Jun 092019
 

Sebuah kapal perusak Rusia dan sebuah kapal penjelajah rudal Angkatan Laut AS berlayar sangat dekat dan hampir bertabrakan di Laut Filipina pada hari Jumat. Angkatan Laut AS merilis Video yang menggambarkannya sebagai pertemuan yang “tidak aman dan tidak profesional”, dan dalam video terlihat para pelaut Rusia berjemur di landasan helikopter.

Kehadiran pelaut yang berjemur tanpa baju mungkin bisa dipandang sebagai ejekan kepada kapal perang AS, meskipun Angkatan Laut maupun Departemen Pertahanan AS tidak akan berspekulasi tentang apa yang dilakukan para pelaut Rusia itu.

Dalam sebuah pernyataan yang disertai dengan foto dan video insiden itu, Armada ke-7 AS menuduh kapal destroyer Rusia DD572, yang diidentifikasi sebagai Admiral Vinogradov, melakukan tindakan “tidak aman dan tidak profesional” dengan berlayar sangat dekat ke USS Chancellorsville, sebuah kapal penjelajah Ticonderoga class.

Rusia sendiri menuduh kapal perang Amerika bertindak tidak semestinya, dengan alasan bahwa Chancellorsville tiba-tiba mengubah arah dan memotong jalan kapal perusak Rusia.

Di tengah bolak-balik tentang siapa yang harus disalahkan atas konfrontasi AS-Rusia terbaru, pengamat bermata jeli mencatat sesuatu yang aneh dalam video yang dirilis oleh Angkatan Laut – yang tampaknya pelaut Rusia berjemur tanpa baju, jika tidak telanjang seperti yang terlihat di helipad helikopter.

Dalam video terlihat beberapa kru Angkatan Laut Rusia berjemur di belakang helikopter di atas kapal perusak saat mendekati kapal perang Amerika. Video agak kabur, jadi sulit untuk mengatakannya dengan pasti.

Sementara pejabat Departemen Pertahanan dan Angkatan Laut AS mencatat perilaku Rusia, tidak ada yang mau berspekulasi tentang apa yang sebenarnya dilakukan pelaut Rusia atau mengapa.

AS telah memutuskan untuk mengajukan protes Diplomatik resmi dalam menanggapi pertemuan kapal angkatan laut yang “tidak aman” ini, Penjabat Sekretaris Pertahanan Patrick Shanahan mengatakan pada Jumat, menambahkan bahwa tindakan Rusia “tidak akan menghalangi AS dari melakukan operasinya.”

Bussine Insider

 Posted by on Juni 9, 2019