Kapal Perang Jepang dan Australia Latihan di Laut China Selatan

Jakartagreater.com  –  Sebagai bagian dari penyebaran pasukan di Indo-Pasifik 2020, Kapal Angkatan Laut Jepang melakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut Australia di Laut China Selatan.

Kapal Perang Jepang Latihan di Laut China Selatan (@ Japan Maritime Self-Defense Force)

“JS KAGA (DDH 184) Bendera Jepang dan JS IKAZUCHI (DD 107) Bendera Jepang melakukan latihan bilateral dengan Angkatan Laut Australia di Laut China Selatan. JMSDF terus bekerja sama dengan Angkatan Laut mitra menuju “Indo-Pasifik Bebas dan Terbuka” bahkan saat masih COVID-19″, ujar twitter  Japan Maritime Self-Defense Force (JMSDF), 18-9-2020.

Kapal Perang Jepang dan Australia Latihan di Laut China Selatan (@ Japan Maritime Self-Defense Force)

Kapal induk Helikopter JS KAGA (DDH 184) dan destroyer IKAZUCHI (DD 107) Jepang, melakukan latihan bilateral dengan kapal perang Angkatan laut Australia HMAS HOBART dan HMAS SIRIUS di laut China Selatan, untuk meningkatkan hubungan dengan Angkatan Laut mitra dan berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas kawasan menuju “Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka”.

Ketegangan di Laut China Selatan tinggi karena klaim China atas sebagian besar kawasan laut itu, ditentang sejumlah negara.

Bahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo telah mengeluarkan pernyataan resmi pada 13 Juli 2020, tentang Posisi AS Terkait Klaim Maritim di Laut China Selatan.

Menurut Michael R. Pompeo, RRC tidak memiliki dasar hukum untuk memaksakan kehendaknya di kawasan secara sepihak. Beijing tidak punya landasan hukum untuk mengklaim “9 Garis Putus-putus” di Laut China Selatan setelah secara resmi mereka umumkan pada 2009.

Sikap Amerika Serikat atas kawasan Laut China Selatan adalah memperjuangkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Prinsip ini diikuti Sekutu Amerika Serikat

10 pemikiran pada “Kapal Perang Jepang dan Australia Latihan di Laut China Selatan”

  1. usa jelas engak siap menghadapi kualisi china rusia jadi keliatan strateginya kalang kabut…apa lagi pecah suara dalam tubuh nato dalam menyikapi permasalahan semakin buat usa pusing tujuh keliling…!!!
    menguat nya ekonomi dan militer china diluar perkiraan pakar usa apa lagi dalam jangka yang cukup singkat setelah era perang dingin…salah sasaran dan tebakan para pakar usa tetang bagai mana ancaman datang setelah era perang dingin yaitu muslim dan negara muslim…!!!
    menguat nya pengaruh china dan rusia juga tidak lepas dari pandangan dunia tentang sikap usa membuat sekema untuk melemahkan bahkan untuk menjatuhkan penguasa dari suatu negara…dalam banyak hal kepercayaan baik politik ekonomi maupun sikap bijak masih jadi landasan dasar dalam menilai suatu permasalahan yang menyangkut kehidupan dan tatanan nya…dan itu dirasakan oleh usa setelah kebijakan gila ala bush yang buat sakit kepala usa sendiri…!!!

  2. Cuma latihan biasa koq misal spt transfer mailbag, cuma 2 negara dan kapalnya cuma 3 harusnya kita juga ikut nimbrung, masalahnya kita takut sama cina bukan karena tentara dan senjatanya tapi karena duitnya, beberapa tahun silam harapannya raja salman mau invest banyak disini ternyata cuma sepersepuluh duit yg ditanam disini dari yg ditanam di cina padahal kedatangan raja hebohnya gak ketulungan dan cuma invest 80 T sementara di Cina 800 T, walhasil kita gak enak sama cina sebagai investor terbesar saat ini jadi kita harus jadi anak manis nya sekarang apaboleh buat demi perut supaya periuk didapur tetap ngebul….dan ini fakta

  3. eeeeh…rupa rupa nya dimoderator juga nih ceritanya….!!!!
    mungkin akibat engak ditulis larangan jangan buang sampah dan buang air besar sembarangan di mari…ada yang keterlaluan…..wkwkwkwkwkwk…

    tapi bagus juga lah asal jangan kelamaaan keluar nya….!!!

  4. kacata mata penilaian suatu permasalahan tidak seperti semudah yang terlihat diluar….walau juga masih ada sangkut paut nya…dan kita bisa mencermati dan mencari jawaban yang sebenarnya terjadi….oleh sebab itu ada nya analisa dari para pakar yang memang memperhatikan secara detil tentang bagai mana berlangsung nya suatu kejadiaan dan merangkum nya dalam tulisan…butuh informasi lebih dan butuh kecermatan untuk hasil kajian yang lebih baik…!!!
    satu contoh …banyak orang lain heran dan kaget saat amerika menunjukan pespur generasi ke6 nya…!!!
    tapi bagi pengamat dan pemerhati dunia militer sesunguh nya itu hal yang cukup lumrah…!!!
    karna dunia militer adalah rahasia dan dirahasiakan…!!!
    dan itu tidak terbatas bagi satu dua negara saja…!!!
    seperti tehnologi yang kita pakai saat ini jaringan internet dan perangkat pendukungnya…padahal itu sudah dipakai militer berpuluh puluh tahun yang lalu terutama negara adidaya….!!!
    sooo jadi selamat untuk anda yang kurang mengetahui hal hal rahasia…karna itu mengurangi anda dari cemas dan sakit kepala…!!!

    • cuma amerika rusia yang engak takut china walaou itu juga lagi mikir 100 kali kalou mau berhadapan secara langsung dengan china…!!!
      lain halnya kalou perang ya dek…!!!
      itu terpaksa dah engak boleh lagi pake mikir apa rasionalitas…yang ada hanya emosionalitas….!!!

  5. jadi kalou kamu ngomongin perang mengebu gebu itu bagi saya rada lucu karna mengedepankan emosionalitas ketimbang rasionalitas…!!!
    kalou selagi ada jalan lain engak mungkin perang…apa lagi perang untuk kalah…siapa yang mau…???…coba…siapa yang mau perang untuk kalah…??? ada engak….???….kecuali orang putus asa sama gila….!!!

Tinggalkan komentar