Jul 132018
 

dok. Kapal INS Sumitra (P59) Angkatan Laut India. (photo: Indian Navy)

Sabang, Jakartagreater.com – Kapal Perang Angkatan Laut India INS Sumitra yang telah 2 hari sandar di Pulau Weh akhirnya bertolak meninggalkan Indonesia menuju ke pangkalannya di Port Air India, dirilis situs TNI AL, Kamis, 12-7-2018. Kapal perang India selesai melaksanakan kunjungan ke Indonesia ini dalam rangka kerjasama yang erat antara AL India dengan TNI AL.

Pelepasan INS Sumitra dihadiri oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, yang didampingi Palaksa Letkol Laut (PM) Ahmad Asahari serta Prajurit Lanal Sabang.

Kunjungan kapal perang merupakan salah satu perwujudan peran universal angkatan laut sedunia dalam melaksanakan naval diplomacy. Kunjungan INS Sumitra semakin menambah erat hubungan Indonesia dan India. Hal ini nampak jelas terlihat dari berbagai interaksi antara ABK INS Sumitra dengan personel TNI AL maupun masyarakat Sabang selama berada di Sabang.

Pelepasan INS Sumitra dihadiri oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E. yang didampingi Palaksa Letkol Laut (PM) Ahmad Asahari S.H, MH serta Prajurit Lanal Sabang.

INS Sumitra adalah kapal patroli kelas Saryu keempat dan terakhir dari Angkatan Laut India, yang dirancang dan dibangun oleh Goa Shipyard Limited. Kapal ini dirancang untuk melakukan operasi dukungan armada, patroli pantai dan lepas pantai, pengawasan laut dan pemantauan jalur komunikasi laut dan aset lepas pantai dan tugas pengawalan.

INS Sumitra aktif bersama Angkatan Laut India, 4 September 2014. Kapal ini memiliki bobot 2,200 ton, panjang 105 meter dan lebar 13 meter.

Adapun persenjataan yang diusung: 76-mm SRGM (Super Rapid Gun Mount), CIWS, dan mampu membawa helikopter 1 × HAL Dhruv atau 1 × HAL Chetak.