar), namanya jadi main petak umpet,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan penjelasan mengenai perkembangan terbaru soal 22 kapal asal Tiongkok yang mencuri ikan di Laut Arafura, Timur Indonesia. Dari 22 kapal itu hanya 8 kapal yang berhasil ditangkap, sisanya sebanyak 14 kapal berhasil kabur.

“Hanya 8 kapal yang dikawal sisanya pergi,” ungkap Susi saat ditemui di Pengadilan Negeri Ambon, Maluku, Kamis (11/12).

Susi menceritakan kronologis singkat terkait 22 kapal asal Tiongkok yang mencuri ikan di laut Arafura. Sebanyak 22 kapal itu berhasil ditangkap oleh radar Automatic Identification System dan diterima oleh sistem pelacak satelit INDESO Minggu (7/12/2014).

Sayangnya butuh waktu persiapan yang cukup lama bagi TNI AL dan TNI AU untuk mengeksekusi dan melakukan tindakan penangkapan 22 kapal asing ilegal tersebut.

“Kita tangkap (satelit) 22 kapal Tiongkok sedang tangkap ikan. Kita perintahkan TNI AL, TNI AU. Tetapi besok pagi mereka baru masuk ke sana,” papar Susi. (Detik.com).

  109 Responses to “Kapal Pencuri Ikan China Kabur”

  1.  

    benar bung,,,! saya juga melihatnya seperti itu,,,,yg lebih kasian lg adalah para nelayan tradisional yg sudah terlanjur tertangkap dan dibakar kapalnya, sedangkan pelaku besar mereka “KABUR”, jika memang pemerintah hendak menegakkan hukum, harusnya mereka tidak pandang bulu,,,justru pelaku besar inilah yang telah merugikan negara triliunan rupiah,,,sedangkan nelayan kecil, sy yakin mereka digertak saja sudah ketakutan,,,silahkan anda menilai menilai sendiri….

  2.  

    Yahh… Staff majalah Obor nih.. , kok Blom Masuk BUI lo Tong?

  3.  

    Sedikit bicaralah dan perbanyak kerja….
    Kalo udah gini siapa yg malu

  4.  

    Yg perlu menjadi pertanyaan dan analisis, kapal yg kabur tersebut tonasenya berapa dan yg dipilih untuk di tangkap tonasenya berapa? Di artikel ini kan gak disebutkan to…?Trus kalau kabur, mereka kaburnya ke arah mana, hayo? Apa malah kagak bakalan kena gang bang ma kapal perang negara tetangga yg rutin muter2 juga, apalagi jika kapal mereka penuh dengan muatan ikan, masak yo iso kabur, emang seberapa cepat kapal yg penuh muatan dapat melaju? Saya kira ini menarik untuk di diskusikan bukan? Terimakasih…

  5.  

    cuma usulan awam neh :

    1. berlakukan moratorium per 1 Jan 2015, tanpa batas waktu.

    2. cabut semua ijin nangkep ikan yg sdh dikeluarkan utk nelayan asing per 30 Des 2014.

    3. periksa semua perusahaan lokal yg punya ijin nangkep ikan, takutnya ntu perusahaan sahamnya punya asing jg.

    kalo sdh dilaksanakan maka TNI sdh punya dasar hukum dan jg leluasa utk nimpuk kapal nelayan asing kalo kabur, terhitung 1 Jan 2015

  6.  

    Emmm, Ibu Susi ‘mungkin’ seorang praktisi dan yg lainnya ‘birokrasi’ jadi ya tinggal bagaimana menyelaraskan (justify) ………….mohon maaf jika salah

  7.  

    Berdoa aja yang banyak biar dapat ganti yang lebih baik.

  8.  

    Jgnkan kapal ikan , lha wong tni au aja brani intrsep 4 unit f18 usa
    dgn 2 unit f16 jadul. Intinya tni hanya jalankan perintah ‘ cara kekeluargaan dan bicara hati ke hati’ thd kapal ikan cina

  9.  

    Makanya tni itu harus selalu siaga 1, jangan ada siaga 2 atau siaga 3. Perintah sudah jelas, bbm gak keluar, tunggu besok pagi saja, karyawan pom bensinnya sdh tidur. Karcis bensin gak di kasih sama boss. Makanya baru besok pagi datangnya, keburu malingnya kabur mas.

 Leave a Reply