Sep 032019
 

Korvet Vyshny Volochek Rusia. (@ Russia MoD)

Moskow – Jakartagreater.com – Korvet Vyshny Volochek Project 21631 milik Armada Laut Hitam Rusia (NATO: Buyan-M) menembakkan Rudal Kalibr ke sasaran di Laut Hitam pada jarak sekitar 40 mil laut (74 km), kata layanan pers Kementerian Pertahanan Rusia, 30-08-2019, dirilis TASS.

“Sesuai dengan rencana latihan Angkatan Laut Armada Laut Hitam, korvet Rudal Vyshny Volochek untuk pertama kalinya menembakkan Rudal Kalibr presisi tinggi ke sasaran di Laut Hitam. Unmanned aerial vehicles registered berhasil menyerang sasaran – perisai besar yang meniru sebuah kapal ‘musuh’ pada jarak sekitar 40 mil laut, “kata Kementerian Pertahanan menambahkan bahwa area untuk latihan angkatan laut ditutup untuk navigasi.

Latihan angkatan laut Armada Laut Hitam diadakan dalam rangka latihan komando militer berskala besar yang diadakan pada 26-31 Agustus di 12 rentang pelatihan di wilayah Rostov, Volgograd, Astrakhan, Stavropol, Krasnodar dan Crimea, serta di Kaukasus Utara. Lebih dari 8.000 prajurit ikut serta dalam latihan ini.

  14 Responses to “Kapal Perang Kecil Tembakkan Rudal Kalibr”

  1.  

    Ini lho mbah yg bakal mnenggelamkan Izumo cs kalo macam2 dng Rusia. Kecil2 cabe rawit kapalnya mbah. Gotongannya bisa menjangkau 1000 km. Yg blom bisa dijangkau rudal si Nippon. Gak bakalan nyampe itu ASM-3 mbah, keburu jadi bubur duluan tuh kapal Nippon….xicixicixicixicixi

    •  

      Kapal kecil kayak gitu gimana caranya buat ngunci sasaran sejauh 1000 km?? Emangnya radarnya bisa?? Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh

      •  

        Satelite yg nuntun mbah. Data diinput dr satelite mbah. Bukan radar kapalnya, gak mungkin donk mbah.
        Jd semua target dilock melalui data satelite, sehingga walaupun kapal tersebut bergerak/bermanuver tetap terkunci. Itulah hebatnya kalibr versi anti ship missile mbah

        •  

          Di lock pake Satelit??? Ente kira tuh satelit diem ditempat dan ngikuti rotasi Bumi apa?? Kalo kayak gitu apalagi kalo tuh satelit di orbit rendah bisa² jatuh ke bumi. Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh

          Satelit itu gerakannya sangat cepat Dhek, jadi susah kalo untuk memantau obyek secara real-time hanya dengan satu satelit. Sedangkan kalo pake banyak satelit jelas perpindahan pemindaian dan pemanduannya jelas mustahil, kecuali kalo itu obyek statis mungkin bisa. Itu aja hanya sebagai penanda, bukan untuk pemandu.

          •  

            Wah…mbah kuno. Masa gak paham teknologi satelite.

            Mbah pemandu rudal jelajah yg bisa meliuk2 mengikuti kontur bumi itu emang pake radar.? ….xicixicixi
            Makin kacau rupanya ilmu si mbah ini.

            Yg bilang satelit diam ditempat siapa mbah.?
            Mbah paham nda kerja satelite.? Nanti saya jelaskan panjang lebar malah mbah gak paham spt ilmu thermodinamika tadi…..xicixicixicixicixi

            Gini aja mbah, apa mbah tau nda gmn caranya itu rudal tomahawk bisa hantam sasaran di suriah yg jaraknya ratusan kilo dr peluncurannya.
            Kalo mbah nda tau jng malu ngakuin ya mbah. Nati saya kasi tau.

            Dr pd saya cape nulis mbah….xicixicixicixicixi

          •  

            Itu GPS, Bambank. Cuman buat menentukan posisi rudal tidak melenceng dari koordinat yg udah dikasih. Bukan buat men-direct tuh rudal buat nge-hit kapal atau obyek bergerak dilaut.

            Lagian satelit itu juga muterin bumi, kalo tuh satelit lagi ada di balik bumi lalu gimana cara men-direct tuh rudal biar kena ke bodi kapal musuh padahal muternya aja butuh 1,5 jam. Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh

          •  

            Makanya gak sia2 saya tadi nanya si mbah, paham nda kerja satelite. Ternyata si mbah nda paham. Gps pun mbah gak paham. Jd ibarat sekolah saya harus mulai dari kelas 1 SD dulu nih mbah.

            Saya tanya sama si mbah. Satelite Palapa milik telkom itu ngelilingi bumi .? atau tetap berada diposisi kordinatnya namun bergerak bersamaan dng peeputaran bumi mbah.?….xicixicixicixicixi

            Itu PR buat mbah belajar dulu ya mbah….xicixicixicixicixi

          •  

            Satelit Palapa Ama GPS itu beda fungsinya Bambank.

          •  

            Kita tidak bicara beda fungsi mbah. Tp kita bicara pengetahuan mbah yg blom banyak tentang satelit….xicixicixi
            Spt ini ?

            “Lagian satelit itu juga muterin bumi, kalo tuh satelit lagi ada di balik bumi lalu gimana cara men-direct”

            Disinilah mbah gak paham jenis2 satelit dan wilayah orbitnya……xicixicixi

            Mbah belajar dulu tentang apa itu satelite, fungsinya dan jenisnya serta garis orbitnya. Nanti kalo sdh paham baru lapor saya lg ya mbah…..xicixicixi

            Mbah pernah buka atau tau software “findship”.? Saya rasa pasti awam bg mbah software itu. Disitu ada pelajaran dasarnya mbah.
            Jd jika rudal Dongfeng China bisa menghajar kapal induk yg jauhnya ratusan kilometer, itu krn dipandu oleh satelite navigasinya utk menuju sasaran walaupun dlm keadaan bergerak, krn satelitenya sdh dpt perintah utk mentrack dan memindai posisi kapal. Setiap jengkal pergerakan kapal akan dikirim datanya oleh satelite ke ridal yg dipandu.
            Gitu ceritanya mbah.
            Ternyata si mbah benar2 awam banget ya……xicixicixicixi.

            Kalo mbah msh belum jelas nanti bisa saya beri kursus singkat mbah. Asal mbah mau tulis komen …..Rusia Stroongg…Rusia Stroong bingiiiit…..xicixicixicixicixicixi

  2.  

    Mirip dgn KCR60

  3.  

    Utk saat ini ada ratusan satelit militer ataupun sipil yg mengitari bumi hampir mustahil mengetauhi satelit mana yg dipakai utk kebutuhan mata mata utk mengetauhi objek yg ada dipermukaan bumi ataupun yg dipakai utk mengarahkan rudal karena jk ada pihak yg tahu maka satelit yg berharga sangat mahal akan menjadi target sasaran utk dijamming ataupun ditembak dngn rudal balistik dr permukaan bumi.

  4.  

    Semua hal tentang Misile jarak jauh untuk target bergerak , yang operasional masih di 300 km.
    Untuk diatas itu (1000 kmke atas) , masih hanya untuk target Tak bergerak.
    Hal ini yang utama karena adalah keterbatasan di targeting.

    Target tidak bergerak bisa memakai INS atau GPS, sedangkan target bergerak harus memakai targeting radar homing tetapi akan mengorbankan range.

    Variant Kalibr yang operasional adalah sama dengan tomahawk , yaitu untuk target tak bergerak. Variant-variant yang lain masih “under development”

    Targeting dengan GPS/Glonas adalah paling ekonomis dan mungkin untuk range jarak jauh dan terget diam, tetapi paling rentan terhadap ECM , sehingga TERCOM untuk cruise missile ini sangat penting dimana Missile tidak bisa di deteksi dan ECM belum sempat bereaksi.

    Untuk target bergerak jarak jauh (anti ship – diatas 1000 km) , memang ada wacana dengan satelite membutuhkan biaya besar untuk infrastrukturnya. Satelite GPS / Glonas tidak bisa serta merta untuk targeting, perlu diluncurkan banyak satelite di koordinat bumi untuk targeting missile dan ini mahal dan belum tentu juga dipakai dalam 1 tahun (kondisi damai).

    sekilas info

    •  

      Paham gak Bambank aka Ruskye,… Tuh dah dijelasin lagi Ama Bung SP.

      •  

        xixcixicixicixi.
        Cieeeee….si mbah cari dukungan yaa….xicixicixi
        Saya nunggu mbah esmosi biar tambah gak bisa mikir…baru saya jelasin.

        Sebenarnya bung SP sdh tau jawaban cuma ente masih ngeyel mbah, dr mulai satelite sampe gps.

        Gini lho mbah cara kerja rudal hypersonik terbaru Rusia. Pada saat meluncur ke sasaran yg bergerak untuk navigasi dan panduan rudal menggunakan sistem Sprut dengan sistem koreksi jalur penerbangan, serta data dari sistem satelit GLONASS. Pada tahap akhir penerbangan, sistem panduan televisi. Utk mengatasi jamming yg ente andalkan, rudal memiliki sistem radar jamming yang bisa membingungkan radar pencari sasaran sistem pertahanan udara lawan. Itu perangkat di rudal hipersonik terbaru Rusia mbah.

        Skrng sdh paham kan mbah, fungsi glonass/gps……xicixicixi

        Pertanyaannya yg blom mbah jawab satelite telkom berputar mengelilingi bumi atau berputar sesuai putaran bumi di kordinat yg tetap mbah.?
        Lalu satelite militer mata2 yg utk memantau pertahanan musuh pada saat akan digunakan utk memantau pergerakan musuh gmn caranya mbah.?
        Kalo nyerah….tulis komen ……Rusia Stroong….Rusia Strooong bingiiittt…ya mbah…xicixicixi