Des 122018
 

USS Lyndon B Johnson sedang disiapkan di dermaga kering, sebelum dermaga itu dibanjiri air sehingga pekerjaan dapat terus dikerjakan di kapal saat mengapung di air. (Foto milik General Dynamics-Bath Iron Works via twitter @GDBIW)

Kapal USS Lyndon B. Johnson kelas Zumwalt diluncurkan pada 9 Desember di galangan kapal General Dynamics-Bath Iron Works di Bath, Maine.


Proses ini melibatkan pemindahan kapal ke dok kering setelah konstruksi dan perlahan memompa air ke dalamnya sebelum memulai pekerjaan akhir di kapal.

“Penting bagi program DDG 1000 dan galangan kapal untuk mencapai tonggak utama ini,” kata Manajer Program DDG 1000 untuk Angkatan Laut, Kapten Kevin Smith, dalam sebuah siaran pers.

“Dengan dua kapal pertama dari kelas yang sedang berlangsung, kami bersemangat untuk melanjutkan fase berikutnya dari pembangunan masa depan Lyndon B. Johnson,” kata Smith.

Kapal ini diharapkan akan diresmikan pada tahun 2019 dan memasuki layanan aktif pada tahun 2021, bersama dengan Zumwalt dan Michael Monsoor, dua kapal lainnya dari kelas Zumwalt.

Kelas Zumwalt seharusnya menjadi perusak paling canggih yang pernah dibangun, dengan teknologi siluman dan sistem senjata yang bisa memberikan dukungan tembakkan presisi untuk pasukan amfibi.

Disiapkan untuk memiliki sistem propulsi listrik yang dapat mengelola sistem berat di masa depan, seperti laser. Sebagai petarung permukaan dengan sebesar hampir 15.000 ton, membuatnya menjadi yang terberat di kelasnya yang dibangun oleh Amerika Serikat.

Sistem senjata telah ditinggalkan sebagai opsi karena biaya yang dirancang untuk itu. Angkatan Laut mengatakan dalam beberapa dengar pendapat dengan Kongres dan menyatakan bahwa mereka akan menunggu teknologi yang relevan atau menghapusnya untuk menciptakan ruang.

Sumber: UPI

  31 Responses to “Kapal Penghancur USS Lyndon B. Johnson Diluncurkan”

  1.  

    Kapal perusak terbesar untuk saat ini…

  2.  

    spesifikasi, fungsi dan doktrinnya pasti berbeda dengan sister ship nya……
    maklum kapal made in america ga pernah ada yg sama percis…….

  3.  

    tanpa perlu dipasang dikuba & venezuela, r

  4.  

    Eallaaahh, komen gue punya modul siluman, ini pasti mslh perbedaan keyakinan, jk aming lee ikut keyakinan keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & status kepegawaiannya jk dipoligami, jk tdk demikian? Yaa inilh alasan aming lee mengapa pria trsebut msh dirahasiaknnya sambil menunggu istri & keluarganya tdk ada lg kallee
    πŸ˜† πŸ˜†

  5.  

    Bukan ngetrol itu mmg terbukti
    πŸ˜† πŸ˜†

  6.  

    Akan sangat mudah buat Zumwalt ngelumat Kirov dan Slava class. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  7.  

    Kenyataan terkadang menyakitkan, namun banyak yang mengingkarinya.

    Angkatan Laut AS (US Navy) masih belum mengatakan apa yang akan dilakukan tentang fakta bahwa mereka tidak mampu membeli amunisi untuk senjata mewah tersebut.

    USS Lyndon Johnson, destroyer Kelas Zumwalt ketiga sekaligus terakhir, melayang keluar dari drydock-nya akhir pekan lalu. Sementara itu, kapal kedua, USS Michael Monsoor, tiba di pelabuhan rumah masa depannya San Diego, California.

    Peluncuran Johnson telah mengakhiri pembangunan kapal destroyer kontroversial yang dipangkas hingga lebih dari 90 persen. Selain itu sayangnya sampai sekarang kapal belum memiliki amunisi untuk sistem senjata canggih mereka.

    USS Johnson sepanjang 610 kaki diluncurkan pada Minggu 9 Desember 2018. Kapal itu diharapkan akan dibaptis pada musim semi 2019.

    USS Johnson adalah perusak ketiga dan terakhir dari kelas Zumwalt. Kapal pertama adalah USS Zumwalt dan yang kedua USS Monsoor. Awalnya Zumwalts direncanakan untuk menjadi kelas perusak yang hebat untuk menggantikan daya tembak dari empat kapal perang kelas Iowa.

    Pensiunnya empat kapal kelas Iowa meninggalkan lubang yang menganga dalam kemampuan Angkatan Laut Amerika untuk memberikan tembakan dukungan bagi Korps Marinir selama pendaratan amfibi. Untuk menebus kekurangan dan untuk mendukung perang darat di era pasca-9/11, Angkatan Laut telah merencanakan untuk membangun 32 kelas Zumwalt.

    •  

      Fakta bahwa tidak mampu membeli amunisinya?? Apa buktinya?? Harganya cuma sekitar USD 25k dan itu ada dalam jangkauan keuangan anggaran mereka. Aneh sekali kalo dikatakan gak bisa beli. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      •  

        Aaaaah… itukan cuma hitungan diatas kertas yang bersumber dari mereka dan dipindahkan ke dalam catatan bung @Agato, tetapi apa dinamika yang kini mereka hadapi tentunya tidak harus sama dengan isi coretan tersebut…. dan mestinya bung @agato membaca hasil laporan GAO mengenai hal ini πŸ˜› hhhhhh… hhhhhhh… hhhhhh…

        •  

          sangat jarang laporan2 diatas menyertakan conflict of interest antara anggota kongres, kompleks Industri pertahanan As, korps marinir dan Angkatan laut As

          •  

            Karena itu GAO menyampaikan temuan-temuan itu dihadapan militer dan Kongres serta perwakilan industri AS, sehingga mereka bisa menggarisbawahi permasalahan dan mencari solusinya.

      •  

        @Lingkar & @Yuli Hantoro

        Peluru Railgun tidak semahal seperti yg diperkirakan. Harga kiloan Tungsten di pasaran sekitar USD52-107, sedangkan berat pelurunya sekitar 104 kg. Itu berarti taksiran harga pelurunya sekitar USD 5.408~11.128 aja. Andaikan biaya pembuatan sekitar 20-25% dari harga dasarnya maka harga tertinggi dari unit yg sudah siap sekitar USD 6760~13.910. Estimasi harga awalnya mendekati dari hitungan ini. Peluru Railgun tidak butuh mesiu karena energi tolaknya menggunakan listrik yg biaya produksinya lebih murah. Sedangkan Hulu ledak tak perlu pake karena peluru Railgun hanya pake energi kinetik untuk menghancurkan obyek sasaran. So, secara logika gak mungkin satu peluru harganya bisa USD 800.000~1.000.000.

  8.  

    aaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh Agato Sugimura sedang kencing tapi kog Iwan and Root Beer ada di bawahnya ya? sambil mulutnya terbuka lebar..

  9.  

    aaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh Agato Sugimura sedang kencing tapi kog Tukang Ngitung Ph.D ada di bawahnya ya? sambil mulutnya terbuka lebar..